5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

Contoh teks eksplanasi bahasa indonesia kelas 11.

Ini lho 5 contoh teks eksplanasi dengan berbagai topik meliputi fenomena sosial, fenomena alam, pendidikan, budaya, dan lain sebagainya. Mari kita bahas bersama.

Sobat Zenius, pernah nggak sih elo nonton sebuah berita tentang banjir, terus bertanya-tanya, kok bisa ya banjir itu terjadi?

Lalu lain waktu, suatu saat elo pergi ke pantai, kecipak-kecipuk di tepi laut. Elo jadi penasaran, kenapa kok air laut ini rasanya asin ya?

Dunia ini menyimpan begitu banyak misteri dan pengetahuan yang sangat menakjubkan, yang membuat manusia terus bertanya, “kenapa bisa begitu?”.

Teks eksplanasi menjelaskan fenomena di dunia.
Ilustrasi seseorang bertanya tentang fenomena di dunia. (Arsip Zenius)

Kalau elo cek kata kunci “kenapa” di Zenius Blog, elo bakal menemukan lebih dari seribu artikel yang memberikan penjelasan kenapa serta bagaimana fenomena atau peristiwa di dunia ini terjadi.

Nah, artikel-artikel yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tersebut merupakan contoh dari salah satu jenis teks dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11, lho!

Bisa tebak apa jenis teksnya? Iya betul banget, teks eksplanasi. Sebelumnya di Zenius Blog, sudah pernah ada pembahasan lengkap mengenai teks eksplanasi ya.

Baca Juga: Pembahasan Lengkap Teks Eksplanasi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

Pada artikel kali ini, kita akan fokus membahas berbagai contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, yang paling sering dicari dan dijadikan contoh untuk ujian. 

Oleh karena itu, mari kita mulai pembahasan hari ini dengan membahas apa itu teks eksplanasi secara singkat, dan kemudian baru dilanjutkan dengan contoh-contohnya.

Apa itu Teks Eksplanasi?

Kira-kira apa sih teks eksplanasi itu? Nah, teks ini bertujuan untuk explain atau menjelaskan sesuatu.

Simpelnya, teks eksplanasi merupakan jenis teks yang bertujuan menjelaskan sesuatu. Hal ini mencakup baik aspek fenomena alam maupun fenomena sosial, dan berbagai aspek kehidupan seperti politik, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya.

Untuk penjelasan lebih mendalam mengenai teks eksplanasi, elo bisa banget lho nonton video tentang teks eksplanasi di Zenius.

Elo tinggal klik link di bawah ini saja. Selamat menonton!

Video: Definisi Teks Eksplanasi

Dengan kata lain, teks eksplanasi menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi. Nah, teks ini memiliki beberapa ciri-ciri nih ketika menjelaskan sesuatu.

Apa saja ciri-cirinya? Langsung saja dengarkan pembahasannya melalui video di bawah ini ya.

Video: Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Video materi ciri-ciri teks eksplanasi Zenius Education.
Yuk, nonton video ciri-ciri teks eksplanasi di Zenius! (Arsip Zenius)

Dicatat ya, Sobat Zenius. Yang namanya teks eksplanasi itu menggunakan kaidah ilmiah, berdasarkan fakta, dan bersifat informatif. Oleh karena itu, pastikan kalimat pada teks ini merupakan kalimat fakta.

Sobat Zenius sudah tahu kan apa bedanya fakta dan opini? Kalau elo mau tahu lebih banyak mengenai topik tersebut, elo bisa baca artikel di bawah ini.

Baca Juga: Apa Perbedaan Fakta dan Opini? Ini Penjelasannya!

Sekarang, elo sudah tahu definisi dan ciri-ciri teks eksplanasi secara umum, nih. Gimana dengan strukturnya, apakah elo familiar dengan struktur teks eksplanasi?

Nih, rekomendasi video Zenius yang membahas struktur teks eksplanasi hingga tuntas. Dijamin langsung paham deh. Langsung saja ya klik link di bawah ini untuk menonton videonya.

Video: Mengenal Struktur Teks Eksplanasi

Video materi struktur teks eksplanasi zenius education.
Yuk, nonton video materi struktur teks eksplanasi di Zenius! (Arsip Zenius)

Mantap, gue review kembali ya strukturnya secara singkat, melalui tabel di bawah ini.

Struktur Teks EksplanasiKeterangan
Pernyataan umumMenjelaskan topik utama secara umum, untuk menunjukkan apa yang akan dibahas di artikel tersebut.
Deretan penjelas (sebab dan akibat)Deretan penjelas biasanya dalam bentuk penjelasan sebab akibat, berupa penjelasan yang sesuai fakta.
Interpretasi/simpulanPemberian kesimpulan tanpa memasukkan opini pribadi, hanya sesuai data dan fakta yang ada saja.

