8 Rekomendasi Film Korea Tentang Sekolah dan Cinta – Dijamin Baper

8 Film Korea Tentang Sekolah dan Cinta_Dijamin Bikin Baper

Eoseo Oseyo Chingudeul~ Selamat datang di artikel Sabrina dan kali ini gue akan membahas film Korea bertema sekolah dan cinta.

Ini cocok banget buat lo yang lagi nyari rekomendasi film Korea, misalnya lo lagi bosen banget sama drama Korea karena episodenya kebanyakan atau genrenya yang monoton.

Atau bisa juga karena lagi butuh semangat untuk melanjutkan perjuangan belajar menuju kampus impian dan butuh tontonan yang bisa memotivasi.

Nah, pas banget nih gue udah siapin delapan rekomendasi judul film Korea yang bisa lo pilih, termasuk film romantis Korea. 

Daftar Film Korea Tentang Sekolah dan Cinta

Hot Young Blood (2014)

Film Korea tentang sekolah dan cinta yang gue rekomendasikan pertama kali adalah Hot Young Blood.

Film Korea yang satu ini dibintangi oleh Park Bo-young, Lee Jong-suk, Kim Young-kwang dan Lee Se-young. Uniknya, kalo lo nonton film yang satu ini, lo bakal diajak nostalgia pada kehidupan anak SMA di Korea tahun 1980-an. 

Di sini Park Bo-young berperan sebagai Young-sook seorang siswi SMA tomboy yang hobinya berantem. Young-sook ternyata adalah seorang pemimpin geng wanita yang ditakuti seantero SMA. 

Meskipun galak dan hobi gelut, Young-sook ternyata udah lama naksir sama seorang cowok sekaligus teman masa kecilnya, Joong-gil (diperankan oleh Lee Jong-Suk). 

Tapi Joong-gil malah takut sama sikap dan perawakan Young-sook yang kayak preman. Di SMA, Joong-Gil adalah playboy sekolah. Dia terkenal hobi merayu semua gadis di SMA, kecuali Young-Sook. 

Di sisi lain, ada seorang anak SMA yang sekaligus ketua geng preman cowok bernama Gwang-Sik (diperankan oleh Kim Young-kwang). Dia naksir sama Young-sook tapi tau kalo Young-sook lebih suka Joong-gil.

Karena kesal cintanya bertepuk sebelah tangan, Gwang-sik sering membully Joong-gil di sekolah. 

Suatu hari, seorang siswa pindahan baru bernama So-hee (diperankan oleh Lee Se-Young) dari Seoul tiba di SMA mereka. So-hee langsung jadi primadona dan ditaksir banyak cowok di sekolah karena cantik dan dianggap orang kota yang kaya raya. 

Salah satu yang kepincut dengan kecantikan dan status So-hee adalah Joong-gil. Melihat cowok yang disukainya ngedeketin cewek lain, Young-sook langsung mencari 1001 cara supaya So-hee dan Joong-gil gak jadian.

Hot Young Blood cocok banget buat lo yang lagi cari film romantis Korea yang bikin ngakak.

Sunny (2011)

Rekomendasi film Korea tentang sekolah dan cinta selanjutnya adalah Sunny. Film ini menceritakan hubungan tujuh sekawan mulai dari mereka remaja (masa SMA) hingga dewasa (memiliki anak dan suami). 

Film Korea tentang anak sekolah yang satu ini dimulai dengan kisah seorang siswa pindahan bernama Na-mi (diperankan oleh Shim Eun-Kyung) yang berasal dari kota kecil di Provinsi Jeolla.

Na-mi adalah orang yang gampang ketakutan dan gugup, karena itulah ia sering dibully dan susah mendapatkan teman di sekolah barunya. 

Suatu hari, saat Na-mi sedang dibully oleh sekelompok anak di sekolah datanglah 6 orang siswi yang membantunya. Mereka adalah Chun-hwa (diperankan oleh Kang So-ra) yang dikenal tomboy dan jago bela diri.

Lalu ada Jang-mi (diperankan oleh Kim Min-young), seorang siswi bertubuh gemuk yang pengen banget operasi plastik di kota supaya bisa punya kelopak mata ganda, serta Jin-hee (diperankan oleh Park Jin-joo) yang punya kebiasaan mengumpat saat bicara.

