Peradaban Cina Kuno Beserta Kebudayaannya

Peradaban Cina Kuno Beserta Kebudayaannya – Materi Sejarah Kelas 10

Hai, Sobat Zenius, pernah dengar tentang akupuntur? Atau, istilah feng shui? Nah, elo tahu nggak sih, kalau akupuntur dan feng shui itu sudah ada sejak peradaban Cina kuno? Yap, sebagai salah satu peradaban tertua yang pernah ada, peradaban Cina kuno menarik banget lho, untuk dibahas. 

Namun, apa sih yang dimaksud peradaban Cina kuno? Padahal kan, sampai saat ini peradaban Cina masih ada?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, elo bisa baca artikel ini sampai selesai. Mulai dari 

sistem pemerintahan peradaban Cina kuno hingga kebudayaan Cina kuno. Yuk, langsung saja kita mulai kisahnya!

Peradaban Cina Kuno

Peradaban Cina kuno merupakan peradaban sebelum Dinasti Qin nih, guys. Pada peradaban Cina kuno, dinasti pertama yang diceritakan dalam catatan sejarah yakni Dinasti Xia yang didirikan oleh Yu the Great. Berikut urutan peradaban Cina kuno: 

  • Xia (2600-1600 BC)
  • Shang (1600-1046 BC)
  • Zhou (1046-256 BC)
  • Spring and Autumn period (722-476 BC)
  • Warring State (476-221 BC)
wilayah dinasti xia peradaban cina kuno
Wilayah kekuasaan Dinasti Xia. (Dok. Wikimedia Commons)

Nah, dari dinasti yang disebutkan di atas, Dinasti Zhou merupakan dinasti yang paling lama berkuasa. Pada Dinasti Zhou inilah mulai dikenal konsep deifikasi atau mandate of heaven. Apa artinya? Tenang, nanti gue akan bahas di bagian corak politik peradaban Cina kuno. 

Kemudian, setelah berakhirnya periode Warring State, kemudian dilanjutkan zaman Imperial yang dimulai dari Dinasti Qin. Pada Dinasti Qin inilah mulai terbentuk pemerintahan terpusat. Adapun urutannya sebagai berikut:

  • Qin (220-207 BC)
  • Han (202 BC-220 AD)
  • Three Kingdoms (AD 220-280)
  • Jin (AD 266-420)
  • Utara dan Selatan (AD 420-589)
  • Sui (AD 587-678)
  • Tang (AD 678-907)
  • 5+10 (AD 907-960)
  • Song, Liao, Jin, Xia (AD 960-1234)
  • Yuan (AD 1271-1368)
  • Ming (AD 1368-1644)
  • Qing (AD 1644-1911)
peradaban cina kuno dinasti qin
Ilustrasi Qin Shi Huang pendiri Dinasti Qin. (Dok. WIkimedia Commons)

Seperti yang elo lihat di atas, Dinasti Qing merupakan dinasti terakhir dalam kekaisaran Cina. Adapun penyebab runtuhnya Dinasti Qin yakni disebabkan oleh Pemberontakan Taiping, Pemberontakan Boxer, dan Pemberontakan Wuchang. 

dinasti yuan peradaban cina kuno
Ilustrasi Kublai Khan pendiri Dinasti Yuan. (Dok. Wikimedia Commons)

Baca Juga: Periodisasi Sejarah Peradaban Islam

Corak Peradaban Cina Kuno

1. Corak Politik Peradaban Cina Kuno

Peradaban Cina kuno merupakan negara yang berbentuk kesatuan dan menganut sistem feodalisme. Feodalisme merupakan sistem di mana masyarakatnya memiliki hubungan timbal balik terhadap kelompok lainnya.

Selain itu, pada peradaban ini juga dikenal konsep deifikasi atau mandate of heaven.  Konsep ini dalam filsafat Cina menyatakan bahwa kaisar Cina adalah orang-orang yang terpilih oleh “Tian” atau langit untuk memerintah. 

2. Corak Ekonomi Peradaban Cina Kuno

Lantas, bagaimana kehidupan ekonomi masyarakat Cina kuno? Nah,peradaban Cina kuno ini memiliki kebudayaan agraris atau pertanian sungai nih, guys. Di mana, penduduknya banyak yang menanam kedelai, beras, teh, dan sutra. 

3. Corak Sosial-Budaya Peradaban Cina Kuno

Peradaban Cina kuno merupakan peradaban yang menganut sistem multikultural, yakni meskipun terdapat keberagaman budaya mereka tetap mau berbagi. 

Selain itu, masyarakatnya juga memiliki kepercayaan terhadap leluhur dan kepercayaan setempat. Namun, ada juga agama-agama yang dianut masyarakatnya seperti Taoisme, Konghucu, dan Buddha. 

Mereka juga mengembangkan aksara piktogram yakni simbol untuk menyampaikan suatu makna melalui penampakan gambar yang menyerupai/meniru keadaan fisik objek yang sebenarnya. 

4. Corak Sains-Teknologi Peradaban Cina Kuno

Kalau bicara mengenai corak sains dan teknologi peradaban Cina kuno, maka nggak jauh-jauh dengan obat herbalnya nih, guys. Seperti yang elo tahu, Cina dikenal dengan pengobatan tradisionalnya. Selain itu, akupuntur dan feng shui juga berasal dari peradaban Cina kuno, lho.

Penemuan-penemuan lainnya seperti kertas, keramik porselen, dan bubuk mesiu juga ditemukan di masa Peradaban Cina Kuno. 

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Baca Juga: Peradaban Romawi Kuno dan Peninggalannya

Contoh Soal Peradaban Cina Kuno

  1. Tulisan peradaban Cina kuno yang cara menyampaikan maknanya melalui penampakan gambar yang menyerupai keadaan fisik objek yang sebenarnya dinamakan ….

A. hiragana

B. katakana

C. piktogram

D. hieroglif

E. kuneiform

Jawaban dan Pembahasan:

Piktogram merupakan simbol untuk menyampaikan suatu makna melalui penampakan gambar yang menyerupai/meniru keadaan fisik objek yang sebenarnya. Maka, jawaban yang tepat adalah C. 

Baca Juga: Peradaban Mesir Kuno dan Peninggalannya

Nah, jadi itu dia guys kisah tentang kehidupan Peradaban Cina Kuno. Elo juga bisa tonton video mengenai peradaban Cina kuno ini lewat aplikasi Zenius, lho. Caranya tinggal klik aja banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran sejarah di zenius
Bagikan Artikel Ini!