Oke, Sobat Zenius. Sekarang kita lanjut ke contoh teks eksplanasi beserta strukturnya ya. Biasanya, teks eksplanasi itu umumnya menjelaskan dua tipe fenomena, yaitu fenomena alam dan fenomena sosial.

Mari kita lihat contoh teksnya.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Ada berbagai topik yang bisa dijadikan contoh teks eksplanasi fenomena alam. Misalnya, tentang air laut asin, langit biru, siklus air, dan lain sebagainya.

Contoh teks eksplanasi fenomena alam.
Contoh teks eksplanasi fenomena alam. (Arsip Zenius)

Di sekolah, contoh teks eksplanasi banjir dan gempa cukup sering dijadikan contoh yang kemudian muncul di ujian. Seperti apa teksnya?

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir

(Pernyataan Umum)

Banjir merupakan sebuah fenomena ketika terdapat air yang terlalu banyak, hingga merendam daratan. Banjir yang menjadi masalah bagi berbagai daerah ini umumnya terjadi karena fenomena alam seperti curah hujan yang sangat tinggi dan volume air sumber air yang meluap, serta tindakan manusia seperti penebangan pohon, pembuangan sampah, dan lain sebagainya.

(Deretan Penjelas)

Selama ini, manusia banyak menebang pohon untuk mendapatkan komoditas kayu dan membuka lahan. Aktivitas ini dapat memicu erosi dikarenakan ketiadaan pohon yang menahan struktur sedimentasi dalam tanah. Selain itu, daerah resapan air pun juga berkurang. Hal ini menyebabkan air yang turun dari hujan mengalir langsung ke sungai, dan menyebabkan debit air sungai yang sangat deras, hingga meluap menjadi banjir.

(Interpretasi/Kesimpulan)

Di berbagai daerah, banjir kerap terjadi ketika musim hujan tiba. Oleh karena itu, masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir perlu berhati-hati dan menyiapkan diri ketika bencana ini melanda. Selain itu, masyarakat juga bisa mencegah terjadinya banjir dengan memperhatikan tindakan-tindakan yang memicu banjir.

Pembahasan:

Pada teks di atas, Sobat Zenius bisa coba membedah struktur teksnya ya. Paragraf pertama berisikan pernyataan umum mengenai banjir. 

Paragraf kedua mengandung deretan penjelas yang menjelaskan penyebab banjir, yaitu deforestasi oleh manusia, yang kemudian menyebabkan banjir.

Paragraf ketiga, memberikan kesimpulan mengenai banjir, sesuai dengan fakta yang telah dipaparkan.

Selanjutnya, kita bahas teks fenomena alam lainnya.

Baca Juga: Dampak Banjir Bagi Lingkungan dan Cara Menanggulanginya

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Gempa Bumi

(Pernyataan Umum)

Gempa bumi merupakan peristiwa berupa getaran atau guncangan yang disebabkan pergerakan lapisan permukaan bumi. Peristiwa ini kerap terjadi di daerah dengan gunung berapi atau di daerah yang dikelilingi lautan luas.

(Deretan Penjelas)

Penyebab gempa bumi terjadi bisa dikarenakan letusan gunung api yang dahsyat atau pergeseran lapisan permukaan bumi. Peristiwa ini dapat menyebabkan kerugian berupa kerusakan infrastruktur dan korban jiwa. 

(Interpretasi/Kesimpulan)

Beberapa negara di dunia cukup rentan mengalami gempa bumi. Oleh karena itu, masyarakat perlu diberi pelatihan dan persiapan agar bisa mengantisipasi peristiwa tersebut. 

Pembahasan:

Teks kali ini membahas salah satu bencana alam yang kerap terjadi di beberapa negara. Bisa dilihat, di situ, paragraf pertama berisikan pernyataan umum mengenai gempa bumi ya. 

Sedangkan, paragraf kedua mengandung deretan penjelas yang menjelaskan penyebab gempa bumi dan akibat yang dapat terjadi.

Lalu paragraf ketiga memberikan kesimpulan tanpa memberikan opini pribadi. Next, kita bahas contoh teks eksplanasi fenomena sosial, yuk!

Baca Juga: 4 Penyebab Terjadinya Gempa Bumi – Materi Geografi Kelas 10

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Fenomena sosial itu erat sekali hubungannya dengan peristiwa-peristiwa sosial yang terjadi di dalam kehidupan manusia.

