zeniusland playdate belajar memasak

ZeniusLand Playdate: Kelas Memasak Bersama Chef Christo Tjahjanto

Pada tanggal 4 Juni 2022 lalu, ZeniusLand powered by Disney mengadakan offline event pertama bernama ZeniusLand Playdate: Little Chef Cooking Class. Acara ini berkolaborasi dengan Modena Culinaria dan Sayurbox, mengusung tema playdate yang mengundang ZenParents serta ZenKids untuk merasakan pengalaman belajar sambil memasak bersama.

Dalam acara kali ini yang merupakan rangkaian dari Parent Hub, ZeniusLand turut mengundang Yuujisensei selaku Head of Academics Primary dari Zenius dan juga Chef Christo Tjahjanto, salah satu Finalis Masterchef Indonesia Season 6 untuk mendemonstrasikan menu masakan spesial.

Penasaran seperti apa keseruan acaranya? Yuk, mari kita simak!

Memasak sebagai Bagian dari Active Learning

Seperti yang dikutip oleh Yuujisensei, memasak adalah bagian pembelajaran sehari-hari yang sarat akan pembelajaran. Contohnya sesimpel mengukur bahan makanan yang kerap menentukan hasil akhir masakan tersebut.

Diperlukan ketelitian dan kecakapan berhitung dalam mengkonversi berat bahan resep seperti mililiter ke gram. Tentunya ilmu akan lebih mudah diserap oleh ZenKids yang langsung mempraktikkan learning by doing.

Belajar Rasa Main di Sesi Memasak Bersama Chef Christo
Belajar Rasa Main di Sesi Memasak Bersama Chef Christo (Arsip Zenius)

Hal tersebut juga bisa disebut active learning, di mana anak terlibat penuh dalam berpikir, berdiskusi, menyelidiki serta menciptakan sesuatu di akhir pembelajaran. Metode active learning ini terbilang lebih efektif dibanding dengan metode belajar lewat mendengar ceramah satu arah.

Pengaplikasiannya juga beragam dan dapat dilakukan dengan mengerjakan kegiatan rumah tangga sehari-hari. Lewat playdate kali ini, Zenius ingin memberikan pengalaman belajar seru yang dapat dilakukan bersama anak dan orang tua.

Belajar Rasa Main ZeniusLand

Keseruan Demo & Kelas Memasak Bersama Chef Christo

Memasuki segmen demo memasak, Chef Christo menjelaskan menu yang akan dimasak yaitu Healthy Chicken Nugget dan Creamy Homemade Pasta dengan Smoked Beef. Hmm, terdengar lezat, bukan?

Sesi diawali dengan demonstrasi pembuatan pasta dari awal menggunakan tepung semolina, garam serta kuning telur di mana Chef Christo membagikan kiat agar adonan sempurna. Para orang tua juga aktif memberi pertanyaan seputar memasak dan mengamati proses memasak.

chef christo membagikan kiat mengaduk adonan telur
Chef Christo Mendemokan Cara Mengaduk Adonan Telur (Arsip Zenius)

Di demo selanjutnya, anak diajak untuk mencoba membuat nugget dengan membuat bentuk pipih dari adonan tepung serta daging ayam lalu dibalut dengan kuning telur dan tepung roti sebelum diproses ke air fryer. Anak-anak turut bersemangat untuk memperagakan demo tersebut dan langsung diajari oleh chef untuk membuat hasil hidangan akhir sesuai.

chef christo bersama zenkids membuat nugget
Chef Christo Mengajarkan Cara Membuat Nugget kepada ZenKids (Arsip Zenius)

Setelah demo memasak berakhir, ZenParents dan ZenKids langsung diajak membuat menu Creamy Homemade Pasta dengan Smoked Beef. Di sini anak juga dianjurkan berhati-hati untuk menggunakan peralatan dapur dan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum mulai memasak.

Proses memasak ini mengajarkan anak untuk mempelajari resep dan mengolah bahan masakan dengan teliti, dimulai dari membuat adonan pasta, memotong bahan-bahan, serta memasak. Orang tua mengamati dan memberikan instruksi untuk bekerjasama menciptakan masakan.

foto keseruan zeniusland playdate kelas memasak
Foto Bersama Setelah Sesi Little Chef Cooking Class

Setelah kelas memasak diakhiri, anak dan orang tua dapat menikmati hidangan mereka serta mengambil momen foto bersama kreasi mereka. Keterampilan yang diajarkan pada kelas memasak termasuk membuat adonan, mengiris bahan-bahan dan memastikan makanan dimasak hingga matang. Aktivitas memasak ini juga dapat menumbuhkan rasa menghargai proses belajar pada anak.


Seru sekali ‘kan acara Playdate dari ZeniusLand? Jika ZenParents belum sempat datang ke acara ini, aplikasi ZeniusLand juga bisa menjadi media pembelajaran yang dapat dilakukan anak dan orang tua untuk menonton cerita serta karakter bertema Disney dan menyelesaikan kuis bersama.

ZenParents, nantikan acara belajar rasa main selanjutnya dari ZeniusLand! Follow akun Instagram kami di @zeniusland agar tidak ketinggalan informasi.

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

ZeniusLand Playdate: Kelas Memasak Bersama Chef Christo Tjahjanto 17
ZeniusLand Playdate: Kelas Memasak Bersama Chef Christo Tjahjanto 18
Bagikan Artikel Ini!