cara mencari nomor atom zenius education

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa – Materi Fisika Kelas 12

Pernah nggak kepikiran gimana caranya menghitung inti atom? Nah, di artikel kali ini, gue akan bahas mengenai cara mencari nomor atom dan massa atom pada inti atom.

Halo, Sobat Zenius! Saat mempelajari suatu unsur, seperti Oksigen, Hidrogen, Helium, dan Nitrogen, kita akan sering menemukan yang namanya nomor atom dan nomor massa dari unsur-unsur tersebut.

Tapi sebelum itu, elo perlu tau dulu nih apa sih yang ada di dalam suatu atom? Seperti yang kita ketahui, atom adalah satuan terkecil suatu materi. Nah, di dalam atom itu ada lagi yang namanya inti atom, terdiri dari proton dan neutron. Selain itu, atom juga dikelilingi oleh muatan negatif bernama elektron.

massa atom pada inti atom zenius education
Fakta yang terdapat di dalam atom (Dok. Cuplikan video Zenius)

Kabar baiknya, ternyata kita bisa lho menghitung inti atom tersebut, dengan cara mencari nomor atom dan nomor massanya. Hmm … kira-kira nomor massa dan nomor atom itu apa ya?

Pengertian Nomor Atom dan Nomor Massa

Apa yang dimaksud dengan nomor atom? Coba elo perhatikan lambang atom atau unsur berikut ini untuk mengetahui pengertian dari keduanya!

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 73

Dari lambang tersebut, bisa diambil keterangan sebagai berikut:

A = Nomor massa, yang menunjukkan jumlah proton dan neutron pada inti atom (nukleon).

Z = Nomor atom, yang menunjukkan jumlah proton pada inti atom.

inti atom zenius education
Perbedaan proton, neutron, dan elektron (Arsip Zenius)

Baca Juga: Inti Atom dan Partikel Penyusunnya – Materi Fisika Kelas 12

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa

Gimana cara mencari nomor atom dan nomor massa? Misalnya gini, elo ada atom Oksigen sebagai berikut.

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 74

Tentukan jumlah proton dan neutronnya!

Gimana cara mencarinya? Gampang aja, elo coba lihat lagi konsep mencari nomor atom dan nomor massa sebelumnya. Nomor atom itu hanya terdiri dari proton, yang artinya elo udah dapet nih berapa jumlah protonnya, yaitu 8. Kemudian, gimana cara mencari neutronnya? Elo cari dari nomor massa, yaitu neutron dikurangi proton, sehingga jumlah neutron adalah 16-8=8.

Lalu, gimana kalau ada ion Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 75? Elo nggak usah bingung, meskipun atomnya berubah menjadi ion, tapi inti atomnya nggak berubah kok. Dengan kata lain, inti atom seperti proton dan neutronnya tetap.

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 74 → p = 8, n = 16-8 = 8.

Nah, karena Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 75 adalah ion, maka bisa muncul pertanyaan mengenai jumlah elektron. Patokannya adalah jumlah proton, pada atom O adalah 8. Karena, ion O adalah 2-, yang artinya kelebihan 2 elektron, sehingga elektron dari Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 75 adalah 10.

Paham ya cara mencari nomor atom dan nomor massa?

Kalau elo masih penasaran sama materi ini, elo bisa langsung meluncur ke video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran kimia di zenius

Baca Juga: Materi Kimia: Struktur Atom

Contoh Soal Nomor Atom dan Nomor Massa

Gimana, mudah kan mencari nomor atom dan nomor massa dalam inti atom? Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi di atas, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Ilustrasi cek selengkapnya di bawah ini zenius education
Ilustrasi cek tulisan di bawah ini (Arsip Zenius)

Contoh Soal 1

Jumlah nukleon pada atom molibdenum Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 79 adalah ….

a. 96

b. 42

c. 56

d. 138

e. 180

Jawab: a. 96

Pembahasan: lambang atom atau unsur adalah Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 73, di mana A adalah nomor massa yang terdiri proton dan neutron pada inti atom (neuklon). Sedangkan, Z menunjukkan jumlah proton pada inti atom.

Contoh Soal 2

Berapa nomor massa atom besi yang mempunyai 28 neutron?

a. 26

b. 2

c. 54

d. 56

e. 43

Jawab: c. 54.

Pembahasan: untuk mengetahui nomor massa besi, maka kita harus mengetahui dulu nomor atom (proton) dan neutron besi. Neutron udah diketahui, yaitu 28. Sedangkan, nomor atom besi (Fe) berdasarkan sistem periodik adalah 26. Nomor massa menunjukkan jumlah neutron dan proton, sehingga 28 + 26 = 54. Jadi, nomor massa atom besi yang mempunyai 28 neutron adalah 54.

Baca Juga: Materi Kimia: Rumus Massa Atom Relatif dan Aplikasinya

*****

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa - Materi Fisika Kelas 12 81
Bagikan Artikel Ini!