Materi mengenai macam-macam konflik sosial

Macam-Macam Konflik Sosial di Indonesia dan Contohnya – Materi Sosiologi Kelas 11

Gue mau coba kasih elo tebak-tebakan yang berhubungan sama materi kita hari ini, nih. Elo tahu nggak, salah satu peristiwa konflik sosial di Indonesia yang terkenal banget? Peristiwa ini selalu muncul di mata pelajaran Sejarah.

Hayo … kalau elo nggak tidur pas pelajaran Sejarah, mungkin elo tahu jawabannya. Yap! Bener banget! Peristiwa G30S PKI atau Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia. 

Siapa sih, yang nggak tahu peristiwa tersebut? Saking terkenalnya, bahkan ada museum yang mengabadikan ketujuh sosok tentara Angkatan Darat (AD) yang tewas di hari itu, lho. Kalau elo penasaran, bisa langsung cari tahu lebih lanjut di Museum Lubang Buaya, ya.

Eh, tapi, kali ini gue nggak mau ngomongin sejarah sama elo, kok. Peristiwa tersebut cuma jadi salah satu contoh konflik sosial di materi kita hari ini.

Kalau dari namanya sendiri, mungkin elo mikir kalau konflik itu selalu berhubungan sama masalah. Nyatanya, memang benar, sih…

Bahkan, menurut pengertian yang gue dapat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik adalah perselisihan atau pertentangan.

Terus, kalau konflik sosial itu apa, dong? Perselisihan di masyarakat? Iya, tapi nggak sesimpel itu, Ferguso.

Sini, gue jelasin tentang konflik sosial yang beragam macamnya. Pantengin terus, ya!

Apa Itu Konflik Sosial?

Ilustrasi konflik sosial yang terjadi di antara dua pihak
Ilustrasi konflik sosial (dok. Freepik)

Sebelum gue bahas lebih jauh, sebenarnya konflik sosial itu apa, sih? 

Simpelnya, konflik sosial adalah situasi di antara dua orang atau lebih berupa perselisihan yang ada pengaruhnya ke kehidupan sosial. Menurut Lewis A. Coser, konflik sosial yang ada di masyarakat ini normal banget, kok.

Kalau ngebahas konflik sosial lebih jauh, ini tuh bakal ada hubungannya sama kekerasan juga, gengs. Kok, bisa? Emangnya, apa saja penyebab munculnya konflik sosial sampai ada kekerasan? Cari tahu di sini, ya: Memahami Konflik Sosial dan Teori Kekerasan.

Macam-Macam Konflik Sosial

Setelah baca artikel di atas, elo jadi lebih paham soal keberadaan konflik sosial, kan? Konflik sosial ini nggak semata-mata ada karena argumentasi biasa aja, lho.

Bahkan, ada berbagai bentuk yang termasuk ke macam-macam konflik sosial. Apa aja, tuh?

Macam-macam konflik sosial yang ada di masyarakat
Macam-macam konflik sosial (Arsip Zenius)

1. Konflik Vertikal

Kalau ngomongin vertikal, mungkin yang datang ke pikiran elo itu sebuah bentuk garis yang tegak lurus. Bener nggak, dugaan gue? Yap! Nyatanya, emang benar, sih.

Tapi, vertikal yang dimaksud di konflik sosial ini nggak sesimpel garis doang. Gue punya kata kunci yang bisa elo pegang buat mengingat konflik vertikal, yaitu stratifikasi sosial.

Simpelnya, stratifikasi sosial itu kan kayak penggolongan kelas sosial berbentuk vertikal berdasarkan harta kekayaan, hingga kekuasaan. Nah, konflik vertikal ini terjadi dalam masyarakat yang kedudukannya berbeda

Gampangnya, konflik vertikal ini termasuk ke contoh konflik antar kelas sosial. Biar elo makin paham, gue coba kasih cuplikan contoh, ya.

Misalnya, elo sekolah di SMA Zenius 1. Terus, elo lupa ngerjain pekerjaan rumah (PR) Fisika yang gurunya tegas banget.

Dari situ, guru elo marah sampai nilai elo dikosongkan alias 0. Nah, konflik yang ada antara elo sama guru Fisika ini disebut vertikal karena kedudukan yang berbeda. Kedudukan yang dimaksud yaitu elo sebagai murid, dan dia sebagai guru.

