Inti Atom Zenius

Inti Atom dan Partikel Penyusunnya – Materi Fisika Kelas 12

Elo pasti gak asing sama istilah proton, neutron, dan elektron kan? Nah, kita akan membahasnya dalam materi inti atom berikut ini.

Halo Sobat Zenius! Kali ini elo akan mempelajari tentang fisika inti, yaitu atom. Tapi, sebelum itu kenalan dulu sama yang namanya nukleid, nukleon, proton, neutron, elektron, dan positron. Yuk, bikin tabel dulu biar lebih gampang dipahami!

ProtonNeutronElektronPositron
Massa1 sma1 sma00
Muatan+1e0-1e+1e
Inti Atom dan Partikel Penyusunnya - Materi Fisika Kelas 12 33Inti Atom dan Partikel Penyusunnya - Materi Fisika Kelas 12 34Inti Atom dan Partikel Penyusunnya - Materi Fisika Kelas 12 35Inti Atom dan Partikel Penyusunnya - Materi Fisika Kelas 12 36

Bisa elo lihat pada tabel, bahwa proton dan neutron memiliki massa sebesar 1 sma (satuan massa atom), sedangkan elektron nggak memiliki massa. Nah, pada baris muatan, elo bisa lihat kalau proton bermuatan positif, neutron netal, dan elektron negatif.

Proton, neutron, dan elektron merupakan subatom. Nah, yang ada di dalam nukleon inti atom adalah proton dan neutron. Sedangkan, muatan yang beredar mengelilingi inti atom disebut elektron. Selengkapnya bisa elo baca pada penjelasan di bawah ini ya, guys.

Ada Apa sih di Dalam Atom?

Sejak dulu hingga tahun 2018, para ilmuwan belum pernah melihat atom dengan mata kepalanya sendiri. Mereka hanya melihatnya dari hasil digital image processing yang didapat dari mikroskop elektron. Tapi, semenjak tahun 2018, para ilmuwan udah bisa melihat atom dengan mata kepalanya sendiri, tentu saja dengan menggunakan alat bantu mikroskop.

Seorang ahli fisika bernama David Nadlinger dari Oxford University menemukan atom Germanium yang ditangkap menggunakan mikroskop elektron.

inti atom zenius
Titik-titik hitam adalah penampakan dari atom Germanium (dok. Cuplikan video Zenius di sini)

Hmmm… di dalam atom yang sekecil itu ada apa aja ya? Tapi, sebelum itu, gue punya fakta menarik nih bahwa 99% massa atom terkonsentrasi pada inti atom dan 99% volume atom adalah ruang kosong.

Jadi, bisa kita katakan bahwa:

“Inti atom adalah area yang sangat padat dan terkonsentrasi yang terletak di dalam atom.”

Bisakah kita melihat isi dari inti atom tersebut? Nggak bisa, bila tanpa alat bantu. Karena diameter inti atom lebih kecil dari panjang gelombang cahaya tampak.

Intinya, partikel penyusun inti atom adalah proton dan neutron. Sedangkan yang mengelilinginya adalah elektron, karena elektron bermuatan listrikーelo bisa cek di tabel yang udah gue buat di atas. Jadi, muatan yang beredar mengelilingi inti atom disebut elektron. Paham ya sampai sini?

Nah, untuk perhitungan mengenai nomor atom dan nomor massa, elo bisa langsung meluncur ke artikel Materi Kimia: Struktur Atom.

Contoh Soal Inti Atom

Untuk membuat elo semakin paham mengenai uraian di atas, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasannya yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Soal 1

Jumlah neutron pada atom unsur 3032X adalah ….

a. 2

b. 30

c. 32

d. 92

e. 100

Jawab: a. 2.

Pembahasan: lambang atom atau unsur adalah ZAX untuk unsur 3032X. Di mana A adalah nomor massa dan Z adalah nomor atom. Untuk nomor massa (A) menunjukkan jumlah proton dan neutron pada inti atom, sedangkan nomor atom (Z) menunjukkan jumlah proton. Sehingga, berlaku persamaan: jumlah neutron = A – Z = 32 – 30 = 2.

Contoh Soal 2

Di bawah ini yang merupakan partikel neuklot adalah ….

a. Elektron, proton, dan neutron

b. Positron, proton, dan neutron

c. Proton dan elektron

d. Proton dan positron

e. Proton dan neutron

Jawab: e. Proton dan neutron.

Pembahasan: Partikel nukleon atau partikel inti terdiri dari proton dan neutron.

Contoh Soal 3

Dari seluruh ruang yang diisi oleh atom, bagian dari atom yang mengisi ruang PALING BESAR dibandingkan dengan yang lainnya adalah ….

a. Inti atom yang terdiri dari neutron dan proton.

b. Elektron yang mengelilingi inti.

c. Ruang kosong atau hampa.

d. Semua komponen atom mengisi ruang dengan proporsi yang setara.

e. Tidak cukup informasi mengenai komposisi materi-materi subatomik dan keterisian ruangnnya untuk menyimpulkan.

Jawab: c. Ruang kosong atau hampa.

Pembahasan: Di atas udah gue sampaikan bahwa 99% massa atom terkonsentrasi pada inti atom dan 99% volume atom adalah ruang kosong. Sehingga, jawaban yang tepat adalah c.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan, tentang inti atom? Buat elo yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius di sini secara GRATIS menggunakan akun yang sudah elo daftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Baca Juga Artikel Lainnya

Rumus Energi Foton, Pengertian dan Contoh Soalnya! – Materi Fisika Kelas 12

Hukum Pergeseran Wien – Materi Fisika Kelas 12

Konsep dan Proses Efek Fotolistrik – Materi Fisika Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!