6 Contoh untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan pada Anak

contoh sikap peduli lingkungan

Apakah Ibu dan Ayah tahu kalau sikap peduli dan empati yang harus dicontohkan kepada anak tidak hanya sikap peduli kepada sesama? Ibu dan Ayah juga harus memberikan contoh sikap peduli lingkungan, lho.

Sikap peduli lingkungan perlu diterapkan kepada anak agar di masa depan anak dapat bertanggung jawab menjaga lingkungannya. 

Dalam Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jamal Ma’mur Asmani menyebut bahwa sikap peduli lingkungan merupakan sebuah sikap untuk selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitarnya. Tidak hanya mencegah kerusakan lingkungan, sikap ini juga mendorong anak untuk berusaha memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

Lantas, bagaimana cara menumbuhkan sikap peduli lingkungan kepada anak? Zenius telah merangkum beberapa contohnya untuk Ibu dan Ayah.

Belajar Rasa Main ZeniusLand

Contoh Sikap Peduli Lingkungan

1. Mengelola Sampah

contoh sikap peduli lingkungan mengelola sampah
Mengajarkan anak mengelola sampah adalah cara paling mudah untuk memberikan contoh sikap peduli lingkungan. (dok. Freepik)

Cara paling mudah bagi Ibu dan Ayah untuk memberikan contoh sikap peduli lingkungan adalah dengan mengajarkan anak mengelola sampah.

Bukan hanya mengajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya ya, Ibu dan Ayah. Namun, juga mengajarkan anak untuk membuang sampah sesuai jenisnya.

Mulailah mengajarkan anak berbagai jenis sampah dan bagaimana cara membuang atau mengelolanya. Ibu dan Ayah bisa mulai mengajarkan ini dengan mengajak anak ketika Ibu dan Ayah mengelola sampah.

Melalui kegiatan ini Ibu dan Ayah bisa menjelaskan berbagai hal, mulai dari berbagai jenis sampah, mengapa sampah harus dipisah agar tidak mencemari lingkungan, hingga berbagai dampak lingkungan yang bisa terjadi jika sampah tidak dikelola dengan benar.

2. Merawat Tumbuhan dan/atau Binatang Peliharaan

contoh sikap peduli lingkungan dengan merawat tumbuhan dan/atau binatang peliharaan
Merawat tumbuhan dan/atau binatang peliharaan dapat membantu anak belajar peduli terhadap lingkungannya.

Cara lainnya bagi Ibu dan Ayah untuk memberikan contoh sikap peduli lingkungan adalah melalui tumbuhan dan/atau binatang yang ada di sekitar anak.

Jika Ibu dan Ayah memelihara tumbuhan atau binatang di rumah, cobalah mengajak anak untuk ikut serta merawatnya.

Mulailah dengan menjelaskan apa tumbuhan atau binatang tersebut dan apa saja yang dibutuhkan tumbuhan atau binatang tersebut agar hidup sehat. Ibu dan Ayah bisa mulai mengajak anak untuk menyiram tanaman, memberi makan, atau memandikan binatang bersama.

Mengajak anak untuk merawat tumbuhan atau binatang akan membantu anak untuk mengembangkan sifat empati tidak hanya kepada sesama manusia, tapi juga kepada binatang dan tumbuhan serta lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Mengenal Satwa Harapan di Indonesia, Gimana Cara Melestarikannya?

3. Menghemat Listrik dan Air

Menghemat listrik dan air adalah contoh sikap peduli lingkungan
Menghemat listrik dan air adalah contoh sikap peduli lingkungan.

Cara selanjutnya untuk memberikan contoh sikap peduli lingkungan adalah mengajak anak menghemat penggunaan listrik dan air. 

Ibu dan Ayah bisa mengajarkan anak untuk mulai menghemat listrik dan air dengan cara meminta anak untuk mematikan lampu atau menutup keran air setelah mereka selesai menggunakannya.

Ibu dan Ayah juga bisa mengajak anak untuk memastikan seluruh lampu ataupun perangkat elektronik yang tidak diperlukan telah mati sebelum tidur.

