Info perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi UI

Info Kuliah di Ilmu Komunikasi UI dan Mata Kuliahnya

Siapa nih, yang tertarik buat kuliah di Departemen Ilmu Komunikasi UI (Universitas Indonesia)? Wah, kalau gue tanya begini, pasti banyak yang bakalan jawab tertarik, nih. Wajar sih, soalnya jurusan ini merupakan salah satu jurusan favorit yang ada di Universitas Indonesia.

Ngomong-ngomong tentang Jurusan Ilmu Komunikasi, ternyata masih banyak lho, yang berpikir buat apa sih, belajar komunikasi? Kan ngobrol aja udah termasuk komunikasi, terus kenapa harus belajar sampai kuliah segala?

Ya, memang sih, di dalam kehidupan sehari-hari kita nggak pernah lepas dengan yang namanya komunikasi.

Tapi, elo sadar nggak sih, kalau sering kali kita mengalami miscommunication kalau lagi ngobrol? Makanya dibutuhkanlah ilmu komunikasi, supaya bisa membantu kita dalam mengelola dan menyampaikan pesan supaya lebih efisien dan tepat sasaran.

Selain itu, komunikasi nggak cuma perkara ngobrol sehari-hari aja, lho. Yang sedang gue lakukan dengan menulis artikel ini pun merupakan bagian dari komunikasi juga. Cuma beda bentuknya aja. Kalau ngobrol berarti komunikasi lisan namanya. Kalau yang sedang gue lakukan saat ini, bentuknya komunikasi tertulis.

Hal yang kelihatan sepele ini, kalau diasah baik-baik, bisa jadi keahlian bernilai tinggi di mata perekrut kerja, lho. Karena itu, gue tertarik membahas salah satu fakultas di UI yang mempelajari ilmu ini. 

Nah, buat elo yang tertarik berkuliah di Departemen Ilmu Komunikasi UI, simak sampai selesai, ya!

Mengenal Departemen Ilmu Komunikasi UI

Departemen Ilmu Komunikasi UI (Universitas Indonesia) merupakan salah satu departemen yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI (FISIP UI). 

Meski ada banyak departemen di bawah naungan FISIP UI, tapi kali ini kita fokus bahas Departemen Ilmu Komunikasi aja ya, guys

Departemen Ilmu Komunikasi UI sudah berdiri sejak 12 Desember 1959. Kalau dihitung-hitung sih, departemen ini sudah berdiri selama kurang lebih 63 tahun. 

Tapi, dulu Departemen Ilmu Komunikasi masih menggunakan nama Jurusan Publisistik dan berada di naungan Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan. 

Kemudian, seiring perkembangannya, Jurusan Publisistik pun beralih di bawah naungan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial nih, guys. Nggak hanya fakultasnya aja yang beralih, namanya pun diganti menjadi Jurusan Komunikasi Massa. 

Setelah adanya perubahan status Universitas Indonesia menjadi Badan Hukum Milik Negara, Jurusan Komunikasi Massa pun diubah menjadi Departemen Ilmu Komunikasi seperti yang kita kenal sekarang.

Hingga kini, Departemen Ilmu Komunikasi UI telah mengelola pendidikan mulai dari jenjang sarjana (S1), magister (S2), hingga doktor (S3).

Program Sarjana Ilmu Komunikasi UI

Jurusan Ilmu Komunikasi UI belajar apa, ya? Hmm, kalau dilihat dari nama jurusannya aja, udah bisa kebayang, ya, apa yang dipelajari kalau masuk ke jurusan ini. 

Yap, di Jurusan Ilmu Komunikasi UI pastinya elo akan belajar bagaimana caranya berkomunikasi. Seperti, bagaimana cara menyampaikan pesan secara efisien sehingga nggak terjadi miscommunication seperti yang gue sebutkan

Jujur, menurut gue sih, menarik banget ya, kalau bisa keterima di Ilmu Komunikasi UI. Kenapa? Soalnya, di jurusan ini elo akan belajar mengenai ilmu komunikasi yang memang dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga sehingga pasti akan berguna banget.

