Congratulations and responding to congratulations zenius

Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Congratulations and Responding to Congratulations

Artikel ini membahas tentang materi congratulations, responding to congratulations, language feature, beserta contoh soal dan pembahasan.

Congraduations, guys! Akhirnya, lulus juga!”

“Selamat ya, congraduations! Sukses terus ke depannya!”

Pernah nggak lo denger ucapan kayak gitu? Pasti pernah kan?

Yap, congraduations emang istilah yang biasa digunakan ketika ada orang yang baru aja lulus sekolah atau kuliah. Tapi, menurut lo, penggunaan kata congraduations itu udah benar dan tepat belum sih?

Sebenarnya, kalo lo nyari ‘congraduations’ di kamus bahasa Inggris mana pun, lo nggak akan nemuin kata itu. Terus, berarti salah dong? Nggak kok, lo masih bisa ngucapin congraduations. Tapi, ada ekspresi lain yang bisa lo gunakan untuk memberikan selamat kepada orang lain, dalam berbagai kondisi.

Congratulating Someone

Berikut beberapa cara untuk memberikan ucapan selamat dalam konteks informal:

  • Kudos!
  • Well done!
  • Nice going/good going.
  • Way to go.
  • Hats off.

Terus, gimana cara memberikan ucapan selamat dalam konteks formal?

Ketika lo berada dalam situasi yang formal, berada di sebuah forum besar yang berisi orang-orang penting, atau bahkan temen lo berhasil meraih pencapaian besar, lo bisa mengucapkan:

  • Impressive work!
  • Well done, sir/ma’am!
  • Excellent!
  • Congratulations on your achievement!
  • Congratulations! You should be proud!
  • I’m proud of you!
  • I’m very pleased for you!
  • I’m very happy for you!

Selain ucapan selamat yang formal di atas, apabila ada kakak lo, tetangga, dan orang yang lo kenal menikah atau punya anak, lo bisa memberikan ucapan selamat yang lebih formal seperti:

  • Congratulations on your….
  • I’d like to congratulate you on….
  • May I congratulate you on….
  • Warmest congratulations on your….

Catatan: Lo juga bisa ngucapin selamat sekaligus memujinya. Misalnya, kalau ada temen lo yang menang Olimpiade Fisika tingkat nasional, lo bisa ngucapin, “Congratulations for winning physics olympics! I think you are a great example of the best student in this country!

Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Congratulations and Responding to Congratulations 25
Ilustrasi congratulations. (Foto: Freepik)

Responding to Congratulations

Tadi kan kita udah belajar tentang gimana caranya memberikan ucapan selamat kepada orang lain. Sekarang, gimana cara yang tepat untuk merespons ucapan selamat dari orang lain?

Lo bisa menjawabnya dengan respons yang simpel, seperti:

  • Thanks!
  • Thank you!
  • That’s very nice of you!
  • I appreciate your kind words!
  • Your words mean a lot to me.
  • This one is for you all!

Atau kalau lo mau menjawab dengan lebih panjang untuk menghargai ucapan orang lain, lo bisa menggunakan:

  • Thank you! I wouldn’t be here without you.
  • Thanks for all of your support all this time!
  • Your support made this happen.
  • I’m forever grateful for that!

Example of Congratulations and Responding to Congratulations

Temen lo baru aja menang lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional. Dia berhasil meraih juara 1 dalam lomba tersebut. Kira-kira, lo bakal ngasih ucapan selamat yang kayak gimana ke dia?

Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Congratulations and Responding to Congratulations 26
Ilustrasi congratulations kepada teman. (Foto: Zenius Education)

Nih, gue kasih contoh ya. Dalam kondisi tersebut, lo bisa memberi ucapan selamat dan ngobrol seperti contoh berikut.

You: “Congratulations on your successful English debate competition! Finally, all your hard work has paid off.

Your friend: That’s very nice of you! I still can’t believe it.

You: I’m proud of you, friend! You should be proud of yourself.

Your friend: Your support made this happen, I’m forever grateful for that!

Nah, udah paham kan gimana caranya memberi ucapan selamat dan menjawabnya?

Language Features: Plural Nouns

Lo udah tahu kan, apa itu noun? Yap, noun adalah kata yang berkaitan dengan benda, orang, hewan, tempat, tindakan, ide, dan lain-lain. Dalam sebuah kalimat, noun menjadi subjek/objek.

