Info lengkap Fakultas Hukum UGM

Syarat Masuk, Jurusan, dan Perkuliahan di Fakultas Hukum UGM

Tertarik melanjutkan kuliah hukum? Fakultas Hukum UGM punya pilihan jurusan yang cocok banget buat elo. Yuk, simak!

Ada yang pernah nonton drama korea Miss Hammurabi nggak, nih? Drakor yang tayang 2018 ini berisi kisah tiga hakim yang menangani berbagai kasus, mulai dari kontrak kerja, konflik internal keluarga, sampai kekerasan seksual. 

Menariknya, judul drama tersebut diambil dari nama Hammurabi, raja Babilonia pembuat hukum tertulis pertama di dunia. Hukum tersebut dikenal sebagai Codex Hammurabi. Pasal-pasal hukumnya diukir pada sebuah batu pilar (prasasti) berbentuk jari dengan warna hitam. 

Memasuki zaman modern seperti sekarang, ilmu hukum semakin menarik banyak peminat, nih. Elo bisa melihat hal itu dari animo terhadap Fakultas Hukum UGM (Universitas Gadjah Mada) yang sering kali diserbu ribuan pendaftar!

Penasaran kayak gimana perkuliahan dan persyaratan untuk kuliah di fakultas ini? Yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

Kenalan dengan Fakultas Hukum UGM

Mirip-mirip kayak Hammurabi, Fakultas Hukum UGM ini juga pelopor. Bedanya, FH UGM merupakan pelopor Fakultas Hukum di Indonesia! 

Berdasarkan catatan sejarahnya, fakultas ini udah ada sejak UGM masih  bernama Perguruan Tinggi Gadjah Mada (FH BPTGM) pada tahun 1946. Berarti, usianya udah 70 tahun lebih!

Saat ini, FH UGM menempati gedung perkuliahan yang berada di Bulaksumur, Yogyakarta. 

Baca Juga: Tips Masuk, Seleksi, & Info Kuliah di Fakultas Psikologi UGM

Jurusan Fakultas Hukum UGM

Seperti fakultas lain pada umumnya, FH UGM juga membuka program pendidikan untuk berbagai jenjang, yaitu sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3). 

Hanya ada satu jurusan buat jenjang sarjana nih, yaitu Jurusan Hukum. Tapi, tenang, ada kelas internasional juga kok, yang bernama IUP (International Undergraduate Program). 

Di program IUP UGM ini, elo bakal dapet beberapa keuntungan yang nggak didapatkan oleh mahasiswa kelas reguler, yaitu

  • Kesempatan student exchange
  • Kursus bahasa Inggris intensif,
  • Menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan, dan 
  • Mendapatkan double degree dari universitas yang bekerja sama dengan UGM.

Baca Juga: Info Kuliah dan Jurusan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Program Studi S1 Fakultas Hukum UGM

Apa aja yah, yang bakal elo pelajari kalau kuliah di jurusan hukum? Jadi, di sini elo akan belajar seputar hukum yang ada di dunia melalui teori-teori dan asas-asas yang berlaku.

Nggak cuma itu, elo juga bakal belajar hukum melalui praktik, seperti simulasi sidang atau membuat berkas perkara. Elo juga akan belajar langsung ke kantor kejaksaan untuk melihat bagaimana tata cara menyusun dokumen perizinan, hak kekayaan, dan yang lainnya. Seru banget, ya!

Durasi perkuliahan elo akan memakan total 146 SKS, dengan masa studi maksimal 10 semester. Nah, mata kuliah yang bakal elo pelajari di jurusan ini, antara lain

  • Hukum Pidana Khusus,
  • Hukum Internasional,
  • Filsafat Hukum,
  • PLKH Alternatif Penyelesaian Sengketa, dan 
  • Hukum Keluarga dan Perjanjian Islam.

Jurusan Fakultas Hukum UGM juga dibagi ke beberapa peminatan. Jumlahnya sampai 11 peminatan, nih. Alasannya, pembahasan hukum itu luas banget dan penerapannya mencakup berbagai bidang. 

Nanti di semester 5, elo berkesempatan memilih peminatan yang sesuai ketertarikan elo. Pilihannya apa saja, ya? Nih, gue bagikan daftar selengkapnya.

Info peminatan Fakultas Hukum UGM
Informasi peminatan Fakultas Hukum UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Walaupun peminatan tadi berlaku untuk semester 5, tapi ada syarat yang harus dipenuhi, lho! Menurut informasi yang udah gue telusuri, elo harus sudah menyelesaikan 75 SKS perkuliahan dengan perolehan IPK minimal 2,75.  

Syarat Masuk Fakultas Hukum UGM

Persyaratan masuk Fakultas Hukum UGM mematok beberapa kriteria. Nih, gue kasih informasinya khusus buat elo!

Info syarat masuk Fakultas Hukum UGM
Informasi syarat masuk Fakultas Hukum UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Baca Juga: Syarat Masuk, Akreditasi, dan Peminatan di Fakultas Hukum UI

Gelar dari Fakultas Hukum UGM

Info gelar Fakultas Hukum UGM
Ilustrasi gelar Fakultas Hukum UGM (Sumber: Arsip Zenius)

Gelar yang bakal elo sandang nanti selepas lulus bakal sesuai dengan jenjang pendidikan yang elo ambil. Daftarnya bisa elo lihat di bawah ini, ya.

  • Gelar S.H untuk lulusan Sarjana Ilmu Hukum Fakultas Hukum UGM,
  • Gelar LL.M untuk lulusan Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UGM,
  • Gelar M.Kn untuk lulusan Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UGM, dan
  • Gelar Dr. untuk lulusan Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum UGM. 

Daya Tampung Fakultas Hukum UGM

Selain syarat masuk, ada juga satu hal yang harus elo perhatiin, yaitu daya tampung dan peminat dari setiap jalur pendaftaran.

Fakultas hukum di UGM ini punya 3 jalur seleksi masuk yang bisa elo ikuti. Terus, ada berapa banyak peminat dan daya tampung setiap jalurnya? Yuk, simak informasi di infografis yang udah gue siapin.

Info daya tampung Fakultas Hukum UGM
Informasi daya tampung Fakultas Hukum UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Itu dia informasi yang bisa gue kasih seputar perkuliahan, jurusan, dan juga syarat masuk Fakultas Hukum UGM. Semoga bisa membantu dan menjawab keraguan elo dalam memilih jurusan kuliah.

Jangan lupa juga untuk kenalin seluk-beluk pendaftaran masuknya, kayak syarat, jadwal pendaftaran, sampai materi ujian. Zenius punya panduan lengkap UM UGM di link berikut.

Panduan Lengkap UM UGM

Kerjain juga latihan-latihan soal asli UM UGM tahun lalu. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Ikutan try out Zenius juga, yuk! Hasilnya bisa jadi evaluasi sejauh mana pemahaman elo terhadap materi ujian. Langsung klik banner di bawah ini, ya!

Syarat Masuk, Jurusan, dan Perkuliahan di Fakultas Hukum UGM 9

Referensi:

Informasi Fakultas Hukum UGM

(https://law.ugm.ac.id/)

Daya Tampung Program Studi di Fakultas Hukum UGM

(https://um.ugm.ac.id/program-studi-dan-daya-tampung-sarjana-dan-sarjana-terapan/)

Gelar Fakultas Hukum UGM

(https://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/2008/SK_Gelar_Sebutan_Lulusan_S2_No_292-2008.pdf) 

Bagikan Artikel Ini!