Energi dan Perubahan Energi dalam Sistem – Materi Kimia Kelas 11

Perubahan energi kimia kelas 11

Kali ini, kita akan membahas berbagai contoh perubahan energi di dalam kehidupan sehari-hari. Kira-kira, apa saja ya contohnya?

Sobat Zenius, elo pernah dengar nggak sih, kata-kata bahwa energi itu kekal. Iya kekal, yang artinya ada selamanya atau abadi.

Hmm, nggak masuk akal ya? Kan, energi di sekeliling kita itu justru katanya mau habis. Makanya, nggak boleh boros listrik dan bensin. Eits, itu beda ya. Yang kita harus hemat-hemat itu sumber energi terutama yang nggak bisa diperbaharui.

Kalau energi sendiri, sebenarnya bersifat kekal. Kita bisa melihatnya melalui pernyataan dari Hukum Kekekalan Energi yang telah kita pelajari sejak SD.

Menurut hukum tersebut, energi itu kekal dan tidak bisa dimusnahkan. Energi cuma bisa berubah bentuk saja melalui proses perubahan energi.

Nah, pada artikel kali ini kita mau membahas soal perubahan energi, yang biasanya juga disebut sebagai transformasi energi atau konversi energi. Kira-kira apa saja ya contoh perubahan energi di kehidupan sehari-hari?

Mari kita bahas konsep, rumus, dan contoh perubahan energi di kehidupan kita. Kita mulai dengan memahami apa yang dimaksud dengan energi terlebih dahulu ya.

Pengertian Energi

Tentunya sebelum mendiskusikan lebih dalam mengenai perubahan energi, kita perlu tahu dulu dong apa itu energi.

Waduh, kalau boleh jujur nih, energi merupakan salah satu kata yang sulit banget deh didefinisikan. Coba, elo kalau diminta untuk membuat pengertian energi, kira-kira gimana ya mendeskripsikan energi dengan simpel?

Daripada pusing-pusing, kita ngintip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) saja deh. Menurut kamus sakti tersebut, pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika) atau daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

Nah, balik lagi soal perubahan energi yang sempat kita bahas di atas. Lantas, bagaimana sih energi ini bisa berubah-ubah bentuknya?

Biar gampang, kita lanjut ke pembahasan mengenai contoh perubahan energi yang sering banget kita jumpai di kehidupan sehari-hari, yuk!

Baca Juga: Termokimia – Materi Kimia Kelas 11

Contoh Perubahan Energi

Sebagai catatan, perubahan energi adalah perubahan suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Materi ini sudah kita pelajari sejak SD, ketika kita mulai mengenali berbagai jenis energi (seperti energi potensial, kinetik, dan lain sebagainya) dan perubahannya.

Contoh yang paling dasar banget di kehidupan sehari-hari, kita makan supaya punya energi untuk beraktivitas, kan? 

Ya, selain karena makan itu memang nikmat dan menyenangkan, manusia harus mengkonsumsi makanan agar bisa mendapatkan energi agar bisa berpikir dan bergerak.

Coba elo lihat ilustrasi di bawah ini.

Contoh perubahan energi kimia menjadi energi kinetik
Contoh perubahan energi kimia menjadi energi kinetik. (Arsip Zenius)

Bisa dilihat dari ilustrasi di atas, energi kimia yang kita dapatkan dari makanan kita, berubah menjadi energi kinetik untuk kita bergerak (misal: berlari) di kehidupan sehari-hari.

Selain contoh tersebut, masih banyak lho contoh perubahan energi lainnya. Contohnya sebagai berikut.

  • Energi kimia pada baterai → energi cahaya pada senter
  • Energi kimia bensin → energi gerak mobil
  • Energi listrik dari saklar → energi panas pada oven
  • Energi cahaya dari matahari → energi kimia pada fotosintesis tumbuhan

Terkadang, ada juga perubahan energi yang langsung meliputi lebih dari dua energi lho. Contohnya energi listrik pada televisi, kemudian berubah menjadi energi suara dan energi cahaya. Menarik ya?

Nah, pada mata pelajaran Kimia kelas 11, kita mendalami materi perubahan energi hingga mengenal yang namanya sistem dan lingkungan, nih. Kira-kira apa yang dimaksud dengan sistem dan lingkungan? Yuk, kita bahas di bagian selanjutnya.