Ada juga Geum-ok (diperankan oleh Nam Bo-Ra), seorang siswi melankolis tertarik pada sastra, lalu Bok-hee (diperankan oleh Kim Bo-mi) yakni siswi yang selalu update tentang kecantikan. Ia bahkan punya mimpi menjadi menjadi Ms. Korea saat dewasa.

Dan yang terakhir adalah anggota paling misterius, pendiam dengan tatapan mata tajam bernama Su-ji (diperankan oleh Min Hyo-rin). 

Setelah kejadian itu akhirnya Na-mi bergabung dengan keenam gadis tersebut, menjalin persahabatan yang baik dan membentuk geng bernama SUNNY. 

Saat menonton film Korea yang satu ini, kita juga akan disuguhkan dengan keadaan mereka setelah 25 tahun berpisah. 

Na-mi dewasa (diperankan oleh Yoo Ho-jeong) menikah dengan seorang pengusaha sukses dan memiliki seorang putri yang cantik. Hidupnya tampak sempurna namun terkadang ia teringat dengan teman-temannya. 

Ternyata kenyataan tidak seperti mimpi keenam gadis lainnya saat SMA dulu. Anggota SUNNY yang lain tidak memiliki nasib di masa depan sebaik Na-mi. 

Hingga suatu hari ia bertemu Chun-hwa (versi dewasa diperankan oleh Jin Hee-kyung) yang sedang sakit parah di rumah sakit. Chun-hwa meminta kepada Na-mi untuk mengumpulkan anggota SUNNY yang lain sebelum kematiannya. 

My Little Bride (2004)

Berawal dari perjanjian yang dibuat kakek-nenek karakter utama film selama Perang Korea dan tuntutan membahagiakan sang kakek sebelum meninggal, Bo-eun (diperankan oleh Moon Geun-young) dan Sang-min (diperankan oleh Kim Rae-won) terpaksa menikah. 

Film Korea tentang sekolah dan cinta yang satu ini semakin rumit karena Bo-eun hanya seorang siswi SMA yang tidak pernah menyukai Sang-min. 

Di sisi lain, Sang-min yang menganggap Bo-eun sebagai anak kecil banyak tingkah ingin merasakan kebebasannya sebagai orang dewasa tanpa harus memikirkan tuntutan pernikahan. 

Akhirnya mereka melakukan pernikahan tersebut dengan syarat bahwa masing-masing dapat menjalani hidupnya sendiri dan tidak ada yang jatuh cinta. But, lo tau lah ya kalau janjinya dibuat dalam film Korea hehehe~

Karena itu, Bo-eun mulai pacaran dengan pemain bisbol tampan di SMA-nya. Sementara Sang-min melanjutkan kehidupan lajangnya yang bebas merdeka. 

Namun kehidupan pernikahan pura-pura mereka mengalami masalah saat Sang-Min harus bekerja di sekolah Bo-eun dan menjadi gurunya. 

Film Korea yang satu ini juga menggambarkan bagaimana cinta dengan perbedaan umur yang cukup jauh, membuat Bo-eun dan Sang-min malah jadi pasangan yang cute banget~

Baby and Me (2008)

Kalo lo nonton film Korea tentang sekolah dan cinta Baby and Me, lo akan disuguhkan dengan keimutan bayi Han Woo-ram. 

Mungkin lo mikir, kok bisa film Korea tentang sekolah dan cinta muncul seorang bayi?

Jadi seperti judulnya Baby and Me mengisahkan seorang anak SMA berandalan, tukang mabuk dan playboy bernama Joon-soo (diperankan oleh Jang Geun-suk). 

Suatu ketika, orang tua Joon-soo pergi keluar kota. Mencari kesempatan dalam kesempitan, Joon-soo merencanakan sebuah pesta bersama teman-temannya. 

Ia akhirnya pergi ke toko kelontong dan membeli minuman dan makanan. Saat berada di toko kelontong, dia meninggalkan tas belanjanya sebentar. 

Saat kembali, Joon-soo terkejut menemukan bayi di dalamnya. Dia juga menemukan ada catatan yang ditinggalkan dan tertulis bahwa bayi tersebut adalah anaknya. 

Karena tidak tega akhirnya Joon-soo merawat bayi itu dengan bantuan seorang siswi aneh dari sekolahnya bernama Kim Byeol (diperankan oleh Song Ha-yoon).

Joon-soo sengaja memilihnya karena Byeol adalah anak pertama yang memiliki banyak adik dan dianggap biasa mengurus anak. 

Meski dibungkus dengan banyak adegan komedi, film Korea Baby and Me ini akan mengajarkan lo tentang menghargai kehidupan dan kasih sayang dalam keluarga.

100 Days with Mr. Arrogant (2004)

Film Korea tentang sekolah dan cinta selanjutnya berfokus pada kisah kesialan seorang siswi SMA Ha-Young (diperankan oleh Ha Ji-won) yang dicampakkan oleh pacarnya tepat sebelum peringatan 100 hari jadi mereka. 

Karena kesal dengan kehidupan percintaannya Ha-young iseng menendang kaleng minuman hingga merusak mobil seorang mahasiswa kaya bernama Hyung-joon (diperankan oleh Kim Jae-won).

Tidak terima mobilnya baret-baret, Hyung-joon menuntut Ha-young membayar ganti rugi sebesar 3.000 dolar Amerika (sekitar Rp43 juta) di tempat.

Namun karena dia hanyalah seorang siswi SMA kere, Ha-young melarikan diri tapi Hyung-Joon mengikutinya dan membuat Perjanjian Perbudakan untuk Ha-Young sebagai ganti rugi.  

Ha-Young akhirnya harus mengerjakan segala pekerjaan yang diminta Hyung-joon selama 100 hari. Mulai dari membersihkan rumah, mencuci, memasak, menyetrika hingga membersihkan mobilnya.

Meski diawali dengan hubungan yang tidak sehat dalam film Korea tentang sekolah dan cinta yang satu ini, Ha-Young menemukan dirinya jatuh cinta pada ketampanan Hyung-Joon. 

No Breathing (2013)

Buat lo yang suka film Korea tentang sekolah dan cinta tapi juga ada unsur olahraganya, No Breathing bisa jadi salah satu pilihan tontonan lo. 

Film Korea No Breathing bercerita tentang Won-il (diperankan oleh Seo In-guk) seorang siswa berandalan yang hampir dikeluarkan karena nilainya yang jeblok dan dianggap tidak punya masa depan. 

Melihat Won-il yang tidak punya semangat belajar Jae-suk, seorang teman lama dari ayahnya memindahkan Won-il ke SMA yang fokus pada pengembangan kemampuan olahraga. Akhirnya Won-il bergabung dengan tim renang kompetitif. 

Jae-suk memasukan Won-il ke sekolah ini bukan tanpa alasan. Ia melihat bakat terpendam anak itu untuk menjadi perenang. Trauma karena pernah melihat ayahnya tenggelam membuat Won-il tidak melanjutkan mimpinya. 

Pada saat yang sama, Woo-sang (diperankan oleh Lee Jong-suk) adalah seorang atlet renang nasional yang didiskualifikasi dari uji coba nasional karena berkelahi dengan perenang asal Australia juga mendaftar di sekolah yang sama. 

Ia bersiap untuk bisa menang babak penyisihan dengan harapan dapat kembali meraih tempatnya di Olimpiade. Namun, dia dihadapkan dengan lawan baru yaitu Won-il yang mulai kembali menemukan jati dirinya sebagai perenang. 

Film Korea yang satu ini akan menggambar perjuangan seorang anak yang biasa saja untuk menggapai mimpinya dan ayahnya.

No Breathing juga bisa jadi film yang memotivasi lo untuk terus berjuang dan menghargai pertemanan.

How to Buy a Friend (2020)

Film Korea tentang sekolah dan cinta selanjutnya yang gue rekomendasikan adalah How to Buy a Friend. Film Korea yang satu ini berkisah tentang kehidupan Park Chan-hong (diperankan oleh Lee Sin-young) yang merupakan siswa SMA biasa.

Dia tidak popular, tidak kaya dan juga tidak terlalu pintar. Saking biasanya, Chan-hong dijuluki sebagai “Ninja” karena teman sekelasnya tidak pernah tau dia berada di mana (tidak ada yang berteman dengannya). 

Tapi Chan-hong ternyata memiliki bakat menulis. Ia memberanikan menulis sebuah puisi hingga akhirnya dibaca oleh Eom Se-yoon (diperankan oleh Kim So-hye). 

Se-yoon adalah gadis tercantik di sekolah SMA. Karena terpukau dengan puisi Chan-hong, mereka lalu berpacaran.  

Hingga suatu hari Chan-hong diganggu oleh sekelompok berandalan. Ia diselamatkan oleh Heo Don-hyeok (diperankan oleh Shin Seung-ho). Tapi pertolongannya ternyata tidak gratis, Don-Hyeok meminjam 300.000 won (sekitar Rp3,6 juta) dari Chan-hong. 

Chan-hong akhirnya meminjamkan uang kepada Don-hyeok, padahal uang itu untuk membayar biaya kursus supaya ia bisa masuk kuliah. 

Karena tidak punya teman dan takut ketahuan uangnya udah digunain buat yang enggak-enggak, sepulang sekolah, Chan-Hong dan Don-hyeok selalu nongkrong bareng dan membuat mereka lama-lama menjadi akrab. 

Le Grand Chef 2: Kimchi Battle (2007)

Kalo kebanyakan film Korea tentang sekolah adanya di sekolah SMA biasa, di film Le Grand Chef 2: Kimchi Battle, lo akan melihat perjuangan siswa-siswi lulusan sekolah kuliner dalam berjuang di kehidupan nyata.

Jalan cerita film Le Grand Chef 2: Kimchi Battle dimulai presiden Korea yang mengunjungi Perdana Menteri Jepang dan terlibat dalam perdebatan sengit tentang asal usul Kimchi. Perdana Menteri Jepang membuat klaim bahwa kimchi adalah hidangan asli Jepang yang memicu amarah presiden Korea.

Setelah presiden Korea kembali ke rumah, ia menetapkan rencana globalisasi untuk ekspansi Kimchi dengan mengadakan “Kontes Kimchi Nasional”.

Mendengar kontes ini, Jang-Eun (diperankan oleh Kim Jung-Eun) dan saudara tirinya Seong-Chan (diperankan oleh Jin Goo) bersaing untuk menciptakan Kimchi terenak seantero negeri.

Jang-Eun sebelumnya adalah lulusan sekolah kuliner yang telah lama berkecimpung sebagai chef di Jepang. Ia sengaja kembali ke Korea untuk memenangkan pertarungan melawan saudara tirinya menggunakan resep kimchi ibu mereka.

Ternyata Jang-Eun juga memiliki niat lain. Jang-eun sudah lama iri dengan perhatian ibunya kepada “Chun Hyang-gak” (restoran tradisional Korea yang dijalankan ibunya). Jang-Eun merasa bahwa ibunya mencintai restoran itu lebih dari dirinya dan putrinya sendiri.

Sedangkan Seong-Chan ingin mempertahankan restoran dan mengusulkan kepada saudara tirinya itu bahwa pemenang dari kontes Kimchi akan memiliki hak atas restoran ibu mereka.

Lewat film ini kita bakal disuguhkan dengan banyak sajian kuliner khas Korea, dan resep-resep masakan tradisional Korea yang sudah digunakan turun-temurun.

Nah sebelum nonton film Korea Le Grand Chef 2: Kimchi Battle, lo wajib tau mengenai makanan Korea yang populer di dunia biar kalo nonton lo gak kebingungan dengan nama makanan yang muncul.

Ternyata gak cuma Kimchi lho, masih banyak makanan Korea lain yang punya cita rasa khas dan digandrungi bahkan dari ratusan tahun yang lalu. Kalo lo penasaran, bisa langsung cek artikel ini ya: 10 Makanan Korea Paling Populer, Wajib Dicoba Pecinta Kuliner.

belajar bahasa korea zenius

Originally published: December 12, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!