Kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional global

Kenapa Bahasa Inggris Digunakan Sebagai Bahasa Internasional Global?

Sudah menjadi pengetahuan umum kalo menguasai bahasa Inggris sangat berguna karena digunakan secara global. Lalu, gimana awalnya bahasa Inggris bisa jadi bahasa internasional? Nahlo, yuk cari tahu jawabannya di artikel ini.

Hai Sobat Zenius! Di sepanjang sejarah manusia, nggak pernah tuh diadakan voting atau pemungutan suara untuk pemilihan bahasa internasional. Yang jelas, orang-orang pada menggebu-gebu nyaranin kita harus belajar bahasa Inggris.

Hmm, memangnya kenapa kita harus belajar bahasa Inggris? Buat ngejawab pertanyaan itu, lo bisa banget baca pembahasannya di artikel “Kenapa Menguasai Bahasa Inggris itu Penting?”.

Dari artikel itu, lo jadi tahu bahwa menguasai bahasa Inggris itu bermanfaat banget untuk berbagai bidang. Terus sekarang lanjut lagi pertanyaannya, gimana sih perjalanan bahasa Inggris sampai bisa jadi bahasa internasional? 

kenapa bahasa inggris digunakan di mana mana

Usut punya usut, seenggaknya ada tiga alasan utama kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yaitu imperialisme Britania Raya, Amerika Serikat sebagai negara adidaya, dan tingkat penggunaan bahasa Inggris yang terus meningkat.

Perjalanan bahasa Inggris hingga menjadi bahasa internasional itu nggak singkat, lho. Rentetan berbagai peristiwa di wilayah berbeda-beda dalam kurun waktu ratusan tahun ikut berperan menghantarkan bahasa Inggris menuju gelar bahasa internasional. Yuk, kita selami satu per satu.

Kejayaan Imperialisme Britania Raya di Dunia

Dulu Britania Raya pernah membangun imperium dan menguasai sekitar 24% wilayah di Bumi lho. Gede banget ya wilayah kekuasaannya? 

imperialisme britania raya alasan kenapa bahasa inggris tersebar

Wilayah kekuasaan Britania Raya itu bertambah secara bertahap, seiring dengan semakin luasnya eksplorasi dan penjajahan yang dilakukan.

Pertanyaannya, imperialisme ini awal mulanya gimana dan apa kaitannya dengan persebaran bahasa Inggris?

Pelayaran dan Eksplorasi

Sekitar abad ke-16 dan ke-17, negara-negara di Eropa itu lagi menggebu-gebu banget buat melakukan eksplorasi terhadap dunia luar. Mereka penasaran apa aja ya kesempatan dan sumber daya di luar sana yang belum mereka temukan?

Berbagai penjelajah berasal dari Portugal, Spanyol, Italia, Prancis, dan Inggris aktif melakukan ekspedisi. Tujuan masing-masing negara sebenarnya beda-beda tipis. Intinya, mereka mau mencari sumber daya, menyebarkan agama, dan mencari daerah kekuasaan baru.

Nah, awal dari keberhasilan terbentuknya imperium Britania Raya dimulai dengan eksplorasi oleh negara-negara Eropa.

Eksplorasi-eksplorasi tersebutlah yang membawa nama banyak penjelajah seperti Marco Polo, Ferdinand Magellan, Christopher Columbus, Amerigo Vespucci, John Calvin, Hernán Cortés, Sir Francis Drake, Sir Walter Raleigh, James Cook, Francisco Pizarro, dan masih banyak lagi, dikenal hingga sekarang.

berbagai penjelajah dari eropa

Mereka semua merupakan penjelajah Eropa yang berhasil menemukan atau melakukan penjelajahan di berbagai benua seperti Asia, Afrika dan Amerika.

Penjajahan dan Imperialisme

Singkat cerita, dari hasil eksplorasi-eksplorasi, ditemukan berbagai daratan di berbagai belahan dunia yang memiliki potensial yang sangat bagus. Britania Raya langsung mikir, wah mantap nih bisa bikin koloni biar berkembang di tanah-tanah yang bagus.

Apa itu koloni?

Berikut ini definisi koloni dari KBBI.

Definisi Koloni Menurut KBBI

Dari situ, bisa dilihat bahwa koloni itu semacam penempatan penduduk di tanah jajahan. Sampai di sini, apakah lo ada pertanyaan? Kalo ada, langsung aja tanya di kolom komentar!

Sebagai catatan, nggak cuma Britania Raya yang mikir kayak gini, negara-negara Eropa lainnya pun juga bikin koloni di sana-sini. Misalnya, Spanyol dan Portugis pernah kan membangun koloni dan perdagangan di bagian Timur Indonesia?