Noun terbagi menjadi dua, yaitu singular dan plural. Singular noun hanya melibatkan satu subjek/objek, sedangkan plural nouns melibatkan lebih dari satu subjek/objek.

Yuk, kita bahas plural nouns!

Dalam plural nouns, lo perlu menambahkan huruf ‘s’ di akhir subjek/objek.

SingularPlural
MaskMasks
CatCats
ShirtShirts
ChairChairs
TableTables
Perbedaan singular dan plural nouns.

Plural nouns juga terbagi menjadi dua, yaitu regular plural nouns dan irregular plural nouns.

  1. Regular Plural Nouns

Ada beberapa struktur yang lo gunakan dalam regular plural nouns.

Menambahkan ‘s’

Dalam kalimat ini, lo perlu nambahin huruf ‘s’ di akhir subjek/objek ketika:

Noun = Vowel (a, i, u, e, o) + O/Y

Contoh:

Video → Videos

Radio → Radios

Boy → Boys

Monkey → Monkeys

Birthday → Birthdays

Akhiran yang nggak termasuk semua itu, ya tinggal ditambahin ‘s’ aja.

Menambahkan ‘es’

Dalam kalimat ini, lo perlu nambahin ‘es’ di akhir subjek/objek, ketika:

Noun berakhiran ‘s’, ‘ch’, ‘sh’, ‘x’, ‘z’.

Contoh:

Bus → Buses

Church → Churches

Wish → Wishes

Box → Boxes

Z → Topazes

Catatan: Ada pengecualian pada kata ‘quiz’, yang menjadi ‘quizzes’, bukan ‘quizes’.

Noun = Consonant (huruf mati) + O

Contoh:

Tomato → Tomatoes

Potato → Potatoes

Hero → Heroes

Mengganti ‘y’ menjadi ‘ies’

Dalam kalimat ini, lo perlu mengganti ‘y’ menjadi ‘ies’ ketika:

Noun = Consonant + Y

Contoh:

Baby → Babies

Sky → Skies

Fly → Flies

Country → Countries

  1. Irregular Plural Nouns

Irregular Plural Nouns adalah ketika sebuah noun berubah menjadi plural atau lebih dari 1, tetapi tidak berakhir dengan S/Ies/Es.

Ada beberapa struktur yang lo gunakan dalam irregular plural nouns.

Vowel change

Dalam kondisi ini, plural nouns yang mengandung ‘oo’ berubah menjadi ‘ee’.

Contoh:

Tooth → Teeth

Foot → Feet

Goose → Geese

Plural nouns yang huruf vokal terakhirnya ‘a’, berubah menjadi ‘e’.

Contoh:

Woman → Women

Man → Men

Selain itu, plural nouns yang berakhiran ‘f/fe’, berubah menjadi ‘ves’.

Contoh:

Leaf → Leaves

Knife → Knives

Thief → Thieves

Wolf → Wolves

Catatan: Chief, chef, belief, cuff, tidak berlaku untuk rumus ini. Cukup tambahin ‘s’ aja.

Different ending, ketika akhiran plural nouns punya bentukan sendiri.

Contoh:

Child → Children

Ox → Oxen

New Word, ketika noun berubah sama sekali.

Contoh:

Mouse → Mice

Person → People

No change, ketika noun tidak ada perubahan sama sekali.

Contoh: Sheep, fish, deer, police, bison.

Catatan: Nggak ada karakteristik spesifik untuk jenis ini, sehingga lo perlu menghafalnya.

Contoh Soal dan Pembahasan

Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Congratulations and Responding to Congratulations 27
(Ilustrasi oleh Freepik)

Dear Ms. Ratna Chen,

On behalf of PT Putri Indah Makmur, …. We are happy to know that everything went well and the baby is in good health.

We wish you and your family every good blessing. May your family receive good health, happiness, and prosperity now and in the years to come.

Sincerely,

Maika Setyaningsih

Manager

PT Putri Indah Makmur

Fill in the blank with the most suitable congratulation!

