Struktur Protein Zenius Education

Struktur Protein Beserta Sifat dan Fungsinya – Materi Kimia Kelas 12

Halo, Sobat Zenius! Buat elo yang lagi duduk di SMA kelas 12 sudah pasti nggak asing dengan materi struktur protein, kan? Nah, gue mau mengajak elo semua buat membahasnya secara detail lewat artikel ini.

Apa yang terlintas di benak elo saat mendengar protein? Tempe, telur, daging, dan makanan lainnya yang mengandung protein pastinya, kan.

Secara garis besar, protein berfungsi sebagai pembangun, pengatur, pertahanan, dan sumber energi cadangan. Jadi bisa dibilang, protein merupakan senyawa terpenting dalam sel makhluk hidup.

Protein merupakan suatu susunan materi yang berupa asam amino. Unsur-unsur utama protein adalah C, H, O, dan N. Kadang bisa ada unsur-unsur lainnya tapi yang utama yang itu tadi. Protein juga bersifat polimer, jadi rantainya itu panjang dan ada unsur-unsur yang berulang.

Nah, kira-kira apa saja struktur protein? Setidaknya, ada empat struktur yang perlu elo ketahui, yaitu struktur protein primer sekunder tersier dan kuartener.

Struktur Primer Protein

struktur protein
Struktur Primer Protein (Dok. Wikimedia Commons)

Suatu protein terdiri atas rantai polipeptida yang terbentuk dari gabungan beberapa asam amino dan membentuk ikatan peptida. Ikatan peptida dalam protein ini melibatkan unsur-unsur utama yang udah gue sebutin tadi, yaitu C, H, O, dan N.

Dalam satu polipeptida, bisa ada banyak banget asam amino yang terkandung, lho. Nah, struktur inilah yang terjadi ketika ada hubungan antara asam amino yang satu dengan yang lainnya.

Misalnya kita punya dua protein dengan masing-masing 500 asam amino. Tapi, di protein A terdapat asam amino yang berbeda dengan protein B. Meskipun bedanya cuma satu asam amino, tapi itu cukup untuk menyatakan bahwa struktur A dan B merupakan senyawa protein yang berbeda.

Kira-kira begitu ya, untuk menggambarkan struktur protein primer!

Nah, sebelum berlanjut ke struktur protein yang selanjutnya, gue mau ngasih tahu ke Sobat Zenius kalau aplikasi Zenius bisa di-download secara gratis melalui App Store, Play Store dan App Gallery, lho!

Lewat aplikasi, elo bisa mendapatkan fitur-fitur menarik, seperti akses ribuan contoh soal, mengikuti simulasi ujian try out, hingga adu asah otak dengan siswa lain lewat ZenCore.

Menarik, kan? Tunggu apa lagi, segera download aplikasinya dengan klik banner di bawah ini, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Baca Juga: Pengertian Biokimia dan Contohnya – Materi Kimia Kelas 12

Struktur Sekunder Protein

struktur protein
Struktur Sekunder Protein (Dok. Wikimedia Commons)

Struktur protein sekunder terjadi karena adanya interaksi antar molekul asam amino yang ada dalam struktur tersebut. Interaksi tersebut bisa terjadi antara atom oksigen dengan atom hidrogen dari senyawa yang berbeda. Hal ini menyebabkan suatu rantai protein bentuknya jadi melingkar dan disebut dengan nama α-helix.

Ikatan yang berperan dalam pembentukan struktur sekunder protein adalah ikatan hidrogen yang terjadi antara gugus-gugus amina dengan atom hidrogen pada rantai samping asam amino.

Interaksi hidrogen tersebut juga bisa membuat bentuk struktur yang menyerupai lipatan seperti dibawah, yang kita sebut dengan bentuk β-sheet.

Struktur Tersier Protein

struktur protein
Struktur Tersier Protein (Dok. Wikimedia Commons)

Struktur protein tersier merupakan gabungan dari beberapa struktur sekunder. Pada contoh di atas, struktur tersier tersebut merupakan gabungan dari struktur α-helix dan β-sheet.

