10 Makanan Korea Paling Populer, Wajib Dicoba Pecinta Kuliner

Makanan Korea Paling Populer di Dunia

Annyeonghaseyo Chingudeul~ Dalam artikel kali ini gue akan membahas mengenai makanan Korea yang populer di dunia, termasuk makanan Korea yang hits di Indonesia. 

Buat para pecinta kuliner info ini gak boleh dilewatin lho, apalagi kalo lo adalah K-popers atau K-drama lovers. Biar kalo ketemu oppa atau nonton drakor kesayangan udah tau makanan kesukaan bias namanya apa. 

Gak bisa dipungkiri kalo ngeliat orang Korea makan di drama atau reality show jadi ikutan ngiler juga kan?

Selain daftar makanan yang populer, di artikel ini gue juga bakal ngasih info mengenai makanan Korea halal, makanan Korea yang hits di Indonesia, kebiasaan makan orang Korea sampai tren Mukbang yang akhirnya booming di seluruh dunia. 

Rekomendasi 10 Makanan Korea Paling Populer di Dunia

Kalbi atau Galbi

Makanan Korea paling populer nomor 10 adalah Kalbi atau Galbi yang merupakan hidangan daging panggang yang dibuat dengan iga sapi (atau babi). Disebut dalam bahasa Korea “sogalbi” atau “seo galbi” kemudian diasinkan dalam saus Ganjang (kecap Korea). 

Namun, ada beberapa variasi bumbunya, termasuk resep yang menggunakan minyak wijen, anggur beras, atau pasta cabai. Jus buah, soda lemon-lime dan madu telah menjadi tambahan yang lebih umum untuk bumbu Kalbi Korea dalam beberapa tahun terakhir.

Daging iga yang sudah dibumbui kemudian dimasak di atas wajan atau panggangan. Daging biasanya dipotong menjadi irisan tipis melintasi tulang agar bumbu meresap ke dalam daging lebih cepat. 

Makanan Korea yang satu ini ditemukan pada abad ke-18, ketika membunuh sapi sangat dilarang di Korea. Namun, saat itu para pekerja sedang membangun Kastil Hwa dan mereka perlu diberi makan dengan baik.

Jadi Raja Jeongjo mengizinkan pembukaan satu rumah jagal di seluruh negeri untuk memproses daging sapi dan memberi makan para pekerja yang kelaparan.

Galbi biasanya dihidangkan dengan Kimchi, pasta kacang merah atau nasi kemudian dibungkus dengan daun selada dengan berbagai sayuran lainnya.

Samgyeopsal

Makanan Korea yang satu ini selalu disajikan kalau lagi acara BBQ-an. Yup, namanya adalah Samgyeopsal. Berasal dari kata “sam” yang berarti (tiga), kata “gyeop” yang berarti (lapisan) dan “sal” berarti (daging). 

Samgyeopsal berbahan dasar daging perut babi berlemak tiga lapis (sesuai namanya). Tidak seperti Bulgogi yang dagingnya harus diasinkan dulu sebelum dipanggang, Samgyeopsal tidak perlu dibumbui dulu sebelum dipanggang. 

Konon kebiasaan orang Korea makan Samgyeopsal berawal dari kebiasaan para penambang Korea yang sering menghirup debu tidak sehat di terowongan pertambangan. Mereka percaya makanan ini dapat membantu detoksifikasi racun dari tubuh mereka.

Lo tau gak sih saking cintanya sama makanan Korea yang satu ini, di Korea ada hari Samgyeopsal pada tanggal 3 Maret setiap tahunnya. Tanggal 3 Maret (tanggal 3 bulan 3) dipilih sesuai nama Samgyeopsal,  yaitu “sam” yang artinya 3.

Tteokbokki

Rekomendasi makanan Korea yang hits di Indonesia selanjutnya adalah Tteokbokki. Makanan ini sebenernya adalah jenis snack pedas Korea dengan bahan baku tepung beras dan saus lada. Kebanyakan Tteokbokki biasanya disajikan bareng Eomuk (kue ikan Korea). 

Tteokbokki ditemukan pada masa akhir dinasti Joseon. Dulu, Tteokbokki adalah hidangan di istana kerajaan. Tteokbokki aslinya berwarna coklat dan polos yang disebut sebagai Gungjung Tteokbokki (tteokbokki istana). 

Tteokbokki termasuk makanan Korea halal, lho selama lo makannya gak sama Sundae (sosis darah ala Korea) karena bahan dasar Tteokbokki adalah tepung beras.

