Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya

simbol matematika

Artikel ini berisi kumpulan beberapa lambang dan simbol-simbol matematika yang dipelajari dari SD, SMP, hingga SMA lengkap dengan artinya.  

Dalam matematika sering digunakan simbol-simbol yang umum dan sering kali pengertian simbol ini tidak dijelaskan, karena dianggap maknanya telah diketahui. Hal ini kadang menyulitkan bagi mereka yang awam.

Daftar Simbol Matematika yang Sering Kamu Temui

Berikut ini adalah daftar simbol dan lambang matematika lengkap dengan artinya.

daftar simbol matematika

***

Penjelasan Simbol Matematika

Nah, karena sebelumnya sudah diberikan daftar mengenai simbol matematika yang paling sering ditemui, kali ini aku akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai simbol-simbol tersebut beserta contoh penggunaannya. Check it out!

simbol matematika
Illustrasi simbol matematika (Dok. freepik.com)

Tambah

Simbol matematika tambah biasanya digunakan untuk menambahkan dua bilangan atau lebih sehingga menghasilkan bilangan lainnya. Contoh dalam penggunaan simbol tambah adalah sebagai berikut:

1 + 2 = 3

27 + 14 = 41

1200 + 2500 = 3700

Kurang

Simbol matematika kurang biasanya digunakan untuk mengurangi dua bilangan atau lebih sehingga menghasilkan bilangan lainnya. Contoh dalam penggunaan simbol kurang adalah sebagai berikut:

9 – 4 = 5

22 – 10 = 12

345 – 123 = 222

Kali

Simbol matematika kali biasanya digunakan untuk mengkalikan suatu bilangan dengan bilangan lainnya. Perkalian bisa dibilang sebagai penjumlahan berulang karena satu bilangan akan dijumlahkan sebanyak salinan salah satunya. Contoh dalam penggunaan simbol kali adalah sebagai berikut:

3 x 4 = 12, yang mana hasil 12 tersebut didapatkan dari menambahkan angka 3 sebanyak 4 kali.

3 x 4 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12

Bagi

Simbol matematika bagi biasanya digunakan untuk membagi suatu bilangan dengan bilangan lain. Dalam pembagian, terdapat tiga sebutan yang berbeda, yaitu angka yang dibagi, angka pembagi, dan angka hasil bagian. Contoh dalam pengunaan simbol bagi adalah sebagai berikut:

20 : 4 = 5, 20 disebut angka yang dibagi, 4 disebut angka pembagi, dan 5 disebut angka hasil bagi.

Pangkat

Simbol matematika pangkat biasanya digunakan untuk menyederhanakan bentuk dari perkalian berulang suatu bilangan. Contoh dari penggunaan simbol pangkat adalah sebagai berikut:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 169

Bilangan di atas sama artinya dengan 2 x 2 x 2 = 6.

Akar pangkat dua

Sombol matematika akar pangkat dua atau juga disebut akar kuadrat merupakan kebalikan dari pangkat dua. Misalnya kita ingin mencari akar kuadrat dari 9 maka harus diketahui angka berapa yang jika dikuadratkan akan menghasilkan 9.

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 170

Sama dengan

Simbol matematika sama dengan biasanya digunakan untuk menunjukkan kesamaan atau kesetaraan. Contoh dari penggunaan simbol sama dengan adalah sebagai berikut:

2 + 3 = 5

Jadi, nilai dari 2 + 3 itu setara atau sama dengan 5.

Tidak sama dengan

Simbol matematika tidak sama dengan biasanya digunakan untuk menunjukkan ketidaksetaraan atau pertidaksamaan. Contoh dari pengunaan simbol tidak sama dengan adalah sebagai berikut:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 171

Contoh di atas memiliki arti jika angka 1 tidak setara, tidak sama, atau tidak mewakili angka 2.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Lebih dari

Simbol matematika lebih dari biasanya digunakan untuk menunjukkan perbandingan antara dua bilangan atau lebih, di mana satu bilangan akan lebih besar dari bilangan lainnya. Contoh dari penggunaan simbol lebih dari adalah sebagai berikut:

79 > 45

100 > 99

2 > -3

Lebih dari atau sama dengan

Sombol matematika lebih dari atau sama dengan biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu bilangan yang lebih besar atau sama dengan bilangan lain yang disebutkan. Contoh dari pengunaan simbol lebih dari atau sama dengan adalah sebagai berikut:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 172

Kurang dari

Simbol matematika kurang dari biasanya juga digunakan untuk perbandingan namun satu bilangan lebih kecil atau kurang dari bilangan lainnya. Contoh dari pengunaan simbol kurang dari adalah sebagai berikut:

