Testimoni Belajar Bahasa Korea di Zenius

Testimoni Peserta LKWB Zenius

Annyeong Sobat Zenius! Ayo coba absen dulu, yang Army mana suaranya?

Anyway, baru-baru ini salah satu boyband ternama asal Korea Selatan, BTS, lagi ngadain offline live concert, lho! Kalau nggak salah tagline konser yang dibawa tahun ini adalah “Permission To Dance On Stage”.

Sepengetahuan gue, konsernya baru diadakan di Seoul dan Las Vegas. Sayangnya, Indonesia belum termasuk ke dalam list negara tujuan yang akan mereka kunjungi. Huhuhu, gue doain deh, semoga mereka segera datang ke Indonesia ya!

Eh, tapi jangan salah. Meskipun mereka ngadain konsernya secara offline, mereka tetap mengadakan versi online-nya lho. Jadi, penggemar internasional yang nggak bisa datang ke konser secara langsung, tetap bisa nonton di waktu yang bersamaan.

Di sini ada yang ikut nonton online live concert-nya nggak? Kayaknya sih ada ya, hahaha.

Nah, selama konser pasti kan para member BTS melakukan ment dengan bahasa Korea. Elo ngerti nggak nih mereka ngomong apa? Untuk yang belum tau, ment itu istilah yang dipakai di Korea, ketika para member memberikan sepatah dua patah kata.

Sayang banget kan kalau kita nggak paham idola kita ngomong apa, kaya ada yang kurang gitu. Karena pesan mereka nggak sampai ke kita.

Nah! Nggak usah ragu lagi, mungkin ini waktunya elo belajar bahasa Korea juga. Siapa tau elo berkesempatan ketemu para oppa Korea. Jadi, nggak perlu bingung-bingung lagi deh mereka ngomong apa.

Belajar Bahasa Korea

Melansir dari The Korea Herald, adanya budaya pop Korea yang semakin mendunia, membuat banyak orang di dunia tertarik untuk bisa berbahasa Korea. Nah, salah satu institusi asal Korea, King Sejong, menanggapi hal ini dengan membangun cabang kursus bahasa Korea di berbagai belahan dunia.

Ternyata, pada tahun 2019, King Sejong berhasil mendirikan sebanyak 172 cabang di 56 negara dengan jumlah peserta 57.000 siswa setiap tahunnya. Sementara pada tahun 2007, hanya ada 13 cabang di tiga negara. 

Persebaran tempat kursus bahasa Korea di dunia oleh King Sejong.
Peta Persebaran Kursus King Sejong di Dunia (Dok. The Korea Herald)

King Sejong juga berencana untuk menyediakan kursus bahasa Korea online, untuk menjangkau orang di negara atau wilayah yang nggak punya tempat kursus bahasa Korea.

Selain itu, ada juga nih data dari Statista yang menunjukkan peningkatan mahasiswa di Amerika Serikat yang tertarik belajar bahasa Korea, antara tahun 2006 dengan 2016.

Terjadi peningkatan minat belajar bahasa Korea di Amerika.
Jumlah Peningkatan Peminat Bahasa Korea (Dok. Statista)

Bahkan, jumlah orang yang mengikuti TOPIK (Test of Proficiency in Korean) untuk mendapatkan sertifikasi bahasa Korea meningkat cukup pesat. Pada tahun 2018 tercatat 265.000 orang, sedangkan pada tahun 1997 hanya 2.200 orang yang mengikuti sertifikasi tersebut.

Wah, ternyata yang tertarik untuk belajar bahasa Korea memang sebanyak itu ya. Itu pun baru yang tercatat di institusi penyedia pelatihan bahasa Korea, bagaimana dengan yang otodidak. Pasti ada banyak juga nggak sih? Atau jangan-jangan, elo salah satunya?

Kalau iya, berarti langkah yang elo ambil sudah cukup mantap nih. Karena penting lho belajar bahasa Korea saat ini, banyak manfaat yang bisa elo dapatkan.

Elo bisa menambah portofolio. Misalnya elo punya rencana untuk mendaftar beasiswa. Nah, keterampilan bahasa Korea yang elo punya, bisa jadi point plus yang elo tonjolkan untuk impress panitia dari beasiswa yang elo tuju.