Oh iya, elo udah tahu belum kalau yang namanya komunikasi itu ada tingkatannya lho, seperti:

  • Komunikasi antarpribadi
  • Komunikasi kelompok
  • Komunikasi organisasi
  • Komunikasi massa (TV, radio, dll)

Nah, nanti kalau masuk ke Jurusan Ilmu Komunikasi, elo akan mempelajari tuh semua jenis komunikasi tersebut. Menarik banget, kan?

Terus kalau mata kuliah Ilmu Komunikasi UI itu ada apa aja, sih? Nah, gue mau kasih bocoran beberapa mata kuliah yang bakal elo temui nanti, yaitu:

  • Pengantar Ilmu Politik
  • Pengantar Sosiologi
  • Pengantar Antropologi
  • Teori Komunikasi
  • Pengantar Periklanan
  • Pengantar Penyiaran

Oh iya, guys, semisal elo udah keterima di Ilmu Komunikasi UI. Nanti, ada empat jenis peminatan yang bisa elo pilih, yaitu:

  1. Jurnalisme
  2. Kajian Media
  3. Hubungan Masyarakat (Public Relations)
  4. Periklanan (Advertising)

Gimana, guys? Dari empat peminatan di atas, kira-kira ada nggak nih, yang sesuai dengan minat elo? 

Dengan adanya peminatan ini, tujuan karier elo bisa lebih terarah juga, lho. Semisal elo memilih peminatan Jurnalisme, ilmu elo bakal kepakai banget kalau nanti kerja di media sebagai wartawan. Peminatan Kajian Media juga mirip, nih, output belajarnya. Elo bisa memanfaatkan ilmu dari situ sebagai pekerja di perusahaan pers.

Kalau milih Hubungan Masyarakat gimana? Wah, ini sih, kalau di dunia kerja bakal jadi orang yang paling depan buat komunikasi sama pihak luar. Bisa dibilang, kerja sebagai humas atau PR (public relation) itu sama kayak jubir, deh. Jadi, elo berperan penting menyampaikan menyampaikan segala informasi dari dalam perusahaan ke pihak luar, mulai dari customer, jurnalis, klien, sampai investor.

Nah, terakhir peminatan Periklanan, nih. Udah kebayang kan bakal belajar apa aja? Elo akan belajar komunikasi lewat media iklan, baik cetak maupun elektronik. 

Tinggal pilih aja mana yang sesuai sama minat elo, ya!

peminatan kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi UI (Universitas Indonesia)

Peminatan S1 Ilmu Komunikasi UI. (Arsip Zenius)

Daya Tampung Ilmu Komunikasi UI

Sekarang, gue mau kasih tau elo informasi tentang jalur masuk dan kuota Ilmu Komunikasi UI. Sama dengan kampus lainnya, Universitas Indonesia juga membuka beberapa jalur masuk. 

Untuk kelas reguler, ada tiga jalur masuk yaitu SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan SIMAK-UI (ujian mandiri). Sementara itu, kalau kelas paralel ada dua jalur masuk,  yaitu SIMAK-UI dan PPKB.

Kalau informasi mengenai daya tampung atau kuota Ilmu Komunikasi UI, elo bisa cek gambar di bawah ini, ya!

Daya tampung atau kuota di Jurusan Ilmu Komunikasi UI (Universitas Indonesia)

Daya tampung S1 Ilmu Komunikasi UI. (Arsip Zenius)

By the way, terkait dengan passing grade Ilmu Komunikasi UI, gue belum bisa kasih tahu, nih. Soalnya, informasi passing grade suatu jurusan bersifat rahasia. Jadi, hanya pihak penyelenggara aja deh, yang tahu.

Tapi kalau masih penasaran dengan passing grade, elo bisa baca artikel Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi ini, ya. 

Akreditasi Ilmu Komunikasi UI

Terus gimana dengan akreditasi Ilmu Komunikasi UI? Nah, kalau ngomongin akreditasi, Universitas Indonesia nggak perlu diragukan lagi, deh. 

Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, sudah pasti Ilmu Komunikasi UI mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Makanya, jangan heran ya, kalau Jurusan Ilmu Komunikasi UI nggak pernah sepi peminat. 

Gelar Sarjana dari Ilmu Komunikasi UI

Mempunyai gelar yang disematkan di akhir nama pasti menjadi kebanggaan tersendiri, bukan? Nah, kira-kira gelar apa ya, yang bakal elo dapat setelah lulus dari Ilmu Komunikasi UI?

