Inti Atom Zenius

Inti Atom dan Partikel Penyusunnya – Materi Fisika Kelas 12

Dalam menapaki jenjang pendidikan SMA, Sobat Zenius tentu sudah tahu kan apa saja partikel penyusun inti atom? Nah, pada artikel ini gue mau mengajak elo semua buat mengupas tuntas tentang karakteristik inti atom beserta contoh soalnya.

Halo Sobat Zenius! Kali ini elo akan mempelajari tentang Fisika inti, yaitu atom. Tapi, sebelum itu kenalan dulu sama yang namanya nukleid, nukleon, proton, neutron, elektron, dan positron. 

Yuk, bikin tabel dulu biar lebih gampang dipahami!

ProtonNeutronElektronPositron
Massa1 sma1 sma00
Muatan+1e0-1e+1e
Inti Atom dan Partikel Penyusunnya - Materi Fisika Kelas 12 33Inti Atom dan Partikel Penyusunnya - Materi Fisika Kelas 12 34Inti Atom dan Partikel Penyusunnya - Materi Fisika Kelas 12 35Inti Atom dan Partikel Penyusunnya - Materi Fisika Kelas 12 36

Bisa elo lihat pada tabel, bahwa proton dan neutron memiliki massa sebesar 1 sma (satuan massa atom), sedangkan elektron nggak memiliki massa.

Nah, pada baris muatan, elo bisa lihat kalau proton bermuatan positif, neutron netal, dan elektron negatif.

inti atom zenius education
Perbedaan proton, neutron, dan elektron (Arsip Zenius)

Proton, neutron, dan elektron merupakan subatom. Nah, partikel penyusun inti atom adalah proton dan neutron.

Sedangkan, muatan yang beredar mengelilingi inti atom disebut elektron. Selengkapnya bisa elo baca pada penjelasan di bawah ini ya, guys.

Baca Juga: Rumus Energi Foton, Pengertian dan Contoh Soalnya! – Materi Fisika Kelas 12

Ada Apa Sih di Dalam Atom?

Sejak dulu hingga tahun 2018, para ilmuwan belum pernah melihat atom dengan mata kepalanya sendiri. Mereka hanya melihatnya dari hasil digital image processing yang didapat dari mikroskop elektron.

Tapi, semenjak tahun 2018, para ilmuwan udah bisa melihat atom dengan mata kepalanya sendiri, tentu saja dengan menggunakan alat bantu mikroskop.

Seorang ahli Fisika bernama David Nadlinger dari Oxford University menemukan atom Germanium yang ditangkap menggunakan mikroskop elektron.

inti atom zenius
Titik-titik hitam adalah penampakan dari atom Germanium (Dok. Arsip Zenius)

Hmmm… di dalam atom yang sekecil itu ada apa aja ya? Tapi, sebelum itu, gue punya fakta menarik nih bahwa 99% massa atom terkonsentrasi pada inti atom dan 99% volume atom adalah ruang kosong.

Jadi, bisa kita katakan bahwa:

“Inti atom adalah area yang sangat padat dan terkonsentrasi yang terletak di dalam atom.”

Bisakah kita melihat isi dari inti atom tersebut? Nggak bisa, bila tanpa alat bantu. Karena diameter inti atom lebih kecil dari panjang gelombang cahaya tampak.

Intinya, partikel dasar penyusun inti atom adalah proton dan neutron. Nah, sedangkan muatan listrik yang terdapat pada inti atom adalah elektron. Dikarenakan elektron bermuatan listrikーelo bisa cek di tabel yang udah gue buat di atas. 

Jadi, muatan yang beredar mengelilingi inti atom disebut elektron. Paham, ya, sampai sini?

Nah, untuk perhitungan mengenai nomor atom dan nomor massa, elo bisa langsung meluncur ke artikel di bawah ini.

Materi Kimia: Struktur Atom.