Contoh teks eksplanasi fenomena sosial.
Contoh teks eksplanasi fenomena sosial. (Arsip Zenius)

Untuk contoh teks fenomena sosial, mari kita bahas teks eksplanasi tentang Covid-19, budaya, dan pendidikan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Covid-19

Pandemi Covid-19

(Pernyataan Umum)

Pandemi Covid-19 menjadi perhatian dunia. Selama beberapa tahun terakhir, jutaan orang di seluruh dunia terjangkit virus menular ini. Jumlah kasus pasien penderita virus ini pun terus meningkat.

(Deretan Penjelas)

Virus ini dapat menular dari satu manusia ke manusia lainnya melalui droplet (tetesan air) yang umumnya tersebar ketika batuk, bersin, atau berbicara. Virus Covid-19 dapat menyebabkan masalah pernapasan hingga kematian.

(Interpretasi/Kesimpulan)

Untuk menghadapi pandemi ini, masyarakat diminta untuk mengikuti protokol kesehatan. Contohnya, masyarakat harus menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, serta menggunakan masker.

Pembahasan:

Sesuai dengan struktur teks eksplanasi, teks di atas diawali dengan pernyataan umum mengenai Covid-19. Lalu, pada paragraf kedua, terdapat penjelasan lebih lanjut mengenai sebab dan akibat dari pandemi tersebut.

Paragraf ketiga mengakhiri teks di atas dengan memberikan kesimpulan berupa kesan mengenai protokol kesehatan, sesuai dengan kebijakan yang ada.

Baca Juga: 2 Alasan Vaksin COVID-19 Bisa Cepat Dibuat, Aman Gak Ya?

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Batik

(Pernyataan Umum)

Batik merupakan kain bergambar khas Indonesia. Pembuatannya dilakukan secara khusus, dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain tersebut. Kemudian, kain tersebut diolah dengan proses tertentu.

(Deretan Penjelas)

Sejak 2 Oktober 2009, teknik pembuatan batik telah diakui sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO. Sejak saat itu, Hari Batik diperingati setiap tanggal 2 Oktober setiap tahunnya.

(Interpretasi/Kesimpulan)

Sebagai ikon budaya penting di Indonesia, batik dikenakan masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan acara, baik sebagai busana kasual maupun formal.

Pembahasan:

Teks di atas membahas tentang batik, salah satu budaya Indonesia yang telah mendunia. Di situ, kita bisa lihat bahwa paragraf pertama berisikan pernyataan umum mengenai definisi batik, yang diadaptasi dari KBBI.

Selanjutnya, pada paragraf kedua, terdapat deretan penjelasan tambahan mengenai batik yang telah diakui oleh UNESCO.

Terakhir, terdapat kesimpulan berupa kesan dari penulis yang sesuai dengan keadaan di Indonesia, bahwa batik memang dipakai untuk berbagai acara.

Baca Juga: Bagaimana Asal Mula Sejarah Batik? Kain Warisan Budaya Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Pendidikan

(Pernyataan Umum)

Pendidikan merupakan proses pembelajaran dengan pengubahan sikap serta penyebaran ilmu pengetahuan. Salah satu cara untuk mengenyam pendidikan yang paling umum adalah melalui pendidikan sekolah.

(Deretan Penjelas)

Di sekolah, murid mendapatkan pendidikan sesuai dengan kurikulum sekolah yang biasanya disesuaikan dengan kurikulum pemerintah. Sehingga, murid bisa mendapatkan berbagai ilmu yang kemudian hari bisa digunakan untuk hidup di dalam masyarakat luas.

(Interpretasi/Kesimpulan)

Pendidikan dianggap penting untuk kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, sejak Juni 2015, pemerintah di Indonesia mewajibkan sekolah 12 tahun bagi masyarakat.

Pembahasan:

Teks tersebut diawali dengan pengertian pendidikan secara umum, menandakan bahwa teks eksplanasi tersebut akan membicarakan tentang pendidikan.

Kemudian, teks dilanjutkan dengan rentetan penjelasan lebih dalam mengenai pendidikan di sekolah.

Baru di paragraf ketiga, terdapat kesimpulan berupa interpretasi fakta dari penulis yang sesuai dengan kebijakan pemerintah di Indonesia.

Baca Juga: 19 Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya

*********

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai contoh teks eksplanasi. Kalau elo ingin mempelajari materi Bahasa Indonesia lainnya dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton video materi Zenius dan akses soal-soalnya.

skimming dan scanning

Pastikan elo log in akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Bagikan Artikel Ini!