Gelar yang akan elo dapat setelah lulus dari Ilmu Komunikasi UI adalah S.Sos atau Sarjana Sosial. Wuihh, keren banget, kan? Apalagi kalau dapat gelarnya dari Universitas Indonesia, sudah pasti makin bangga nggak, sih? 

Baca Juga: Seluk-beluk Dunia Perkuliahan Universitas Indonesia

Biaya Kuliah Ilmu Komunikasi UI

informasi biaya kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi UI (Universitas Indonesia)

Biaya kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi UI. (Arsip Zenius)

Sekarang kita bahas tentang biaya kuliah Ilmu Komunikasi UI, yuk. Selain mencari tahu tentang apa yang dipelajari Jurusan Ilmu Komunikasi UI, biasanya calon mahasiswa baru juga bertanya tentang biaya kuliah Ilmu Komunikasi UI.

Tapi elo nggak perlu khawatir atau bingung harus nyari tau ke mana. Soalnya, gue udah merangkum informasi tentang biaya kuliah Ilmu Komunikasi UI. 

Berikut merupakan informasi biaya kuliah Ilmu Komunikasi UI berdasarkan kelas yang elo pilih:

  • Biaya Pendidikan S1 Reguler

Kalau elo masuk ke kelas reguler, maka biaya yang ditanggung adalah sesuai kemampuan elo. Skema pembayaran seperti ini dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). Nah, besaran biaya BOP-B ini berkisar antara Rp100.000 hingga Rp5 juta. 

  • Biaya Pendidikan S1 Paralel

Sementara itu kalau elo masuk ke kelas paralel, biaya pendidikannya bersifat tetap. Besaran biaya BOP-B yang elo tanggung berkisar Rp12 juta per semester, sedangkan uang pangkalnya sebesar Rp14 juta. 

Baca Juga: Lika Liku Mahasiswa Universitas Indonesia

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi UI

Pernah nggak sih, elo kepikiran lulusan Ilmu Komunikasi kan setiap tahunnya ada banyak, pasti gue bakal susah deh, buat dapet pekerjaan. 

Hayoo, elo pernah nggak mikir begitu? Sebenarnya, elo nggak perlu khawatir atau takut, lho. Soalnya, peluang karier lulusan Ilmu Komunikasi tuh, luas banget. Gue sempet kasih contoh output yang bisa elo dapet juga kan tadi. 

Jadi, meskipun banyak Sarjana Ilmu Komunikasi setiap tahunnya, tapi lapangan pekerjaannya pun sangat luas. 

Banyak bidang pekerjaan yang bisa elo tekuni, mulai dari bekerja di media massa, biro-biro iklan, perusahaan swasta, bahkan di instansi-instansi pemerintahan. Berikut beberapa pilihan karier yang bisa elo pilih, yaitu: 

  • Public relation
  • Jurnalis
  • Penyiar radio
  • Reporter
  • Copywriter
  • Marketing
  • Event organizer
  • Advertiser
  • Customer service
  • Editor

Banyak banget, kan? Bahkan, saking banyaknya, gue nggak bisa sebutin satu-satu. Jadi, nggak perlu takut nggak dapat pekerjaan, ya. 

Baca Juga: 20+ Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit, Boleh Dicoba Nih!

Oke deh, sekian dulu ya, informasi tentang Jurusan Ilmu Komunikasi UI. Semoga dengan membaca artikel ini, elo jadi tahu jurusan apa yang cocok buat elo. 

Nah, selagi mikirin jurusan apa yang tepat. Yuk, latih kemampuan elo dengan mengerjakan soal-soal SIMAK UI tahun lalu melalui link di bawah ini.

Latihan Soal SIMAK UI

Kalau cuma ngerjain soal-soal aja kayaknya nggak cukup, nih. So, biar persiapan elo lebih matang lagi, yuk ikutan try out online di Zenius. Caranya ikutannya tinggal klik aja banner di bawah ini!

try out SIMAK UI Zenius

Referensi: 

Program Sarjana Departemen Komunikasi – psdk.ui.ac.id

SIMAK UI – simak.ui.ac.id

Universitas Indonesia – ui.ac.id

Departemen Ilmu Komunikasi – commdept.fisip.ui.ac.id

Bagikan Artikel Ini!