Materi yang Diujikan pada UTBK, Cara Baca Hasil Nilai dan Ketentuan Lainnya

Materi yang Diujikan pada UTBK, Cara Baca Hasil Nilai dan Ketentuan Lainnya

Momen menjelang UTBK menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh para calon peserta. Sebagai salah satu langkah mempersiapkan diri kamu juga perlu tahu apa aja materi yang diujikan pada program seleksi tersebut. Dengan demikian persiapan pun akan lebih maksimal.

Materi yang Diujikan pada UTBK

Materi atau pokok pembahasan dalam ujian menjadi kunci belajar bagi para peserta atau calon mahasiswa. Terlebih ujian ini menjadi penentu besar dalam perjalanan pendidikan kamu, hingga harus dipersiapkan sematang mungkin.

Baca Juga: Ketentuan UTBK Terkait Pilihan PTN dan Program Studi Jalur, serta Biaya Terkait

Perlu untuk diketahui bahwa materi yang diujikan pada Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah seputar potensi skolastik, atau yang disebut dengan Tes Potensi Skolastik. Jadi materinya bukan tentang pelajaran sekolah yang sudah diterima selama tahun-tahun sebelumnya.

Potensi Skolastik merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh setiap individu terhadap materi yang telah dipelajari di sekolah serta mengukur kemampuan kognitif. Kemampuan ini memiliki tingkat yang berbeda-beda pada masing-masing peserta yang dapat dihitung berdasarkan persentase.

Lebih Jauh Tentang UTBK

Kalau pandangan kamu masih remang-remang soal tes skolastik maka wajib banget baca sampai tuntas uraian ini ya. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas bahwa tes ini akan mengukur kemampuan kognitif. Apa itu kemampuan kognitif?

Materi yang Diujikan pada UTBK, Cara Baca Hasil Nilai dan Ketentuan Lainnya
Materi yang Diujikan pada UTBK, Cara Baca Hasil Nilai dan Ketentuan Lainnya

Kemampuan kognitif dapat diartikan sebagai bakat intelegensi. Tes kemampuan ini memiliki bagian berupa analisa, melakukan nalar secara umum, kemampuan komunikatif, kemampuan baca tulis serta pengetahuan umum lainnya.

Baca juga artikel UTBK lainnya dari Zenius Education

UTBK 2021: Jadwal, Pendaftaran, Syarat

Matengin Persiapan UTBK di Zenius Grand Try-Out 2021

Persiapan UTBK Xtra Kilat 6 Minggu

Panduan Belajar UTBK 2021 Ala Zenius

Cukup Belajar 20 Menit Bisa Lolos UTBK?

Kebut Persiapan UTBK lewat 8 Minggu Belajar!

Biar Makin Semangat Belajar Yuk Ikutan Zenius #jagoUTBK Joget Challenge

Mau Belajar UTBK Lebih Awal, Sebaiknya Mulai dari Mana?

7 Langkah Strategis Untuk Belajar UTBK

Tes potensi ini juga telah banyak dilakukan di berbagai negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris dan Swiss. Dengan demikian Hal ini tentu akan memberi efektivitas yang baik serta akurasi dalam membaca Potensi Akademik yang dimiliki oleh setiap individu.

Jenis-Jenis Tes UTBK

Secara singkat telah diungkapkan pada uraian sebelumnya bahwa tes skolastik memberikan pengujian terhadap kemampuan dasar siswa. Namun Untuk mempertajam pemahaman-pemahaman itu kamu perlu membaca dari satu poin ke poin sebagai berikut.

1. Melakukan Penalaran Secara Umum

Penalaran atau membaca situasi berdasarkan kasus yang terjadi merupakan hal yang umumnya dapat dilakukan oleh siapa saja. Adapun tes penalaran yang diselenggarakan pada soal tertulis biasanya diawali dengan bagian teks, tabel, grafik atau kurva dan data lainnya.

