Permasalahan Sosial, Teori, Faktor, Dampak, dan Contoh Masalah Sosial – Materi Sosiologi Kelas 11

Permasalahan sosial materi sosiologi kelas 11 Zenius Education.

Semua orang pasti punya masalah. Pertanyaannya, apakah masalah-masalah tersebut bisa disebut sebagai permasalahan sosial? Yuk, kita cari tahu soal masalah sosial.

Sobat Zenius, gimana nih kabar elo? Lagi ada masalah nggak?

Dalam hidup, siapapun di dunia ini, apapun latar belakangnya, pasti pernah memiliki masalah. Setuju nggak?

Sebagai manusia, kita pasti pernah menghadapi masalah.

View Results

Loading ... Loading ...

Nah, gue punya pertanyaan nih buat elo. Ketika belajar Sosiologi di SMA, kita akan mempelajari konsep permasalahan sosial.

Pertanyaan gue, apakah masalah dalam hidup kita tadi bisa dibilang merupakan masalah sosial?

Materi masalah sosial untuk Sosiologi kelas 11.
Materi masalah sosial untuk Sosiologi kelas 11. (Arsip Zenius)

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus paham dulu apa itu permasalahan sosial. Materi ini biasanya kita temui pada mata pelajaran Sosiologi kelas 11.

Mari kita bahas konsep permasalahan sosial, dimulai dari pengertiannya.

Pengertian Permasalahan Sosial

Masalah sosial itu kan terdiri dari dua kata ya, yaitu masalah dan sosial. Masalah itu bisa dibilang merupakan perbedaan antara harapan dengan kenyataan.

Misalnya nih, elo berharap disukai oleh si doi. Ternyata, cinta elo bertepuk sebelah tangan. Waduh, kan jadi masalah tuh, elo bisa jadi galau.

Terus, kalau ada embel-embel sosial setelah kata masalah, kira-kira pengertiannya apa nih? Yang namanya sosial itu biasanya berhubungan dengan kehidupan masyarakat.

Nah, permasalahan sosial adalah perbedaan antara harapan masyarakat (nilai dan norma) dengan realita yang terjadi di tengah masyarakat.

Sampai sini, elo paham nggak sama pengertian tadi? Buat penjelasan lebih lanjut, gue punya rekomendasi video materi yang wajib banget ditonton nih.

Video ini membahas konsep permasalahan sosial di masyarakat dengan animasi yang menarik. Langsung saja klik link video materi di bawah ini. Selamat menonton!

Video: Mengenal Permasalahan Sosial Di Masyarakat

Dari video di atas, kita jadi tahu ya bahwa ternyata ada perbedaan antara masalah pribadi dengan masalah sosial. 

Ngomong-ngomong, di playlist yang sama dengan video tadi, ada video materi Zenius lainnya yang membahas objek dan spektrum permasalahan sosial, lho.

Dengan mempelajari spektrum permasalah sosial, kita bisa mengukur keparahan suatu masalah sosial melalui pendekatan tertentu. 

Penasaran gimana cara mengukurnya? Yuk, nonton video di bawah ini!

Video: Mengenal Spektrum Permasalahan Sosial

Dari pengertian permasalahan sosial dan video konsep masalah sosial tadi, elo sudah kebayang nggak nih, apa saja contoh permasalahan sosial?

Kita diskusikan di bagian selanjutnya, kuy!

Contoh Permasalahan Sosial

Sebelumnya, kita sudah membahas bahwa, permasalahan sosial akan muncul di masyarakat jika hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat.

Jadi, permasalahan sosial terjadi karena adanya pihak yang tidak melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab mereka yang seharusnya sesuai dengan peraturan atau norma yang berlaku.

Menurut elo, sebagai anggota masyarakat, apa sih yang elo harapkan buat masyarakat kita?

Kalau gue nih secara pribadi, tentu gue berharap masyarakat kita bisa hidup aman dan sejahtera. Dari situ, kira-kira apa sih contoh masalah yang nggak sesuai dengan harapan gue?

Masyarakat yang sejahtera tentu seharusnya bisa mencukupi kebutuhan dasar mereka, guys, seperti untuk makan, tempat tinggal, untuk biaya kesehatan, dan lain-lain. 

Selain kesejahteraan, gue juga sempat sebut soal keamanan. Kira-kira gimana sih masyarakat yang aman itu?