Tapi kalo lo makan Tteokbokki langsung di Korea, lo harus cek juga ya bahan-bahan lain yang digunakan misalnya campuran saus Tteokbokki dan lainnya. 

Di jaman sekarang, Tteokbokki disajikan pedas bersama saus merah karena orang Korea sudah menemukan Gochujang (pasta pedas yang terbuat dari cabai).

Jeon (Pancake Korea)

Jeon, yang juga dikenal sebagai Korean pancake, adalah rekomendasi makanan Korea yang sering disajikan sebagai makanan pembuka, lauk pauk, atau dikonsumsi sebagai camilan. 

Jeon biasanya disiapkan dalam versi gurih, tapi ada juga beberapa jenis Jeon yang memiliki cita rasa manis. 

Sederhananya, Jeon adalah makanan yang terbuat dari tepung dan telur, kemudian digoreng dengan minyak. 

Jeon menggabungkan bahan-bahan seperti daging yang diiris tipis, makanan laut, dan berbagai sayuran. 

Pancake Korea secara tradisional selalu menjadi makanan selama Tahun Baru Imlek Korea dan Festival Panen Korea. 

Beberapa jenis Jeon yang cukup populer adalah Yukjeon (campuran daging suwir), Kimchijeon (campuran Kimchi) dan Pajeon (campuran irisan daun bawang). 

Nah, khusus Kimchijeon dan Pajeon termasuk makanan Korea halal karena terbuat dari tepung dan sayur. Kimchi (fermentasi sayuran) dan potongan daun bawang. 

Makanan Korea yang satu ini biasa disajikan dengan saus pedas berbahan dasar kedelai atau salad mentimun yang menyegarkan.

Sundubu Jjigae (Rebusan Korea)

Sundubu jjigae dikenal juga sebagai makanan Korea yang direbus atau rebusan Korea. Bahan dasar dari sundubu adalah tahu sedangkan bahan tambahan lainnya sangat beragam tergantung dari pilihan lo.

Campuran dari makanan Korea satu ini yang paling umum adalah daging sapi atau berbagai makanan laut plus bawang.

Bisa juga ditambah sayuran lain seperti zucchini, daun bawang, jamur, dan bawang putih.

Ketika Sundubu hampir matang, orang Korea biasa memecahkan sebuah telur sebagai pelengkap.

Sundubu Jjigae juga biasanya dimasak dalam panci batu tradisional dan disajikan dengan semangkuk nasi sebagai pelengkap.

Kimbab

Siapa yang pertama kali liat makanan Korea yang satu ini sempat mikir makanan ini adalah Sushi roll? Hehehe. Kalau ada, kita sama dong.

Tapi ternyata karena Kimbab bukan Korean Sushi lho karena bahan-bahannya jelas berbeda dari Sushi.  

Kimbap dalam bahasa Korea artinya nasi rumput laut,“kim/gim” artinya rumput laut dan “bap” artinya nasi. 

Kimbab dibuat dengan nasi putih kukus dan rumput laut kering, yang tentu saja mirip dengan Sushi Jepang. 

Tapi ada dua perbedaan besar Kimbab dan Sushi dari nasi dan isiannya. Kalau nasi sushi dibumbui dengan cuka, nasi Kimbab malah dicampur dengan minyak wijen dan lebih manis. 

Untuk isiannya, Sushi kebanyakan memasukkan ikan mentah (tuna, salmon, potongan gurita), sedangkan Kimbab isiannya matang dan lebih bervariasi seperti tuna kalengan, kimchi, bulgogi panggang, serta ham dan keju. 

Makanan Korea yang satu ini populer di kalangan anak-anak sekolah. Variasi Kimbab yang cukup terkenal adalah Kimbab Kimchi pedas. Kimbab yang satu ini dipercaya bisa menjadi obat mabuk. 

Jajangmyeon

Kalo lo adalah K-popers terus suka nontonin bias makan pas lagi live di aplikasi streaming atau break shooting, makanan Korea yang satu ini sering banget muncul dan jadi pilihan mereka untuk delivery. 

Bener banget, makanan selanjutnya adalah si hitam manis Jajangmyeon (mie saus kacang hitam).

Makanan Korea yang satu ini menjadi hidangan mie paling umum di seluruh Korea. Jajangmyeon dapat ditemukan di hampir setiap jalan utama di negeri ginseng. 

Menurut Middle class.sg, jumlah konsumsi Jajangmyeon di Korea mencapai 1,5 juta mangkuk per hari. Buset! Ini cuman di Korea aja lho.

Jajangmyeon juga dikenal sebagai hidangan yang terjangkau dengan citarasa yang enak sebagai pilihan untuk mengisi perut. 