Kadang mereka juga harus rebutan. Contohnya, Prancis sama Britania Raya pernah berantem di Amerika. Perangnya melibatkan suku asli Amerika yaitu Indian.

Beberapa contoh lokasi koloni selama imperialisme Britania Raya meliputi Amerika, Australia, Hong Kong, Singapura, India, dan berbagai negara di Afrika.

Berikut ini gambaran wilayah yang pernah menjadi bagian Britania Raya dari Ensiklopedia Britannica.

Persebaran Imperialisme Koloni Britania Raya (1)

Kalo dilihat dari peta di atas, membagongkan banget nggak sih Inggris Raya (merah) yang notabene terlihat kecil bisa meluaskan kekuasaannya sampai ke wilayah-wilayah yang jauh?

Sebagai catatan, warna merah muda di situ berarti sedang berada di bawah kekuasaan Britania Raya pada tahun 1901. Warna hijau berarti pernah dikuasai namun keluar dari kekuasaan tersebut sebelum tahun 1939. Terakhir, warna violet berarti menjadi bagian dari kekuasaan Britania Raya di sekitar tahun 1901 sampai 1939.

Nah, sampai di sini mungkin lo udah mulai cium bau-bau penyebaran bahasa Inggris. Yap bener banget, berhubung Britania Raya membuat koloni di berbagai wilayah, bahasa Inggris pun ikut terbawa dan tersebar.

kenapa bahasa inggris tersebar waktu imperialisme britania raya

Kesuksesan Britania Raya untuk menjajah wilayah-wilayah di berbagai belahan dunia berperan besar terhadap tersebarnya bahasa Inggris.

Walau bukan penutur asli, penduduk asli yang dari awal tinggal di daerah koloni Inggris menggunakan bahasa Inggris untuk keperluan perdagangan, administrasi, dan pendidikan.

Hal ini bisa dilihat di berbagai negara di Asia dan Afrika yang dulunya dijajah oleh Inggris. Biasanya, bahasa Inggris menjadi bahasa kedua (second language) di wilayah-wilayah tersebut.

Berbeda dengan di Indonesia, di mana bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa asing (English as a Foreign Language) dan bukan sebagai bahasa kedua (English as a Second Language).

Bahasa Inggris di Berbagai Negara

Kalo gue tanya negara apa saja, selain Inggris, yang juga sering pakai bahasa Inggris, kira-kira lo kepikiran negara apa aja?

Lo kepikiran negara apa nih?

View Results

Loading ... Loading ...

Sebenarnya banyak banget negara yang masyarakatnya menggunakan bahasa Inggris untuk bahasa sehari-hari. Nggak harus jadi bahasa utama, bisa juga dicampur-campur kayak di Singapura dan Malaysia misalnya.

Memangnya, negara apa aja sih yang pernah atau bahkan masih dikuasai oleh Britania Raya? Tadinya gue mau sebutin satu-satu. Berhubung sekitar 94 negara, gue sediain aja ya link ke daftarnya di sini

Persebaran Negara Jajahan Imperialisme Britania Raya

Negara-negara yang dulu pernah dijajah Inggris kini ada yang tergabung sebagai Commonwealth of Nations alias Negara Persemakmuran yang seringkali disebut sebagai Commonwealth saja. Asosiasi ini bertujuan untuk memajukan perkembangan di bidang demokrasi, ekonomi, dan kedamaian.

Simpelnya, Commonwealth ini kan sebenarnya gabungan dari berbagai negara yang bermacam-macam. Ada yang negara besar, ada negara kecil. Mereka ini saling bantu-bantu dan melengkapi agar bisa maju bersama gitu.

Awalnya, anggota Commonwealth itu cuma negara-negara yang ada hubungannya sama Britania Raya, kan. Namun, sekarang Commonwealth punya 54 anggota dan nggak semua anggotanya bekas jajahan Inggris. Nih daftar lengkap anggotanya.

Anggota Commonwealth

Itulah pembahasan singkat soal dampak imperialisme Britania Raya terhadap tersebarnya bahasa Inggris di berbagai negara di dunia. Sekarang kita pindah ke tempat selanjutnya ya, Amerika Serikat!

Amerika Serikat sebagai Negara Adidaya

Hingga sekarang di tahun 2021 ini, Amerika Serikat sudah bertahun-tahun menjadi negara terkuat di dunia.

Berbagai survei dan hasil statistik menempatkan Amerika Serikat di posisi nomor satu dengan dukungan kekuatan ekonomi, teknologi, dan militer yang kuat.

kenapa bahasa inggris internasional karena amerika serikat

Cara tahunya gimana? Sebenarnya gampang banget. Selain dari penelitian dan statistik yang disediakan oleh berbagai lembaga, kita tinggal lihat, dengar, dan observasi baik-baik di sekitar kita. 

