Pembagian-zaman-neozoikum

Pengertian Zaman Neozoikum, Ciri-Ciri, dan Pembagiannya – Materi Biologi Kelas 12

Sobat Zenius,  elo pasti udah sering denger kan, tentang manusia purba? Apalagi juga banyak film yang nyeritain tentang manusia purba. Tapi, elo tahu nggak kapan manusia purba itu diperkirakan pertama kali muncul? Jawabannya adalah di zaman neozoikum. 

Kira-kira selain adanya manusia purba, di zaman itu ada apa lagi ya? 

Zaman Neozoikum
Ada apa aja ya di zaman neozoikum? (Dok. Pixabay)

Nah, kali ini gue akan ngajak elo buat cari tahu tentang zaman neozoikum. Gimana ya keadaan bumi pada masa neozoikum? Yuk, biar ngga makin penasaran, langsung aja simak artikel berikut!

Baca Juga: Pengertian Zaman Arkaekum dan Ciri-Cirinya – Materi Biologi Kelas 12

Zaman Neozoikum
Dinosaurus mulai punah pada zaman neozoikum (Dok. Pixabay)

Zaman Neozoikum

Apa sih yang dimaksud dengan zaman neozoikum? Zaman neozoikum adalah masa di mana diperkirakan manusia purba pertama kali muncul. Zaman ini disebut juga dengan Kenozoikum, yaitu zaman kehidupan baru. 

Kenapa ya, disebut sebagai zaman kehidupan baru? Nah, jawabannya adalah karena pada zaman tersebut kondisi bumi sudah lebih baik daripada kondisi bumi sebelumnya, di mana bumi sudah stabil dan terbentuk dengan baik untuk dijadikan tempat tinggal. 

Pada zaman tersebut makhluk reptil atau dinosaurus yang besar sudah punah karena jatuhnya asteroid, sedangkan hewan-hewan kecil dan mamalia dapat bertahan hidup dengan memiliki kemampuan reproduksi yang cepat. Nah, jumlah mereka juga semakin banyak dengan kondisi bumi yang sudah lebih baik itu, sehingga masa tersebut juga disebut sebagai era mamalia.  Zaman neozoikum ini berlangsung selama 65,5 juta tahun hingga sekarang. 

Pembagian Zaman Neozoikum

Masa neozoikum ini dibagi menjadi dua zaman lho, apa aja sih? 

Zaman ini terbagi menjadi aman tersier dan zaman kuarter. 

  1. Zaman Tersier

Zaman tersier, terjadi sekitar 60-an juta tahun yang lalu. Dimana kondisi pada saat itu ditandai dengan munculnya benua-benua yang mulai aktif, memisah, dan bersatu, hingga memunculkan pula lautan dan pegunungan. 

Pada zaman tersier terdapat beberapa masa yang perlu elo ketahui, di antaranya adalah masa paleosen, eosen, oligosen, miosen, dan pliosen.

Perkembangan mamalia pada masa paleosen udah mulai kelihatan nih guys, tapi perkembangannya belum terlalu menonjol, barulah pada masa eosen mamalia mulai menunjukkan perkembangan yang berarti. Hewan-hewan yang muncul pada masa ini berukuran lebih besar, contohnya adalah paus. 

Masa selanjutnya adalah masa oligosen. Dalam masa tersebut mamalia terus berevolusi, sehingga jenisnya semakin beragam, contohnya adanya babi, kucing, beruang, dan yang lainnya. 

Pada masa ini juga kera diperkirakan mulai muncul. Kemudian pada masa miosen, jenis mamalia yang muncul tidak terlalu banyak dibandingkan masa-masa sebelumnya. Sementara pada masa terakhir yaitu pliosen, muncul kera yang mirip dengan manusia yang merupakan cikal bakal manusia purba yang ditemukan di zaman kuarter. 

  1. Zaman Kuarter

Zaman kuarter merupakan zaman yang terjadi pada sekitar tiga juta tahun yang lalu sampai dengan sekarang. Zaman ini juga terbagi menjadi beberapa zaman, yaitu kala pleistosen dan kala holosen. Lebih lengkapnya elo bisa baca juga Pengertian Zaman Kuarter, Ciri-Ciri, dan Pembagiannya

Baca Juga: Pengertian Zaman Mesozoikum, Ciri-Ciri, dan Peninggalannya – Materi Biologi Kelas 12

Ciri-Ciri Zaman Neozoikum

Ada beberapa ciri dari zaman neozoikum, antara lain adalah:

  • Puncak Perkembangan Mamalia dan Kepunahan Reptil Besar

Zaman neozoikum merupakan zaman di mana perkembangan mamalia terjadi begitu pesat. Hal ini dipengaruhi juga oleh punahnya para predator di masa sebelumnya. Selain itu, pada zaman ini kondisi bumi juga mendukung adanya perkembangan tersebut, karena bumi mulai layak untuk dihuni.

  •  Mulai Muncul Kehidupan Manusia Purba
Manusia Purba mulai ditemukan pada zaman neozoikum
Manusia Purba (Dok. Pixabay)

Selain perkembangan hewan mamalia, pada zaman ini kehidupan manusia purba mulai ditemukan. Hal ini karena iklim yang ada pada zaman tersebut sudah tidak seekstrem iklim sebelumnya. Predator pun udah punah, jadi kehidupan manusia nggak terancam lagi, deh.

  • Terbagi Menjadi Dua Zaman

Zaman neozoikum ini terbagi menjadi 2, yaitu zaman tersier dan juga zaman kuarter. Seperti yang udah gue bahas di atas sebelumnya.

  • Iklim Belum Stabil

Walaupun iklim pada zaman ini udah nggak seekstrim zaman sebelumnya, tapi di zaman neozoikum ini fenomena alam terjadi secara global, keadaan suhu bumi mengalami penurunan yang sangat ekstrim. Hal ini juga udah gue bahas ya di bagian zaman neozoikum, elo tinggal scroll lagi aja deh. 

Contoh Soal dan Pembahasan

Oke deh guys, itu tadi penjelasan gue tentang zaman neozoikum, seperti biasa biar elo makin mantep nih pemahamannya, gue akan kasih contoh soal, ya!

  1. Bagaimana kondisi bumi pada zaman neozoikum?

Jawaban dan pembahasan: 

Kondisi bumi zaman neozoikum sudah lebih baik daripada kondisi bumi sebelumnya, di mana bumi sudah stabil dan terbentuk dengan baik untuk dijadikan tempat tinggal. Mamalia juga banyak berkembang pada zaman ini, reptil semakin punah, benua, laut, dan pegunungan mulai muncul.

  1. Menurut elo, kenapa manusia dapat bertahan pada zaman neozoikum? Tulis jawaban elo di kolom komentar ya!

Sip, udah selesai nih materi kali ini, jangan lupa tonton juga ya video pembelajarannya dengan klik banner di bawah ini. See you!

Pelajari materi Biologi di video materi belajar Zenius

Baca Juga: Apa Itu Mekanisme Evolusi dan Penyebab Terjadinya – Materi Biologi Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!