ekosistem adalah interaksi antara faktor biotik dan abiotik

Pengertian Ekosistem dan Komponen Pembentuknya – Materi Biologi Kelas 10

Sobat Zenius, elo suka atau pernah pelihara binatang nggak di rumah? Seru ya, kalau punya binatang di rumah tuh rasanya kayak punya teman main. 

Tapi elo tahu nggak sih kalau berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, jumlah satwa yang terancam punah di tahun 2017 itu banyak banget lho, mencapai 10.000 ekor! Wow! Bahkan, komodo yang mau punah aja ada di angka 5.954 nih.

Sedih banget nggak sih, sama fakta ini? Kalau makin parah, efeknya bisa berpengaruh ke keseimbangan ekosistem nanti.

Tapi biar elo makin paham, bahas dulu yuk!

Pengertian Ekosistem

Ekosistem di bawah laut
Ekosistem di bawah laut (Dok. Unsplash)

Sebenarnya, ekosistem berasal dari kata Yunani nih, yaitu oikos yang berarti rumah dan sistem berarti aturan. Jadi, artinya itu aturan di dalam rumah? Hmm … sebenarnya bisa dibilang seperti itu. Tapi, rumah yang dimaksud ini adalah alam.

Simpelnya gini, ekosistem adalah interaksi antara faktor biotik (makhluk hidup) dan abiotik (sumber daya tak hidup). 

Biar elo semakin gampang ngebayanginnya, gue coba kasih contoh ya. Misalnya, gue lagi ngobrol sama elo di bawah pohon rindang sebuah taman. Terus di sana ada juga kucing, burung, sama berbagai tumbuhan. Itu namanya ekosistem. 

Intinya, elo perlu menggarisbawahi nih kalau cara kerja ekosistem adalah interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dan yang nggak hidup.

Kalau elo mau tahu lebih rinci tentang penjelasan ekosistem ini, bisa banget nih ditonton video materinya dari tutor Zenius. Langsung aja klik banner di bawah ini ya!

Belajar biologi di video materi Zenius

Makhluk Penyusun Ekosistem

Contoh makhluk yang membentuk sebuah ekosistem (Dok. Freepik)
Contoh makhluk yang membentuk sebuah ekosistem (Dok. Freepik)

Sekarang, elo udah tahu apa yang dimaksud dengan ekosistem. Nah, terus apa aja sih makhluk yang membantu penyusunan ekosistem? Yuk, bahas satu per satu di sini!

  1. Individu

Makhluk penyusun ekosistem pertama yang harus elo ketahui yaitu organisme. Contohnya nih, gue sebagai manusia itu termasuk ke organisme individu karena cuma satu. Simpel, kan?

  1. Populasi

Nah, yang kedua adalah populasi. Barusan gue udah ngejelasin tentang individu, nah populasi nih ibarat bentuk jamaknya individu.

Jadi, kalau misalkan ada gue sama elo, itu namanya populasi manusia. Ada dua kucing, namanya populasi kucing. Ada lima pepohonan, namanya populasi pohon. 

Intinya, populasi itu kalau ada lebih dari satu jenis organisme.

  1. Komunitas

Udah paham belum nih, sampai populasi? Kalau udah, kita lanjut bahas ke makhluk penyusun ekosistem yang ketiga adalah komunitas.

Jadi, komunitas adalah sekumpulan populasi yang sedang berada di wilayah yang sama. Sekarang coba gue gabungin keadaan di atas ya.

Misalnya, ada gue sama elo lagi ngobrol sambil main sama kedua kucing di bawah pepohonan. Nah, ini namanya komunitas. 

  1. Habitat

Dan yang terakhir adalah habitat. Habitat merupakan tempat atau wilayah yang ditempati sebuah komunitas. 

Di atas kan gue sempat ngebahas kalau gue sama elo lagi main sama kucing, ya. Nah, wilayah yang kita tempati pas main sama kucing itu namanya habitat. 

Baca Juga: Klasifikasi Lengkap Kingdom Animalia – Materi Biologi Kelas 10 

Komponen Pembentuk Ekosistem

Ilustrasi rantai makanan di sebuah ekosistem
Rantai makanan dalam sebuah ekosistem (Dok. Wikimedia Commons)

Masalah pengertian sampai makhluk penyusun ekosistemnya udah jelas, kan? Kalau begitu, kita bisa pindah ngebahas komponen ekosistem itu sendiri. Apa aja sih?

  1. Komponen Biotik

Komponen ekosistem pertama yang punya peran penting adalah komponen biotik. Apa nih, maksudnya? Sebenarnya, nggak beda jauh dari makhluk penyusun ekosistem di atas.

Tapi intinya, komponen biotik ini terdiri dari makhluk hidup seperti produsen, konsumen, pengurai, dan juga pembusuk. 

Produsen atau yang biasa dikenal dengan autotrof adalah makhluk hidup yang bisa menghasilkan makanan sendiri. Contohnya yaitu tumbuhan, soalnya mereka bisa tuh “memasak” makanannya sendiri lewat tahapan fotosintesis.

