Fisipol UGM Zenius Education

Info Perkuliahan di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik UGM (Fisipol UGM)

Yuk, cari tahu informasi seputar Jurusan Fisipol UGM mulai dari syarat masuk, daya tampung, hingga biaya masuknya melalui artikel ini!

Hai, Sobat Zenius! Ada nggak nih, yang tahun ini masuk kelas 12 dan lagi bingung cari-cari jurusan kuliah?

Gue mau merekomendasikan jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik UGM (Fisipol UGM). Soalnya, semua jurusan di Fisipol UGM udah terakreditasi A dari BAN-PT, lho. Jadi, kualitasnya udah terjamin sangat baik!

Nggak cuma itu, fakultas ini bisa menampung banyak banget minat keilmuan. Elo pengen belajar hubungan internasional? Atau tertarik mendalami ilmu politik dan pemerintahan? Ada yang mau jadi wartawan juga setelah lulus?

Nah, di Fisipol UGM, elo bisa mempelajari semua ilmu yang dibutuhkan sesuai tujuan karier elo nanti. Simak semua info penting yang harus elo tahu di artikel ini!

Kenalan Sama Fisipol UGM

Mulanya, Fisipol UGM didirikan untuk mendidik para calon kader pemerintahan di awal kemerdekaan Indonesia. Iya, elo nggak salah baca. Fisipol UGM udah berdiri selama itu!

Dulunya, studi ilmu sosial dan politik disatukan dengan Fakultas Hukum dan Ekonomi. Tapi pada 1955, dibentuk fakultas terpisah yang sekarang dikenal dengan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik UGM.

Fisipol UGM beralamat di Bulaksumur, Yogyakarta
Potret kampus UGM di Bulaksumur (Dok. Wikimedia Commons)

Kalau elo tinggal di sekitaran Yogyakarta, elo bisa main-main ke kampus fakultas ini. Alamat kampus Fisipol UGM di Jalan Sosio Yustisia No. 1, Bulaksumur, Yogyakarta.

Gue dulu juga sering ngetem di daerah situ. Tapi bukan kuliah, hehe, gue dulu suka jogging di sekitaran Grha Sabha Pramana atau jajan di deket-deket situ, soalnya banyak makanan enak! Lah, jadi OOT, kan. Kembali ke laptop!

Baca Juga: Di Jurusan Ilmu Politik Itu Belajar Apa, Sih?

Pilihan Jurusan di Fisipol UGM

Fisipol UGM menawarkan program studi dari jenjang sarjana (S1), magister (S2), doktoral (S3), dan kelas internasional/International Undergraduate Program (IUP UGM).

Untuk program sarjana (S1), Fisipol UGM punya 6 pilihan jurusan. Semuanya memiliki keterkaitan dalam ilmu sosial dan politik, yakni Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Jurusan Politik dan Pemerintahan, Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Sosiologi, Jurusan Manajemen & Kebijakan Publik (MPK), serta Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK).

Program S2 Fisipol UGM punya jurusan-jurusan yang sama dengan program S1, dengan tambahan Magister Administrasi Publik. Sedangkan program S3 hanya ada tiga jurusan, yakni Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik, Jurusan Politik dan Pemerintahan, serta Jurusan Sosiologi.

Pembahasan selanjutnya bakal fokus buat jurusan di Fisipol UGM untuk jenjang S1 saja, ya. Buat lebih jelasnya, gue jabarkan satu-satu!

Jurusan di Fisipol UGM untuk Jenjang Sarjana

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional (HI) di UGM menawarkan program reguler dan internasional dan menggunakan kurikulum yang sama. Mahasiswa dikasih kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dalam satu dari tiga peminatan yang ada:

  • Politik dan Keamanan Global
  • Studi-studi Perdamaian dan Konflik
  • Ekonomi dan Pembangunan Internasional

Baca Juga: Jurusan Hubungan Internasional (HI), Belajar Apa Saja Sih?

Jurusan Politik dan Pemerintahan

Kalau elo masuk Jurusan Politik dan Pemerintahan, elo bakal terlibat dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang politik dan pemerintahan.

Peminatan di jurusan ini dibagi menjadi tiga pilihan berdasarkan variasi ruang lingkup tata kelola urusan publik, yaitu:

  • Minat Studi Negara
  • Minat Studi Masyarakat
  • Minat Studi Intermediary

Eh, apaan tuh, Minat Studi Intermediary? Well, kalo elo pilih peminatan ini, elo bakalan dapat beberapa mata kuliah yang secara khusus membahas tentang perilaku politik, parlemen, pengorganisasian partai politik, politik ekstra parlementer, politik representasi, serta partai politik dan kebijakan publik!

Jurusan Ilmu Komunikasi

Kalau elo bergabung dengan jurusan ini, elo akan dipersiapkan untuk mengembangkan karir di media komunikasi dan media. Selain itu, elo juga diharapkan bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Pembelajaran di jurusan ini disusun agar relevan dengan kondisi teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang hingga mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan.

Sebagai mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UGM, elo punya 4 pilihan peminatan:

  • Jurnalisme
  • Media Hiburan
  • Humas
  • Periklanan.

Jurusan Sosiologi

Nah, kalau di Jurusan Sosiologi Fisipol UGM, elo bakal banyak belajar dengan melakukan berbagai riset. Tujuannya adalah supaya elo bisa mempertajam pemahaman, kemampuan menerapkan, daya kritis, dan kontekstualisasi. Harapannya kalau elo udah lulus dari jurusan ini, elo udah siap buat terjun ke dunia kerja atau kehidupan sehari-hari.

Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik

Di jurusan ini, elo bakal dipersiapkan sebagai ahli dalam mengatur urusan publik. Yap! Perkuliahan elo akan diisi dengan belajar tentang urusan-urusan yang berdampak pada kehidupan orang banyak.

Makanya, ada kegiatan praktik juga yang mencakup kerja magang, roleplay bareng temen sekelas elo, diskusi kelompok, studi kasus, sampai field trip!

Serunya lagi, ada program yang memberikan kesempatan pada mahasiswa buat belajar di Universitas Sungkyunkwan (Korea Selatan). Di sana, elo akan diajak berdiskusi masalah kebijakan publik dengan mahasiswa setempat.

Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Jurusan ini sekilas mirip dengan yang kita bahas tadi. Bedanya dengan Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik, fokus jurusan ini lebih mengerucut lagi, nih. Elo akan mempelajari secara khusus terkait kebijakan sosial.

Ada tiga fokus kajian unggulan jurusan ini:

  • Kebijakan sosial (social policy)
  • Pemberdayaan masyarakat (community empowerment)
  • Tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility)

Gimana, dari sekian jurusan yang udah gue sebutin, ada yang elo taksir nggak? Kalau ada, sekarang lanjut ke apa yang perlu elo persiapkan buat masuk ke Fisipol UGM.

Berapa Kira-Kira Biaya Masuk Fisipol UGM?

Buat perkiraan biaya kuliahnya, elo bisa simak tabel UKT UGM berikut ini, ya!

Berapa kira-kira biaya masuk fisipol ugm?
Uang Kuliah Tunggal (UKT) program sarjana di UGM (Arsip Zenius)

Syarat Masuk Fisipol UGM

Daftar jalur penerimaan program reguler Fisipol UGM
Daftar jalur penerimaan program reguler Fisipol UGM (Arsip Zenius)

Buat elo yang sebentar lagi lulus SMA atau SMK dan tertarik buat daftar di program sarjana Fisipol UGM, ada empat jalur penerimaan untuk program reguler: SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), Penelusuran Bibit Unggul (PBU) Sarjana, dan UM UGM (ujian mandiri).

Buat elo yang sebentar lagi lulus SMA atau SMK dan tertarik buat daftar di program sarjana Fisipol UGM, ada empat jalur penerimaan untuk program reguler: SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), Penelusuran Bibit Unggul (PBU) Sarjana, dan UM UGM (ujian mandiri).

Kalau SNMPTN dan SBMPTN, gue yakin elo udah cukup familiar, ya. Jadi, gue akan coba bahas lebih lanjut tentang PBU dan UM UGM.

Nggak semua jalur masuk UGM pakai ujian tertulis, lho. Ada yang bisa masuk seleksi siswa berprestasi juga. Nah, caranya melalui PBU UGM yang membuka kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK berprestasi akademik maupun non akademik buat ikut seleksi dengan memilih dua jurusan.

Seleksi PBU pun ada beberapa jenis, yaitu PBU Tidak Mampu, PBU Berprestasi, PBU Olahraga dan Seni, Serta PBU Kemitraan. Jadi, kalau elo merasa pede dengan prestasi akademik maupun non akademik yang elo punya, bisa banget nih, ikutan seleksi jalur PBU!

Tapi, masih banyak yang mengincar jalur tertulisnya, lho, yakni UTUL UGM. Sebutan lainnya yakni Computer Based Test (CBT) UM-UGM. Kalau UM UGM ini merupakan seleksi mandiri yang diadakan UGM secara independen. Jalur ini memungkinkan elo memilih 3 jurusan.

Berikut gue sediakan tabel berisi daya tampung total serta jalur SBMPTN program sarjana Fisipol UGM. Sisa daya tampung total setelah dikurangi dapat diisi melalui jalur-jalur lainnya.

JurusanPeminat 2021Daya Tampung SBMPTN 2021Daya Tampung Total
S1 Hubungan Internasional1.8292480
S1 Ilmu Komunikasi1.8692375
S1 Manajemen dan Kebijakan Publik8262375
S1 Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan7822375
S1 Politik dan Pemerintahan6382375
S1 Sosiologi6612375
Daya tampung total dan jalur SBMPTN Fisipol UGM

Penutup

Setelah baca-baca tentang perkuliahan di Fisipol UGM, yuk, persiapkan diri elo dengan baik! Elo bisa gali informasi lebih dalam tentang pendaftaran UM UGM mulai dari persyaratan lebih rinci, jadwal pendaftaran, sampai materi ujiannya di link berikut.

Panduan Lengkap UM UGM

Zenius juga udah punya latihan soal yang bisa jadi bahan elo buat belajar, nih!

Latihan Soal UTUL UGM

Nah kalau udah ngerjain latihan soal, elo bisa coba-coba try out UM UGM. Tinggal tap aja banner di bawah ini!

Persiapkan diri masuk Fisipol UGM dengan cobain Try Out Zenius

Sampai jumpa di artikel Zenius lainnya!

Baca Juga: Syarat Masuk, Jurusan, dan Perkuliahan di Fakultas Hukum UGM

Referensi

Daftar Prodi SBMPTN – sidata-ptn

Departemen – Fisipol UGM (2018)

Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana – Fisipol UGM (2018)

Sambutan Dekan – Fisipol UGM (2018)

Sejarah – Fisipol UGM (2018)

Uang Kuliah Tunggal (UKT) Sarjana Terapan dan Sarjana – Ujian Masuk UGM (2022)

Bagikan Artikel Ini!