Info lengkap Jurusan Kedokteran UGM

Pendaftaran, Syarat Masuk, dan Info Jurusan Kedokteran UGM

Bercita-cita jadi dokter? Nah, Jurusan Kedokteran UGM bisa jadi pilihan yang tepat buat elo. Yuk, simak info lengkapnya mulai dari tahapan pendidikan, akreditasi, syarat masuk, sampai daya tampung.

Sobat Zenius, pernah nonton drama Korea Hospital Playlist? Baru aja rampung pada 2021 yang lalu, Hospital Playlist membawa tema kesehatan dengan bumbu persahabatan dan cinta di dalamnya. 

Di Hospital Playlist, elo bisa menyaksikan keseharian profesi dokter, termasuk interaksi dengan para pasien mereka. Sepanjang dua musim penayangan, elo bakal sering ketemu istilah-istilah dalam dunia medis, mulai dari CPR (cardiopulmonary resuscitation), code blue (tanda gawat darurat), sampai intubasi (tindakan untuk membuka jalan napas). 

Buat elo yang setia marathon Hospital Playlist sampai tamat, jadi tertarik buat kuliah kedokteran juga nggak? Kalau iya, elo bisa mewujudkan impian tersebut dengan masuk Jurusan Kuliah Kedokteran, salah satunya di Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Mau tau kayak gimana seluk beluk perkuliahan Jurusan Kedokteran UGM? Yuk, simak informasinya!

Kenalan dengan Jurusan Kedokteran UGM

Adanya Jurusan Kedokteran di UGM sesungguhnya nggak bisa lepas dari berdirinya fakultas tertua di Indonesia, yaitu Fakultas Kedokteran UGM pada tanggal 5 Maret 1946. 

Fakultas Kedokteran UGM sendiri bisa tercipta karena adanya penggabungan PTK (Perguruan Tinggi Kedokteran) antara beberapa perguruan tinggi negeri. 

Karena jurusan di fakultas ini semakin banyak, UGM memutuskan untuk menggabung jurusan-jurusan di rumpun ilmu kesehatan. Seluruh jurusan tersebut akhirnya dilebur menjadi bagian bagian Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK). Termasuk Jurusan Kedokteran di dalamnya.

Baca Juga: Info Syarat Masuk dan Akreditasi Prodi Gizi dan Kesehatan UGM

Jurusan Kedokteran UGM Belajar Apa Aja, Sih?

Udah yakin buat memilih Jurusan Kedokteran UGM? Sekarang, cari tau lebih dalam tentang apa aja yang bakal dipelajari, yuk!

Selama elo menjadi mahasiswa Jurusan Kedokteran UGM, elo akan ketemu dengan materi anatomi tubuh manusia, molekuler genetika, biokimia, farmakologi, biologi sel, dan masih banyak lagi. 

Nggak cuma itu, elo juga bakal belajar bagaimana cara mendiagnosis penyakit pasien berdasarkan keluhan yang dirasakan, mengobati pasien sesuai dengan penyakitnya, serta belajar cara mencegah penyakit agar tidak muncul lagi.

Beberapa mata kuliah yang bakal elo pelajari di Jurusan Kedokteran UGM, seperti:

  • Anatomi
  • Biologi Sel dan Molekuler
  • Reproduksi
  • Kardiovaskuler
  • Respiratorius, dan lainnya

Selain itu, di Kedokteran UGM terdapat 4 fase pembelajaran yang wajib elo ikuti. Fase pembelajaran tersebut bisa disimak pada infografis ini.

Info fase pembelajaran Jurusan Kedokteran UGM
Fase Pembelajaran Jurusan Kedokteran UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Aktivitas pembelajaran yang dilakukan di Jurusan Kedokteran UGM juga menarik banget, lho. Elo bakal belajar jadi dokter dengan berbagai metode super seru, seperti:

  • Pembelajaran kelas, biasanya akan ada diskusi panel, kuliah pakar, kuliah terintegrasi, atau mini-workshop
  • Pembelajaran dengan metode praktikum
  • Pembelajaran melalui kunjungan lapangan atau field visit
  • Pembelajaran dengan metode Basic Clinical Competence Training (BCCT) atau biasa disebut dengan pelatihan keterampilan klinik

Baca Juga: Daya Tampung dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Oh iya, Jurusan Kedokteran UGM untuk jenjang sarjana (S1) terbagi dalam dua kelas, yaitu reguler dan internasional. 

