Info lengkap Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM

Info Syarat Masuk dan Akreditasi Prodi Gizi dan Kesehatan UGM

Mau jadi ahli gizi? Elo bisa kuliah di Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM, nih. Yuk, simak selengkapnya!

Sobat Zenius, pernah nggak sih ngecek nutrition facts di bungkus makanan yang elo santap? Yup, di sana tercantum banyak informasi nutrisi yang terkandung di makanan, mulai dari karbohidrat, vitamin, mineral, protein, sampai lemak.

Coba, apakah nutrisinya udah memenuhi kebutuhan tubuh elo setiap harinya? Kalau belum, segera lengkapi dengan makanan tambahan lainnya, ya. Soalnya asupan gizi yang elo konsumsi setiap hari itu harus seimbang.

Nah, kalau mau tau lebih spesifik tentang pola makan dan gizi seimbang, elo bisa pelajari ilmu ini saat kuliah di Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM (Universitas Gadjah Mada). 

Kira-kira seperti apa perkuliahannya? Yuk, simak!

Kenalan dengan Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM

Elo tahu nggak, ternyata UGM merupakan penyelenggara pendidikan gizi pertama di Indonesia, lho. Gelar ini diraih UGM dengan membentuk Program Studi Gizi dan Kesehatan (PSGK) pada 13 Januari 2003.

Saat ini, PGSK masuk menjadi bagian Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM.

Sampai tahun 2019 kemarin, ternyata program studi ini udah berhasil meluluskan sebanyak 947 sarjana ahli gizi! Elo pengen nyusul juga nggak, nih? Lanjut baca artikel ini sampai tuntas, ya!

Baca Juga: Info Kuliah dan Jurusan di Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM

Sebenarnya, perkuliahan di Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM nggak akan beda jauh sama program studi lainnya. Elo akan belajar berbagai mata kuliah dengan sistem kredit semester (SKS). Ada total 149 SKS dan 8 semester dengan lama studi kurang lebih sekitar 4 tahun. 

Secara spesifik, di Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM elo akan ketemu dengan materi seputar hubungan antara makanan dan kesehatan. 

Ada pelajaran tentang keterkaitan gizi dan kesehatan, pertumbuhan manusia, keterkaitan gizi dengan bidang pertanian, kualitas manusia, sampai ekonomi dan sosial budaya.

Baca Juga: Daya Tampung dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Apa aja ya mata kuliahnya? Program studi Gizi dan Kesehatan di UGM tentunya punya mata kuliah unggulan sendiri, seperti:

  • Nutrigenomik
  • Kewirausahaan Gizi dan Dietetik
  • Manajemen Gizi dalam Bencana 
  • Gizi Olah Raga
  • CFHC-IPE (Community and Family Health Care with Interprofessional Education), dan lain-lain.

Selain itu, prodi ini juga bakal ngajak elo buat belajar lewat praktikum alias turun langsung ke lapangan yang dilakukan di berbagai tempat khusus. Apa aja, nih? Banyak banget. Contohnya:

  • Laboratorium Fisiologi
  • Laboratorium Mikrobiologi
  • Laboratorium Kuliner dan Dietetik
  • Laboratorium Analisa Zat Gizi
  • Rumah Sakit UGM
  • Puskesmas Seyegan
  • Berbagai catering di Yogyakarta.

Akreditasi Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM

Nah, kalau untuk akreditasi sih sebenarnya udah nggak perlu elo pusingkan lagi. Kenapa? Soalnya Program Studi Gizi dan Kesehatan di UGM telah terbukti mutu pendidikannya dengan mendapat akreditasi A dari lembaga LAM-PTKes dan akreditasi internasional AUN-QA dari ASEAN.  

Gelar dari Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM

Kalau udah lulus, kira-kira elo bakal menyandang gelar apa, ya? Nah, karena elo berada di jenjang sarjana (S1), gelar yang akan elo dapet adalah S.G atau Sarjana Gizi.

Baca Juga: Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UGM

Syarat Masuk Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM

Salah satu hal terpenting yang elo nggak boleh lupa, nih. Tiap prodi kan punya syarat masuk yang wajib diikuti kalau elo mau diterima. Beberapa persyaratan yang harus elo perhatiin untuk masuk Program Studi Gizi dan Kesehatan di UGM bisa elo simak lewat infografis ini, ya!

Info Syarat Masuk dan Akreditasi Prodi Gizi dan Kesehatan UGM 17
Syarat Masuk Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Daya Tampung Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM

Seperti biasa, jurusan yang berkaitan dengan kesehatan emang terkenal banyak peminatnya. Hal ini juga berlaku buat Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM.

Di PSGK, tersedia tiga jalur pendaftaran yang bisa elo coba, yaitu SNMPTN (jalur rapor), SBMPTN atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), dan UTUL (jalur mandiri UGM).

Sekarang, gue bakal kasih informasi seputar daya tampung dan peminat dari setiap jalur pendaftarannya lewat infografis di bawah ini.

Info daya tampung Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM
Daya Tampung Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Gimana, nih? Udah semakin yakin buat pilih program studi ini belum? Semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan elo tentang Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM, ya.

Elo juga bisa mulai persiapan UM UGM lebih awal dengan mengulik panduan lengkap seputar UM UGM. Cek selengkapnya di link berikut, ya!

Panduan Lengkap UM UGM

Coba kerjakan latihan soal UTUL UGM tahun-tahun sebelumnya juga, yuk. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Jangan puas sampai di situ aja! Langsung gas ikutan try out juga. Supaya elo terbiasa menghadapi situasi ujian yang semirip mungkin dengan aslinya. Klik langsung banner di bawah ini, ya! 

Info Syarat Masuk dan Akreditasi Prodi Gizi dan Kesehatan UGM 18

Referensi:

Daya Tampung Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM

(https://um.ugm.ac.id/program-studi-dan-daya-tampung-sarjana-dan-sarjana-terapan/)

Informasi Program Studi Gizi dan Kesehatan UGM

(https://gizikesehatan.ugm.ac.id/)

Informasi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM

(https://fkkmk.ugm.ac.id/)

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemdikbud

(https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_prodi/M0JDRUVFMTYtOUREQS00QkEwLTlFM0MtRkFGM0M5RkEzN0Yx/20211)

Bagikan Artikel Ini!