Pembakaran sebagai Contoh dari Reaksi Redoks

Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia?

Artikel ini membahas tentang konsep reaksi redoks, bilangan oksidasi, reduktor dan oksidator, penyetaraan reaksi redoks, contoh soal dan pembahasan, serta penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.

Alo, Sobat Zenius! Lo tentunya udah nggak asing lagi dong, sama yang namanya proses pembakaran, fotosintesis, sama apel yang ketika udah dipotong dan dibiarin di udara terbuka lama-lama warnanya berubah dan ukurannya menyusut? Hmm, semua yang gue sebutin barusan itu adalah contoh dari reaksi redoks yang ada di kehidupan sehari-hari lho.

Fotosintesis sebagai Contoh Reaksi Redoks
Sumber: freepik
Apel yang Teroksidasi sebagai Contoh Reaksi Redoks
Sumber: Let’s Talk Science

Emangnya, reaksi redoks itu apaan, sih? Reaksi redoks adalah akronim dari “reaksi reduksi-oksidasi” pada proses elektrokimia. Yuk, cari tahu pembahasan lebih lanjutnya di bawah ini!

Reduksi dan Oksidasi

Reduksi

Sebelumnya, nih. Lo bisa mengelompokkan definisi reduksi berdasarkan hubungan suatu zat dengan atom hidrogen (H) dan atom oksigen (O) dan ketika zat tersebut mengalami arus listrik. Jadi kurang-lebih, konsep dan definisi reduksi bakal kayak gini

  1. Pada reduksi, terjadi pengikatan atom H, sehingga jumlah atom H akan bertambah.
  2. Pada reduksi, terjadi pelepasan atom O.
  3. Pada reduksi, ketika suatu zat mengalami arus listrik, maka akan terjadi penangkapan elektron (Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 105), sehingga jumlah bilangan oksidasi (biloks)-nya akan turun.

Oksidasi

Sama kayak reduksi, konsep dan definisi dari oksidasi bisa dijabarin jadi kayak gini

  1. Pada oksidasi, terjadi pelepasan atom H.
  2. Pada oksidasi, terjadi pengikatan atom O, sehingga jumlah atom O akan bertambah.
  3. Pada oksidasi, ketika suatu zat mengalami arus listrik, maka akan terjadi pelepasan elektron (Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 105), sehingga jumlah bilangan oksidasi (biloks)-nya akan naik.

Bilangan Oksidasi (Biloks)

Di atas tadi, lo udah sempet baca tentang “bilangan oksidasi” atau “biloks”. Biloks itu apaan, sih?

“Bilangan oksidasi adalah jumlah muatan positif ataupun negatif pada sebuah atom.”

Nah, biloks ini menunjukkan jumlah elektron yang udah diterima atau yang udah diberikan oleh suatu atom ke atom yang lain.

Cara tahu sebuah atom punya nilai positif atau negatif itu gimana?

  1. Jika sebuah atom udah melepaskan atau memberikan sejumlah elektron, maka atom tersebut akan bernilai positif.
  2. Jika sebuah atom udah menerima sejumlah elektron, maka atom tersebut akan bernilai negatif.

Kenapa atom melakukan transfer (menerima atau melepaskan) elektron?

Hal ini karena atom tersebut masih memiliki sifat yang belum stabil dan ingin menjadi stabil.

Gimana caranya bisa tahu suatu atom udah bersifat stabil atau belum?

Nah, ini bisa dilihat dari jumlah elektron valensi atau jumlah elektron yang ada pada kulit bagian terluar dari suatu atom. Lo bisa pahami lebih lanjut tentang konsep elektron valensi dan konfigurasi elektron dulu ya, Sob, xixi.

Aturan Penulisan Biloks

  1. Ketika suatu atom melepaskan elektron, maka penulisan muatan biloksnya diberi imbuhan tanda (+). Contoh: Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 107.
  2. Ketika suatu atom menerima elektron, maka penulisan muatan biloksnya diberi imbuhan tanda (-). Contoh: Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 108.

Reduktor dan Oksidator

Reduktor

  1. Reduktor merupakan sebutan bagi senyawa yang bersifat reduktif atau memiliki kemampuan untuk mereduksi senyawa lain.
  2. Reduktor melepaskan atau memberikan elektron kepada senyawa lain alias mengalami oksidasi.
  3. Reduktor disebut juga sebagai “penderma elektron”.
  4. Contoh zat pereduksi: asam format, alkali, dan lain-lain.

Oksidator

  1. Oksidator merupakan sebutan bagi senyawa yang bersifat oksidatif atau memiliki kemampuan untuk mengoksidasi senyawa lain.
  2. Oksidator menerima elektron dari senyawa lain alias mengalami reduksi.
  3. Oksidator disebut juga sebagai “penerima elektron”.
  4. Contoh zat pengoksidasi: asam nitrat, halogen, dan lain-lain.