Apa sih bedanya? Tentunya dari segi bahasa yang digunakan dalam perkuliahan sehari-hari pasti berbeda. Kalau elo pilih kelas internasional, otomatis elo akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama di perkuliahan. 

Sedangkan di kelas reguler, pembelajaran dilakukan menggunakan bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia (KIPDI).

Terus, gimana dengan tahapan perkuliahan di Jurusan Kedokteran UGM? Ada dua tahapan yang mesti elo lewatin, nih. Yuk, simak penjelasannya pada infografis di bawah ini!

Info tahapan kuliah Jurusan Kedokteran UGM
Tahapan Perkuliahan Jurusan Kedokteran UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Gelar dari Jurusan Kedokteran UGM

Setelah selesai menempuh pendidikan di Jurusan Kedokteran, elo bakal dapat dua gelar secara bertahap, yaitu:

  • Gelar S.Ked (saat menyelesaikan pendidikan sarjana kedokteran)
  • Gelar dr. (setelah selesai melewati program kepaniteraan klinik) 

Akreditasi Jurusan Kedokteran UGM

Kalau soal mutu pendidikan, nggak usah elo khawatirin lagi, deh. Soalnya, Jurusan Kedokteran UGM sudah dapat akreditasi A dari BAN-PT. Jadi tenang aja, kualitas perkuliahan di Kedokteran UGM terjamin bagus dengan pembelajaran unggulan. 

Baca Juga: Info Syarat Masuk dan Akreditasi Prodi Gizi dan Kesehatan UGM

Syarat Masuk Jurusan Kedokteran UGM

Salah satu hal penting untuk diperhatikan saat elo pilih Jurusan Kedokteran adalah syarat masuknya. Di Jurusan Kedokteran UGM, ada beberapa persyaratan yang mesti elo taati, seperti:

  • Lulusan SMA sederajat, maksimal 3 tahun terakhir dari masa pendaftaran
  • Berasal dari jurusan saintek
  • Bebas NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya)
  • Tidak mengalami buta warna keseluruhan maupun sebagian
  • Memiliki kondisi kesehatan yang baik

Daya Tampung Jurusan Kedokteran UGM

Nggak cuma syarat masuk aja, elo juga harus cek informasi daya tampung dan peminat Jurusan Kedokteran UGM di berbagai jalur masuk.

Buat elo yang belum tahu, Jurusan Kedokteran UGM membuka tiga jalur pendaftaran setiap tahunnya, seperti jalur SNMPTN (undangan), SBMPTN atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), dan UTUL UGM (ujian mandiri).

Untuk daya tampung dan peminat Kedokteran UGM terbaru, bisa elo simak di infografis ini.

Info daya tampung Jurusan Kedokteran UGM
Daya Tampung Jurusan Kedokteran UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Nah, itu dia informasi lengkap tentang Jurusan Kedokteran yang ada di Universitas Gadjah Mada. Semoga penjelasan dari gue bisa memotivasi elo biar tambah semangat untuk jadi dokter, ya.

Oh iya, elo juga bisa menguji kemampuan mengerjakan soal UM UGM lebih dulu dengan mengikuti panduan lengkap yang tersedia di Zenius. Gasss langsung aja cek di link berikut ini!

Panduan Lengkap UM UGM

Buat memantapkan diri, sekalian coba kerjakan latihan soal UTUL UGM aja! Elo bisa download berbagai soal lengkap dengan kunci jawaban dan video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Nggak cuma itu, langsung deh ikutan try out juga. Ya, hitung-hitung latihan supaya terbiasa mengerjakan soal plus ngerasain suasana ujian. Yuk, klik banner di bawah ini! 

try out um ugm online zenius

Referensi:

Program Studi dan Daya Tampung Kedokteran UGM

(https://um.ugm.ac.id/program-studi-dan-daya-tampung-sarjana-dan-sarjana-terapan/)

Kurikulum Kedokteran UGM

(https://fkkmk.ugm.ac.id/program-dan-kurikulum-kedokteran/)

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemdikbud

https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_prodi/QUI4Q0NCQ0UtQzY1Ri00OUFELUE3QzktMDQ1Nzc2ODI5RjQ2/20211

Bagikan Artikel Ini!