faktor penyebab pemanasan global Zenius Education

10 Faktor Penyebab Pemanasan Global – Materi Fisika Kelas 11

Salah satu faktor penyebab pemanasan global yang sering Sobat Zenius denger pasti gas rumah kaca, bukan? Eits, apakah cuma itu saja penyebabnya? 

Ternyata guys, penyebabnya nggak hanya itu saja, lho! Namun, masih ada banyak penyebab lainnya yang mungkin jarang orang-orang ketahui. Nah, kira-kira ada apa saja, ya? Yuk, kita bahas satu-persatu!

Faktor Penyebab Pemanasan Global

1. Letusan Gunung Berapi

Letusan Gunung Berapi Penyebab Pemanasan Global Zenius Education
Letusan Gunung Berapi (Dok. freepik)

Secara natural fenomena letusan gunung berapi merupakan penyebab terjadinya pemanasan global. Ketika terjadi letusan banyak sekali zat-zat yang dikeluarkan seperti CO2 dan NO. Namun, karena terjadi secara natural sebenarnya akibat letusan gunung ini tidak terlalu berdampak pada pemanasan global.

2. Transportasi

Sobat Zenius, pasti elo sering deh mendengar tentang anjuran yang mengutamakan sarana transportasi umum dibandingkan sarana transportasi pribadi. Tapi, elo tahu nggak sih, apa alasannya? 

Jadi guys, pada dasarnya penggunaan transportasi yang berlebih dapat memicu terjadinya pemanasan global. Apalagi, transportasi yang menggunakan bahan bakar fosil. 

Sebab, akibat dari pembakaran fosil dapat menghasilkan gas-gas beracun seperti karbon monoksida, nitrogen oksida, dan sulfur oksida yang memicu terjadinya gas rumah kaca. 

Maka dari itu, yuk kita kurangi penggunaan transportasi pribadi dan mulai menggunakan sarana umum!

Baca Juga: Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar – Materi Fisika Kelas 11

3. Industri

Asap Industri Faktor Penyebab Pemanasan Global Zenius Education
Asap Industri (Dok. freepik)

Mirip dengan asap transportasi, asap pembakaran industri juga menghasilkan berbagai zat membahayakan seperti karbon monoksida, nitrogen oksida, dan sulfur oksida. Bahkan, jumlahnya lebih banyak dibandingkan asap transportasi, lho! Bayangin kalau misalnya industri ini tidak diatur dengan bijak, yang ada pembangunan industri bakal jadi bumerang.

4. Penggunaan CFC (Chloro Fluoro Carbon)

CFC merupakan senyawa yang dikeluarkan mesin pendingin seperti AC dan kulkas yang dapat merusak lapisan ozon. Dua jenis chloro fluoro carbon yang umum digunakan adalah CFC R11 dan CFC R-12. 

Untungnya saat ini penggunaan CFC sudah mulai dilarang di beberapa negara nih, karena dituding memicu rusaknya lapisan ozon. 

5. Pembuangan Sampah dan Limbah

Faktor penyebab pemanasan global selanjutnya yaitu pembuangan sampah dan limbah nih, guys! 

Seperti yang elo ketahui sampah ada dua jenis yaitu organik dan anorganik. Nah, kalau sampah organik sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap pemanasan global karena masih bisa terurai. Namun, sampah anorganik ini lah yang berbahaya guys, karena sulit terurai. 

Sekarang, coba deh elo bayangkan berapa banyak hasil pembuangan limbah industri? 

Well, pastinya banyak banget, kan? Nah, apabila limbah-limbah industri ini saling bercampur, kemungkinan besar akan menghasilkan gas rumah kaca yang berbahaya bagi pemanasan global. 

6. Pertanian dan Peternakan 

Well, siapa sangka pertanian dan peternakan bisa menjadi salah satu faktor penyebab pemanasan global. Pasti elo bertanya-tanya deh, kok bisa sih pertanian dan peternakan membahayakan bumi?

Eitss, tapi pertanian yang dimaksud bukan tumbuhan yang masih hidup ya guys, melainkan tanaman yang mengalami pembusukan. Pasalnya, akibat dari pembusukan ini akan menghasilkan gas metana sehingga menyebabkan gas rumah kaca. 

Sementara itu, di bidang peternakan penyebab timbulnya pemanasan global adalah kotoran hewan. Sebab, apabila kotoran hewan tidak diolah dengan baik akan menghasilkan emisi karbon yang menyebabkan gas rumah kaca.