Jadi, kalau suatu protein terdiri atas beberapa struktur α-helix dan β-sheet, dia termasuk dalam struktur sekunder, ya.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia

Struktur Kuartener Protein

Struktur protein kuartener
Struktur Kuartener Protein (Dok. Wikimedia Commons)

Kalau di struktur kuartener protein, molekul protein itu ditunjukkan tidak dalam satu untaian melainkan beberapa untaian. Kayak yang elo bisa lihat di gambar struktur protein di atas, ada beberapa untaian yang terdiri dari struktur α-helix dan β-sheet. Interaksi ikatan hidrogen dan sulfida bisa terjadi nggak hanya di dalam namun juga antar untaian.

Struktur tersier dan kuartener berperan dalam aktivitas biologis protein. Struktur ini bisa rusak atau berubah bentuknya akibat proses pemanasan atau terpapar zat asam maupun basa. Fenomena ini disebut dengan denaturasi.

Misalnya, ketika elo mau goreng telur, telurnya dari cair bisa jadi padat setelah terkena suhu tinggi–ada perubahan pada struktur proteinnya. Hal ini merupakan salah satu contoh peristiwa denaturasi.

Contoh Soal Struktur Molekul Protein dan Pembahasannya

Oke deh, sekian pembahasan mengenai protein. Udah lebih paham kan, sekarang?

Kalau masih ada yang bingung langsung bilang aja sama gue lewat kolom komentar, ya! Anyway, yuk coba jawab soal-soal di bawah ini untuk me-review materi kita tadi!

1. Untaian α-helix dan β-sheet pada asam amino terjadi karena ….

a. Terjadinya ikatan hidrogen antara gugus karbonil dengan ikatan peptida
b. Terbentuk ikatan peptida yang melingkar
c. Adanya ikatan hidrogen antara atom H dari -NH dengan atom O dari C=O asam amino lain
d. Adanya ikatan hidrogen antara atom H dengan atom O dalam satu senyawa asam amino
e. Terjadi tarik-menarik elektron antara atom yang sangat negatif dengan atom positif

2. Denaturasi protein terjadi akibat ….

a. Berubahnya struktur primer pada protein
b. Suhu yang terlalu rendah
c. pH yang tetap dari protein
d. Berubahnya struktur kuartener dan tersier pada protein
e. Penyimpanan protein pada suhu yang sangat rendah

PEMBAHASAN

  1. c. Bentuk α-helix dan β-sheet berkaitan dengan struktur sekunder protein, bentuk tersebut terbentuk akibat interaksi ikatan hidrogen antara atom O dari gugus C=O dari dengan atom H dari gugus N-H.
  2. d. Denaturasi merupakan perubahan struktur molekul protein yang menyebabkan perubahan sifat sifat fisik, kimiawi dan biologis. Biasanya terjadi kerusakan atau perubahan pada struktur kuartener dan tersier dari protein.

Baca Juga: Karbohidrat Monosakarida dan Contohnya – Materi Kimia Kelas 12

Demikian materi singkat mengenai struktur protein yang perlu Sobat Zenius ketahui. Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan kalau struktur protein yang terbentuk heliks karena adanya ikatan hidrogen disebut struktur sekunder protein. 

Sedangkan struktur yang berperan dalam aktivitas biologis protein yaitu struktur tersier dan kuartener.

Sobat Zenius masih bisa menggali lebih dalam lagi mengenai materi yang satu ini lewat video pembelajaran dari Zenius.

Video pembelajaran Zenius dibawakan oleh tutor terpercaya sehingga materinya dikemas dengan unik dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Klik banner di bawah ini buat mengaksesnya, ya!

struktur protein

Nggak cuman itu, buat Sobat Zenius yang mau mendapatkan beragam keuntungan dari Zenius, elo bisa banget, nih, berlangganan paket Zenius Aktiva Sekolah.

Lewat paket tersebut, elo bisa mengakses ribuan contoh soal serta materi pembelajaran, ikutan try out ujian sekolah, hingga mengikuti sesi live class per minggunya.

Buat berlangganan, elo tinggal klik banner di bawah ini, ya!

cta zenius aktiva sekolah basic
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Originally published: January 26, 2022
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!