Tentunya, masyarakat yang aman itu ya masyarakat yang tingkat kriminalitasnya rendah, seperti tingkat pembunuhan, pencurian, penculikan, dan lain sebagainya. 

Terus, apa aja sih contoh permasalahan sosial yang ada di masyarakat? Yuk kita simak sama-sama.

Eksklusi Sosial

Bila melihat kembali ke masa lalu, telah terjadi berbagai masalah sosial antar kelompok di dunia. Hal ini dapat berpotensi meningkat kalau masyarakat tersebut terdiri dari berbagai kelompok yang berbeda-beda, yang masing-masing memiliki visi dan harapannya masing-masing.

Mau itu berkaitan dengan agama, ras, budaya, disabilitas, dan lain sebagainya. Biasanya, pada masalah sosial tersebut, ada golongan yang ditekan.

Dengan kata lain, ada golongan yang hak-haknya dibatasi atau direnggut, alias didiskriminasi.

Nah, masalah sosial itu bisa disebut sebagai eksklusi sosial, yaitu kondisi dimana ada golongan tertentu yang haknya (misal hak berpartisipasi atau penggunaan fasilitas publik) dihalangi.

Berikut ini video materi tentang eksklusi sosial di Zenius yang bisa elo tonton. Video-video ini membahas tentang konsep eksklusi sosial dan contohnya.

Video: Eksklusi Sosial Sebagai Permasalahan Sosial

Video materi eksklusi sosial di Zenius.
Yuk, nonton video materi eksklusi sosial di Zenius! (Arsip Zenius)

Next, kita bahas soal kemiskinan ya.

Baca Juga: Masalah dan Konflik Masyarakat Multikultural di Indonesia – Materi Sosiologi Kelas 11

Kemiskinan

Kalau menurut KBBI, kemiskinan itu artinya nggak berharta dan serba kekurangan. Itu bisa karena penghasilan yang sangat rendah.

Menurut ilmu sosiologi, kemiskinan itu ada dua, yaitu kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif. Maksudnya gimana tuh?

Kemiskinan absolut adalah suatu keadaan ketika seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhan dasarnya. Misalnya kebutuhan untuk makan dan tempat tinggal.

Dulu pernah ada seseorang yang ngomong ke gue seperti ini, “ …. kamu bingung besok mau makan apa, sedangkan di luar sana ada orang yang bingung apakah besok bisa makan atau nggak.”

Gue nggak ingat siapa yang ngomong itu, dan apa konteksnya. Namun, kata-kata tersebut sangat berbekas di ingatan gue.

Jadi terbayang, masyarakat yang menghadapi kemiskinan absolut, mungkin terus dibayang-bayangi oleh pertanyaan tersebut, “apakah besok gue bisa makan?”.

Selain kemiskinan absolut, ada juga kemiskinan relatif. Relatif ini maksudnya kemiskinan di suatu daerah belum tentu dianggap daerah lain. Kok bisa?

Contohnya nih, di dunia ini tiap negara memiliki biaya hidup dan gaji minimum yang berbeda-beda. Seseorang dengan gaji minimum di Amerika Serikat, bisa jadi termasuk kelompok miskin di negaranya.

Namun, seseorang yang tinggal di Indonesia dengan gaji minimum Amerika Serikat, justru termasuk lebih dari berkecukupan. Soalnya, biaya hidup di Indonesia jauh lebih murah dibanding di Amerika Serikat. 

Sobat Zenius, untuk memperdalam pengetahuan elo mengenai kemiskinan, elo bisa nonton video di bawah ini ya.

Video: Kemiskinan Absolut & Relatif

Video materi kemiskinan di Zenius.
Yuk, nonton video materi kemiskinan! (Arsip Zenius)

Selain dua jenis kemiskinan tadi, ada lagi dua macam kemiskinan berdasarkan penyebabnya, yaitu kemiskinan struktural dan kemiskinan kultural. Apa itu?

  • Kemiskinan struktural, kemiskinan karena masyarakat nggak bisa menggunakan sumber daya yang ada. Misalnya, ada masyarakat yang tinggal dekat tambang emas, namun tetap miskin karena tidak bisa mengambil dan mengolah emas tersebut.
  • Kemiskinan kultural, kemiskinan karena faktor kultur (budaya). Misalnya sikap malas dan nggak mau berusaha untuk bekerja keras.

Selanjutnya, kita bahas soal kriminalitas.

