Rumus Molaritas dan Molalitas

Rumus molaritas dan molalitas (Arsip Zenius)

Hai Sobat Zenius, masih bingung tentang materi rumus molaritas dan molalitas? Baca tentang pengertian dan contoh soalnya, beserta cara menghitung mol dengan baik di bawah ini ya!

Elo pasti suka nih minuman dengan rasa baik manis, asam atau bahkan asin. Tau nggak nih, rasa itu dihasilkan dari suatu padatan yang dilarutkan dalam cairan. Misalnya, untuk menghasilkan rasa manis, maka gula dilarutkan dalam air. Kemudian untuk menghasilkan rasa asam menggunakan perasan jeruk yang dilarutkan dalam air.

Nah, dalam Kimia dikenal istilah larutan yang merupakan campuran homogen dari dua atau lebih zat. Untuk zat yang jumlahnya sedikit disebut dengan zat terlarut atau solut, contohnya gula atau perasan jeruk. Sedangkan, zat yang jumlahnya banyak disebut zat pelarut atau solven.

Antara solut dan solven memiliki partikel-partikel sebesar molekul atau ion. Nah, antar partikelnya tersebar secara merata dan homogen. Di dalam Kimia, banyaknya zat seringkali dinyatakan dalam besaran mol. Mol ini yang nantinya akan digunakan untuk menghitung konsentrasi molaritas dan molalitas.

Hmmm… molaritas dan molalitas itu apa ya? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui pengertan hingga rumus molaritas dan molalitas ya!

Pengertian Molaritas

Sebelum masuk ke rumus molaritas dan contoh soal, elo harus mengetahui dasarnya dulu tentang apa itu molaritas.

Molaritas adalah salah satu ukuran kelarutan yang menyatakan jumlah mol suatu zat per volume larutan. Molaritas ini dilambangkan dengan huruf “M” dengan satuannya molar atau M yang setara dengan mol/liter. 

 

Pengertian Molalitas

Sebelumnya elo sudah mengetahui pengertian dari molaritas, nah kalau molalitas ini dinyatakan sebagai jumlah mol suatu zat terlarut di dalam 1000 gram pelarut.

rumus molaritas dan molalitas
Menentukan molaritas dan molalitas dari suatu larutan (fDok. Pexels)

Kalau didefinisikan, molalitas adalah besaran yang menyatakan jumlah mol zat terlarut pada setiap satuan berat pelarut. Kalau tadi molaritas memiliki satuan Molar (M), lain halnya dengan molalitas yang memiliki satuan molal (m).

Dari sini sudah kelihatan belum perbedaan molaritas dan molalitas?

Tenang, elo juga akan mengetahui rumus molalitas di poin selanjutnya. Tapi sebelum lanjut ke rumus molaritas larutan, gue saranin elo download aplikasi Zenius di gadget masing-masing. Pakai aplikasi Zenius elo bisa nonton penjelasan videonya dengan lebih detail dan mudah dimengerti. Makanya langsung klik banner di bawah ini aja yuk

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Rumus Molaritas

Tadi kita sudah belajar tentang pengertiannya, nah kira-kira rumus dari molaritas itu apa sih? Ini dia rumusnya:

M = n/V

M : molaritas zat (mol/liter atau Molar)

n : mol suatu zat (mol)

V : volume larutan (ml)

Untuk mendapatkan nilai mol, elo harus menghitungnya terlebih dahulu. Caranya dengan membagi antara gram dengan massa molekul relatif zat. Cek rumus cara mencari mol di bawah ini.

n = gram/Mr

Keterangan:

n : mol suatu zat (mol)

gram : massa suatu zat (g)

Mr : massa molekul relatif suatu zat (gram/mol)

Rumus Molalitas

Lalu, rumus molalitas itu apa ya, guys? Ini dia rumusnya:

m = n/p

Keterangan:

m : molalitas suatu zat (molal)

n : mol suatu zat (mol)

p : massa pelarut (g)

Biar lebih paham cara mencari molalitas menggunakan rumus di atas, di bawah ini gue kasih latihan soal buat elo berlatih

Contoh Soal dan Pembahasan

Di atas kita sudah mengenal tentang molaritas dan molalitas, mulai dari pengertian hingga rumusnya. Supaya elo makin paham dengan materi rumus molaritas dan molalitas, gue sudah menyediakan contoh soal dan pembahasannya nih. Elo siapkan alat tulisnya juga ya untuk ikut mengerjakan!

Contoh Soal 1

Garam dapur (NaCl) memiliki massa 10 gram. Garam tersebut memiliki massa molekul relatif sebesar 58,5 gram/mol. Hitunglah mol dari garam!

Pembahasan

Diketahui: gram = 10 g; Mr = 58,5 gram/mol.

Ditanya: mol

Jawab:

mol = gram/Mr = 10/58,5 = 0,17 mol.

Jadi, mol dari garam tersebut adalah 0,17 mol.

Contoh Soal 2

Suatu larutan urea (Co(NH2)2) berukuran 0,25 liter dilarutkan dalam air sebanyak 3 gram. Massa molekul relatifnya sebesar 60 gram/mol. Hitunglah molaritas dari zat tersebut!

Pembahasan

Diketahui: gram = 3 g; Mr = 60 gram/mol; V = 0,25 liter.

Ditanya: M

Jawab:

Pertama, kita cari dulu nilai mol dari urea.

n = gram/Mr = 3/60 = 0,05 mol

Setelah diketahui molnya, kita bisa menggunakan rumus molaritas larutan urea.

M = n/V = 0,05/0,25 = 0,2 Molar.

Jadi, molaritas dari larutan urea adalah 0,2 Molar atau 0,2 mol/liter.

Itu dia penjelasan mengenai rumus molaritas dan molalitas suatu larutan dalam Kimia. Masih sering merasa kesulitan belajar materi dari sekolah. Langganan paket belajar Zenius aja yuk, lewat penjelasan dari tutor yang asyik dan ilustrasi yang menarik bikin belajar nggak ngebosenin. Klik banner di bawah untuk langsung beli!

Rumus Molaritas dan Molalitas 9
Yuk beli paket belajar Zenius!

. Gimana, seru tidak belajar tentang larutan suatu zat? Seru banget donk pastinya. Kalau kamu mau belajar lebih lanjut tentang molaritas dan molalitas, kita belajar bareng Zenius di sini, yuk!

Pelajari materi Kimia di video materi belajar Zenius
Klik dan belajar sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya

Massa Jenis

Kesetimbangan Kimia

Larutan Basa

Originally published: April 22, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!