10 Contoh Permasalahan Sosial di Indonesia

10 Contoh Permasalahan Sosial yang Terjadi di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang punya berbagai permasalahan sosial berbeda di setiap daerahnya. Kira-kira ada apa aja, ya? Simak 10 contoh permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia, yuk!

Buat elo yang suka dengar musik, kenal gak sama Efek Rumah Kaca? Yap, grup band yang mengusung genre alternatif (indie) ini familier sebagai musisi yang kerap kali ‘menyentil’ pemerintah. Lho, kok gitu? 

Iya, mereka menyuarakan aspirasi terhadap perpolitikan dan permasalahan sosial di Indonesia lewat lagu-lagu buatannya. Di Udara, Seperti Rahim Ibu, sampai Mosi Tidak Percaya menjadi beberapa dari sekian banyak karyanya yang sering digunakan anak zaman sekarang saat ikut unjuk rasa. Contohnya demonstrasi besar-besaran menolak Omnibus Law yang dilakukan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia pada tahun 2020. 

Nah, Efek Rumah Kaca merupakan salah satu warga negara yang peduli terhadap masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitarnya, gimana dengan elo? 

Sebelum berniat mengikuti jejak grup band favorit, elo nggak bisa koar-koar tanpa ilmu. Minimal elo mesti paham dulu, sebenarnya permasalahan sosial apa aja yang terjadi di Indonesia ini.

Segala permasalahan sosial bermula dari masyarakat. Elo, gue, dan kita semua adalah bagian dari masyarakat. Singkatnya, manusia yang hidup bersama dan saling berinteraksi dalam suatu hubungan sosial. 

Di dalam hubungan bermasyarakat, tentunya kita punya kesamaan, seperti budaya, wilayah, dan identitas. Mirip-mirip dikit, lah. Selain itu, masyarakat juga hidup dengan kesamaan tradisi, kebiasaan hingga sikap yang bisa dibilang hampir sama. 

Eh, tapi jangan salah! Meskipun memiliki banyak kesamaan, masyarakat seringkali mengalami beberapa peristiwa gejala abnormal, bahasa gampangnya sih masalah sosial.

Kenapa begitu? Jadi, masalah sosial yang dialami masyarakat bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu:

Faktor Penyebab Masalah Sosial
Ilustrasi Faktor Penyebab Masalah Sosial (Sumber: Arsip Zenius)
  • Faktor Kultural 

Masyarakat memiliki nilai yang berkembang pada diri masing-masing, mulai dari lahir hingga dewasa. Nah, nilai tersebut dapat membentuk pola pikir akan berbagai hal. 

  • Faktur Struktural

Pada faktor ini, yang menjadi penyebab utama gejala sosial di lingkungan masyarakat adalah keadaan yang dialami oleh masyarakat itu sendiri. Maksudnya, keadaan yang memengaruhi struktur di masyarakat, seperti ketidakseimbangan lapangan pekerjaan. 

Baca Juga: Macam-Macam Konflik Sosial di Indonesia dan Contohnya

Kesimpulannya, “masalah” merupakan peristiwa yang nggak bisa lepas dari lingkup sosial. Kalau dibiarkan terus, bisa jadi berbahaya dan menghambat kehidupan bermasyarakat. 

Nggak cuma itu, permasalahan sosial juga bisa hadir karena hal lain, seperti faktor biologis, ekonomi, budaya, dan psikologis. 

Kalau elo perhatiin, sekarang ini kayaknya udah ada banyak jenis permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. Nah, gue di sini bakal kasih contohnya. Yuk, disimak!  

Contoh Permasalahan Sosial

Contoh Permasalahan Sosial
Ilustrasi Contoh Permasalahan Sosial (Sumber: Arsip Zenius)

1. Kemiskinan

Menempati urutan ke-101 sebagai negara paling miskin di dunia dan paling lama menyandang gelar low income country (negara berpenghasilan rendah) selama 58 tahun, Indonesia mengalami masalah kemiskinan yang sampai saat ini belum terselesaikan. 

Apa sih definisi kemiskinan itu? Jadi, kemiskinan adalah keadaan ketika seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dan hak dasar untuk mempertahankan kehidupannya. Bayangin, deh, hak dasar sebagai manusia aja gak bisa terpenuhi, apalagi buat yang lain? 

Mengapa kemiskinan jadi salah satu masalah sosial? Karena jika tidak dituntaskan, ada hal lain yang bisa terjadi ketika angka kemiskinan di suatu daerah terus meningkat, yaitu kejahatan.

Masyarakat akan secara otomatis melakukan berbagai macam cara untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka. 

2. Pengangguran

Tunakarya atau pengangguran adalah masalah sosial di mana individu, kelompok, atau keluarga tidak bekerja sama sekali, sedang mencari pekerjaan, atau bekerja kurang dari dua hari selama seminggu.

Pengangguran jadi masalah sosial karena dapat menyebabkan suatu daerah mengalami kemiskinan karena penurunan produktivitas dan pendapatan masyarakat. 

3. Perceraian

Ketika suatu daerah mengalami tingkat perceraian yang tinggi, maka daerah tersebut mengalami permasalahan sosial. Mengapa begitu? Soalnya perceraian tentunya menghasilkan dampak buruk.

Selain individu yang mengalami bisa tersakiti atau terkena gangguan psikologis, keadaan finansial juga bakal terganggu, dan anak yang pada akhirnya menjadi korban karena perceraian tersebut.