Padahal dulu Jjajangmyeon, termasuk hidangan mewah yang tidak semua orang dapat membelinya. Ini akibat adanya krisis pangan di Korea yang menyebabkan pasokan tepung di negara tersebut sangat sedikit hingga menyebabkan Jajangmyeon mahal. 

Lo tau gak sih ternyata Jajangmyeon diciptakan karena terinspirasi dari hidangan Cina bernama Zhajiangmian atau mie saus goreng berasal dari wilayah Shandong di Cina. 

Karena menyesuaikan dengan lidah orang Korea yang menginginkan cita rasa yang lebih manis-gurih, diciptakanlah Jajangmyeon yang menggunakan pasta kedelai hitam yang disebut Chunjang.

Di Korea, Jajangmyeon disajikan dengan saus Chunjang yang ditumis dengan bawang yang potong dadu, daging babi cincang atau daging sapi dan sayuran lainnya. 

Saus hitam ini akan ditaruh di atas mie dan sebelum menyantap Jajangmyeon, kita harus mencampur saus dan mie. 

Side dish yang biasa disajikan bersama makanan Korea yang hits ini adalah Danmuji (acar lobak) yang berwarna kuning dan manis.

Danmuji membantu mengurangi rasa berminyak pada makanan Korea Jjangmyeon.

Bibimbap

Makanan Korea yang hits selanjutnya adalah Bibimbap. Kalo lo pecinta drama Korea, pasti makanan yang satu ini gak asing lagi ya. Soalnya, kalau ada scene makan, selain Kimchi, Bibimbap gak pernah ketinggalan nongol.

Bibimbap memiliki arti nasi campur dalam bahasa Korea, diambil dari kata “bibim” (campur) dan “bab” (nasi). 

Pada dasarnya makanan Korea yang satu ini adalah nasi yang disajikan dengan biji-bijian (biasanya wijen) yang lalu ditambah dengan berbagai macam sayuran dan potongan daging.

Kemudian diberi saus manis dan pedas tradisional Korea (Gochujang), kecap atau Doenjang (pasta kedelai yang difermentasi) dan dituangkan di atasnya. Gak lupa dikasih tambahan telur mentah atau goreng. 

Bibimbap paling enak dimakan selagi panas. Namanya aja udah nasi campur, jadi cara terbaik untuk menyantap makanan Korea yang satu ini kita harus mencampur bahan secara merata.

Bulgogi 

Buat lo para pecinta daging, makanan korea yang satu ini bisa jadi pilihan lo. Nama Bulgogi diambil dari kata dalam bahasa Korea “bul” (api) dan “gogi” (daging).

Jaman dulu, Bulgogi adalah makanan Korea yang hanya disajikan untuk kalangan atas misalnya raja, ratu atau anggota kerajaan lainnya sebab daging sapi sangat mahal dan susah didapat.

Bulgogi sudah ada dari era Goguryeo (37 SM – 668 M) dan hingga saat ini masih eksis karena rasanya yang enak dan banyak digemari orang. 

Dibandingkan dengan makanan Korea dengan bahan dasar olahan daging lainnya, pengolahan Bulgogi bisa dibilang cukup unik. 

Daging sapi disiram dengan saus manis dan gurih yang terbuat dari kecap, gula, dan jus pir Korea.

Kemudian dipanggang di atas panggangan barbekyu atau wajan, hingga daging mengeluarkan aroma khas.

Bagian daging yang digunakan untuk olahan Bulgogi juga gak sembarangan lho. Bulgogi banyak menggunakan sirloin, tenderloin, atau rib eye dengan marbling yang bagus. 

Kimchi

Makanan Korea paling populer lainnya adalah Kimchi. Orang Korea terkenal dengan cara mereka membuat acar sayuran yang difermentasi menjadi enak dan lebih menggugah selera. 

Umumnya orang Korea membuat kimchi diawali dengan memilih sayur yang cocok kemudian mencuci sayuran dan mengirisnya menjadi potongan kecil, ada juga yang diikat dalam bundel. Kemudian sayuran tadi akan direndam dalam air garam dengan cabai pedas, pasta ikan asin, daun bawang, jahe, gula, dan bawang putih.

Dengan naiknya popularitas K-pop, kuliner khas Korea yang satu ini juga jadi ikut naik daun dan dikenal di seluruh dunia. Kimchi sebenarnya termasuk hidangan kuno, lho.

Awalnya makanan Korea paling populer di dunia ini disebut sebagai Chimchae, secara harfiah diterjemahkan menjadi sayuran yang direndam, karena kimchi hanya direndam dalam air garam atau kaldu sapi di masa lalu, tetapi pada abad ke-12, bahan dan bumbu lain mulai ditambahkan untuk menambah cita rasa.

Kalau melihat dari bahan baku, Kimchi termasuk makanan Korea halal karena terbuat dari hasil fermentasi sayur-sayuran. Tapi kalau makan Kimchi langsung di Korea, lo juga harus liat makanan pendamping Kimchi ya. Kalau Samgyeopsal atau olahan daging lainnya belum tentu halal. 

Seiring perkembangannya, makanan Korea ini memiliki banyak jenis. Ada kimchi yang terbuat dari mentimun, ada yang terbuat dari lobak, dan ada yang menggunakan kol. Ada juga kimchi putih, kimchi tidak pedas, dan kimchi yang lebih pedas. 

Sangking cintanya dengan Kimchi, orang Korea juga punya banyak film dan drama dengan tema kuliner yang mengangkat sejarah makanan yang satu ini, lho. Salah satu film yang membahas Kimchi adalah film berjudul Le Grand Chef 2: Kimchi Battle

Kalo nonton film ini, dijamin lo bakal langsung pengen makan Kimchi dan makanan tradisional Korea yang lain. Dengan booming-nya Korean Wave, makanan Korea ternyata jadi terkenal seantero dunia lho

Karena, selain makanan, Korean Wave juga membuat drama Korea dan film Korea jadi lebih mudah diterima orang-orang yang berbeda budaya. 

Selain karena jalan cerita yang menarik serta aktor dan aktris yang berbakat, drama Korea dan film Korea bisa jadi sarana healing, terutama buat buat lo para pecinta Korea yang lagi suntuk belajar.

Nah, gue punya nih rekomendasi drakor dan film yang pastinya relate dan bisa menambah semangat lo buat belajar:

Sebagai tambahan, lo tau gak sih kalo populernya makanan Korea membuat munculnya tren Mukbang?

Tapi keberhasilan mereka menjadi salah satu negara paling berpengaruh di dunia mengalami perjalanan yang cukup panjang lho. Nah kalo lo penasaran, lebih lanjut lo bisa cek artikel ini ya: Kenapa Negara Korea Selatan Maju?

Kebiasaan Orang Korea Menyantap Makanan Korea

Cara Makan Makanan Korea
Kebiasaan makan orang Korea

Selain makanan Korea yang beragam dan memiliki cita rasa yang khas, dalam menyantap makanan orang Korea punya kebiasaan makan yang selalu mereka pegang teguh, lho.

Nih, gue kasih tau apa aja kebiasaan dan ciri khas unik yang sering dilakukan orang Korea di meja makan.

  • Yang Tua Makan Duluan

Sebuah etika makan bagi orang Korea untuk membiarkan orang tertua di meja mulai makan terlebih dahulu.

Itulah alasan kenapa orang Korea kadang menanyakan usia orang yang baru ditemuinya. Supaya bisa memberi mereka gambaran tentang bagaimana mereka harus memperlakukan orang tersebut terutama saat sedang makan.

  • Makan Sesuai Jabatan

Orang Korea tuh suka banget hangout bareng rekan-rekan kerja mereka lho. Nah, kalo lagi acara makan-makan gini ada peraturan tidak tertulis yang biasanya dilakukan oleh para karyawan.

Etika makan orang Korea menentukan bahwa orang-orang harus duduk berdasarkan peringkat sosial grup.

Karyawan yang lebih muda atau berperingkat lebih rendah, harus duduk lebih dekat ke pintu, dan hanya setelah yang karyawan yang lebih tua atau yang lebih tinggi jabatannya sudah duduk.

Sama seperti saat menyantap makanan Korea, biasanya para junior akan mempersilakan atasan mereka makan terlebih dulu atau bahkan menuangkan Soju (minuman beralkohol dari hasil fermentasi beras) ke gelas atasan mereka.

  •  Mengucapkan Jalmeogeossseumnida Sebelum Makan

Jalmeogeossseumnida memiliki arti “Saya akan makan dengan baik”. Ini adalah kebiasaan makan di Korea sebagai bentuk pujian untuk koki dan supaya makanan selalu diberkahi.

Menguasai bahasa Korea ternyata bisa membantu lo untuk memahami budaya dan kebiasaan yang ada di Korea termasuk kebiasaan makan di Korea.

Ngomong-ngomong tentang menguasai bahasa Korea, gue punya rekomendasi tempat kursus bahasa Korea yang bisa lo ikuti kalo lo mau mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa Korea lo.

Misalnya lo pengen banget kuliah di Korea dan dapet beasiswa di universitas ternama Korea, kemampuan bahasa Korea jadi salah satu syarat penting yang harus dipenuhi.

Atau mungkin lo pengen ngelanjutin kuliah di jurusan Kuliner yang ada di Korea supaya bisa lebih paham tentang makanan-makanan Korea.

Lo bisa join kursus bahasa Korea bersama Learn Korean with BTS (LKWB) yang diselenggarakan oleh Zenius dan Hybe Edu.

Gue yakin lo pasti pernah denger Hybe Entertainment atau Hybe Corporation kan? Yup, bener banget agensi besar yang menaungi banyak Kpop idol, kayak BTS, Enhypen, TXT dan masih banyak lainnya.

Nah, Hybe Edu adalah bagian dari Hybe Entertainment atau Hybe Corporation yang bakal membantu lo supaya bisa cepet bahasa Korea tentunya dengan cara yang menyenangkan.

Supaya bisa lebih kenal dengan Learn Korean with BTS (LKWB), lo bisa cek link di bawah ini ya: Kursus Bahasa Korea Buat Beasiswa Bareng Zenius dan Hybe Edu.

  •  Menyesuaikan Kecepatan Makan

Etika makan Korea yang lain adalah lo harus menyesuaikan kecepatan makan orang-orang yang makan bersama dengan lo.

Kalo ternyata lo sadar lo makannya kecepetan sementara orang-orang baru makan di suapan pertama, lo harus memperlambat tempo makan lo. Gue tau sih, makanan Korea tuh enak-enak, tapi gak perlu ngebut-ngebut banget kan.

Di sisi lain, kalo lo hampir gak nyentuh makanan sementara yang lain udah mau abis, itu artinya saatnya makan cepet-cepet.

Kalo lo makan terlalu lambat, tuan rumah atau koki mungkin berpikir kalo lo gak suka sama masakan mereka atau makanan yang mereka sajikan gak enak sampe lo harus menunda makan.

  • Tidak Mengangkat Peralatan Makan

Etika makan Korea yang lainnya adalah memastikan bahwa mangkuk sup atau mangkuk nasi tetap berada ada di atas meja selama makan, dan gunakan sendok untuk makan nasi, bukan sumpit.

Meskipun kita kadang sering ngeliat Mukbanger makan sampai mangkok atau piring mereka diseruput, ternyata itu bukan cara yang baik dalam cara makan orang Korea lho.

belajar bahasa korea zenius

Makanan Korea dan Trend Mukbang

Makanan Korea dan Tren Mukbang

Ngomong-ngomong, lo tau gak sih, beberapa tahun terakhir tuh makanan Korea cukup booming karena adanya trend makan besar atau Mukbang.

Secara harfiah, mukbang adalah gabungan dari dua kata yang disatukan. Yaitu “Muk-ja” yang artinya makan dan “Bang-song” yang artinya siaran. Jadi, mukbang berarti siaran makan.

Sebelum ramai di Youtube atau sosial media lain, trend yang dimulai pada tahun 2000-an ini awalnya disiarkan secara langsung di platform broadcast Korea bernama AfreecaTV.

Karena sifatnya adalah siaran langsung, para Broadcast Jockey (BJ) akan menuruti permintaan penonton yang ditulis dari kolom komentar.

Misalnya, diminta untuk makan makanan Korea dengan porsi banyak atau mencampur apa yang mereka makan dengan sesuatu yang lain.

Jika berhasil melakukan apa yang diminta penonton para BJ akan mendapatkan reward dalam bentuk koin online yang bisa diuangkan.

Namun beberapa Mukbanger Korea memilih melakukan siaran di platform video dan streaming lain yang lebih internasional, seperti YouTube.

Aspek lain yang menonjol dari Mukbang adalah bunyi makan (mengecap) atau bunyi minum (meneguk) yang sengaja direkam.

Meskipun bagi sebagian orang suara-suara tersebut kurang sopan dan mengganggu tapi ternyata penggemar bunyi-bunyian dari makanan juga banyak lho.

Mukbang bahkan berkembang menjadi ASMR Mukbang. ASMR yang merupakan singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response adalah sebuah respon yang dibuat oleh saraf sensorik yang ditandai dengan sensasi statis dan dipercaya dapat membuat rileks.

Makanan yang sering disajikan oleh Mukbanger Korea berbagai macam, mulai dari makanan Korea seperti Kimchi, Bulgogi, Bibimbap, Samgyeopsal dan banyak lainnya.

Karena tren ini sudah mendunia tidak jarang makanan-makanan dari negara lain selain makanan Korea juga ikut serta dalam mukbang. 

Originally published: December 12, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!