Novel Matilda: 5 Kepribadian yang Bikin Lo Cerdas! | Book Club

Novel Matilda: 5 Kepribadian yang Bikin Lo Cerdas! | Book Club 41

Artikel ini membahas sifat dan karakter Matilda yang terkandung dalam Novel Matilda karya Roald Dahl. Apa saja sih pesan yang kita bisa ambil dari Matilda?

Book Club: Pembahasan Novel Matilda
Klik untuk menonton langsung Book Club: Novel Matilda di aplikasi Zenius!

Sebelum kita mulai ke pembahasan, Zen mau tau nih pendapat lo semua. Kira-kira apa sih yang orang cerdas miliki?

Apa yang membuat seseorang cerdas?

View Results

Loading ... Loading ...

Novel Matilda Menceritakan Apa?

Novel Matilda adalah buku anak karya Roald Dahl yang dipublikasikan pertama kali pada tahun 1998. Matilda menceritakan tentang seorang anak kecil bernama Matilda yang memiliki kecerdasan yang luar biasa sampai-sampai ia memiliki kekuatan telekinesis. Meskipun ia dianugerahi kekuatan yang spesial, ia tidak mendapatkan perlakuan yang sepantasnya dari orang tua dan gurunya. Novel Matilda mengisahkan keseharian Matilda yang cerdik dan jahil. 

 

5 Kepribadian Matilda yang Wajib Lo Contoh Agar Cerdas Beneran!

Mengapa kita bisa menganggap karakter Matilda cerdas? Kira-kira apa sih yang kita bisa pelajari dari tokoh fiksi di buku anak-anak? Apakah masih relevan untuk remaja?

Rajin Membaca Buku

Kepribadian Ini adalah salah satu sifat yang paling menonjol dari Matilda. Bayangkan saja, saat masih berusia 5 tahun, Matilda telah melahap berbagai banyak buku klasik seperti Great Expectations, Animal Farm, Pride and Prejudice, dan masih banyak lagi! Hobi membaca ini Matilda tekuni semenjak ia dapat membaca. Baginya, membaca merupakan salah satu sumber kebahagiaan. Tentunya, dengan membaca buku lo akan mendapatkan inspirasi yang lebih banyak. Selain itu, menambah ilmu sudah pasti membuat lo akan semakin cerdas!

Baca Juga: Baca Berita, Perlu Gak Sih?

Memiliki pola pikir yang positif

Novel Matilda: 5 Kepribadian yang Bikin Lo Cerdas! | Book Club 42
Kutipan dari novel matilda yang menunjukkan dirinya pribadi yang positif.

Dibalik penderitaan yang Matilda terima dari berbagai orang disekitarnya, Matilda tetap memiliki pola pikir yang positif. Dia percaya bahwa bersedih ataupun menangis tidak akan merubah nasibnya. Maka dari itu, Matilda selalu melawan penindasan dengan caranya sendiri! Meskipun caranya usil, Matilda tidak pernah berbuat jahat kepada sembarang orang, apalagi orang yang baik kepadanya! Di segala situasi, kita harus bisa menenangkan diri dan tetap positif! Tidak ada salahnya meluapkan emosi dengan menangis, tapi lo harus tau kapan harus bangkit kembali! 

 

Memiliki Pendirian yang Kuat

Meskipun selalu ditegur orang tuanya karena rajin membaca buku, Matilda tetap bersikeras untuk belajar. Orang tua Matilda, yaitu Mr. dan Mrs. Wormwood merupakan sosok yang angkuh dan dingin. Seringkali Matilda dipaksa untuk berhenti baca buku secara paksa. Bahkan, Mr. Wormwood pernah merusak buku milik Matilda.

Novel Matilda: 5 Kepribadian yang Bikin Lo Cerdas! | Book Club 43
Mr. Wormwood, Ayah Matilda, merusak buku milik Matilda. (Ilustrasi: Matilda).

 

Mr. Wormwood merasa Matilda tidak menghargai yang ada disekitarnya karena ia terus membaca buku daripada menonton TV. Sedangkan menurut Mrs. Wormwood, seorang perempuan harus dapat memelihara kecantikannya agar mendapatkan suami. Menurutnya, penampilan lebih baik daripada membaca buku.

Novel Matilda: 5 Kepribadian yang Bikin Lo Cerdas! | Book Club 44
Percakapan Mr dan Mrs. Wormwood dengan Matilda

Walaupun begitu, Matilda tidak patah semangat! Dengan bantuan Miss Honey dan semangatnya untuk belajar, Matilda dapat belajar dengan giat. Jika ada yang menghalangi lo untuk belajar, jangan hiraukan! Selama yang lo lakukan itu positif, tetaplah melihat kedepan.

Punya Perencanaan Matang

Bagaimana Matilda membalas perlakuan buruk orang-orang disekitarnya? Tentu dengan kejahilan yang cerdas! Taktik yang dilakukan oleh Matilda tidak sembarangan, Matilda selalu berkalkulasi dengan hati-hati. Kejahilan Matilda pun tidak didorong oleh niat buruk, ia hanya ingin membuat orang yang jahat kepadanya jera. Seperti Matilda, lo juga harus punya perencanaan yang matang, apalagi dalam persiapan UTBK!

Baca: Persiapan Sekolah Tatap Muka

Memanfaatkan Privilese

Matilda menunjukkan sisi penyayangnya terhadap Miss Honey, salah satu orang yang selalu mendukung Matilda. Disaat Miss Honey mengalami kesulitan, Matilda sigap membantu Miss Honey dengan kelebihan yang ia punya. Melalui kekuatan telekinesisnya, Matilda dapat menyelamatkan Miss Honey dari kekerasan yang selama ini beliau hadapi. Sebagai siswa, lo juga harus memanfaatkan apa yang lo punya, guys!Jangan sampai keuntungan yang lo miliki terbuang sia-sia, ya.

 

Itu dia 5 kepribadian Matilda yang patut banget lo contoh agar sukses dikemudian hari! Siapa bilang buku anak nggak inspiratif buat remaja? Coba deh lo telisik buku yang udah pernah lo baca pas kecil, apakah persepsi lo telah berubah?

 

Suka membaca buku? Mau diskusi seputar buku pilihan bareng tutor Zenius? Sekarang Zenius punya Book Club, lho! Lo bisa ngobrol bareng tutor Zenius secara gratis! Cek jadwalnya di instagram zenius secara berkala, ya!

Novel Matilda: 5 Kepribadian yang Bikin Lo Cerdas! | Book Club 45

Baca Juga:

Sejarah dan Manfaat Book Club

Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca

Cara Membaca Lebih Cepat dan Efektif

Bagikan Artikel Ini!