Daftar Mata Pelajaran SMA Jurusan IPA Kelas 10, 11, 12, Beserta Materi dan Pembahasan Lengkap! 17

Daftar Mata Pelajaran SMA Jurusan IPA Kelas 10, 11, 12, Beserta Materi dan Pembahasan Lengkap!

Halo Sobat Zenius! Gimana, nih, persiapannya masuk SMA? Udah punya pilihan mau masuk jurusan apa? Kalau tertarik buat masuk IPA, sebaiknya ketahui dulu apa saja mata pelajaran SMA jurusan IPA kelas 10, kelas 11, dan kelas 12 kurikulum 2013 supaya elo nggak kebingungan nanti, Sobat Zenius!

Dari tiga jurusan yang ada di SMA, yaitu IPS, IPA, dan Bahasa, jurusan IPA dinilai menjadi paling populer di kalangan para siswa. Jadi, elo pasti sudah nggak heran kalau orang-orang saling bersaing buat masuk ke dalam jurusan yang satu ini.

Meski begitu, terkadang keinginan masuk ke jurusan IPA tidak dibarengi dengan pengetahuan mengenai materi apa saja yang akan dipelajari di dalam jurusan tersebut. Alhasil, mereka merasa kalau salah jurusan dan tidak bisa mengikuti pelajaran.

Nah, Sobat Zenius jangan sampai merasa seperti itu, ya! Kalau beneran ingin masuk jurusan IPA, elo mulai kulik dulu, nih, mata pelajaran apa saja yang akan dipelajari nantinya.

Beruntungnya, dalam artikel ini gue akan sharing kepada elo semua secara detail apa saja mata pelajaran SMA jurusan IPA kelas 10, kelas 11, dan kelas 12. 

Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak pembahasannya sampai selesai!

Apa Itu Jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)?

mata pelajaran sma jurusan ipa
Ilustrasi orang sedang melihat mikroskop (Dok. Pixabay)

Sebelum masuk ke pembahasan mata pelajarannya, gue akan menjelaskan secara singkat mengenai pengertian IPA.

Secara garis besar, IPA itu singkatan dari Ilmu Pengetahuan Alam yang berarti ilmu yang mempelajari gejala alam dengan hukum yang pasti, cara kerja alam, ekosistemnya, dan masih banyak lagi.

IPA juga biasanya dikenal dengan ilmu sains. Dalam bahasa Latin, kata sains berasal dari scientia yang mempunyai arti pengetahuan.

Mata pelajaran SMA jurusan IPA pastinya nggak akan jauh-jauh belajar soal alam dan ekosistem di dalamnya dengan hukum yang pasti.

Hal tersebut jelas berbeda dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang belum pasti karena berdasarkan kegiatan sosial manusia.

Baca Juga: Daftar Materi Pelajaran Kelas 11 IPA SMA

Mata Pelajaran SMA Jurusan IPA Kelas 10, 11, dan 12

Daftar Mata Pelajaran SMA Jurusan IPA Kelas 10, 11, 12, Beserta Materi dan Pembahasan Lengkap! 18
Ilustrasi buku-buku dan kalkulator (Dok. Zenius)

Sobat Zenius mungkin sudah nggak asing dengan mata pelajaran yang akan disajikan dalam SMA jurusan IPA. Pasalnya, mapel tersebut sudah pernah elo dengar saat duduk di bangku SMP.

Hanya saja,materi yang dipelajari jelas berbeda jauh. Bahkan, dalam mata pelajaran SMA jurusan IPA, baik kelas 10, 11, dan 12, ada mapel tambahan, yaitu Matematika Peminatan. Jadi, elo yang  masuk IPA akan mempelajari Matematika Wajib dan Matematika Peminatan. 

Kira-kira apa saja materinya dari tiap-tiap kelas? Yuk, kita bahas satu per satu!

Pelajaran IPA Kelas 10

1. Fisika

Ketika elo masuk jurusan IPA, Sobat Zenius sudah pasti tidak akan asing dengan mata pelajaran Fisika. 

Saat memasuki kelas 10, elo akan belajar banyak hal di mata pelajaran IPA yang satu ini, mulai dari hukum Newton, gerak lurus, besaran dan satuan, gerak parabola, hingga usaha dan energi.

Untuk melihat selengkapnya materi-materi Fisika beserta pembahasan di dalamnya, elo bisa langsung klik link di bawah ini, ya!

Materi Fisika Kelas 10

2. Kimia

Sobat Zenius pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya tabel periodik? Yap, di kelas 10 nanti, elo bakal mempelajari itu lebih mendalam lagi.

Selain belajar sistem periodik, mata pelajaran SMA jurusan IPA yang satu ini juga akan membahas materi lainnya, seperti struktur atom, larutan elektrolit dan non elektrolit, hingga ikatan kimia.

Buat elo yang ingin mempelajari semua materi Kimia kelas 10 lewat video pembahasan dari tutor Zenius, elo bisa langsung klik link di bawah ini.

Materi Kimia Kelas 10

3. Biologi

Biologi adalah salah satu mata pelajaran yang bakal elo pelajari di jurusan IPA. Buat elo yang tertarik mempelajari makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan hingga tumbuhan, masuk ke jurusan IPA bisa menjadi pilihan yang cocok. 