A. We extend warm congratulations to you and your husband on the safe delivery of your baby on May 23rd.

B. Congratulations to you and your hubby on the safe birth of your new baby boy on May 23rd.

C. We sincerely congratulate you and your husband on the arrival of your newborns on May 23rd.

D. We extend our warm congratulations to your husband on the safe arrival of your baby on May 23rd.

E. We sincerely wish you a safe, pleasant, and happy childbirth on May 23rd.

Pembahasan

Oke, mari kita bahas jawaban yang benar dari pertanyaan di atas.

Berdasarkan pertanyaan di atas, kita disuruh mengisi bagian yang rumpang. Teks itu sendiri kemungkinan bisa merupakan surat atau e-mail.

Kalau kita lihat teksnya, pengirimnya adalah Maika Setyaningsih, seorang manajer. Sedangkan, penerimanya adalah Ratna Chen yang baru aja melahirkan. Jadi, konteksnya ini adalah formal.

Kira-kira, ucapan mana yang cocok untuk orang yang habis melahirkan?

Coba, kita bedah satu persatu.

A. We extend warm congratulations to you and your husband on the safe delivery of your baby on May 23rd.

Di sini ada kata “extend” yang artinya “menyampaikan”. Jangan terkecoh sama kata “delivery”. “Delivery” dalam konteks ini artinya bukan “pengiriman”, tapi “kelahiran”. Jadi, kira-kira ucapan di atas artinya sebagai berikut.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang hangat untuk Anda dan suami Anda atas kelahiran bayi laki-laki Anda secara selamat pada 23 Mei.”

Kalimat ini cocok, nggak ada masalah. So, kita keep dulu opsi A.

B. Congratulations to you and your hubby on the safe birth of your new baby boy on May 23rd.

Kalau diterjemahkan, kalimat ini artinya “Selamat kepada Anda dan suami Anda atas kelahiran bayi laki-laki Anda secara selamat pada 23 Mei.”

Secara makna, kalimat ini nggak salah. Masalahnya adalah penggunaan kata “hubby”, yang artinya “suami”, tapi dalam konteks informal. Padahal, ini kan konteksnya formal, surat dari manajer. So, opsi B jawabannya nggak tepat.

C. We sincerely congratulate you and your husband on the arrival of your newborns on May 23rd.

Kalimat ini artinya “Kami secara tulus mengucapkan selamat kepada Anda dan suami Anda atas kelahiran bayi-bayi Anda pada 23 Mei.”

Formal sih…tapi, masalahnya ada pada penggunaan kata “newborns”, yang artinya “bayi-bayi”. Padahal, yang lahir kan cuma satu bayi. Jadi, opsi C salah.

D. We extend our warm congratulations to your husband on the safe arrival of your baby on May 23rd.

Artinya, “Kami menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada suami Anda atas kelahiran bayi Anda pada 23 Mei.”

Kalimat ini aneh, karena yang ngelahirin kan Ratna Chen. Kenapa malah yang diucapin selamat cuma suaminya aja? Jadi, opsi D salah.

E. We sincerely wish you a safe, pleasant, and happy childbirth on May 23rd.

Artinya, “Kami secara tulus berharap kelahiran anak Anda selamat, nyaman, dan bahagia pada 23 Mei.”

Jawaban ini nggak cocok, karena pengirim surat ngedoain buat kelahiran bayi. Padahal, bayinya kan udah lahir. Kalimat seperti ini cocoknya diucapkan sebelum bayinya lahir, bukan setelahnya. Jadi, opsi E salah.

Setelah ngelihat pembahasan opsi A-E di atas, maka jawaban yang benar adalah: A. We extend warm congratulations to you and your husband on the safe delivery of your baby on May 23rd.

Penutup

Nah, kita udah belajar banyak tentang congratulations, responding to congratulations, sampai plural nouns. Semoga lo paham dan bisa nerapin dengan mudah di kehidupan sehari-hari ya. Untuk selengkapnya, lo bisa ngakses video materi tentang congratulating and responding di aplikasi Zenius, atau ikut live class bareng tutor Zenius yang kece-kece. Sampai ketemu lagi di materi bahasa Inggris berikutnya! See ya!

Baca juga artikel lainnya

Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Self Introduction dan Contohnya!

Penggunaan Modals dalam Bahasa Inggris

Descriptive Text: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contoh

Bagikan artikel ini