2. Konflik Horizontal

Seperti yang elo tahu, bentuk horizontal ini tuh ibarat garis lurus yang memanjang dari kanan ke kiri. Simpelnya, ini sih kebalikan dari si vertikal.

Kalau gue jabarin secuil informasi tentang horizontal kayak kalimat barusan, elo udah bisa nebak belum, kira-kira konflik horizontal itu kayak apa?

Bener banget! Konflik horizontal terjadi dalam masyarakat yang kedudukannya sejajar atau setara.

Contohnya gini, deh, elo sekolah di SMA Zenius 1 dan mempunyai banyak teman. Suatu hari, teman elo pinjam buku pelajaran Sejarah tapi nggak dibalikin lagi. Dari situ, elo mulai kesal sama temen elo ini.

Nah, elo berdua ini kan kedudukannya sama ya, sama-sama sebagai pelajar. Tapi, adanya konflik yang muncul karena buku itu merupakan sebuah contoh konflik horizontal.


Materi Video Konflik Vertikal dan Horizontal

Pernah berantem sama kakak atau adik sendiri? Hubungan kakak-adik bisa dilihat vertikal, tapi keduanya juga horizontal karena sesama saudara kandung. Menurutmu, itu lebih ke konflik vertikal atau horizontal, hayo?

Buat yang udah berlangganan paket belajar, cari tau jawabannya di video materi Zenius. Jangan lupa login dulu untuk mengaksesnya!


3. Konflik Laten

Macam-macam konflik sosial yang ketiga yaitu laten. Duh, apa tuh? Jadi, gini ….

Konflik laten adalah potensi konflik yang sifatnya tersembunyi dan biasanya hanya diketahui sama pihak yang berkonflik aja.

Lho, maksudnya tersembunyi ini gimana? Simpelnya, konflik laten merupakan contoh konflik sosial antar individu. Gue coba kasih contoh, ya.

Elo udah pernah nonton film Ayah, Mengapa Aku Berbeda (2011), nggak? Di film itu, ada tokoh remaja yang bersekolah. Namanya Angel, dan dia merupakan seorang tunarungu (hambatan dalam pendengaran).

Ceritanya, si Angel ini di-bully sama teman-teman di sekolah karena kondisinya. Nah, bully di sekolah ini jadi salah satu contoh nyata adanya konflik laten, gengs.

Ilustrasi kejadian bully antara pelaku dan korban
Ilustrasi bully di sekolah (dok. Freepik)

Kenapa? Soalnya, bully ini tuh jadi salah satu potensi yang mendatangkan adanya konflik tersembunyi. Kenapa gue bilang tersembunyi? Karena masalahnya cuma dirasakan sama si pelaku dan korban bully. 

4. Konflik Manifest

Kalau konflik manifest sendiri masih satu kelompok sama si laten nih, gengs. Simpelnya, konflik manifest ini diketahui sama masyarakat luas dan ada pengaruhnya juga ke masyarakat.

Konflik ini sebenarnya datang dari sebuah perkembangan dari konflik laten. Contohnya gimana? Di bagian laten, gue sempat jelasin contohnya itu kasus bully, kan?

Nah, kalau kasus bully ini berkembang beneran menjadi sebuah konflik, biasanya akan diikuti sama tindakan atau aksi dari si korban berupa kekerasan fisik. 

Contohnya, elo jadi korban bully. Terus, elo nggak terima sama perkataan negatif dari si pelaku. Dari situ, elo langsung bertindak dan memulai perkelahian sama si pelaku bully. Nah, ini masuknya ke manifest. 

Kenapa? Soalnya, perkelahian di konflik manifest ini akan diketahui sama banyak orang.

5. Konflik Realistis

Simpelnya, konflik realistis terjadi karena adanya kekecewaan individu atau kelompok terhadap sebuah sistem atau tuntutan di hubungan sosial.

Contoh gampangnya, gini. Elo sekolah di SMA Zenius 1. Terus, ada perlombaan debat antar sekolah di Jakarta. Tapi, sekolah elo hanya memperbolehkan siswa yang ikut perlombaan tersebut mempunyai nilai minimal 90.

Elo dan teman-teman yang punya nilai 70 atau 85 nggak bisa daftar buat ikut perlombaan sama sekali. Nah, kekecewaan yang elo dan teman-teman rasakan karena adanya peraturan tersebut dinamakan dengan konflik realistis.

6. Konflik Non-Realistis

Bedanya apa sih, sama yang realistis? Kalau konflik non-realistis merupakan ungkapan permusuhan sebagai tujuan pribadi yang mengandung perbedaan nilai.

Bukan, nilai yang gue maksud di sini bukan nilai Fisika atau Kimia, ya. Nilai yang gue maksud ini tuh kayak perbedaan suku, ras, sampai agama atau multikulturalisme. Yap! Konflik non-realistis ini termasuk ke contoh konflik sosial antar ras.

Jadi, adanya perbedaan nilai dalam kebudayaan ini bisa memunculkan konflik non-realistis. Contohnya, tawuran antar pelajar. 

Misalnya gini, ada sekolah yang namanya SMA Zenius 1. Terus, ada juga sekolah yang namanya SMA Zenius 2. Nah, para murid di kedua sekolah tersebut melakukan tawuran pelajar. 

Ini termasuk ke bentuk konflik non-realistis karena adanya ungkapan permusuhan dari kedua SMA tersebut. Biasanya, konflik non-realistis juga lebih sulit buat diselesaikan, gengs.

Sampai sini, semoga elo jadi makin tercerahkan setelah baca artikel materi dari gue, ya. Oh iya, kalau elo masih merasa kurang jelas, gue punya solusinya, kok.

Kalau elo klik banner di bawah ini, elo bisa langsung dijelaskan secara rinci tentang materi ini sama salah satu tutor kita. Penasaran? Ini dia banner-nya!

Pelajari materi Sosiologi di video materi belajar Zenius

Contoh Soal Macam-Macam Konflik Sosial

Gimana, materi kita hari ini? Nggak sesusah hafalin rumus Fisika, kan? Gue harap, elo bisa semakin menguasai materi bentuk-bentuk konflik sosial berdasarkan artikel ini, ya.

Nah, supaya pemahaman elo akan materi ini semakin jauh, gue punya contoh soal yang bisa elo kerjain, nih. Lumayan banget, hitung-hitung latihan mengasah otak, lho.

Semangat ngerjainnya, ya!

Contoh Soal 1

Di bawah ini contoh dari adanya konflik horizontal adalah ….

A. guru honorer menuntut kepala sekolah untuk segera membayarkan gaji guru-guru
B. ketua BEM Universitas Cheong A mengkritisi kepemimpinan rektor yang melakukan pungli
C. serikat kerja datang ke kantor DPRD untuk membicarakan perubahan UMR
D. netizen banyak yang menghujat influencer asing karena mendiskriminasi ras tertentu
E. banyak artis yang mencalonkan diri untuk menjadi anggota dewan

Jawaban:

Konflik horizontal adalah konflik yang terjadi antara individu atau kelompok yang mempunyai kedudukan yang sama. Seperti konflik antar ras, etnis, maupun agama. 

Sehingga, jawaban yang tepat adalah D.

Kesimpulan

Nah, itu dia materi kita kali ini tentang macam-macam konflik sosial yang cukup beragam. Intinya, elo bisa membagi macam-macam konflik sosial ke tiga jenis, yaitu konflik berdasarkan sifat, kedudukan, dan juga tujuan atau latar belakang.

Tapi tenang aja, konflik sosial ini selalu ada cara penyelesaiannya, kok. Caranya, dengan mencapai resolusi konflik.

Gimana tuh, buat mencapai resolusi konflik? Cari tahu lebih lengkapnya di artikel ini, ya: Mengenal Resolusi Konflik dan Contoh Lengkapnya.

Oh iya, selain contoh soal di atas, Zenius juga menyediakan soal buat persiapan try out, lho. Hayo… siapa yang lagi siap-siap buat try out, nih? Penasaran mau langsung coba latihan soalnya? Elo bisa langsung klik link di bawah ini aja, ya!

Latihan Try Out Bareng Zenius 

Zenius juga punya materi pembelajaran Sosiologi lainnya yang nggak kalah keren dan menarik, nih. Buat elo yang mau UTBK, cocok banget pantengin video di bawah ini yang membedah soal-soal persiapan UTBK. 

Apalagi video materi Sosiologi di bawah ini langsung diajarin sama salah satu tutor kita yang gokil abis! Penasaran? Tonton langsung videonya, ya!

Referensi

Bentuk Konflik Sosial – Materi UTBK Zenius

The functions of social conflict – Lewis A. Coser (1956)

Bagikan Artikel Ini!