makna hari guru nasional

Makna Peringatan Hari Guru Nasional – Zenius untuk Guru

Sebelum mulai membahas makna peringatan Hari Guru Nasional kali ini, Zenius untuk Guru ingin mengucapkan:

“Selamat Hari Guru Nasional untuk Bapak dan Ibu guru di seluruh Indonesia!”

Setiap negara umumnya mempunyai peringatan hari guru yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, 25 November merupakan tanggal diperingatinya Hari Guru Nasional. Berbeda dengan Hari Guru Sedunia, Hari Guru Nasional ditetapkan bertepatan dengan hari lahirnya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) sesuai keputusan yang dikeluarkan melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Tujuan diadakannya Hari Guru Nasional adalah untuk memperingati ulang tahun PGRI sebagai wujud penghormatan dan dukungan kepada guru di seluruh Indonesia. Lebih khususnya lagi, peringatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi para guru atas jasa-jasanya selama mengajar. Hari guru menjadi sebuah peringatan yang penting sebagai bentuk dari apresiasi dan kepedulian terhadap guru.

Terlepas dari tujuan peringatannya, sebenarnya bagaimana guru, siswa, dan orang-orang di sekitar memaknai Hari Guru Nasional?

Apa Makna Hari Guru Nasional?

Sebagian besar masyarakat memaknai Hari Guru Nasional sebagai momen untuk menyampaikan rasa terima kasih atas perjuangan Bapak dan Ibu guru dalam mengajar dan membimbing siswa. Tidak hanya memberikan pemahaman tentang materi pelajaran, guru juga berperan untuk menjadi teladan bagi siswa, membimbing dan mendidik mereka agar berperilaku baik. Seperti dalam tradisi Jawa yang menyebut guru sebagai akronim dari “digugu lan ditiru” yang berarti orang yang dipercaya dan diikuti.

Hari Guru Nasional memiliki makna sebagai bentuk penghormatan dan untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru. Tentunya, setiap guru, siswa, sekolah, atau orang-orang sekitar memiliki cara yang berbeda-beda untuk menunjukkan penghargaan tersebut. Namun, bagaimana pun tradisinya yang terpenting adalah memaknai peringatan Hari Guru Nasional sebagai momen untuk menghargai peran Bapak dan Ibu guru dalam mengembangkan pendidikan.

Membahas mengenai makna Hari Guru Nasional pastinya tidak lepas dari sejarahnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Hari Guru Nasional diperingati bertepatan dengan hari lahirnya PGRI. Organisasi ini menjadi bukti semangat perjuangan para guru di zaman Belanda yang sebelumnya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). PGRI didirikan untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisinya dengan kegiatan di bidang pendidikan, serta bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan memperjuangkan kesejahteraan guru.

Baca Juga: Peran Guru dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

Tentang Hari Guru Nasional 2021

Melalui peringatan Hari Guru Nasional, guru tidak hanya menerima dukungan tapi juga harus berefleksi diri terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga pendidik. Guru berperan sebagai seseorang yang memberikan pendidikan dan pengajaran baik secara formal maupun non formal. Hingga saat ini, peran Bapak dan Ibu guru bertambah untuk menjaga keberlangsungan pendidikan di masa pandemi.

tentang hari guru nasional
Cerita mengajar dari Bapak dan Ibu guru selama pandemi. (Foto dokumentasi Bapak dan Ibu guru di komunitas ZenRu)

Selama pandemi, para guru harus beradaptasi dengan berbagai perubahan yang ada mulai dari penutupan sekolah, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sampai sekarang adanya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Dengan berbagai tantangan yang ada, Bapak dan Ibu guru terus berjuang untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa mulai dari mana saja.

Melihat besarnya perjuangan guru dalam mengajar dan perannya yang sangat penting dalam pendidikan, Hari Guru Nasional 2021 ini mengangkat tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Tema ini diambil mengingat situasi COVID-19 yang sempat menghambat kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Saat sekarang kondisinya mulai membaik, sekolah kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat melalui Pembelajaran Tatap Muka yang masih diselenggarakan secara terbatas atau bertahap.

Makna Logo Hari Guru Nasional 2021

Logo Peringatan Hari Guru Nasional 2021 menggambarkan semangat belajar yang tetap menyala di tengah kondisi sulit pandemi. Jika dilihat dari logo di atas, elemen-elemen yang ada seperti guru serta siswa diilustrasikan sedang menggunakan masker, namun tetap terlihat dinamis dan semangat dalam melaksanakan pembelajaran. 

logo hari guru nasional
Logo Hari Guru Nasional 2021 (Foto dari kemdikbud.go.id)

Pemanfaatan teknologi di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga terlihat melalui elemen laptop, telepon pintar, simbol jaringan internet, dan aplikasi telekonferensi dimana semuanya berkaitan erat sebagai alat penunjang pendidikan selama pandemi COVID-19.     

Bentuk hati secara keseluruhan menggambarkan komponen-komponen pendidikan yang ada saling bersatu dan bersinergi untuk menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh dengan cinta. Semangat ini digambarkan sebagai tujuan untuk memberikan pendidikan yang terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Perjuangan Guru Mengajar Selama Pandemi

Peran Guru dalam Pemulihan Pendidikan

Tanpa disadari, semua tantangan yang Bapak dan Ibu guru lalui ketika mengajar di masa pandemi adalah bagian dari langkah untuk memulihkan pendidikan. Selama dua tahun mengajar di tengah pandemi, banyak upaya dan peran yang Bapak dan Ibu guru ambil untuk mendukung siswa agar bisa terus belajar secara aman dan nyaman.

Terima kasih Bapak dan Ibu guru atas jasa dan perjuangannya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna dan terbaik untuk siswa. Semoga Bapak dan Ibu guru bisa terus mengembangkan potensi yang dimiliki agar dapat mengambil peran dalam pemulihan pendidikan di masa pandemi ini.

Baca Juga Artikel Lainnya

Zenius untuk Guru, Memudahkan Proses Belajar Mengajar

Kembangkan Potensi Diri Melalui Seni Grafiti

Siswa Nakal, Gimana Cara Mengatasinya?

Bagikan artikel ini