rumus massa jenis

Belajar Rumus Massa Jenis, Yuk!

Artikel ini akan membahas tentang rumus massa jenis, termasuk pengertian dan contoh soalnya.

Pernahkan kamu mendengar istilah massa jenis? Istilah ini sering ditemukan di dunia Fisika. Secara umum, massa jenis adalah suatu ukuran untuk mendefinisikan perbandingan antara massa zat dan volumenya, yang dilambangkan dengan ρ dibaca rho. Udah mulai ingat belum kalau kamu pernah bertemu dengan lambang itu? Kalau masih belum ingat, tenang aja karena di sini kamu akan menemukan penjelasannya secara lengkap. Kamu bakal belajar tentang pengertian dan rumus massa jenis di sini. Udah gak sabar? Yuk, langsung aja kita masuk ke penjelasannya!

Apa Itu Massa Jenis?

Lalu, sebenarnya massa jenis itu apa sih? Apa bedanya dengan massa aja? Jadi begini, massa (m) merupakan jumlah partikel yang ada di suatu benda. Sedangkan, massa jenis adalah suatu ukuran untuk menunjukkan kerapatan dan kepadatan suatu partikel tersusun. Massa jenis dilambangkan oleh “ρ” (dibaca: rho). Menurut sistem Satuan Internasional (SI), satuan massa jenis adalah kg/m3 atau kg.m-3. Jadi, untuk satuan juga disesuaikan ya, guys. Kalau massa menggunakan kg, berarti satuan volume adalah m3. Kira-kira seperti ini konversi satuannya:

  • 1 kg/m3 = 0,001 g/cm3.
  • 1 g/cm3 = 1000 kg/m3.
  • 1 liter = 1000 mililiter = 1000 cm3.

Massa jenis suatu zat juga berbeda-beda , guys. Hal itu tergantung pada temperatur dan tekanannya. Semakin tinggi temperatur zat, maka massa jenisnya akan berkurang. Makin tinggi tekanan yang diberikan pada suatu zat, maka massa jenisnya juga akan semakin tinggi. 

Rumus Massa Jenis

Massa jenis suatu benda itu ‘kan berbeda-beda, tetapi adakah aturan khusus atau rumus umumnya? Ada, untuk mengetahui massa jenis suatu benda, kamu harus tau dulu massa benda dan volumenya. Kemudian, barulah membagi massa benda dengan volumenya. Nah, seperti inilah rumus massa jenis:

ρ = m/v

Keterangan:

ρ = massa jenis (kg/m3).

m = massa (kg).

v = volume (m3).

Perlu kamu ketahui juga bahwa setiap benda memiliki densitas massa yang tidak sama alias berbeda-beda. Densitas tersebut akan menentukan seberapa rapat suatu partikel. Ini dia densitas massa dari berbagai bahan dan material:

rumus massa jenis

Contoh Soal dan Pembahasan

Supaya pemahamanmu tentang massa jenis semakin dalam, kamu perlu melihat dan memahami contoh soal dan pembahasan di bawah ini. Jangan lupa, siapkan juga alat tulis untuk kamu ikutan berlatih ya!

Contoh soal 1

Suatu material X memiliki bentuk kubus dengan sisi-sisinya 4 m. Material tersebut kemudian ditimbang dengan neraca sebesar 2 kg. Hitunglah massa jenis atau densitas massa benda X!

Jawab:

massa = 2 kg

volume kubus = s x s x s = 4 x 4 x 4 = 64 m3

ρ = m / v = 2 / 64 = 0,031 kg/m3

Jadi, massa jenis dari material tersebut adalah 0,031 kg/m3

Contoh soal 2

Suatu balok berbahan kuningan memiliki panjang 8 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 2,5 cm. Jika diketahui massa jenis balok kuningan tersebut adalah 8.400 kg/m3. Tentukan massa balok tersebut!

Jawab:

Diketahui, p = 8 cm = 0,08 m; l = 5 cm = 0,05 m; t = 2,5 cm = 0,025 m; ρ = 8.400 kg/m3

Ditanya: m

Volume balok = p x l x t = 0,08 x 0,05 x 0,025 = 0,0001 m3

ρ = m / v

8.400 = m / 0,0001

m = 8.400 x 0,0001 = 0,84.

Jadi, massa balok kuningan tersebut adalah 0,84 kg.

Nah, dia rumus massa jenis yang perlu kamu ketahui, supaya lebih mudah dalam menghitung kerapatan partikel suatu zat. Mudah, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat ya buat kamu. Have a nice day, guys!

Baca Juga Artikel Lainnya

Rumus Keliling dan Luas Layang layang

Rumus Trapesium

Rumus Limas