Mungkin, di SMP elo juga pernah bersinggungan dengan mata pelajaran yang satu ini. Akan tetapi, di kelas 10 elo akan belajar banyak hal, mulai dari klasifikasi makhluk hidup, virus, ekologi, fungi/jamur, dan masih banyak lagi.

Buat Sobat Zenius yang tertarik belajar semua materi Biologi kelas 10 lewat video pembelajaran, langsung aja klik link di bawah ini!

Materi Biologi Kelas 10

4. Matematika Peminatan

Saat memasuki jurusan IPA, elo akan belajar Matematika Wajib sekaligus Matematika Peminatan. Matematika Peminatan berbeda dengan Matematika Wajib karena mata pelajaran SMA jurusan IPA kelas 10 yang satu ini lebih sulit.

Di Matematika Peminatan kelas 10, elo akan belajar materi-materi seperti logaritma, grafik, persamaan, hingga skalar dan vektor.

Pelajaran IPA Kelas 11

mata pelajaran sma jurusan ipa
Ilustrasi belajar (Dok. Josefa nDiaz via Unsplash)

1. Fisika

TIdak cuman di kelas 10, memasuki kelas 11 elo juga akan menemui mapel jurusan IPA yang satu ini. Akan tetapi, materi-materi Fisika yang akan elo temui nanti bakal beda.

Di kelas 11, Sobat Zenius bakal belajar hal-hal seperti elastisitas dan hukum Hooke, suhu dan kalor, hingga gelombang bunyi dan gelombang mekanik.

Jika tertarik menonton video pembahasan mengenai materi-materi Fisika kelas 11, Sobat Zenius bisa langsung klik link di bawah ini

Materi Fisika Kelas 11

2. Kimia

Kalau di kelas 10 Sobat Zenius mempelajari sistem periodik, maka di kelas 11 nanti elo akan belajar materi-materi seperti hidrokarbon dan minyak bumi, larutan asam basa, sistem koloid, dan masih banyak lagi.

Di materi hidrokarbon dan minyak bumi, ada banyak sekali bab pembelajaran menarik yang bisa elo pelajari, seperti alkana, alkena dan alkuna, hingga minyak bumi. 

3. Biologi

Pada dasarnya, mata pelajaran SMA jurusan IPA yang satu ini sudah ada sejak elo menduduki bangku SMP. Kendati demikian, akan ada banyak perbedaan yang akan elo pelajari di kelas 11 nanti.

Di kelas 11, elo akan belajar materi seperti sistem reproduksi, sistem imun, sistem ekskresi, hingga sistem saraf & indera.

4. Matematika peminatan

Sebelumnya di kelas 10, Sobat Zenius belajar tentang logaritma dan juga persamaan. Nah, memasuki kelas 11, materi Matematika Peminatan bisa dibilang level kesulitannya meningkat, lho!

Di kelas 11, elo akan belajar materi-materi seperti trigonometri, sinus dan cosinus, suku banyak, persamaan lingkaran, hingga irisan dua lingkaran.

Pelajaran IPA Kelas 12

1. Fisika

Memasuki penghujung SMA, Sobat Zenius yang mengambil jurusan IPA akan semakin berkutat dengan mata pelajaran yang satu ini.

Bedanya, di kelas 12 elo akan belajar materi-materi seperti gelombang elektromagnetik, relativitas khusus, industri elektromagnetik, hingga fisika kuantum.

2. Kimia

Di kelas 12, Sobat Zenius akan belajar banyak hal mengenai Kimia. Mata pelajaran yang satu ini akan mengangkat bab-bab seperti reaksi senyawa karbon, senyawa turunan alkana, isomeri, hingga biomolekul.

3. Biologi

Sebelumnya, di kelas 11 Sobat Zenius mempelajari bab-bab seperti sistem reproduksi dan juga sistem saraf & indera.

Memasuki kelas 12, materi Biologi yang akan elo pelajari meliputi evolusi, bioteknologi, materi genetik, pembelahan sel, dan masih banyak lagi.

4. Matematika peminatan

Di kelas 12, elo akan lebih berfokus pada materi Matematika Peminatan seperti kalkulus, statistik inferensial, dan limit tak hingga.

Baca Juga: Jurusan IPA VS Jurusan IPS

Nah, itu dia gambaran sekilas apa saja mata pelajaran SMA jurusan IPA yang akan elo pelajari dari kelas 10, 11, dan 12 beserta materi-materinya.

Bagaimana? Sudah memantapkan hati untuk masuk ke dalam jurusan yang satu ini? Kalau sudah, segeralah untuk mempelajari mapel-mapel di atas agar Sobat Zenius tidak cemas karena kesulitan dalam mengikuti mata pelajaran jurusan IPA.

Tenang saja, elo juga bisa menikmati semua materi jurusan IPA dari kelas 10-12 lewat video pembelajaran dari Zenius, lho!

Zenius juga memberikan rekomendasi paket belajar buat elo yang memilih jurusan IPA yaitu Paket Aktiva Sekolah ! Untuk berlangganan elo bisa klik banner dibawah ini dan dapatkan diskon hingga 80%!

cta zenius aktiva sekolah basic
Paket belajar premium Zenius Aktiva Sekolah

Originally published: December 20, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!