Cara Membaca Huruf dan Angka Braille yang Paling Tepat dan Mudah

Cara Membaca Lebih Cepat dan Efektif

Halo semuanya! Di sini ada yang suka membaca buku kah? Pastinya pada suka dong ya. Nah, pernah gak sih kalian merasa kok baca buku tuh lama dan pengen tahu cara membaca lebih cepat? Di tulisan kali ini ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan kecepatan membaca. Silakan disimak, ya!

Cara Membaca Lebih Cepat

1. Tentukan Target 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memasang target. Tujuan dari memasang target adalah supaya kamu merasa memiliki tanggung jawab dalam sehari harus membaca berapa halaman kah misalnya atau malah berapa buku dalam tempo satu bulan. 

Dengan adanya perasaan bertanggungjawab, kamu bisa mendapatkan dorongan untuk terus membaca dan tidak berhenti melakukannya. Jangan lupa untuk membuat target yang realistis. Artinya, target yang kamu buat tidak mengganggu kegiatanmu yang lainnya seperti belajar dan mengerjakan PR.

2. Manfaatkan Pembatas Buku

Dewasa ini, beberapa penerbit biasanya menyelipkan pembatas buku dalam buku yang mereka terbitkan. Biasanya, pembatas yang disisipkan ini memiliki tema yang matching dengan buku yang kamu baca. Manfaatkanlah pembatas tersebut dengan baik. Misalnya, kamu tidak dapat menyelesaikan bacaan suatu buku dalam sekali duduk. Gunakanlah pembatas untuk memberi tanda supaya kamu tidak perlu mencari di halaman berapa kamu terakhir membaca. 

Jika tidak mendapatkan pembatas dari penerbit, gunakanlah hal lain sebagai pembatas misalnya stiker, kartu permaianan atau hal lainnya yang ada di sekitarmu.

cara membaca lebih cepat
Foto oleh Oziel Gómez dari Pexels

3. Hindari Membaca Setiap Kata 

Sering kali yang membuat proses membaca buku menjadi lama adalah karena kamu membaca setiap kata yang ada dalam buku tersebut. Membaca setiap kata sebenarnya bukanlah merupakan suatu hal yang buruk hanya saja dapat memakan waktu lebih lama. 

Buat yang sudah terbiasa membaca per kata mungkin akan mengalami kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Sulit bukan berarti mustahil karenanya kamu tetap perlu mencobanya supaya target bisa membaca cepatmu dapat tercapai.

4. Jangan Mengulang yang Sudah Dibaca 

Selain membaca per kata, ada hal lain yang bisa membuat kegiatan membaca buku berlangsung lama yaitu ketika kamu mengulang apa yang sudah kamu baca. Hal ini biasanya terjadi karena kamu belum memahami apa yang tadi kamu baca. 

Untuk menghindari hal tersebut sebenarnya kamu perlu menambah jam terbang membacamu. Dengan semakin sering membaca seharusnya kemampuanmu memahami bacaan dapat terasah sehingga kamu tidak lagi harus mengulang kalimat karena belum memahami maksudnya. 

5. Buat Ringkasan 

Terlepas dari secepat apa kamu bisa menghabiskan suatu buku, adalah hal yang rasanya kurang tepat jika kamu tidak mendapat apa-apa dari buku yang telah kamu baca. Karenanya, ada baiknya kalau kamu membuat ringkasan dari apa yang sudah kamu baca. Ringkasan bisa kamu buat di tepi buku di halamannya atau jika kamu merasa sayang untuk melakukannya kamu bisa membuat ringkasan di luar buku baik di buku catatan atau di gawaimu. 

Dengan membuat ringkasan, kamu dapat membantu dirimu supaya tidak mudah melupakan apa yang sudah kamu dapatkan dari buku yang kamu baca. 

Kurang lebih begitulah cara membaca lebih cepat yang bisa kamu terapkan. Dengan kemampuan membaca cepat kamu jadi bisa membaca lebih banyak buku dari yang sudah kamu baca selama ini karena memang di luar sana ada banyak sekali buku menarik yang patut dibaca. Seperti kata pepatah, too many books but so little time. Namun, dengan berusaha kita bisa kok membaca buku sebanyak yang kita bisa. So, selamat membaca!

Baca Juga Artikel Lainnya

Tips Lolos UTBK 

Tips Menghadapi UAS