Penyetaraan Reaksi Redoks

Ketika lo ketemu sama reaksi redoks, lo harus setarain dulu jumlah atom dan muatan yang ada di reaktan dan produknya, Sob! Hal itu bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu

Metode Bilangan Oksidasi

  1. Lo cermati mana aja unsur yang mengalami perubahan biloks, hitung biloks setiap elemen, lalu hitung kenaikan atau penurunan biloks per unsurnya.
  2. Beri label mana aja unsur yang merupakan reduktor dan oksidator.
  3. Samakan jumlah kenaikan dan penurunan biloks. Kalau udah sama, udah lo nggak usah apa-apain lagi. Kalau beda, lo bisa gandakan reduktor dan oksidatornya.
  4. Pastikan semua atom (selain H dan Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 109) udah seimbang.
  5. Nah, baru deh, sekarang lo pastikan H dan Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 109-nya udah setara. Caranya, a). Lo bisa tambahin molekul Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 111 ke sisi yang kekurangan oksigen dan tambahin ion Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 112 ke sisi yang kekurangan oksigen (ini berlaku untuk suasana asam); b). Lo bisa tambahin molekul Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 111 ke sisi yang kekurangan oksigen atau tambahin molekul Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 111 ke sisi yang kekurangan hidrogen, lalu lo tambahin ion Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 115 ke sisi yang berlawanan dengan jumlah yang sama pada kedua sisinya.

Metode Setengah Reaksi

  1. Cermati mana aja ion-ion yang mengalami reduksi dan oksidasi. Ditulisnya lo bagi dua secara terpisah, ya.
  2. Samakan jumlah atom yang mengalami perubahan biloks (kenaikan ataupun penurunan).
  3. Lo kalikan antara jumlah atom dan selisih biloksnya, nah nanti hasilnya akan bernilai setara dengan jumlah elektronnya.
  4. Lo tulis jumlah elektron hasil reaksi reduksi di sisi kiri, sementara jumlah elektron hasil oksidasi di sisi kanan. Terus, lo setarakan deh jumlah elektron di kedua sisi ini.
  5. Sama kayak poin no. 5 dari metode biloks!

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Diketahui sebuah reaksi dalam suasana basa seperti berikut:

Contoh Soal Reaksi Redoks 1
Dok. Penulis

Dengan menggunakan metode biloks, coba setarakan reaksi tersebut!

Pembahasan:

Pertama, lo tentuin biloksnya. Lalu, setarakan jumlah atom-atomnya.

Kedua, lo tentuin jumlah kenaikan dan penurunan biloksnya. Lalu, setarakan.

Contoh Soal 1 Reaksi Redoks

Contoh Soal 1 Reaksi Redoks

Ketiga, lo setarakan muatan-muatannya. Caranya, lo tambahin ion Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 115. Lalu, lo setarakan juga unsur H dengan nambahin ion Apa Itu Reaksi Redoks dalam Kimia? 111 .

Maka, setelah selesai disetarakan, reaksinya bakalan jadi kayak gini:

Contoh Soal 1 Reaksi Redoks

Contoh Soal 2

Diketahui sebuah reaksi dalam suasana asam sebagai berikut:

Contoh Soal 2 Reaksi Redoks
Dok. Penulis

Setarakan reaksi tersebut menggunakan metode setengah reaksi!

Pembahasan:

Pertama, lo bagi dua secara terpisah antara reaksi reduksi dan oksidasi.

Kedua, lo samain jumlah atom di kedua sisi.

Ketiga, lo samain muatannya dengan menambahkan elektron.

Contoh Soal 2 Reaksi Redoks

Keempat, lo samain dan jumlahin elektron dari kedua reaksi tersebut. Selesai, deh!

Contoh Soal 2 Reaksi Redoks

Penerapan Reaksi Redoks dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. Pembakaran. Tahu nggak sih, oksigen yang ada di atmosfer bumi itu mengalami penurunan selama proses pembakaran? Sementara itu, terjadi reaksi oksidasi pada senyawa yang lagi dibakar tersebut.
  2. Fotosintesis. Selama proses fotosintesis, karbon dioksida mengalami reaksi reduksi, sementara air mengalami reaksi oksidasi.
  3. Apel yang berubah warna jadi coklat setelah teroksidasi.
  4. Dekomposisi. Nah, jadi ternyata setelah suatu organisme hidup dinyatakan mati, senyawa organik yang ada di dalamnya itu mulai mengalami proses peluruhan atau dekomposisi alias senyawanya bereaksi dengan oksigen.
  5. Ayo, coba lo cari lagi contoh yang lainnya!

***

Itu dia pembahasan kali ini tentang reaksi redoks, Sob. Moga-moga, artikel ini bermanfaat buat nambah wawasan dan bikin lo semangat buat cari tahu lebih banyak, ya! Lo juga bisa banget cek tautan-tautan di bawah ini supaya makin paham. Ciao!

Link Video Zenius

Definisi Redoks

Konfigurasi Elektron Mekanika Kuantum

Baca Juga Artikel Lainnya

Materi Kimia: Struktur Atom

Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal

Hukum Avogadro: Bunyi, Rumus, Contoh Soal, dan Penerapan

Bagikan artikel ini: