unsur kebudayaan

7 Unsur Kebudayaan dan Contohnya – Materi Sosiologi Kelas 11

Di materi Sosiologi Kelas 11 ini, kita bakal membahas 7 unsur kebudayaan dan contohnya. Ayo kita mulai!

Hai, Sobat Zenius! Apa yang terlintas di pikiran, kalau dengar kata budaya atau kebudayaan? Apakah itu adalah sesuatu yang sifatnya tradisional, misalnya, tari adat, suku, dan bahasa daerah? 

Gue kasih bocoran dikit, ya, hehe, budaya itu adalah sesuatu yang elo temui setiap harinya. Buku yang elo baca, video YouTube yang ditonton, motor yang setiap hari elo gunakan, sampai anime yang tiap minggu ditunggu kelanjutannya. Semua itu adalah budaya! 

Ilustrasi contoh budaya
Ilustrasi contoh budaya (Arsip Zenius 2022).

Kalau tradisi, apakah itu juga budaya atau kebudayaan? Itu juga salah satu bagian dari budaya. Baiklah, langsung ke pembahasan, yuk! Setelah membaca artikel ini, gue harap, pemahaman kalian tentang budaya atau kebudayaan bakal semakin mantap.

Apa Itu Budaya atau Kebudayaan?

Nah, kalau berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), budaya itu bisa disebut sebagai pemikiran atau akal. Lho, kok bisa, budaya disebut sebagai pemikiran atau akal?

Ilustrasi apa itu budaya atau kebudayaan
Ilustrasi apa itu budaya atau kebudayaan (Arsip Zenius 2022).

Untuk menjelaskan ini, ayo kita pakai definisi dari Koentjaraningrat, seorang antropolog asal Indonesia. Menurutnya, kebudayaan merupakan tindakan hasil karya manusia dan keseluruhan sistem gagasan dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dimiliki manusia dengan cara belajar. 

Intinya, setiap karya yang dihasilkan manusia, itu bisa disebut budaya atau kebudayaan. Lho, emangnya tradisi itu karya manusia? Sip, benar sekali!

Sekarang, coba elo lihat semua hal di sekeliling lingkungan tempat tinggal. Laptop, pesawat terbang, gim, robot, pokoknya kalau yang bikin manusia, itu disebut budaya.

Oke, supaya pemahaman elo makin dalam, kita lanjut pembahasan ke unsur-unsur dari budaya. Sebenarnya, budaya itu terdiri dari apa aja, sih?

7 Unsur Kebudayaan dan Contohnya – Materi Sosiologi Kelas 11 9

Baca Juga: Berkenalan dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

7 Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Koentjaraningrat bilang kalau ada 7 unsur dari kebudayaan. Semua unsur ini adalah bagian dari cultural universal. Maksud dari cultural universal adalah sifat, elemen, pola, atau institusi yang umum untuk semua budaya manusia yang dikenal di seluruh dunia.

Jadi, mau elo tinggal di Rawa Belong atau Johannesburg sekalipun, 7 unsur kebudayaan ini bakal ditemukan di konteks masyarakat manapun. Unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universal adalah bahasa, sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial, peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian, sistem religi, dan kesenian.

7 unsur kebudayaan menurut koentjaraningrat
7 unsur kebudayaan menurut koentjaraningrat (Arsip Zenius 2022).

Ayo rapatkan barisan, kita bahas satu per satu!

1. Bahasa

Elo pernah kepikiran nggak, kalau bahasa itu adalah hasil karya manusia? Ini menunjukkan betapa kreatifnya manusia, karena ada total ribuan bahasa di seluruh dunia. Kayaknya nggak ada manusia yang nggak punya bahasa. Bahasa nggak selalu harus dengan kata, huruf, atau apa pun yang sifatnya verbal. Contohnya, bahasa isyarat yang dilakukan dengan gerakan tubuh. Bahkan, di Turki, terdapat suku yang berkomunikasi menggunakan bahasa siul! Yang penting, sih, bukan bahasa kalbu. Hehe!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

2. Sistem Pengetahuan

Koentjaraningrat melihat sistem pengetahuan sebagai pengetahuan masyarakat tentang alam sekitar, entah itu kondisi geografis, flora dan fauna, waktu, sampai sifat dan tingkah laku manusia. Ini didapatkan dari proses belajar (sosialisasi) atau penyebaran informasi dari masyarakat luas. Contohnya, di masyarakat tertentu, terdapat sistem pengetahuan yang melihat bencana alam sebagai bentuk kemurkaan alam dan dipengaruhi oleh kekuatan supranatural. Di sisi lain, terdapat masyarakat yang melihatnya sebagai fenomena alam saja, tanpa keterlibatan kekuatan supranatural.

3. Sistem Kemasyarakatan atau Organisasi Sosial

Maksud dari sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial adalah kelompok-kelompok yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Contoh simpelnya deh, organisasi yang dibentuk di sekolah atau kampus. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya di bidang pendidikan.

4. Peralatan Hidup dan Teknologi

Untuk mendukung aktivitas sehari-hari, masyarakat menciptakan peralatan hidup dan teknologi. Nah, contohnya seperti yang gue bilang di awal tadi. Pesawat terbang, laptop, bahkan sampai gunting kuku, itu bagian dari kebudayaan kita sebagai manusia. Apa pun peralatan yang bisa membantu kehidupan manusia, itu digolongkan menjadi peralatan hidup dan teknologi.

5. Sistem Mata Pencaharian Hidup

Ini sih, kebutuhan kita sebagai manusia untuk mencari nafkah, ya. Supaya kita bisa tetap hidup, kita perlu memenuhi ini, setidaknya untuk kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Ini juga ada kaitannya dengan sistem ekonomi, contohnya dengan berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, peternakan, dan sebagainya.

Kalau sekarang, sih, umumnya udah bukan berburu dan mengumpulkan makanan lagi, ya, tapi dengan menjadi karyawan. Hehe! Pokoknya, apa pun yang dilakukan manusia untuk mendapatkan barang atau jasa yang bermanfaat di kehidupan sehari-hari.

6. Sistem Religi

Sistem religi ini contohnya seperti kepercayaan, agama, sampai ritual-ritual adat yang ada di masyarakat. Sistem religi juga ada kaitannya sama hal-hal sakral atau suci. Selain itu, bisa juga berhubungan dengan nilai dan norma, pandangan hidup, upacara pernikahan dan kematian, dan berbagai budaya lainnya.

7. Kesenian

Nah, unsur ini yang mungkin bisa kita lihat di kehidupan sehari-hari sebagai karya. Elosering banget, kan, dengar istilah karya seni. Kesenian ini mencakup berbagai hal yang diciptakan manusia dan dinilai memiliki estetika atau keindahan, juga merupakan wujud ekspresi manusia yang diciptakan dalam bentuk karya seni. 

Baca Juga: Pengertian Pluralisme dan Macam-macamnya – Materi Sosiologi Kelas 11

Contoh Soal Unsur Kebudayaan

  1. Walau memiliki karakter yang berbeda, setiap masyarakat di seluruh dunia selalu berkomunikasi menggunakan bahasa. Dalam hal ini bahasa sebagai suatu unsur kebudayaan yang bersifat…

a. Individual

b. Statis

c. Parsial

d. Periodik

e. Universal

Pembahasan:

Kebudayaan memiliki sifat universal, yaitu dapat ditemui di berbagai konteks masyarakat, contohnya seperti bahasa. Meskipun berbeda-beda, setiap bahasa bertujuan sebagai alat komunikasi manusia. Bahkan, sekarang bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa internasional untuk memenuhi kebutuhan manusia secara universal.

Jawaban: e

***

Sip, kita udah bahas banyak hal tadi, tentang kebudayaan dan unsur-unsurnya. Kalau sekarang, apakah elo semakin mantap pemahamannya tentang materi ini? Semoga udah paham yaa.

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Langganan Zenius

Baca Juga: Mengenal Resolusi Konflik dan Contoh Lengkapnya – Materi Sosiologi Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!