Takut Salah Pilih Jurusan? Hindari dengan 6 Tips Ini! | #PernahUTBK

Takut Salah Pilih Jurusan? Hindari dengan 6 Tips Ini! | #PernahUTBK 41

UTBK sudah di depan mata tapi masih nggak tau mau ambil jurusan apa? Punya beberapa pilihan jurusan tapi bingung mau prioritaskan yang mana? Artikel yang satu ini cocok banget buat lo yang takut salah pilih jurusan!

Takut Salah Pilih Jurusan? Hindari dengan 6 Tips Ini! | #PernahUTBK 42
Klik untuk menonton siarang ulang #PernahUTBK: Salah Jurusan, Kok Bisa? Bersama Tiara dan Ulfah!

Sebelumnya, Zen mau tanya. Seberapa matang kah pilihan lo terhadap jurusan yang mau lo ambil?

Udah yakin belom sama jurusan yang lo pilih?

View Results

Loading ... Loading ...

Kenapa Bisa Salah Pilih Jurusan?

Zen jadi ikut bertanya-tanya, memangnya apa sih yang bikin lo salah pilih jurusan? Zen yakin sih jawabannya sangat bervariasi, tergantung dengan situasi masing-masing. Biasanya sih, alasan-alasan berikut yang bikin lo salah jurusan!

  1. Terpaku orang tua

  2. Asal milih, “Yang penting dapet negeri!”

  3. Kelempar dipilihan terakhir saat SNMPTN/SBMPTN

Salah milih jurusan itu sebenarnya bisa banget dihindari, lho! Apa saja caranya?

5 Tips Menghindari Salah Pilih Jurusan

1. Apa yang dipelajari di jurusan tersebut?

Takut Salah Pilih Jurusan? Hindari dengan 6 Tips Ini! | #PernahUTBK 43
Biar gak salah pilih jurusan, kenali jurusan yang mau lo ambil! (Foto: Canva)

Banyak orang yang mengaku salah ambil jurusan karena mereka sebelumnya tidak paham jurusan yang mereka ambil itu belajar apa. Bahkan, ada saja yang mengambil jurusan tertentu karena menduga “sepi peminat.” Hm, kalau salah jurusan karena hal ini sih seharusnya tidak terjadi kalau lo benar-benar melakukan riset yang matang terkait jurusan dan kampus lo!

Lo bisa menggunakan situs pencarian seperti Google, membaca artikel-artikel terkait jurusan yang mau lo pilih, dan dari berbagai buku persiapan kampus! Ingat, kalian akan berkuliah sampai kurang lebih 4 tahun lamanya, akan terasa lebih lama lagi kalau lo nggak nyaman di jurusan yang telah lo ambil. Maka dari itu, selalu teliti dengan jurusan yang menjadi tujuan lo, ya! 

2. Apa prospek kerjanya?

Kuliah memang tidak menentukan karir seseorang, hanya saja beberapa perusahaan dan pekerjaan memiliki standar yang mengharuskan lo untuk punya gelar tertentu! Contoh, lo bercita-cita menjadi Jaksa, kira-kira jurusan apa ya yang mendukung impian lo? Jawabannya adalah Jurusan Hukum! Mengapa begitu, Zen? Menurut hukumonline, salah satu persyaratan menjadi jaksa adalah memiliki gelar hukum. Lo harus perhatikan, apakah jurusan yang lo ambil akan mendukung lo mendapatkan pekerjaan impian? 

3. Pilihan kedua nggak kalah penting!

Saat mengisi pemilihan jurusan di SNMPTN atau SBMPTN, tidak sedikit siswa yang menaruh jurusan “aman” di pilihan kedua dengan maksud “yang penting gue dapet negeri.” Oops, hapus pikiran seperti itu! Lo memang harus memprioritaskan pilihan pertama, namun bukan berarti pilihan kedua tidak penting juga dong. Kalau lo asal milih di pilihan kedua, lo nanti bakal nyesel karena nggak memilih dengan serius. “Ikut SBMPTN lagi ga ya?”,”Cabut atau terusin aja ya?”, Aduh, niatnya mau meringankan hidup malah nambah beban deh…

Baca: Terlanjur salah milih jurusan, ngulang atau terusin?

4. Ada yang nyinyir? jangan didengerin!

Takut Salah Pilih Jurusan? Hindari dengan 6 Tips Ini! | #PernahUTBK 44
Jangan terhasut! (Foto: rtiom)

Akan ada orang yang meragukan pilihan lo meskipun lo telah memikirkannya dengan matang. Stigma akan beberapa jurusan akan tetap ada, bahkan digunakan orang untuk mencemooh lo. Nyinyir beda guys dengan kritik yang membangun! Orang yang memberikan kritik akan menjelaskan secara logis opini mereka, namun kalau orang nyinyir, mereka cuma mau menjatuhkan lo tanpa memberi alasan yang jelas.

Contoh Kritik:

“Agus, sebaiknya lo ambil jurusan desain grafis saja daripada aktuaria. Gambar lo itu unik dan enak dilihat, gue yakin lo bisa ngembangin bakat di jurusan lain!”

Contoh Nyinyir:

“Hah? Lo mau ambil kedokteran? Aduh, lo gak sepinter itu, gak usah lah!”

Nah, jika ada orang yang melarang kamu ngambil jurusan tertentu, pastikan alasan mereka masuk akal! Buktikan kalau lo memang pantas di jurusan itu!

5. Ikut-ikutan, buat apa?

Teman-teman lo mengambil jurusan Ilmu politik di Universitas Diponegoro, karena lo takut ditinggal, lo pilih jurusan yang sama dengan teman-teman lo. Jangan begitu! Memilih jurusan harus sesuai dengan passion lo, bukan passion temen lo. Di perkuliahan, lo akan bertemu dengan lebih banyak orang dengan karakter yang beragam. Lo tidak akan kehabisan teman yang bisa diajak seru-seruan! Lagipula, kalau lo dan teman SMA lo punya tali persahabatan yang kuat, gue yakin banget jarak nggak akan memisahkan kalian! 

6. Kenapa gue ragu ya? Catat pro dan kontra!

Masing-masing jurusan yang mau lo pilih pasti ada kelebihannya. Kelebihan tersebut bisa mulai dari hal sepele seperti “Kamar mandi di gedung jurusan itu bagus.”. Sekecil apapun, kelebihan tetap kelebihan. Setelah melakukan riset, lo bisa membuat perbandingan pro dan kontra masing-masing jurusan!

Perbandingan agar nggak salah pilih jurusan
Pro dan kontra membantu lo melihat keunggulan dan kekurangan (Dok: Zenius)

Dengan cara ini, lo akan lebih mudah menimbang-nimbang jurusan mana yang cocok dengan kebutuhan dan keinginan lo. Dengan demikian, lo bisa terhindari salah pilih jurusan!

Itu dia 6 tips memilih jurusan biar tidak bablas ke jurusan yang lo nggak suka. Tengok juga infografis #PernahUTBK: Salah Jurusan, Kok Bisa? Bersama Tiara dan Ulfah!

Punya banyak pertanyaan? Zenius Siap Ngampus hadir untuk menjawab! Pantengin Zenius Siap Ngampus biar bisa ngobrol langsung dengan tutor Zenius, Gratis tis tis tis!Takut Salah Pilih Jurusan? Hindari dengan 6 Tips Ini! | #PernahUTBK 45

Baca Juga:

IP dan IPK, Apa Perbedaannya?

Gambaran Lengkap Jurusan di Universitas Padjajaran

Ini 3 Hal Tentang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Yang WAJIB Lo Tahu!

 

Bagikan Artikel Ini!