ilustrasi struktur rongga mulut manusia

Berkenalan dengan Struktur Rongga Mulut – Materi Biologi Kelas 11

Sobat Zenius, bagian tubuh favorit elo apa, nih? Kalau gue sih bakal jawab rongga mulut. Pokoknya, gue merasa beruntung banget struktur rongga mulut gue lengkap dan sejauh ini belum ada masalah (paling parah mungkin sakit gigi aja sih, hehe).

Gimana gue bisa suka sama mulut gue? Selain bisa dipakai buat kasih kode ke ayang buat beliin cilok, organ inilah yang memungkinkan gue buat menikmati martabak telur, seblak, kue pancong, pokoknya semua makanan enak yang ada di dunia!

Lidah gue bisa dipakai buat ngerasain manis, asin, asam, pedas, dan lain-lain. Gigi gue bisa dipakai buat mengunyah bakso biar nggak gue telan bulat-bulat terus tersedak. Wah, mantap bangetlah pokoknya bagian tubuh gue yang satu ini.

Nah, lidah dan gigi adalah dua dari beberapa bagian struktur rongga mulut. Bagian lainnya apa aja, nih? Yuk kita telusuri lebih jauh salah satu organ sistem pencernaan kita ini!

Pengertian Rongga Mulut

Untuk memahami apa itu rongga mulut, gue mau minta elo melakukan beberapa hal terlebih dahulu, nih. Coba ambil cermin. Pastikan di sekitar elo nggak ada orang ya, biar nggak aneh kalau dilihat, haha. 

Sekarang, coba bilang “Ahh”. Kelihatan nggak di dalam mulut elo ada apa aja?

Nah, kalau udah, yuk ditutup lagi mulutnya. Sekarang, coba elo bayangkan lagi makan sesuatu dan elo perhatikan jalur yang dilewati oleh makanan. Apa tempat yang paling pertama disinggahi oleh makanannya? Yup, rongga mulut!

Jadi, rongga mulut adalah organ yang menjadi awal proses pencernaan pada manusia yang terdiri atas bibir, gigi, uvula, tonsil, dan lidah. Fungsi rongga mulut adalah sebagai tempat terjadinya pencernaan mekanis dan kimiawi.

Eh, apaan tuh pencernaan mekanis dan kimiawi? Tenang, nanti kita akan bahas lebih lanjut dalam bagian proses pencernaan di mulut, ya!

By the way, rongga mulut nggak hanya berperan dalam sistem pencernaan tetapi juga pernapasan. Fungsi rongga mulut dalam sistem pernapasan adalah sebagai salah satu jalur masuknya udara selain melalui hidung.

Pernah nggak sih elo pilek terus hidungnya mampet, akhirnya elo bernapas lewat mulut? Nah, saat seperti itulah rongga mulut punya peran dalam sistem pernapasan. Ada juga salah satu organ pernapasan yang menghubungkan rongga mulut dengan rongga pernapasan yakni faring.

Faring berfungsi untuk memastikan kalau udara masuk ke sistem pernapasan dan makanan masuk ke sistem pencernaan. Kalau makanan sampai masuk ke sistem pernapasan, kita bisa tersedak. Tuh makanan bisa-bisa nyembur lewat hidung!

Baca Juga: Sistem Pernapasan Manusia – Materi Biologi Kelas 11

Anatomi Rongga Mulut

Sekarang yuk kita mulai simak lebih mendalam tentang bagian-bagian yang terdapat di rongga mulut! Coba perhatikan gambar rongga mulut berikut ini.

gambar struktur rongga mulut
Gambar rongga mulut yang terdiri dari bibir, gusi, gigi, anak tekak (uvula), tonsil, dan lidah (Arsip Zenius).

Bibir

Bibir adalah bagian terluar dari struktur rongga mulut yang berupa jaringan lunak. Bibir merupakan lapisan mukosa rongga mulut, karena berhubungan langsung dengan lingkungan eksternal dari organ tersebut.

Bibir atas dan bibir bawah yang kita punya ini memiliki otot yang membantu kita memegang makanan supaya bisa diteruskan ke dalam rongga mulut untuk dicerna.

Gusi

Gusi merupakan susunan jaringan yang menjadi tempat “bersarang” bagi gigi-gigi kita.

Gigi

Gigi adalah bagian rongga mulut yang berfungsi untuk mengunyah atau menghancurkan makanan. Gigi terdiri atas beberapa jenis sesuai dengan fungsinya:

  • Caninus atau gigi taring yang berfungsi untuk merobek makanan.
  • Molar atau gigi geraham yang berfungsi untuk menghaluskan makanan.
  • Premolar, sama seperti gigi molar dengan fungsi yang sama, hanya ukurannya yang lebih kecil.
  • Incisor atau gigi seri yang berfungsi untuk memotong makanan.

Dalam menghitung jumlah gigi dengan urutan: (kiri) molar-premolar-caninus-incisor | (kanan) incisor-caninus-premolar-molar, gigi orang dewasa jumlahnya 3-2-1-2 | 2-1-2-3.

Sedangkan gigi anak-anak atau yang kita sebut dengan gigi susu, urutannya premolar-caninus-incisor | incisor-caninus-premolar, dengan jumlah 2-1-2 | 2-1-2.

Gimana jumlah gigi elo, udah pas, belum? Atau ada yang ompong?

Baca Juga: Mengenal Sistem Pencernaan dan Organ-organ yang Terlibat di Dalamnya

Anak Tekak (Uvula)

Nah, bagian rongga mulut ini letaknya sangat menjorok di dalam, udah mau menuju tenggorokan dan dia bergelantungan di bagian atas. Apa sih fungsi anak tekak atau uvula?