4. Kenakalan remaja

Kenakalan remaja bisa terjadi karena adanya masalah yang belum terselesaikan dan dilampiaskan menjadi suatu fenomena atau kejadian yang mengganggu kenyamanan masyarakat. Contohnya, ketika tawuran terjadi, banyak warga sekitar yang merasa cemas dan ketakutan. Selain itu, ada juga yang dirugikan karena bisa menimbulkan korban jiwa dan rumahnya mengalami kerusakan.

5. Kependudukan

Kepadatan penduduk di daerah tertentu juga termasuk masalah sosial. Ketika suatu daerah memiliki angka kepadatan penduduk yang tinggi, maka akan muncul masalah seperti pelayanan kesehatan yang semakin minim, meningkatnya kemiskinan dan angka kriminalitas, lingkungan kumuh dan tidak sehat, dan lain sebagainya.

6. Kriminalitas

Seperti yang sudah gue disebutkan di atas, nih. Kriminalitas berkaitan erat dengan kemiskinan. Hal yang menyebabkan kriminalitas jadi masalah sosial adalah karena menimbulkan keresahan, kecemasan, dan membahayakan kehidupan masyarakat. 

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Kriminalitas – Materi Sosiologi Kelas 10

7. Lingkungan hidup

Keadaan lingkungan hidup yang ditinggali masyarakat juga jadi salah satu masalah sosial, lho. Apa aja yang termasuk permasalahan lingkungan hidup? Contohnya ya polusi, perubahan iklim yang ekstrim, populasi yang meningkat, kepunahan hewan, hingga penggundulan hutan.

8. Kesenjangan sosial

Kesenjangan sosial merupakan keadaan di mana masyarakat memiliki jarak atau ketidakseimbangan satu sama lain. Biasanya disebabkan karena perbedaan status sosial dan tingkat kemampuan ekonomi.

Contoh kesenjangan sosial di Indonesia yang paling kelihatan yaitu pembangunan daerah yang tidak merata. Cek aja jalan tol perkotaan yang terus menerus di bangun. Berbeda dengan keadaan jalan di daerah pedalaman yang seringkali luput dari perhatian.

9. Penyakit menular

Penyakit menular merupakan permasalahan sosial yang diakibatkan oleh faktor biologis. 

Contohnya, Covid-19 yang dinyatakan sebagai penyakit menular. Adanya pandemi Covid tentunya berdampak besar bagi masyarakat. Muncul masalah sosial seperti ketidakseimbangan ekonomi, produktivitas, dan lain sebagainya.

10. Aliran sesat

Aliran sesat juga termasuk permasalahan sosial akibat adanya faktor biologi, lho. Iya, aliran sesat merupakan sebuah penyimpangan norma keagamaan yang dapat mengakibatkan keresahan pada masyarakat. 

Baca Juga: Pengertian Penyimpangan Sosial, Teori, dan Bentuknya – Materi Sosiologi Kelas 10

Setelah melihat 10 contoh permasalahan sosial di atas, mungkin elo jadi menyadari kalau ternyata masalah sosial itu kompleks dan gak bisa diselesaikan dalam satu hari. Soalnya, dampak dari masalah sosial juga gak boleh elo sepelekan. 

Elo mesti memikirkan kemungkinan meningkatnya kriminalitas yang bikin kenyamanan dan keamanan masyarakat jadi terganggu. Pastinya sih bisa menimbulkan konflik antar masyarakat.

Tapi tenang, ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari dan menanggulangi permasalahan sosial tersebut. 

Kira-kira, bagaimana cara menanggulangi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat? 

Upaya Menanggulangi Permasalahan Sosial

Upaya Menanggulangi Permasalahan Sosial
Ilustrasi Upaya Menanggulangi Permasalahan Sosial (Sumber: Arsip Zenius)
  • Tindakan Preventif

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mencegah pola-pola kejahatan hadir dengan menilai apakah suatu fenomena atau keadaan tertentu sudah sesuai nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

  • Tindakan Koersif

Dilakukan dengan paksaan atau ancaman, seperti membentuk aturan yang wajib dipatuhi masyarakat.

  • Tindakan Represif

Memberikan sanksi hukum pada masyarakat yang melanggar aturan. 

  • Tindakan Persuasif

Melakukan kegiatan penyuluhan atau motivasi guna mengajak masyarakat untuk taat pada aturan yang berlaku.

  • Tindak Rehabilitasi 

Membina, mengawasi, dan melindungi masyarakat yang mengalami permasalahan sosial dengan tujuan mengembalikan mereka ke keadaan yang lebih baik.

  • Pengendalian Gabungan 

Merupakan upaya gabungan antara preventif dan represif. Hal yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan antisipasi dan memberlakukan sanksi pada permasalahan sosial yang terjadi. 

Contohnya, ketika diadakan ronda malam untuk meminimalisir pencurian motor, ternyata masih ada warga yang motornya dicuri. Pelaku pencurian harus diberi sanksi hukum yang sesuai dengan perbuatannya. 

Nah itu dia penjelasan tentang permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, faktor penyebab, contoh, hingga upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dan menanggulangi permasalahan sosial. Semoga bisa membantu, ya!

Gak cuma permasalahan sosial aja, ternyata masih ada banyak pembahasan di topik penelitian sosial. Elo bisa cek materi tentang penyebab kemiskinan, sampai faktor ekonomi dan kebudayaan yang dijelaskan tuntas sama Zenius. Yuk, langsung aja klik banner di bawah ini!

10 Contoh Permasalahan Sosial di Indonesia

Referensi

Maraknya Tindakan Kriminal Sebagai Masalah Sosial – Kompasiana (2021)

Memahami Masalah Sosial di Indonesia – Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (2020)

Masalah Sosial – Kemdikbud (2019)

Bagikan Artikel Ini!