Di sela-sela kegiatan tersebut, jangan lupa untuk menjelaskan kepada anak mengapa ia perlu mematikan listrik dan keran air untuk menghemat energi serta mengapa hal tersebut perlu dilakukan.

Ibu dan Ayah bisa menjelaskan bahwa listrik yang digunakan di rumah dihasilkan oleh melalui tenaga batu bara dan perlu dihemat agar polusi dari tenaga tersebut tidak mencemari lingkungan.

4. Mengonsumsi Makanan Secukupnya

contoh sikap peduli lingkungan dengan mengonsumsi makanan secukupnya
Ajari anak mengonsumsi makanan secukupnya sebagai sikap peduli lingkungan.

Cara selanjutnya untuk memberikan contoh sikap peduli lingkungan adalah mengajak anak untuk mengonsumsi makanan secukupnya.

Dilansir dari Kompas, sampah sisa makanan merupakan jenis sampah terbesar yang dihasilkan Indonesia di tahun 2021 lalu, yaitu sebesar 38,9 persen. Padahal, 8,34 persen masyarakat Indonesia masih mengalami masalah kekurangan makanan.

Mengonsumsi makanan secukupnya dan menghasilkan seminim mungkin sampah makanan adalah salah satu cara mengatasi masalah ini.

Mengajarkan anak untuk mengonsumsi makanan secukupnya tidak hanya mengajarkan anak untuk peduli pada lingkungan dan sesama. Ibu dan Ayah juga bisa menjelaskan mengapa membuang makanan merupakan tindakan yang tidak terpuji secara agama.

Baca Juga: Bagaimana Sampah Plastik Mengurai dan Menjadi Zero Waste?

5. Memperkenalkan Konsep Reduce, Reuse, Recycle

contoh sikap peduli lingkungan reduce, reuse, recycle
Konsep reduce, reuse, dan recycle adalah contoh sikap peduli lingkungan

Contoh sikap peduli lingkungan juga bisa Ibu dan Ayah ajarkan dengan memperkenalkan konsep reduce, reuse, dan recycle. 

Ibu dan Ayah bisa memperkenalkan konsep ini kepada anak dengan contoh nyata saat mengajarkan mereka soal menjaga lingkungan. Contohnya, konsep reduce dengan menggunakan kertas secukupnya saat menggambar, reuse dengan menggunakan botol air minum isi ulang, serta recycle dengan mengubah kotak bekas sepatu mereka menjadi tempat untuk menyimpan mainan mereka. Jangan lupa, Ibu dan Ayah harus melakukan hal ini bersama anak agar mereka mencontoh kebiasaan Ibu dan Ayah.

6. Ajak Anak Ikut Kegiatan Gotong Royong

contoh sikap peduli lingkungan dengan ikut gotong royong
Ajak anak ikut gotong royong untuk memberikan contoh sikap peduli lingkungan

Terakhir, Ibu dan Ayah bisa memberikan contoh sikap peduli lingkungan dengan mengajak anak mengikuti kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar rumah.

Selain mengajarkan anak untuk lebih peduli terhadap lingkungan, Ibu dan Ayah juga bisa mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di lingkungannya. Sehingga, Ibu dan Ayah tidak hanya membantu meningkatkan empati anak terhadap lingkungan namun juga kemampuan bersosialisasinya.

Baca Juga: Hari Bumi Sedunia: Kenapa Kita Harus Menjaga Bumi?

Kesimpulan

Selain enam cara di atas, masih banyak cara-cara lainnya yang bisa Ibu dan Ayah lakukan untuk memberikan contoh sikap peduli lingkungan.

Salah satunya dengan bantuan media seperti video Cerita Tiga Sekawan berikut.

Melalui video seperti ini, anak bisa lebih memahami seperti apa lingkungan yang seharusnya.

Ibu dan Ayah juga bisa memanfaatkan aplikasi ZeniusLand untuk membantu anak dalam belajar. Dalam aplikasi ini, ada berbagai cerita dan permainan interaktif yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis anak.

Aplikasi ini dapat di-download melalui PlayStore ataupun AppStore.

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

icon download playstore
icon download appstore
Bagikan Artikel Ini!