Letak rongga mulut dan rongga hidung kita sangat berdekatan. Hingga kadang-kadang, kalau kita nggak hati-hati, makanan yang kita telan bukannya masuk ke saluran pencernaan, malah ke saluran pernapasan kayak yang gue bilang tadi.

Fungsi anak tekak adalah untuk membantu memastikan kalau apa yang kita telan itu masuk ke saluran yang tepat.

Tonsil

Bagian ini mungkin lebih akrab elo kenal dengan sebutan amandel. Tonsil ini fungsinya berkaitan sama imunitas kita, lho, yakni untuk mencegah masuknya bakteri, virus, dan benda asing ke dalam tubuh kita.

Makanya, elo lihat nggak sih di TikTok belakangan sempat ada dokter yang ngebahas soal radang tenggorokan setelah minum es? Bukan karena esnya yang dingin terus kita jadi radang, tapi es yang kita minum itu ada bakterinya, sehingga menimbulkan reaksi dari tonsil.

Lidah

gambar lidah dalam struktur rongga mulut
Gambar struktur lidah yang menunjukkan adanya papila dan kuncup pengecap di dalamnya (Arsip Zenius).

Lidah merupakan bagian dari rongga mulut yang dalam sistem pencernaan berfungsi untuk mengenali tekstur dan rasa dari makanan serta membantu proses mengunyah dan menelan.

Kalau elo perhatikan, pada lidah terdapat tonjolan-tonjolan yang disebut dengan papila. Nah, di papila ini terdapat kuncup pengecap yang berhubungan dengan saraf. Ini yang membuat elo bisa merasakan manis, asin, asam, pahit, dan gurih.

Kelenjar Ludah

Di gambar rongga mulut tadi, gue memang belum menunjukkan letak dari kelenjar ludah. Karena letaknya cukup tersembunyi, gue akan tunjukkan lewat gambar yang angle-nya berbeda.

letak kelenjar ludah pada struktur rongga mulut
Letak kelenjar ludah yang agak tersembunyi pada rongga mulut, dengan ketiga bagian utama di dalamnya yakni parotid, submandibular, dan sublingual (Arsip Zenius).

Kelenjar ludah terbagi atas tiga bagian. Parotid terletak di sekitar depan telinga, submandibular di sekitar rahang bawah, dan sublingual di bawah lidah.

Kelenjar ludah menghasilkan ludah yang mengandung air, garam-garam, urea, lendir, enzim lysozym yang bertugas membunuh bakteri pada makanan, antibodi, dan enzim amilase atau ptialin.

Nah, enzim amilase/ptialin ini akan gue bahas lebih lanjut di bagian berikutnya, so, stay tuned!

Baca Juga: Penyakit-penyakit yang Menyebabkan Gangguan Organ Sistem Pencernaan

Proses Pencernaan di Mulut

Waktu kita membicarakan tentang apa fungsi rongga mulut tadi, gue sempat sebutkan kalau pada rongga mulut terjadi pencernaan makanan secara mekanis dan kimiawi.

Pencernaan secara mekanis adalah proses pengunyahan makanan yang dibantu oleh gigi dan lidah. Makanan yang dikunyah ini dicampur dengan air ludah dan membentuk bolus.

Pencernaan secara kimiawi adalah proses pemecahan zat pati (amilum) oleh enzim amilase/ptialin menjadi maltosa.

Enzim amilase/ptialin ini nantinya akan memecah amilum yang terkandung pada makanan yang kita kunyah ke dalam bentuk yang lebih sederhana (maltosa). Sebagai contoh, ketika makan nasi, sebelum dikunyah nasi nggak ada rasanya, kan?

Tapi setelah dikunyah, nasinya jadi terasa agak manis. Ini bukti terjadinya proses kimia dalam mulut kita, dari amilum yang nggak begitu manis jadi maltosa yang rasanya lebih manis daripada amilum.

Enzim ptialin nggak hanya bekerja di rongga mulut, tapi hingga esofagus. Tapi begitu sampai lambung, aktivitasnya akan berhenti karena adanya HCl. Karena ptialin cuma bisa beraktivitas pada pH 6,3-6,8 alias netral, sedangkan HCl bersifat asam.

Elo bisa nonton video belajar yang membahas lebih lanjut tentang enzim ini dengan klik banner di bawah ini, ya!

klik banner ini untuk mempelajari materi biologi tentang struktur rongga mulut lebih lanjut di video pembahasan lengkap zenius

Contoh Soal tentang Struktur Rongga Mulut

Oke deh, gue rasa sekian dulu pembahasan tentang struktur rongga mulut kali ini. Sekarang udah lebih kenal kan sama bagian-bagian dan fungsi dari rongga mulut elo?

Buat bahan review, sebelum gue tutup artikelnya gue mau kasih contoh soal. Coba dijawab, ya!

  1. Di dalam rongga mulut manusia terdapat gigi yang membantu proses pencernaan mekanis. Gigi yang memiliki fungsi memotong makanan adalah ….
    A. caninus
    B. incisor
    C. molar
    D. premolar
    E. dentin
  2. Bagian rongga mulut yang fungsinya mencegah masuknya bakteri, virus, dan benda asing ke saluran pencernaan adalah ….
    A. bibir
    B. gigi
    C. tonsil
    D. lidah
    E. kelenjar ludah

Jawaban dan Pembahasan

  1. Jawaban: B. Incisor atau gigi seri adalah gigi yang berfungsi untuk memotong makanan.
  2. Jawaban: C. Tonsil atau amandel adalah bagian rongga mulut yang berfungsi mencegah masuknya bakteri, virus, dan benda asing ke saluran pencernaan.

That’s the end of this article, sampai jumpa di artikel Zenius lainnya!

Referensi

Histologi dan Anatomi Fisiologi Manusia – Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan (2017).

Bagikan Artikel Ini!