Atau ternyata elo memang berniat untuk kuliah di Korea? Wah, tentu sangat membantu juga! Elo bisa lihat informasi universitas di Korea yang menyediakan beasiswa di sini.

Lalu, kemampuan bahasa Korea yang elo punya juga bisa bantu elo di ranah karier nanti. Sekarang ini, sudah banyak lho perusahaan besar asal Korea yang membangun cabangnya di Indonesia. And again, bahasa Korea yang elo kuasai bisa menjadi point plus.

Selain itu, tentu saja, keterampilan bahasa Korea yang elo punya bisa membantu hobi elo, which is fangirling  atau fanboying. Nggak perlu lagi deh nge-translate pakai mesin penerjemah. BTS oppa ngomong apapun, elo langsung paham!

Nah! Pas banget. Biar kemampuan bahasa Korea elo semakin mantap. Elo bisa kursus bahasa Korea online bareng Zenius nih!

Zenius bersama Hybe Edu menyediakan program Learn Korean with BTS (LKWB), akan membantu elo untuk meningkatkan kemampuan bahasa Korea elo.

Learn Korean with BTS di Zenius

Oh iya, sebelumnya kan gue sempat mention tentang Hybe Edu. Gue yakin deh, pasti kalian sudah nggak asing dengan nama Hybe.

Yes! Hybe Corporation ini adalah perusahaan yang menaungi BTS. Selain BTS, idol lain yang berada di bawah naungan Hybe, antara lain adalah Seventeen, NU’EST, TXT, dan Enhypen.

Nah, Hybe Edu sendiri merupakan salah satu bagian dari Hybe Corporation yang berjalan di bawah nama Hybe Solutions.

Kayak yang sudah gue singgung sebelumnya, Zenius berkesempatan untuk bekerja sama dengan Hybe Edu dalam menyediakan kursus bahasa Korea online, yaitu Learn Korean with BTS.

Materi yang akan dibahas adalah seputar bahasa Korea sehari-hari, membaca dan menulis Hangul, penggunaan akhiran formal dan informal, belajar berkomunikasi sesuai konteks, dan tentunya memahami kebudayaan Korea.

Elo nggak perlu khawatir, Zenius menyiapkan sistem belajar bahasa Korea yang tentunya menarik. Tutor yang didatangkan juga no kaleng-kaleng. Para tutor ini sudah diseleksi secara ketat oleh Zenius. Psst, by the way ada native tutor juga lho!

Dengan adanya native tutor, elo bisa berinteraksi langsung nih dengan orang Korea asli. Hitung-hitung mengetes kemampuan bahasa Korea elo juga.

Learn Korean with BTS ini tersedia dalam bentuk live class dan juga rekamannya. Elo bisa cek di sini, untuk informasi lebih lengkapnya!

Hmm, kalau sekiranya elo masih ragu, mending kita lihat yuk testimoni dari peserta LKWB di batch sebelumnya!

Testimoni Belajar Bahasa Korea di Zenius (Interview)

Nah! Kebetulan banget nih, gue berkesempatan untuk sharing session bareng temen-temen peserta LKWB batch sebelumnya. Mereka adalah Erly Dwi Rahmawati dan Astri Daani Rahadiputri.

Terus tau nggak sih? Hal menarik yang gue temukan waktu ngobrol sama mereka adalah, ternyata mereka seorang Army juga, lho!

Ya sudah, langsung saja yuk, kita simak bagaimana pendapat mereka setelah join kursus bahasa Korea online di Zenius.

Erly Dwi Rahmawati

Sebelumnya gue sempet mention kalau Erly adalah seorang Army. Nah, ternyata selain itu, Erly juga senang menonton drama Korea. Makanya, sejak resign dari pekerjaannya setahun yang lalu, Erly mencari kegiatan yang dianggap dapat menambah skill dan knowledge baru.

“Baru-baru ini juga suka BTS. Kebetulan ngelihat posting-an Instagram Zenius, ada kursus bahasa Korea nih, bareng BTS (LKWB). Dapet buku dan photocard-nya juga. Setelah itu langsung regist deh,” ungkap Erly. Wah, Erly gercep banget, ya.