Kriminalitas

Apa yang ada di benak elo, ketika mendengar kata “kriminal”? Mungkin elo langsung kepikiran sama pencuri, pembunuh, penipu, dan pelanggar hukum lainnya.

Memang, yang namanya kriminalitas itu bisa didefinisikan sebagai perilaku yang melanggar hukum. Pokoknya, menyimpang deh dari peraturan yang ada.

Di Indonesia, kita punya kitab undang-undang hukum pidana (KUHP) yang mengatur apa saja perilaku yang nggak boleh dilakukan. Jika dilakukan, kita bisa dihukum dan dianggap kriminal.

Elo sudah tahu belum, apa saja contoh macam-macam kriminalitas yang biasa terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Beragam banget ya, bisa kriminalitas dalam bentuk kekerasan, penipuan, korupsi, pencucian uang, dan masih banyak lagi.

Coba deh, elo nonton video tentang konsep dan berbagai contoh kriminalitas pada video di bawah ini.

Video: Kriminalitas Sebagai Permasalahan Sosial

Video materi kriminalitas di Zenius.
Yuk, nonton video materi kriminalitas di Zenius. (Arsip Zenius)

Selain tiga contoh tadi, apalagi contoh permasalahan sosial yang bisa elo pikirkan? Sobat Zenius, jika elo ingin mencari tahu tentang contoh permasalahan sosial lainnya, elo bisa banget nih baca artikel di bawah ini.

Baca Juga: 10 Contoh Permasalahan Sosial yang Terjadi di Indonesia

Faktor Penyebab Permasalahan Sosial

Sobat Zenius, sejauh ini kita sudah membahas pengertian dan berbagai contoh masalah sosial nih. Sekarang, kita lanjut membahas apa saja faktor penyebab permasalahan sosial.

Di aplikasi Zenius, elo bisa menemukan berbagai video yang menjelaskan faktor-faktor ini. Video tersebut bisa elo akses melalui link di bawah ini.

Video: Pengantar Faktor Penyebab Permasalahan Sosial

Wah, ternyata faktornya sangat beragam ya. Ada faktor biologis, ekonomi, geografis, psikologis, budaya, dan interseksi.

Untuk mempermudah pembahasan, gue sediakan tabel faktor penyebab permasalahan sosial dan penjelasannya di bawah ini.

Faktor PenyebabPenjelasan
BiologisBerhubungan dengan faktor biologis. Contoh: wabah penyakit Covid-19.
EkonomiBerkaitan dengan kondisi ekonomi. Contoh: inflasi, pengangguran, dan kemiskinan.
GeografisBerkaitan dengan aspek wilayah dan geografis. Contoh: bencana alam.
PsikologisBerkaitan dengan gangguan jiwa. Contoh: depresi karena PHK massal dan trauma karena pelecehan seksual.
BudayaBerhubungan dengan unsur-unsur budaya. Contoh: budaya konsumerisme, seksisme, dan bullying.
InterseksiBerkaitan dengan berbagai faktor yang saling berhubungan. Contoh: kekeringan menyebabkan berkurangnya makanan dan penghasilan, sehingga terjadi peningkatan kemiskinan dan kelaparan. Selain itu, bahan pangan menjadi mahal dan langka, sehingga terjadi inflasi.

Ngomong-ngomong, di Zenius ada video penjelasan mengenai tiap faktor penyebab di atas, lho. Video-video tersebut berada di playlist yang sama dengan video faktor penyebab permasalahan sosial yang gue rekomendasikan tadi.

Di bagian selanjutnya, kita bahas soal dampak permasalahan sosial ya.

Dampak Permasalahan Sosial

Apa yang terjadi akibat adanya masalah sosial?

  • Kekacauan (disorder), ketertiban sosial menjadi kacau. Contoh: kerusuhan akibat inflasi ekstrim.
  • Disintegrasi, kesatuan (integrasi) masyarakat memudar. Contoh: banyaknya penipuan membuat masyarakat waspada dan mencurigai orang lain.
  • Perubahan sosial, perubahan pada masyarakat. Contoh: pandmi Covid-19 membuat masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah.

Itulah contoh dampak permasalahan sosial. Selanjutnya, kita cari tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan sosial, yuk.

Cara Mengatasi Permasalahan Sosial

Ada berbagai tindakan yang bisa dilakukan untuk mengurangi, meminimalisir, maupun menyelesaikan masalah sosial. 

