Info Lengkap Jurusan Keperawatan UGM

Pendaftaran, Syarat Masuk, dan Info Jurusan Keperawatan UGM

Seorang perawat punya peranan penting sama besarnya kayak dokter lho. Yuk, simak soal Jurusan Keperawatan UGM buat elo yang masih ragu soal profesi ini!

Waktu kecil, saat ditanya soal cita-cita, gue sering banget menjawab mau jadi dokter karena bisa membantu orang-orang yang sakit. Tapi, saat sudah beranjak dewasa dan mengerti soal dunia kesehatan, gue baru sadar kalau perawat juga punya peran sama pentingnya dengan dokter dalam membantu pasien.

Coba nih, saat elo merasa kurang sehat dan berobat ke rumah sakit, siapa yang paling banyak elo temui? Yap, pasti perawat yang akan banyak elo temui. Mulai dari membantu dalam memasang selang infus, membimbing soal administrasi, memberikan informasi soal prosedur perawatan, mengecek keadaan pasien rawat inap dari waktu ke waktu, dan masih banyak lagi.

Dengan peranannya yang krusial di fasilitas kesehatan, tentunya tenaga ahli keperawatan bakal selalu dibutuhkan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah perawat Indonesia mencapai angka 511.191 pada 2021. Angka ini meningkat sebanyak 16,65% dari tahun 2020.

Banyak banget sepertinya, ya? Tapi, sayangnya, penyebarannya ini belum merata di seluruh Indonesia dan jumlahnya masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. 

Elo tertarik mengisi celah tersebut? Elo bisa jadikan ini sebagai alasan memilih Jurusan Keperawatan kayak yang ada di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM (FK-KMK UGM), nih.

Yuk, ikuti terus artikel ini karena gue mau kupas tuntas tentang Jurusan Keperawatan UGM!

Kenalan dengan Jurusan Keperawatan UGM

Seperti yang sudah gue jelaskan barusan, Jurusan Keperawatan UGM berada di bawah Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM. Fakultasnya sendiri sudah berdiri sejak 1949, bersamaan dengan berdirinya UGM, tapi Jurusan Keperawatan UGM ini baru hadir pada 1998.

Nah, Jurusan Keperawatan UGM memiliki satu program studi di jenjang sarjana, yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan. Kalau elo mau kuliah Jurusan Keperawatan, pilih program studi ini saat mendaftar, ya!

Saat sudah menyelesaikan jenjang sarjana, elo juga harus mengambil Ujian Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) supaya elo bisa bertugas sebagai seorang perawat resmi. 

Setelah lulus UKNI, masih belum puas belajar? Elo juga bisa melanjutkan ke program pascasarjana dan doktoral Ilmu Keperawatan, lho. Jangan khawatir, Jurusan Keperawatan UGM juga punya program tersebut, jadi elo nggak perlu bingung mencari di tempat lain.

Baca Juga: Info Syarat Masuk dan Akreditasi Prodi Gizi dan Kesehatan UGM

Eits, tapi Jurusan Keperawatan UGM ini bukan sembarang jurusan, lho. Selain program pendidikan sarjana dan pascasarjana, masih banyak banget program lainnya yang menarik banget. Ditambah, jurusan yang satu ini juga sudah terakreditasi A dari BAN-PT!

Nah, buat elo yang nggak suka belajar dari satu sumber aja, ada Program Summer/ Winter Course. Program ini memberi elo kesempatan untuk bisa belajar bareng untuk bertukar pikiran dengan mahasiswa luar negeri di lingkungan FK-KMK UGM.

Atau elo mau belajar sambil melihat suasana baru? Ada juga program student exchange atau pertukaran pelajar dengan universitas mitra luar negeri nih. Ada beberapa pilihan universitas yang bisa elo pilih:

  • Mahidol University – Thailand
  • Taipei Medical University – Taiwan
  • Kochi University – Jepang
  • NUS- Singapore
  • University of Gothenburg – Swedia

Selain itu, ada juga program yang menjadi andalan FK-KMK yaitu, Community and Family Healthcare – Interprofessional Education (CFHC-IPE). Di program ini, kemampuan komunikasi dan kerja sama elo bakal diasah banget. Soalnya, elo akan berkolaborasi dengan mahasiswa Pendidikan Kedokteran serta Gizi untuk membimbing sebuah keluarga di komunitas mulai dari semester 1 hingga semester 7!

Ah, baru mengulik soal programnya saja makin pengen masuk Jurusan Keperawatan UGM nggak, sih? Eits, tunggu sampai elo tahu apa saja yang bakal elo pelajari di jurusan ini! Makanya, simak terus artikel ini.

