Zenius dan Pemerintah Kota Makassar Jalin Kerja Sama Tingkatkan Mutu Pendidikan 9

Zenius dan Pemerintah Kota Makassar Jalin Kerja Sama Tingkatkan Mutu Pendidikan

Dinas Pendidikan Kota Makassar dan Zenius menyelenggarakan Tryout AKM yang diikuti oleh lebih dari 4.500 siswa di lebih dari 260 SD dan SMP

Di Bawah Kompetensi Minimum

Sejak 2021 lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengganti Ujian Nasional menjadi Asesmen Nasional, yang menilai kemampuan literasi dan numerasi siswa untuk mengevaluasi kualitas pembelajaran satuan pendidikan di setiap daerah sesuai jenjangnya masing-masing. 

Berdasarkan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021, kemampuan literasi dan numerasi siswa SD-SMP di Kota Makassar masih berada di bawah kompetensi minimum, sama dengan rata-rata hasil capaian siswa nasional. Meski demikian, hasil tersebut masih di bawah rata-rata ibukota provinsi yang ada di Pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang, atau Bandung.

Dari hasil tersebut, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pendidikan Kota Makassar menggandeng Zenius dan New Primagama untuk melakukan tryout AKM untuk siswa SD kelas 4 dan SMP kelas 7, guna persiapan menghadapi ANBK tahun 2023. Tryout AKM ini merupakan awal dari rangkaian komitmen Pemkot Makassar dan Zenius untuk meningkatkan kualitas siswa di daerah tersebut. 

Try Out untuk Meningkatkan Kualitas Siswa

Tryout AKM Zenius dan Dinas Pendidikan Kota Makassar
Tryout AKM Zenius & Dinas Pendidikan Kota Makassar

Tryout yang diselenggarakan pada 9 dan 10 Maret ini diikuti oleh lebih dari 4.500 siswa di lebih dari 260 sekolah SD dan SMP yang ada di Kota Makassar. Penyelenggaraan tryout tersebut dilaksanakan secara online melalui platform Zenius. Seluruh soal yang diujikan telah disesuaikan dengan standar soal dari Pusmenjar.

Kepala Dinas Kota Makassar Pendidikan H. Muhyiddin, S.E. M.M. mengatakan, “Tryout AKM yang diselenggarakan bersama Zenius akan menjadi tolok ukur awal untuk melihat kemampuan siswa di daerah kami. Dengan ini, kami bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka, serta mengukur seberapa efektif program-program kami dalam meningkatkan kapasitas para siswa di masa mendatang.” 

Kerja sama antara Dinas Pendidikan Makassar dan Zenius ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan kapasitas guru, siswa, dan pembelajaran berbasis teknologi melalui penggunaan platform Zenius.

Founder Zenius, Sabda PS, mengatakan “Kami berharap kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar bisa terus berlanjut agar kami bisa memberikan dampak yang lebih besar terhadap para siswa dan satuan pengajar di daerah tersebut. Kami percaya komitmen untuk meningkatkan kapasitas para siswa membutuhkan kerja sama dengan para pemangku kepentingan dari berbagai pihak.”

Kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar akan dilanjutkan dengan pelatihan pengembangan kompetensi para guru dan satuan pengajar di Makassar. Terakhir, tryout AKM akan digelar sekali lagi untuk melihat kemajuan para siswa dan mengukur efektivitas kerja sama Zenius dan Pemkot Makassar. 

Bagikan Artikel Ini!