Yang jelas, tiap masalah sosial tentu memiliki cara mengatasi tersendiri yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa contoh cara mengatasi masalah sosial.

  • Mengubah atau membuat kebijakan baru. Misalnya, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menghadapi masalah Covid-19.
  • Mengedukasi masyarakat dengan pendidikan karakter dan pengetahuan, agar tidak bermental malas dan konsumtif.
  • Mendukung dan mengkampanyekan bhinneka tunggal ika untuk menjaga persatuan Indonesia.
  • Membuat hukuman yang berat untuk para kriminal, sesuai dengan tindakan kriminal yang diperbuat.

Hayo, apa ya cara mengatasi masalah sosial lainnya? Coba yuk kita cek video upaya mengatasi permasalahan sosial di bawah ini.

Video:Upaya Penyelesaian Permasalahan Sosial

Wow, kita telah membahas konsep permasalahan sosial nih. Sebelum kita lanjut ke contoh soal, gue ingin menyampaikan bahwa ada tiga teori yang berkaitan dengan permasalahan sosial, lho.

Hmm, kira-kira teori apa ya?

Teori Permasalahan Sosial

Berikut ini tiga teori permasalahan sosial menurut ilmu sosiologi.

NamaPencetusPenjelasan
Teori KonflikKarl MarxKesenjangan sosial (contoh: kelas borjuis dan proletar) akan menyebabkan konflik.
Teori FungsionalismeEmile DurkheimKetika ada anggota masyarakat yang nggak menjalankan fungsinya dengan baik, akan terjadi masalah sosial.
Teori Interaksi SimbolikErving GoffmanMenurutnya, masalah sosial dianggap masalah karena adanya label/cap yang diberikan terhadap situasi tersebut.

Oke, sekarang waktunya kita sikat contoh soal.

Contoh Soal Permasalahan Sosial

Berikut ini contoh soal dan pembahasannya.

Contoh Soal 1

Hal yang bukan merupakan faktor penyebab permasalahan sosial adalah …

A. Faktor geografis

B. Faktor psikologis

C. Faktor biologis

D. Faktor interaksi

E. Faktor budaya

Pembahasan

Jika sudah membaca pembahasan di bagian faktor penyebab permasalahan sosial, kita bisa menemukan pilihan A, B, C, dan E.

Sedangkan, faktor interaksi nggak ada. Jangan sampai terkecoh ya, yang benar itu faktor interseksi, bukan interaksi. Jadi, jawabannya adalah D.

Contoh Soal 2

Menebang hutan secara liar dapat menyebabkan permasalahan sosial yaitu …

A. Musim hujan

B. Pengiriman bahan baku

C. Kepadatan penduduk

D. Peningkatan produksi

E. Bencana banjir

Pembahasan

Menebang hutan dapat menimbulkan berbagai bencana seperti longsor, erosi, dan banjir. Maka, pilihan yang paling tepat adalah E.

Contoh Soal 3

Kepadatan penduduk di kota dapat menimbulkan permasalahan sosial yaitu …

A. Banyaknya pengangguran

B. Kriminalitas tinggi

C. Meningkatnya kemiskinan

D. Perumahan kumuh dan padat 

E. Semua benar

Pembahasan

Penduduk di kota cenderung banyak, apalagi bila banyak masyarakat desa atau kota lain yang pindah ke suatu kota tertentu.

Kota yang padat dapat menyebabkan kemiskinan. Hal tersebut terjadi karena penduduk padat yang nggak memiliki pekerjaan (pengangguran) atau berpenghasilan rendah.

Sehingga, ada kelompok penduduk yang hidup dalam kemiskinan dan tinggal di perumahan kumuh yang padat. 

Tingginya angka kemiskinan juga meningkatkan kriminalitas, karena masyarakat menjadi terdorong untuk mencopet dan mencuri untuk mendapatkan uang dan barang yang bisa dijual agar bisa membeli dan memenuhi kebutuhan.

Jadi, pilihan jawaban di atas semuanya benar ya. Maka, jawaban yang paling tepat adalah E.

Baca Juga: Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia – Materi Ekonomi Kelas 11

*********

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai permasalahan sosial. Kalau elo ingin mempelajari materi Sosiologi lainnya dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton video materi Zenius dan akses soal-soalnya.

Materi UTBK

Pastikan elo log in akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Bagikan Artikel Ini!