Peserta LKWB Batch 1, Erly Dwi Rahmawati
Peserta LKWB, Erly (Arsip Zenius)

Nah, sebelum ikut program LKWB, ternyata Erly pernah mengikuti kursus bahasa Korea di tempat lain. Terus apa sih yang membuat Erly beralih dan lebih memilih untuk belajar di Zenius?

“Iya, memang sebelumnya pernah ikut yang lain juga. Tapi, ada harga, ada rupa, ya. Di tempat lain memang murah, tapi kayak gitu-gitu aja. Nah, pas sudah join di Zenius ternyata asik juga. Terus, selain karena BTS, tertarik karena ternyata ada motipen-nya juga! Makanya (aku) kayak, wah seru nih belajar di Zenius,” jelas Erly.

Wow, daebak! By the way, elo sudah tau belum, apa itu motipen?

Jadi, motipen yang akan elo dapat ketika join LKWB, berfungsi untuk membantu elo melatih pronunciation. Yang bikin lebih kerennya lagi, audionya langsung diisi oleh member BTS, lho! Kyaaa, neomu joha!

Nah, di sesi sharing kali ini, Erly juga cerita pengalamannya selama belajar bahasa Korea di Zenius. Katanya, “di Zenius tuh seru. Selain (ada) buku paket dan motipen, seonsaengnim-nya (tutor) juga asik dan seru. Terutama Janet ssaem! Karena sesama Army, jadi terkadang pembahasannya mengenai BTS dan jadi lebih menarik.”

Erly juga menambahkan, kalau belajar bersama Zenius semakin seru karena ada quiz polling saat live class dan ada community forum yang bisa bantu, kalau seandainya ada hal yang mau elo tanyakan.

Bahkan, kalau lagi break time, Erly juga suka bahas BTS sama peserta lainnya. Wah, bayangin deh. Elo belajar bahasa Korea, sambil jalin koneksi sama teman satu fandom! Asik banget!

Lalu, Erly juga cerita nih. Setelah join LKWB, kemampuan berbahasa Koreanya pun meningkat. Kayak pronunciation-nya, kemudian vocabulary-nya. Bahkan, sampai mengenal perbedaan antara angka sino dan angka asli Korea, dan  juga penggunaan tenses dalam bahasa Korea.

Kata Erly, kalau lagi nonton drama Korea, Erly mulai familiar sama arti dari beberapa kata. Kayak misalnya percakapan yang ada di dalam drama tersebut.

Hasil tangkapan layar saat kursus bahasa Korea online di Zenius.
Suasana live class LKWB. (Arsip Zenius)

Nah, menurut Erly, elo harus coba ikut belajar bahasa Korea di Zenius. Karena tutornya asik-asik dan live class-nya sangat membantu dalam proses pembelajaran bahasa Korea elo. Sudah gitu, elo juga bisa dapat buku paket Learn Korean with BTS.

Eits, nggak cuma sampai situ. Erly juga punya tips and tricks, yang bisa bantu elo cepat menangkap pas lagi belajar bahasa Korea.

“Biar cepat nangkap ya? Harus rajin dengerin (bahasa Korea) sih. Terus kalau lagi nonton drama, coba matikan subtitle-nya dan ganti pakai tulisan aslinya, jadi tau, oh ini penulisannya seperti ini. Bisa juga belajar dari caption posting-an di Instagram, coba-coba artiin sendiri,” jelas Erly.

Gimana chingudeul? Masa sih, masih ragu sama program Learn Korean with BTS di Zenius?

Ya sudah, kita coba simak pendapat dari teman peserta yang satu lagi deh. Yuk!

Astri Daani Rahadiputri

Nah, kalau Astri juga sama nih. Astri adalah seorang Army juga. Ternyata sebelum join kursus bahasa Korea di Zenius, Astri sudah punya buku Learn Korean with BTS.

Astri cerita, kalau dia masih sering kebingungan untuk belajar mandiri. Bahkan, sudah coba belajar dengan aplikasi-aplikasi belajar bahasa asing, masih tetap kebingungan. Akhirnya, Astri lebih memilih untuk join LKWB di Zenius.