Bagian tersebut perlu dipahami dengan seksama serta penuh perhatian guna memahami maksud dan soal yang akan dipertanyakan. Selain itu soal penalaran lainnya bisa berupa membaca informasi kuantitatif. Trik jitu untuk berhasil pada tes ini adalah memperbanyak latihan dan lebih teliti dalam mengamati.

2. Memahami Bacaan dan Kemampuan Menulis

Memahami bacaan yang dimaksud dalam kategori ini ialah meneliti dengan seksama setiap poin. Kemudian mengolah dengan penalaran guna menjawab secara benar dan tepat. Kegiatan membaca ini juga semestinya dilakukan dengan tenang dan tetap berfokus pada inti permasalahan.
Hal ini bertujuan untuk memahami secara utuh dari konteks informasi, serta menentukan kebenaran pernyataan yang tidak tepat dalam teks maupun bagan. tentunya dengan disertai kemampuan untuk menjawab atau menuliskan secara tepat jawaban yang dibutuhkan.

3. Tes Pengetahuan Umum

Tes pengetahuan umum meliputi sinonim, antonim, idiom dan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam kaidah bahasa Indonesia. Adapun untuk tingkat kesulitannya telah diukur berdasarkan kemampuan rata-rata siswa SMA sederajat, namun kamu tetap perlu menggali informasi dan materi lebih dalam.

Tidak hanya pengetahuan meliputi bahasa Indonesia namun juga terdapat soal umum terkait bahasa Inggris yang diujikan pada ujian tulis berbasis komputer. Kamu perlu lebih banyak berlatih contoh soal maupun kemampuan umum lainnya, agar kemungkinan lolos semakin besar.

4. Kemampuan Kuantitatif

Pengujian terhadap kemampuan kuantitatif berisi lebih dari sekedar teks dan informasi tertulis. Namun juga terdapat soal-soal berisi kuantitatif seperti penghitungan aljabar, geometri, peluang statistika hingga logika. Pada materi ini kamu memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi namun tetap perlu menjawab dengan tenang.

Soal-soal tidak hanya dipisahkan oleh berdasarkan bagian teks sendiri dan numerik sendiri namun juga beberapa dibuat secara campuran. Dalam artian kamu bakal menemukan soal yang merupakan kombinasi antara tulisan teks dan angka, sehingga seringkali membutuhkan kemampuan ekstrapolasi numerik.

Cara Baca Hasil Ujian UTBK

Setelah mengikuti ujian tulis berbasis komputer tentu hasil akhir yakni nilai adalah informasi yang paling dibutuhkan dan dinanti-nanti. Namun apakah kamu sudah membayangkan bagaimana kira-kira penyampaian yang diberikan oleh LTMPT? Peserta dapat untuk mengetahui perkiraan nilai melalui poin.

Setiap soal memiliki nilai poin tersendiri apabila dijawab secara benar dan tepat. LTMPT akan menunjukkan hasil ujian secara online melalui data rekapitulasi nilai. Data nilai yang ditampilkan berupa skor tertinggi, terendah dan skor yang berada di tengah.

Apabila skor berada pada 1/4 dari bagian terbawah maka total skor adalah 25% keseluruhan. Namun jika berada pada 3/4 dari keseluruhan teratas maka termasuk pada 25% skor tertinggi. Kamu juga bisa melakukan perbandingan dengan nilai peserta lain untuk prediksi akurat.

Kesimpulan dari UTBK

Berdasarkan uraian diatas dapat diketahui bahwa ujian tulis berbasis komputer memiliki materi diantaranya Tes Potensi Skolastik dan pengetahuan umum lainnya. Tes tersebut juga meliputi penalaran dan soal kuantitatif yang melibatkan angka dan teks.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Nah, apakah kamu sudah punya gambaran bagaimana mempersiapkan tes terkait materi pada ujian SBMPTN? Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan dan melatih diri berdasarkan materi-materi yang menjadi bahan uji serta menyimak menyimak tips agar lolos dalam ujian tersebut.
Demikian informasi tentang UTBK dan keterangan terkait. Semoga dapat membantu dalam mempersiapkan dan mengenal lebih jauh tentang ujian tulis berbasis komputer untuk SBMPTN.