Baca Juga: Energi Bahan Bakar – Uranium VS Fosil

Sistem dan Lingkungan

Untuk memahami pengertian sistem dan lingkungan dalam termokimia dengan baik, sebaiknya elo nonton video rekomendasi di bawah ini terlebih dahulu ya.

Video: Sistem dan Lingkungan

Video materi sistem dan lingkungan.
Apa itu sistem dan lingkungan? (Arsip Zenius)

Oke dari materi tersebut, kita mengetahui perbedaan “sistem” dan “lingkungan”, bahwa sistem merupakan sesuatu yang menjadi fokus pengamatan. Sedangkan, lingkungan adalah sesuatu di luar sistem. Nah, ada tiga jenis sistem yaitu sistem terbuka, tertutup, dan terisolasi.

Sampai sini, apakah Sobat Zenius sudah memahami perbedaan sistem dan lingkungan? Gue punya satu rekomendasi video lagi nih yang menjelaskan contoh sistem dan lingkungan, serta tiga jenis sistem tadi.

Coba deh elo nonton video di bawah ini. Elo tinggal klik link videonya saja kok. Selamat menonton!

Video: Pengertian Sistem-Lingkungan Dan Jenis Sistem

Video materi konsep sistem dan lingkungan.
Video materi konsep sistem dan lingkungan. (Arsip Zenius)

Mantap, kita review sedikit yuk tentang tiga jenis sistem tadi. Apa saja?

  • Sistem terbuka → sistem yang memungkinkan pertukaran energi dan massa dengan lingkungan. Contohnya merebus air tanpa ditutup dan mencampur urea dengan air di ember terbuka.
  • Sistem tertutup → sistem yang memungkinan pertukaran energi tanpa pertukaran massa dengan lingkungan. Contohnya merebus air dengan panci tertutup dan mencampur urea dengan air di ember tertutup.
  • Sistem terisolasi → sistem yang tidak memungkinkan pertukaran energi dan massa dengan lingkungan. Contohnya alam semesta dan termos. Itulah mengapa suhu zat di dalam termos relatif tidak berubah ya, Sobat Zenius.

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai energi dan perubahan energi dalam sistem. Sekarang, kita coba menjawab contoh soalnya, yuk. Pembahasannya disediakan juga, lho.

Baca Juga: Termodinamika: Pengertian, Hukum, dan Contoh Soal – Materi Fisika Kelas 11

Contoh Soal

Contoh Soal 1

Berikut ini yang termasuk dalam sistem terisolasi adalah.…

A. Air dalam kemasan.

B. Air dalam cangkir.

C. Air dalam termos.

D. Air dalam botol minum.

E. Air dalam gelas kimia.

Pembahasan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, termos merupakan contoh sistem terisolasi ya. Air dalam termos termasuk sistem terisolasi karena tidak ada pertukaran materi dan energi antara sistem (air) dan lingkungan. Dengan catatan, termosnya harus tertutup ya agar menjadi sistem terisolasi.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Contoh Soal 2

Jika kita mereaksikan zat di dalam tabung erlenmeyer, maka pernyataan di bawah ini yang tepat adalah….

A. Erlenmeyer merupakan suatu sistem.

B. Zat yang bereaksi merupakan lingkungan.

C. Tekanan udara merupakan lingkungan.

D. Apapun yang berada di luar erlenmeyer merupakan sistem.

E. Tidak ada jawaban yang benar.

Pembahasan

Sobat Zenius masih ingat kan, di pembahasan sebelumnya disebutkan bahwa sistem merupakan sesuatu yang menjadi fokus pengamatan, sedangkan lingkungan adalah sesuatu di luar sistem. 

Nah, dari kasus pada soal, kira-kira mana nih sistem dan lingkungannya? Yang pasti, zat yang bereaksi di dalam tabung erlenmeyer tentu apa yang menjadi fokus pengamatan alias sistem, ya. Sedangkan, lingkungannya adalah sesuatu yang di luar sistem tersebut, seperti suhu, tekanan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah C.

*********

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai energi dan perubahan energi dalam sistem. Kalau elo ingin mempelajari materi ini dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton video materi Zenius dan akses soal-soalnya.

termokimia

Pastikan elo log in akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi

Energy Transfers and Transformations – National Geographic Society (Updated 2022)

Bagikan Artikel Ini!