“Sebenarnya mau di tempat lain, tapi waktunya nggak pas. Sempat nanya juga, mau belajar sama teman online. Tapi karena dia dari Korea, jadi sama-sama nggak punya waktu juga. Akhirnya, lihat promo (belajar bahasa Korea) di Zenius, ya sudah karena pas juga, kebetulan sudah punya bukunya juga kan,” jelas Astri.

Hmm, memang belajar secara otodidak boleh aja guys. Tapi, ternyata live class memang dibutuhkan juga lho, untuk bantu proses belajar elo.

Peserta LKWB Batch 1, Astri Daani Rahadiputri
Peserta LKWB, Astri (Arsip Zenius)

Lalu Astri juga cerita bagaimana keseruan belajar bahasa Korea di Zenius, yang dialaminya. “Pas belajar itu enak, karena cara tutor menerangkan juga enak. Jadi, pas Janet ssaem menerangkan grammar dan contohnya, itu jelas banget, (aku) cukup ngerti. Lalu, saat latihan bareng Mutia ssaem dan native-nya, itu sangat membantu (proses) belajar.”

Tuh, guys! Seperti yang sudah gue mention di atas, kalau belajar bahasa Korea di Zenius, bisa latihan langsung bareng native asal Korea.

Nah, Astri ini merasa ada perkembangan kemampuan setelah ikut LKWB ini. Katanya, membaca hangul jadi lebih lancar, walaupun masih tersendat-sendat. Maklum ya guys, namanya kita masih belajar, hihi.

Selain itu, sekarang Astri juga semakin tau penggunaan grammar bahasa Korea yang lebih proper. Ditambah, “enaknya di sini (Zenius) nggak cuma belajar bahasa aja, tapi belajar culture Korea juga. Karena tutornya sudah pernah tinggal di Korea juga, dan ada native-nya. Jadi, jelasin culture Korea-nya juga enak,” ungkap Astri.

Astri juga cerita keunggulan belajar di Zenius, yang membuat elo memang harus join. Selain karena Astri seorang Army, katanya, “tutornya emang enak banget. Nggak cuma pintar, tapi emang yang benar-benar bisa menjelaskan. Kayak (istilahnya), nggak cuma ngajarin satu tambah satu sama dengan dua, tapi kenapa bisa menjadi dua itu juga dijelaskan.”

Seperti yang gue bilang ya, kalau tutor di Zenius ini memang berkualitas dan sudah melalui proses seleksi secara ketat. Elo nggak perlu ragu lagi deh sama tutornya.

Terakhir nih, ada tips and tricks dari Astri, biar elo bisa cepat tangkap saat belajar bahasa Korea.

Suasana belajar bahasa Korea yang diambil oleh peserta LKWB.
Suasana belajar bahasa Korea. (Arsip Zenius)

Kalau mau belajar bahasa Korea, memang harus benar-benar niat. Nggak cuma niat di hati ya, tapi niat untuk mencatat dan menulis saat belajar. Lalu, jangan lupa review di waktu-waktu luang elo. Kalau Astri sendiri, suka mengulang materi pas waktu istirahat di kantor.

Selain itu, coba sering-sering cari latihan atau worksheet bahasa Korea di internet. Nonton video-video pembelajaran bahasa Korea di internet, yang direkomendasikan oleh tutor juga sangat membantu.

Nah, itulah sharing session bersama kedua teman peserta LKWB di Zenius. Jangan lupa, belajar bahasa Korea itu yang penting punya niat.

Nah, kebetulan. Gue mau kasih tau elo nih, di bulan Mei kita akan ada LKWB Batch 3. Saran gue, nggak usah ragu lagi deh, bulatkan niat elo dan langsung aja join LKWB bareng Zenius! Tenang aja, kelas ini bisa diikuti sama semua umur, lho!

Okey, itu aja dari gue. Gue tunggu elo di kelas Learn Korean with BTS Batch 3, ya! Sampai jumpa!

Testimoni Belajar Bahasa Korea di Zenius 9

Reference:

Sejong Institute Looks Beyond Classroom Walls – The Korea Herald (2019)

Which Languages Are College Students Learning More Of? – Statista (2019)

Bagikan Artikel Ini!