Baca Juga: Daya Tampung dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Program Studi Ilmu Keperawatan UGM

Kira-kira apa saja sih skill yang harus dimiliki seorang perawat? Pastinya nggak cuma sekadar pengetahuan soal dunia medis, tapi juga kemampuan dalam melakukan tindakan pengobatan seperti memasang infus, menyuntikan obat, serta mengoperasikan berbagai alat medis.

Makanya nih, di Program Studi Ilmu Keperawatan UGM ada dua tahap pendidikan. Yang pertama, ada tahap akademik. Di tahap ini, elo bisa puas-puasin belajar teori dan praktik kesehatan selama empat tahun atau setara dengan delapan semester. 

Tahap Pendidikan Keperawatan
Tahap Pendidikan Keperawatan (Sumber: keperawatan.ugm.ac.id)

Setelah menempuh delapan semester dan lulus UKNI yang sempat kita bahas tadi, elo akan lulus dengan gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep) deh.

Eits, masih ada satu tahapan lagi nih sebelum elo bisa melaksanakan tugas perawat secara mandiri. Tahap berikutnya yaitu tahap profesi yang akan elo tempuh selama setahun ke depan. Yap, tahap profesi mirip juga dengan koas di pendidikan dokter umum. 

Di sini, elo bisa menguji seluruh kemampuan yang sudah elo pelajari selama empat tahun terakhir ke para pasien. Kalau ada hal yang bikin bingung juga jangan takut, karena ada perawat senior yang mendampingi. 

Yang serunya lagi, di tahap ini elo akan dirotasi ke berbagai departemen supaya bisa nyobain berbagai suasana penanganan. Misalnya, bulan ini elo ditempatkan di bagian Medikal Bedah, bulan depan ke bagian Keperawatan Anak, berikutnya ke bagian Keperawatan Gawat Darurat, dan seterusnya.

Setelah itu baru deh elo akan mendapatkan gelar Ners (Ns.) dan bisa membantu para pasien sendiri!

Baca Juga: Pendaftaran, Syarat Masuk, dan Info Jurusan Kedokteran UGM

Daya Tampung Ilmu Keperawatan UGM

Gimana nih, setelah kenalan dengan Jurusan Keperawatan UGM? Pasti makin yakin dong buat memilih jurusan yang satu ini! 

Nah, selain punya tekad yang kuat, elo juga mesti geber persiapan belajar saintek, ya. Jadi, kalau elo masih ragu apakah jurusan IPS bisa masuk keperawatan? Jawabannya, bisa banget, tapi dengan catatan mesti mengikuti kelompok ujian saintek, alias lintas jalur ya.

Apalagi buat masuk jurusan ini ada tiga jalur yang bisa elo coba, lho. Buat perincian soal daya tampung ketiga jalurnya, gue jabarin di bawah ini, ya!

Daya Tampung Jurusan Keperawatan UGM
Daya Tampung Jurusan Keperawatan UGM (Sumber: um.ugm.ac.id)

Elo bisa ikutin ketiga jalur ini buat masuk Jurusan Keperawatan UGM. Gagal di jalur SNMPTN? Jangan khawatir, masih ada SBMPTN dan UM UGM! Apalagi, kuota prioritas ada untuk jalur UM UGM yang biasanya dibuka paling terakhir. Elo juga bisa mulai persiapan UM UGM lebih awal dengan mengulik panduan lengkap seputar UM UGM.

Panduan Lengkap UM UGM

Tambah persiapan elo dengan mengerjakan latihan-latihan soal asli UM UGM tahun-tahun sebelumnya. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Jangan puas sampai di situ aja! Langsung gas ikutan try out, ya. Supaya elo bisa membiasakan diri menghadapi situasi ujian yang semirip mungkin dengan aslinya. Klik langsung banner di bawah ini, ya! 

try out um ugm online zenius
Tryout UM UGM

Referensi:

Jumlah Perawat Mencapai 511.191 pada 2021 – dataindonesia.id (2021)

(https://dataindonesia.id/ragam/detail/jumlah-perawat-mencapai-511191-pada-2021) 

Informasi Program Studi Ilmu Keperawatan UGM

(https://nursing.fkkmk.ugm.ac.id/program-studi-ilmu-keperawatan-2/)

Bagaimana Menyikapi Krisis Kekurangan Perawat – Stikes YPIB Majalengka (2021)

(https://stikesypib.ac.id/blog/bagaimana-menyikapi-krisis-kekurangan-perawat/) 

Status Akreditasi Program Studi Keperawatan UGM

(https://kjm.ugm.ac.id/language/id/akreditasi-sertifikasi/ban-pt/status-akreditasi-program-studi/)

Daya Tampung Program Studi Keperawatan UGM 

(https://um.ugm.ac.id/program-studi-dan-daya-tampung-sarjana-dan-sarjana-terapan/)

Bagikan Artikel Ini!