Mengenal Bidang-bidang Akuntansi – Materi Ekonomi Kelas 12

Bidang-Bidang Akuntansi dan Bidang Spesialisasi Akuntansi

Akuntansi ternyata nggak cuman mengurus keuangan perusahaan aja loh. Tapi ada bidang-bidang akuntansi yang fungsinya bermacam-macam. Simak, yuk!

Halo, Sobat Zenius! Bagi elo yang udah kelas 12 dan akan segera masuk ke bangku kuliah, kira-kira pada mau ambil jurusan apa, nih?

Gue mau tebak, pasti salah satu dari elo ada yang mau ambil Jurusan Akuntansi, deh! Secara, jurusan ini tuh yang minat ada banyak banget.

Terbukti pada setiap pendaftaran SBMPTN dan SNMPTN, Jurusan Akuntansi sering jadi prodi favorit di kelompok ujian Soshum.

Prospek kerja dari lulusan akuntansi juga bermacam-macam dan pasti dibutuhkan sama perusahaan, lho. Karena setiap perusahaan tentunya butuh seseorang yang bisa mengelola dan mengatur keuangan mereka.

Eh tapi tau nggak sih, lulusan akuntansi yang nantinya sudah bekerja nggak cuman bekerja di satu bidang lho. Kalau semua urusan ini dikerjakan oleh satu orang, dijamin pusing, deh!

Bidang-bidang akuntansi memiliki banyak fokus pekerjaannya.
Ilustrasi Bidang-Bidang Akuntansi (Arsip Zenius)

Ibarat dokter yang punya keahliannya di bidang masing-masing, lulusan akuntansi juga punya spesialisasinya yang berbeda-beda.

Mau tau apa aja? Nah kali ini gue bakal kasih informasi seputar bidang-bidang akuntansi dan fokus tugasnya, simak yuk!

Pengertian Bidang Akuntansi

Bidang-bidang akuntansi adalah macam-macam jenis penyampaian informasi keuangan kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan.
Pengertian Bidang Akuntansi (Dok. Freepik)

Sebelum masuk ke dalam macam-macam bidang akuntansi, elo perlu tau dulu nih apa pengertian dari bidang akuntansi itu sendiri.

Jadi, kebutuhan informasi akuntansi yang semakin kompleks menyebabkan munculnya bidang-bidang akuntansi yang bermacam-macam.

Tujuannya nggak lain adalah untuk mempermudah proses pencatatan dan penyampaian informasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan.

Makanya, profesi akuntansi itu ada macam-macam dan dibagi sesuai dengan spesialisasinya, yang biasa dikenal sebagai bidang akuntansi.

Baca Juga: Dasar-dasar Akuntansi

Bidang-Bidang Akuntansi

Bidang-bidang akuntansi ada apa aja sih? Bidang akuntansi dibagi menjadi 9 berdasarkan fokus pekerjaannya, yaitu:

  1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Dari yang paling umum dulu nih, ada akuntansi keuangan yang bertugas untuk mencatat dan mengelola transaksi keuangan secara umum. Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang membahas masalah pencatatan transaksi perusahaan.

Biasanya, laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan keuangan ini bersifat periodik atau harian. 

Akuntansi keuangan membahas masalah pencatatan transaksi harian.
Bidang Akuntansi Keuangan (Dok. Freepik)

Bidang akuntansi ini selalu ada di setiap perusahaan lho, gengs. Pencatatan dan pengelolaan laporan ini digunakan untuk melapor ke pihak luar perusahaan.

Pihak luar perusahaan yang dimaksud di sini adalah para investor, kreditor, dan pihak lain yang memutuskan investasi di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Biografi Luca Pacioli, Bapak Akuntansi Dunia

  1. Akuntansi Manajerial (Managerial Accounting)

Nah, bidang ini sedikit mirip dengan akuntansi keuangan. Bedanya, bidang ini mengelola dan menyajikan informasi keuangan perusahaan untuk pihak manajemen atau pihak internal perusahaan.

Laporan keuangan dari akuntansi manajerial atau manajemen ini nantinya digunakan untuk membantu para manajer di perusahaan tersebut dalam membuat keputusan bisnis berdasarkan informasi keuangan tersebut.

  1. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)

Kalau tadi ada yang melaporkan, ada juga nih yang tugasnya kayak wasit di sepak bola. Yaitu bidang audit yang bertugas untuk memeriksa hasil pencatatan dan laporan keuangan.

Jadi pemeriksaan ini gunanya untuk mengecek apakah laporan keuangannya sudah sesuai, wajar, dan benar. 

Karena ini sifatnya harus jujur, makanya orang dalam bidang audit ini nggak boleh dari orang dalam perusahaan, harus independen dan nggak dikuasai oleh pihak tertentu.

Audit berfungsi untuk mengecek laporan keuangan perusahaan.
Bidang Akuntansi Auditing (Arsip Zenius)
  1. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Ada juga bidang akuntansi yang fokusnya mencatat dan melaporkan semua biaya produksi, yaitu akuntansi biaya atau cost accounting

Biaya produksi yang dimaksud di sini ada fixed cost, variable cost, operating cost, direct cost, dan indirect cost.

Mereka bertugas untuk mencatat performa atas efektif atau tidaknya pengeluaran biaya produksi di suatu perusahaan.

  1. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Bidang spesialisasi akuntansi anggaran adalah untuk menyiapkan, memperkirakan, dan mengevaluasi anggaran suatu perusahaan.

Gimana caranya? Misalnya ada biaya kelebihan, nantinya anggaran di tahun berikutnya bisa disesuaikan biar nggak ada pemborosan.