Lalu, konsumen atau heterotrof adalah makhluk hidup yang nggak bisa menghasilkan makanan sendiri jadi. Jadi, si konsumen ini bakal makan makhluk hidup lain. Contohnya nih, binatang seperti ular, singa, sapi.

Selanjutnya yaitu detritivor yang merupakan organisme pengurai sisa makanan atau bisa disebut juga pemakan bangkai. Contohnya adalah cacing tanah.

Dan komponen biotik terakhir adalah pembusuk atau dekomposer. Sesuai namanya, pembusuk ini punya “tugas” menguraikan zat organik menjadi zat anorganik. Contohnya, ada bakteri atau bahkan jamur.

  1. Komponen Abiotik

Komponen ekosistem kedua yang nggak kalah penting adalah komponen abiotik. Kebalikannya dari biotik, komponen abiotik ini terdiri dari benda mati. Contohnya ada air, batu, tanah, matahari, sampai udara.

Baca Juga: Definisi dan Klasifikasi Protista – Materi Biologi Kelas 10 

Four Laws of Ecology

Nah, sekarang elo udah ngerti kalau apa sih hubungan antara komponen biotik, abiotik, dan makhluk-makhluk tersebut buat menciptakan sebuah ekosistem tersendiri.

Gue mau bahas four laws of ecology atau aturan yang ada di sebuah ekosistem. Yap! Ekosistem juga punya aturannya sendiri, lho. Ini dia.

  1. Everything is connected to everything else

Dari kalimat di atas, artinya adalah semua hal saling berkaitan satu sama lain. Misalkan, di sebuah tempat ada pohon dan gajah. Nah, si pohon ini kan pertumbuhannya tergantung dari cuaca. 

Pertumbuhan si gajah juga tergantung dari pohonnya itu karena dia makan dari daun-daun di pohon tersebut. Jadi, ibaratnya perubahan suatu aspek bakal mempengaruhi yang lain.

  1. Everything must go somewhere

Artinya, tidak ada yang muncul atau lenyap begitu saja. Jadi, ini berkaitan dengan siklus air dan nutrisi yang tersedia buat para makhluk hidup di sebuah habitat.

  1. Nature knows best

Hukum ketiga yang artinya alam selalu benar. Bukannya wanita ya yang selalu benar? Eits, beda dong! Gue coba ambil contoh dari peristiwa di Indonesia, ya. 

Elo masih ingat nggak, sama tsunami besar di Aceh tahun 2004? Itu kan sampai parah banget ya kerusakan alamnya. Nah, tapi sekarang lokasi tsunami itu udah balik lagi kayak semula nih alias udah bisa dijadikan tempat tinggal sama populasi manusia dan lainnya. Itu dia yang dinamakan alam selalu benar.

  1. There is no such thing as a free lunch

Arti hukum keempat dari four laws of ecology adalah nggak ada yang gratis. Contohnya, hutan di Kalimantan Indonesia sana ditebang habis-habisan sama orang yang nggak bertanggung jawab.

Kalau sudah begitu, jangan menyalahkan alam kalau Indonesia jadi kekurangan air. Karena apa? Karena air yang berasal dari sumber pepohonan di Indonesia aja udah ditebang sama orang.

Gimana pembahasan kali ini? Menarik banget, kan?

Baca Juga: Ciri dan Klasifikasi Makhluk Hidup – Materi Biologi Kelas 10 

Contoh Soal dan Pembahasannya

Itu dia pembahasan materi tentang ekosistem. Supaya elo semakin paham sama materinya, coba kerjain contoh soal di bawah ini, yuk!

Contoh Soal 1

Objek yang dibahas di tingkat ekosistem meliputi ….

a. Kumpulan spesies organisme yang berbeda

b. Interaksi antara organisme dengan lingkungannya

c. Kelompok individu dari spesies yang sama

d. Planet Bumi sebagai suatu sistem secara menyeluruh

Jawaban:

Perhatikan kata “sistem” dalam ekosistem. Sistem artinya meliputi semua komponen penyusun beserta interaksi di antara komponen tersebut. Dan komponen suatu ekosistem bukan cuma organisme doang, tapi juga berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi organisme tersebut. Jadi, jawabannya adalah b.

Contoh Soal 2

Suatu pohon dapat mengolah bahan kimia di sekitarnya dengan bantuan sinar Matahari, untuk menjadi nutrisi yang diperlukannya untuk tumbuh, bertahan hidup, dan bereproduksi. Kalimat tersebut menggambarkan proses ….

a. Simbiosis

b. Predatori

c. Aliran energi

d. Kompetisi

Jawaban:

Proses fotosintesis adalah awal dari aliran energi, karena seluruh energi yang mengalir di biosfer bermula dari proses konversi nutrien mentah jadi gula sederhana dengan bantuan foton dari Matahari. Jadi, jawabannya adalah c.

Gimana, Sobat Zenius? Seru ya, belajar tentang ekosistem! Coba deh, elo tonton video tentang salah satu materi Biologi kelas 10 juga dari tutornya Zenius.

Bagikan Artikel Ini!