Sebelum beranjak ke contoh soal, elo juga bisa, nih, mendapatkan beragam contoh soal dari berbagai macam materi pelajaran lainnya melalui aplikasi Zenius.

Nggak cuman itu, banyak juga materi menarik yang dibawakan secara detail oleh Zen Tutor sehingga mudah dimengerti.

Jadi, jangan ragu-ragu lagi, segera download aplikasi Zenius sekarang, yuk!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Contoh Soal Inti Atom

Sekarang, Sobat Zenius udah nggak penasaran lagi, kan, mengenai atom? Di atas gue udah sebutkan kalau bagian inti atom terdiri atas proton dan neutron.

Untuk membuat elo semakin paham mengenai uraian di atas, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasannya yang bisa dijadikan sebagai referensi.

ilustrasi spongebob membaca buku
Udah siap belajar contoh soal tentang inti atom? Yuk, baca sampai habis! (Sumber gif: Tenor)

Contoh Soal 1

Jumlah neutron pada atom unsur 3032X adalah

a. 2

b. 30

c. 32

d. 92

e. 100

Jawab: a. 2.

Pembahasan: lambang atom atau unsur adalah ZAX untuk unsur 3032X. Di mana A adalah nomor massa dan Z adalah nomor atom. Untuk nomor massa (A) menunjukkan jumlah proton dan neutron pada inti atom, sedangkan nomor atom (Z) menunjukkan jumlah proton. Sehingga, berlaku persamaan: jumlah neutron = A – Z = 32 – 30 = 2.

Contoh Soal 2

Di bawah ini yang merupakan partikel neuklot adalah

a. Elektron, proton, dan neutron

b. Positron, proton, dan neutron

c. Proton dan elektron

d. Proton dan positron

e. Proton dan neutron

Jawab: e. Proton dan neutron.

Pembahasan: Partikel nukleon atau partikel inti terdiri dari proton dan neutron.

Contoh Soal 3

Dari seluruh ruang yang diisi oleh atom, bagian dari atom yang mengisi ruang PALING BESAR dibandingkan dengan yang lainnya adalah

a. Inti atom yang terdiri dari neutron dan proton.

b. Elektron yang mengelilingi inti.

c. Ruang kosong atau hampa.

d. Semua komponen atom mengisi ruang dengan proporsi yang setara.

e. Tidak cukup informasi mengenai komposisi materi-materi subatomik dan keterisian ruangnnya untuk menyimpulkan.

Jawab: c. Ruang kosong atau hampa.

Pembahasan: Di atas udah gue sampaikan bahwa 99% massa atom terkonsentrasi pada inti atom dan 99% volume atom adalah ruang kosong. Sehingga, jawaban yang tepat adalah c.

Baca Juga: Hukum Pergeseran Wien – Materi Fisika Kelas 12

Itu dia penjelasan singkat dari gue mengenai atom beserta partikel penyusun di dalamnya. Semoga setelah membaca artikel ini Sobat Zenius jadi lebih memahaminya dengan baik, ya!

Kalau misalnya elo masih belum puas dengan penjelasan di atas dan ingin mengeksplor lebih dalam lagi mengenai materinya, Sobat Zenius bisa banget, lho, belajar lewat video pembelajaran yang dibawakan oleh Zen Tutor.

Lewat penjelasannya, elo pasti bakal mudah mengerti, deh! Buat aksesnya, elo bisa langsung klik banner di bawah ini, ya!

belajar materi pelajaran kimia di zenius

Nggak cuman itu, buat Sobat Zenius yang mau mengasah otaknya secara konsisten, bisa juga, kok, berlangganan paket Sekolah Aktiva dari Zenius.

Lewat paket tersebut, elo bakal disuguhkan oleh berbagai macam contoh soal dari beragam materi pelajaran, lho. Yuk, berlangganan dengan klik banner di bawah ini!

inti atom

Originally published: January 13, 2022
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!