bentuk molekul kimia

Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia

Kamu akan mendapatkan penjelasan tentang teori bentuk molekul di artikel ini, simak baik-baik penjelasannya ya!.

bentuk molekul kimia
Bentuk molekul trigonal (image by WikimediaImages from Pixabay)

Aku pernah membahas tentang ikatan kimia di artikel sebelumnya. Hayoo.. buat yang belum baca, coba dibaca dulu yuk supaya bisa nyambung bahas materi tentang bentuk molekul kali ini. Di sana dijelaskan tentang ikatan antar atom yang membentuk suatu molekul kimia. Misalnya atom Na dan Cl yang akan membentuk molekul NaCl (garam dapur). Nah, ikatan tersebut ternyata memiliki bentuk yang bervariasi, guys. Salah satu cara untuk meramalkan bentuk tersebut adalah berdasarkan gaya tolak menolak elektrostatik antar pasangan elektron. Gaya tersebut yang nantinya akan memberikan susunan sedemikian rupa hingga berada pada tingkat energi potensial yang serendah mungkin. Penasaran? Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Bentuk Molekul?

Apakah kamu masih ingat pengertian dari molekul? Molekul adalah gabungan dari dua atom atau lebih yang terdapat dalam suatu susunan tertentu dan terikat oleh gaya kimia. Bentuk molekul atau geometri molekul bisa bervariasi, karena atom-atom yang saling berikatan akan membentuk berbagai senyawa atau molekul yang berbeda-beda supaya bisa stabil. bentuk tersebut berdasarkan jumlah pasangan elektron terikat (PEI), pasangan elektron bebas (PEB), dan domain elektron.

Cara mengetahui PEI, PEB dan domain elektron bagaimana? Nah, di sinilah materi ikatan kimia berperan. Kamu ingat dengan struktur lewis pada suatu senyawa? Yap, struktur lewis adalah langkah awal untuk menentukan geometri molekul. Struktur tersebut menggambarkan keadaan elektron-elektron valensi dari atom yang saling berpasangan dan berikatan secara kovalen.

Tipe Bentuk Molekul

Supaya lebih jelas dan kebayang, aku bakal kasih gambaran tentang tipe bentuk molekul. Ini dia varian bentuknya:

geometri atau bentuk molekul kimia
Geometri molekul yang bervariasi (sumber gambar: chemannex.weebly.com)

Itu dia varian dari geometri molekul, ada linear, trigonal, hingga tetrahedral. Kamu bisa menentukan bentuk suatu molekulnya dari hasil percobaan atau meramalkan bentuk molekul dari struktur elektronnya. Kira-kira lebih mudah menentukan bentuk dengan cara apa?

Teori Bentuk Molekul

Teori yang membahas tentang bentuk suatu molekul ada tiga, yaitu Teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion), Teori Domain Elektron, dan Teori Hibridisasi. Wah, seperti ya teori dari ketiganya?

Teori VSEPR

Teori yang pertama adalah VSEPR, yaitu pasangan elektron yang mandiri atau tidak dipakai bersama akan saling tolak menolak. Pasangan elektron akan cenderung saling berjauhan satu sama lain. Prinsip dari teori ini adalah sebagai berikut:

  • Semakin jarak antara kedua pasangan elektron mengecil, maka gaya tolak menolaknya akan semakin kuat.
  • Gaya tolakan akan semakin kuat ketika sudut di antara pasangan tersebut membentuk 90 derajat.
  • Tolakan yang melibatkan pasangan elektron tunggal akan lebih kuat dibandingkan dengan pasangan ikatan: pasangan mandiri – pasangan mandiri > pasangan mandiri – pasangan ikatan > pasangan ikatan – pasangan ikatan.

Teori Domain Elektron

Bentuk suatu molekul berdasarkan teori domain elektron didasarkan pada jumlah pasangan elektron ikatan dan elektron bebas atau kedudukan suatu elektron. Kamu bisa melihat elektron-elektron tersebut dari struktur lewisnya. Prinsip dari teori ini adalah sebagai berikut:

  • Antar domain elektron pada atom pusat saling tolak menolak, dengan begitu mereka akan saling mengatur diri dan tolakannya menjadi minimum.
  • Kekuatan tolakan dari domain elektron yaitu: PEB – PEB > PEB – PEI > PEI – PEI. Akibat dari adanya perbedaan kekuatan tersebut yaitu mengecilnya sudut ikatan pada bentuk molekulnya.
  • Bentuk suatu molekul hanya ditentukan oleh pasangan elektron ikatan (PEI).

Teori domain elektron menggunakan rumus:

AXmEn

Keterangan:

A : atom pusat

Xm : jumlah domain elektron ikatan (PEI)

En : jumlah domain elektron bebas (PEB)

Ada 11 bentuk molekul berdasarkan teori ini, antara lain: linear (AX2), segitiga planar (AX3), segiempat piramida (AX5E), T-shape (Ax3E2), dll.

Teori Hibridisasi

Terakhir, ada teori hibridisasi yang menyatakan bahwa suatu ikatan molekul terjadi akibat terbentuknya orbital hibrida pada sub orbital atomnya. Dari teori ini muncul 5 bentuk molekul seperti linear (sp), trigonal planar (sp2), tetrahedral (sp3), segitiga bipiramida (sp3d), oktahedral (sp3d2).

Itu dia penjelasan mengenai berbagai bentuk molekul dalam kimia. Setelah membaca penjelasan di atas, tentu kamu sudah paham tentang penjelasan dan bentuk-bentuknya kan? Buat kamu yang mau mempelajari lebih jauh tentang materi ini, belajar bareng Zenius saja, yuk di sini!

Baca Juga Artikel Lainnya

Ikatan Kovalen

Ikatan Kimia

Ikatan Logam