7. Penebangan Hutan

Penebangan Hutan Faktor Penyebab Pemanasan Global Zenius Education
Penebangan Hutan (Dok. freepik)

Penebangan hutan juga bisa menjadi faktor penyebab pemanasan global lho, guys! Tahu nggak, kenapa?

Well, elo semua pasti tahu kan, kalau pohon ketika berfotosintesis membutuhkan karbon dioksida? 

Nah, karena mengonsumsi karbon dioksida, sebenarnya hutan merupakan salah satu metode yang digunakan bumi untuk bertahan dari pemanasan global. 

Namun, karena adanya penebangan hutan yang menyebabkan lahan menjadi gundul maka tidak ada lagi nih, yang mampu menyerap karbon dioksida. 

Akibatnya, kadar karbon dioksida menjadi berlebihan dan menyebabkan gas rumah kaca. 

8. Boros Penggunaan Listrik

Sobat Zenius, elo masih sering boros dalam penggunaan listrik nggak nih? Well, sebaiknya elo mulai berhemat deh. Sebab, penggunaan listrik yang berlebih dapat menyebabkan pemanasan global.

Pasalnya, energi listrik membutuhkan pembakaran batu bara yang dapat meningkatkan pemanasan global. So guys, elo harus menggunakan listrik secara efisien, ya!

9. Meningkatnya Gas Rumah Kaca

Salah satu faktor penyebab pemanasan global adalah gas rumah kaca. Nah, kira-kira menurut elo apa yang menyebabkan meningkatkan gas rumah kaca, nih?

Umumnya, gas rumah kaca terjadi akibat pembakaran minyak bumi sehingga menyebabkan adanya pemanasan yang terpantul tidak diteruskan ke luar angkasa tetapi kembali lagi ke bumi. Salah satu gas yang paling berpengaruh adalah karbondioksida.

10. Menipisnya Lapisan Ozon

Sobat Zenius, pasti sering mendengar istilah lapisan ozon. Namun, sebenarnya apa sih lapisan ozon itu? 

Well, secara alami bumi telah dilindungi oleh lapisan ozon yang berada di atmosfer. Namun, semakin hari lapisan ozon ini semakin menipis akibat berbagai faktor, salah satunya yaitu penggunaan penyejuk ruangan (AC). Padahal, adanya lapisan ozon dapat menyerap radiasi sinar UV sehingga tidak membahayakan manusia. 

Baca Juga: Mengenal Gelombang Berjalan – Materi Fisika Kelas 11

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Contoh Soal Faktor Penyebab Pemanasan Global

  1. Mesin pendingin dapat mengeluarkan senyawa berbahaya ke udara yang dapat merusak lapisan ozon. Tentukan senyawa yang dapat merusak ozon .…

A. CO2

B. CO3

C. O3

D. CFC

E. NO

Jawaban: 

CFC adalah senyawa yang dikeluarkan mesin pendingin seperti AC dan kulkas yang menyebabkan merusak lapisan ozon sehingga jawaban yang tepat adalah D. 

2. Di bawah ini merupakan aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya pemanasan global, kecuali ….

A. Pembakaran sampah

B. Penggunaan kendaraan bermotor

C. Penggunaan pendingin ruangan

D. Bercocok tanam di dalam rumah kaca

E. Aktivitas industri

Jawaban: 

Kegiatan bercocok tanam bukanlah penyebab pemanasan global, sehingga jawaban yang tepat adalah D. 

3. Maraknya penggunaan transportasi berupa kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebab dari pemanasan global. Hal-hal berikut dari kendaraan bermotor yang menyebabkan kenaikan suhu di permukaan bumi adalah ….

A. Pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna

B. Gas emisi bahan bakar kendaraan

C. Usaha yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar

D. Habisnya bahan bakar akibat penggunaan kendaraan bermotor

E. Panasnya mesin dari kendaraan bermotor

Jawaban: 

Gas emisi bahan bakar kendaraan merupakan penyebab kenaikan suhu di permukaan bumi. Maka, jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga: Gelombang Stasioner – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal – Materi Fisika Kelas 11

Yeay, selesai juga nih pembahasan kita tentang penyebab pemanasan global. Nah, bagi yang mau mendalami materi ini, elo bisa langsung kunjungi aplikasi Zenius atau langsung klik banner di bawah ini, ya!

Belajar fisika di video materi Zenius
Bagikan Artikel Ini!