Contohnya, di bidang pendidikan dan teknologi. Universitas mana yang terkenal? Harvard? Princeton? Stanford? Lalu, di bidang teknologi pun ada NASA, Microsoft, dan lain-lain.

Terus di bidang ekonomi pun ada berbagai  perusahaan seperti Microsoft, Apple, Google, Amazon, Meta, McDonald’s, Starbuck, dan masih banyak lagi. Banyak banget produk perusahaan besar dari Amerika Serikat yang tersebar dan dipakai di mana-mana.

Nggak cuma pendidikan dan bisnis, di bidang hiburan pun Amerika sukses banget. Siapa sih yang nggak tahu Hollywood? Penikmat film, series, variety show, dan reality show Amerika Serikat merapat yuk ke sini. Oh ya, ingat juga penyanyi dan artis terkenal di dunia pun banyak yang dari Amerika Serikat.

Hal ini membuat orang-orang di dunia mau nggak mau pasti pernah ketemu atau bersinggungan dengan penggunaan bahasa Inggris. Orang-orang pun juga berlomba-lomba belajar bahasa Inggris supaya bisa dengan mudah mengenyam pendidikan, memperlancar pekerjaan, maupun menikmati karya seni dari Amerika Serikat.

Kenapa Bahasa Inggris Penggunaannya Semakin Luas

Sekarang kita udah bahas nih soal imperialisme Britania Raya dan perkembangan Amerika Serikat yang berperan dalam penyebarluasan penggunaan bahasa Inggris. 

Nah, layaknya bola salju yang menggelinding dan semakin besar, penggunaan bahasa Inggris ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Bayangkan aja, dari lama udah banyak negara-negara yang memang pakai bahasa Inggris karena sejarah masa lalunya dengan Britania Raya. 

Terus seiring dengan kuatnya Amerika Serikat, banyak kegiatan organisasi dunia, kegiatan perdagangan internasional, riset teknologi dan pendidikan, serta kegiatan komunikasi internasional lainnya menggunakan bahasa global ini.

Biar lebih gampang buat ngebayangin betapa Inggris benar-benar dipakai secara luas, coba deh lihat grafik Statista yang disusun kembali oleh World Economic Forum di bawah ini. 

Perbandingan pembicara dan penggunaan bahasa menurut statista WEF

Kalau dilihat dari grafik di atas, sebenarnya jumlah penutur asli bahasa Inggris sebenarnya nggak sebanyak penutur bahasa Cina dan Hindi. Namun, penggunaan bahasa Inggris secara keseluruhan tertinggi bila dibandingkan dengan bahasa global lainnya.

Di tahun 2021 ini pun, penggunaan bahasa Inggris tetap tertinggi dibandingkan bahasa lainnya. Silahkan lihat perbandingannya berdasarkan survei oleh Statista.

Bahasa yang paling banyak digunakan menurut statista

Berhubung bahasa Inggris dipakai di mana-mana, orang-orang dari berbagai negara pun berusaha belajar bahasa Inggris. Sehingga, tingkat pemakaian bahasa Inggris pun terus bertambah.

Kalo udah banyak gini, besar kemungkinannya bahasa Inggris masih berada di posisi terkuat sebagai bahasa internasional untuk kedepannya. Semoga fakta-fakta tadi tambah bikin lo semangat ya buat belajar bahasa Inggris terus.

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan mengenai kenapa bahasa Inggris bisa menjadi salah satu bahasa internasional yang paling banyak digunakan untuk komunikasi secara global. Menurut lo, ada nggak alasan lain kenapa bahasa Inggris bisa dunakan secara luas?

Penutup

Bagaimana Sobat Zenius, apakah lo ada pertanyaan seputar kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional? Atau mungkin lo punya ide untuk artikel selanjutnya? Kalau lo punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, ciao!

Referensi

https://www.britannica.com/place/British-Empire

https://courses.lumenlearning.com/ushistory1os2xmaster/chapter/portuguese-exploration-and-spanish-conquest/

https://courses.lumenlearning.com/boundless-ushistory/chapter/the-exploration-and-conquest-of-the-new-world/

https://en.wikipedia.org/wiki/Territorial_evolution_of_the_British_Empire

https://en.wikipedia.org/wiki/British_Empire

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_jajahan_Imperium_Britania 

https://thecommonwealth.org/member-countries

https://www.britannica.com/topic/Commonwealth-association-of-states

https://www.vox.com/2015/5/20/8615345/america-global-power-maps

https://worldpopulationreview.com/country-rankings/most-powerful-countries

https://www.usnews.com/news/best-countries/power-rankings

Bagikan Artikel Ini!