Anggaran itu sendiri adalah perkiraan pemasukan dan pengeluaran yang berfungsi sebagai acuan pengelolaan keuangan perusahaan.

Baca Juga: Tahap Pengikhtisaran Akuntansi Perusahaan Dagang – Materi Ekonomi Kelas 12

  1. Akuntansi Pajak (Tax Accounting)

Yang namanya perusahaan, tentu tiap tahunnya mereka harus membayar pajak dong. Nah, dari perusahaan tersebut ada badan yang khusus untuk menangani urusan pajak perusahaan.

Fungsi dan bidang ini adalah untuk menyiapkan data keuangan perusahaan untuk perhitungan pajak, jadi fokusnya nggak kebelah deh sama biaya produksi dan lainnya.

Akuntansi pajak bertugas menghitung pajak perusahaan yang akan dibayarkan.
Bidang Akuntansi Pajak (Arsip Zenius)
  1. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Fokus dari akuntansi pemerintahan adalah untuk melakukan pencatatan sampai pelaporan transaksi keuangan di pemerintahan.

Kenapa harus ada akuntansi di bidang pemerintahan? Karena pemasukan dan pengeluaran pemerintah itu beda sama perusahaan, jadi perlu ada bidang akuntansinya sendiri.

  1. Akuntansi Pendidikan 

Akuntansi pendidikan ini fokusnya mengelola data keuangan dari suatu instansi pendidikan. Nggak jarang juga orang yang masuk ke dalam bidang akuntansi pendidikan ini juga bertugas sebagai pengajar dalam suatu instansi pendidikan.

Data keuangan dalam pendidikan ini sangat penting lho, gengs. Laporan sangat diperlukan untuk dapat memahami kebutuhan dana dan hal yang dibutuhkan di instansi pendidikan tersebut. 

Sehingga nantinya, pendidikan di dalam suatu instansi akan lebih terjamin dan baik kualitasnya dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Akuntansi pendidikan bertugas untuk mengelola keuangan di dalam instansi pendidikan.
Bidang Akuntansi Keuangan (Dok. Freepik, Arsip Zenius)
  1. Sistem Akuntansi

Sistem Akuntansi adalah bidang akuntansi yang melaksanakan kegiatan dengan merancang cara melakukan pencatatan akuntansi supaya lebih aman, efektif dan efisien, mulai dari mengorganisir dokumen, formulir-formulir dan menyusun prosedur pencatatannya.

Baca Juga: Akuntansi sebagai Sistem Informasi – Konsep dan Soal

Jadi pasti elo udah paham deh kalau tugas orang yang kerja di bidang akuntansi itu nggak selalu sama. Mereka punya fokusnya di bidang masing-masing.

Buat ngetes seberapa jauh elo paham tentang bidang akuntansi ini, mending langsung cus ke next section, yuk! Gue udah bikinin latihan soalnya, nih.

Contoh Soal 

Okeh, tanpa berlama-lama, mending langsung coba dikerjain aja, yuk!

Soal 1

Bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan laporan keuangan disebut…

A. Akuntansi Keuangan

B. Akuntansi Manajerial

C. Auditing

D. Akuntansi Pemerintahan

E. Akuntansi Anggaran

Jawaban: 

Ibarat wasit di sepak bola yang mengawasi jalannya pertandingan, terdapat juga bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan laporan keuangan. Pemeriksaan laporan keuangan ini dilakukan untuk mengetahui apakah laporan keuangan yang dibuat benar, wajar, dan sesuai dengan pengeluaran anggaran yang ada. Bidang akuntansi yang memeriksa laporan keuangan adalah C. Auditing.

Soal 2

Bidang akuntansi yang membidangi pembuatan laporan keuangan periodik adalah…

A. Akuntansi Keuangan

B. Akuntansi Manajerial

C. Auditing

D. Akuntansi Pemerintahan

E. Akuntansi Anggaran

Jawaban: 

Dari pilihan gandanya, sebenarnya udah ada keyword “keuangan” yang bikin jawabannya jadi jelas. Bidang akuntansi yang membidangi pembuatan laporan keuangan periodik adalah A. Akuntansi Keuangan. Bidang ini selalu ada di internal perusahaan dan tugasnya untuk mencatat setiap transaksi dan pengelolaan keuangan yang ada di perusahaan.

Soal 3

Budgetary accounting adalah bidang akuntansi yang membahas tentang masalah…

A. Pajak

B. Laporan Bulanan

C. Laporan Harian

D. Anggaran

E. Biaya

Jawaban:

Budgetary accounting adalah bidang akuntansi yang membahas tentang masalah D. Anggaran. Jadi, akuntansi anggaran ini akan menyiapkan, memperkirakan, dan mengevaluasi anggaran perusahaan. Misalnya ada biaya kelebihan, anggaran kedepannya akan disesuaikan lagi oleh si akuntansi anggaran.

Gimana-gimana? Udah paham belum nih tentang bidang-bidang akuntansi? Kalau masih merasa kurang dengan artikel ini, elo bisa nonton juga lho materi dalam bentuk video. Tinggal klik banner di bawah ini!

Mengenal Bidang-bidang Akuntansi - Materi Ekonomi Kelas 12 9

So, sekian dulu dari gue, tunggu artikel-artikel selanjutnya dan selamat belajar. Have a nice day, guys!

Referensi

Apa itu Akuntansi Manajemen? – Rusdiono Consulting (2020)

Uang Menyatukan Kita. Tetapi, Apakah Uang Berharga? 
Bagikan Artikel Ini!