Konsep Rumus Mol

konsep rumus mol

Artikel ini akan membahas berbagai konsep rumus mol dengan disertai contoh soal

Hola sobat Zenius! Apakah kamu tahu bahwa setiap benda dan zat tersusun oleh partikel-partikel kecil tak kasat mata seperti atom, molekul, atau ion. Namun, walaupun berukuran sangat kecil, jumlah partikel ini bisa dihitung loh!

Untuk mempermudah perhitungannya maka digunakan satuan umum yang dapat menyatakan jumlah partikel dalam zat, yaitu mol. Namun, karena massa setiap zat dalam 1 mol itu nggak sama maka perlu ada penghubung nih antara kamu dan dia. Ups salah! Maksudnya penghubung antara massa zat dengan jumlah partikel.

Apa aja ya rumus mol yang dapat dijadikan penghubung?

Hubungan Mol dengan Jumlah Partikel

Seperti yang udah kalian tahu nih, 1 mol menyatakan banyaknya partikel dalam suatu zat, yang mana jumlahnya sama dengan jumlah partikel dalam 12 g atom C-12. 

Konsep Rumus Mol 57

Berdasarkan penelitian pak Avogadro diketahui nih kalau dalam 1 mol atau 12 g atom C-12 terkandung 6,02 x 10²³ partikel. Bilangan ini kemudian dikenal luas sebagai bilangan Avogadro dengan lambang N (huruf kapital). Jadi, dari hal tersebut kita bisa ketahui persamaan hubungan antara jumlah mol dengan jumlah partikel yaitu:

Jumlah Partikel (JP) = mol . 6,02 x 10²³

Hubungan Mol dengan Massa Zat

Besarnya massa atom dan molekul yang terdapat dalam 1 mol zat dapat diketahui melalui massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr) loh! Secara matematis hubungan ini dapat digambarkan berikut:

Massa Senyawa = Mr x Jumlah mol

Hubungan Mol dengan Volume Gas

Selain dengan jumlah partikel dan massa zat, ternyata mol juga berkaitan dengan volume gas. Volume sendiri adalah ukuran besarnya ruang yang ditempati suatu zat.

Avogadro kembali mencetuskan hipotesis yang menyatakan bahwa pada volume yang sama dengan gas yang berbeda-beda (suhu (T) dan tekanan (P) sama) terkandung jumlah partikel yang sama. 

Pada kondisi standar (suhu 0°C dan tekanan 1 atm) volume molar gas bernilai sebesar 22,4L. Jadi, berdasarkan hukum Avogadro dapat disimpulkan persamaan:

Volume (STP) = mol x 22,4L

Namun, apabila tidak dalam kondisi standar hipotesis avogadro ini dapat dituliskan dalam bentuk persamaan:

PV = nRT

Dengan
P : Tekanan (atm)
V : Volume (L)
n : mol
R : 0,082 L.atm/mol.K
T : suhu (K)

Rumus Mol

rumus mol

Tonton video
Pengertian Mol serta Hubungan antara Mol dengan Massa Suatu Zat

Gimana biar lebih paham dengan rumus-rumus di atas kita langsung praktekkan aja nih guysss ke contoh soal.

Contoh soal 1

Berapa sih volume dari 23 g gas NO₂ yang diukur pada tekanan 1 atm dan suhu 27°C?

(Ar N = 14 g/mol, O = 16 g/mol)

Jawab

Pertama kita gunakan terlebih dahulu rumus mol yang berhubungan dengan massa zat, untuk mengetahui nilai mol gas NO₂

Konsep Rumus Mol 58

Konsep Rumus Mol 59
nNO₂ = 0,5 mol

Selanjutnya kita gunakan persamaan avogadro dalam keadaan tidak standar

Konsep Rumus Mol 60
Konsep Rumus Mol 61

Jadi, volume 23 g gas NO₂ pada tekanan 1 atm dan suhu 27°C adalah 1,23 L

Contoh soal 2

Jika diketahui dalam keadaan STP volume dari 4,25 g gas sebesar 2,8 L. Maka berapa massa molekul relatif gas tersebut?

Jawab

Seperti soal sebelumnya, kita gunakan terlebih dahulu rumus mol namun terhadap volume gas STP

Konsep Rumus Mol 62
Konsep Rumus Mol 63

Selanjutnya kita bisa masukan ke dalam persamaan

Massa senyawa = Mr x Jumlah mol
4,25 g = Mr x 0,125 mol
Mr = 34

Jadi, diketahui Mr dari 4,25 g gas dengan volume 2,8 L sebesar 34

Gimana nih gengs? Kalian sudah paham dong pasti dengan konsep rumus mol sekarang, apalagi materi ini merupakan materi dasar kimia yang kedepannya akan terus kepake. Buat kalian yang masih bingung dan ingin tahu lebih lanjut terkait konsep rumus mol bisa langsung aja nih download aplikasi Zenius biar bisa belajar langsung sama tutor-tutor yang keren dan asik abis!

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (ANDROID)

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (APPLE)

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Baca juga

Rumus Molaritas dan Molalitas

Materi Kimia: Kesetimbangan Kimia

Mengenal Gaya antar Molekul dalam Kimia

Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia

Bagikan Artikel Ini!