45 < 79

99 < 100

-3 < 2

Kurang dari atau sama dengan

Simbol matematika kurang dari atau sama dengan biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu bilangan yang kurang dari atau sama besarnya dengan bilangan yang disebutkan. Contoh dari pengunaan simbol kurang dari atau sama dengan adalah sebagai berikut:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 173

Kurung biasa

Simbol matematika kurung biasa digunakan untuk menunjukkan bahwa operasi hitung yang berada di dalam kurung tersebut harus diselesaikan tersebut dahulu. Contoh dari pengunaan simbol kurung biasa adalah sebagai berikut:

(2 + 1) x 3 = 3 x 3 = 9

4 + (9 : 3) = 4 + 3 = 7

10 x (24 : 8) – 5 = 10 x 3 – 5 = 25

Kurung siku

Simbol matematika kurung siku biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa operasi hitung yang berada dalam kurung siku tersebut diselesaikan setelah operasi hitung di dalam kurung biasa. Contoh dari penggunaan simbol kurung siku adalah sebagai berikut:

[(2 + 1) x (3 + 5)] = [3 x 8] = 24

Kurung kurawal

Simbol matematika kurung kurawal biasanya digunakan dalam teori himpunan yang menyatakan semua bilangan yang termasuk ke dalam himpunan akan berada di dalam tanda kurung kurawal. Contoh dari pengunaan simbol kurung kurawal adalah sebagai berikut:

Bilangan < 10 = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}

Elemen dari

Simbol matematika elemen dari juga digunakan dalam teori himpunan yang memiliki arti keanggotaan atau milik. Contoh dari pengunaan simbol elemen dari adalah sebagai berikut:

Bilangan < 10 = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 174

Bukan elemen dari

Simbol matematika bukan elemen dari menunjukkan ketidakanggotaan dari suatu himpunan. Contoh pengunaan simbol bukan elemen dari adalah sebagai berikut:

Bilangan < 10 = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 175

Himpunan kosong

Simbol matematika himpunan kosong biasanya digunakan untuk menunjukkan himpunan yang tidak memiliki anggota. Contoh pengunaan simbol himpunan kosong adalah sebagai berikut:

Himpunan buah yang rasanya asin = {}

Tidak ada buah yang rasanya asin oleh sebab itu himpunan tersebut dikategorikan sebagai himpunan kosong.

Superset

Simbol matematika superset biasanya digunakan untuk menunjukkan jika A dan B adalah dua himpunan. Jika semua elemen A juga merupakan elemen B, maka himpunan B adalah superset dari A. Contoh penggunaan simbol superset adalah sebagai berikut:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 176
Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 177

Subset

Simbol matematika subset digunakan untuk menujukkan jika dalam dua himpunan, A dan B, semua elemen A merupakan elemen B, maka himpunan A dinamakan subset dari B. Contoh pengunaan simbol subset adalah sebagai berikut:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 178
Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 179

Gabungan

Simbol matematika gabungan digunakan untuk menunjukkan himpunan yang memuat seluruh elemen A dan juga B. Contoh pengunaan simbol gabungan adalah sebagai berikut:

A = {2,3,5}

B = {7}

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 180

Irisan

Simbol matematika irisan digunakan saat menunjukkan suatu himpunan yang terdiri dari elemen A dan B yang sama. Contoh penggunaan simbol irisan adalah sebagai berikut:

A = {1,2,3}

B = {3,4,5}

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 181

Nilai mutlak

Simbol matematika nilai mutlak digunakan untuk menghitung nilai suatu bilangan dari jarak bilangan itu dengan bilangan nol (0). Jadi, nilai mutlak pasti selalu bernilai positif. Contoh pengunaan simbol nilai mutlak adalah sebagai berikut:

– 5 |x – 7| + 2 = -13

– 5 |x – 7| = -13 – 2

– 5 |x – 7| = -15

|x – 7| = 3

Maka,

x – 7 = 3

x = 3 + 7

x = 10

atau

x – 7 = – 3

x = – 3 – 7

x = 4

Jadi, jawabannya adalah {4,10}

Tak hingga

Simbol matematika tak hingga biasanya digunakan untuk melambangkan bilangan yang jauh lebih besar dari kemungkinan bilangan yang dapat dibayangkan. Contoh penggunaan dari simbol tak hingga adalah sebagai berikut:

limx→0 1/|x| = ∞

Faktorial

Simbol matematika faktorial digunakan untuk melambangkan perkalian bilangan asli yang kurang dari atau sama dengan n. Contoh penggunaan dari simbol faktorial adalah sebagai berikut:

5! = 1 x 2 x 3 x 4 x 5 = 120

Pi

Simbol matematika pi biasanya digunakan dalam materi yang berkaitan dengan lingkaran. Pi merupakan sebuah konstanta yang merupakan perbandingan antara keliling lingkaran dan diameternya. Contoh penggunaan dari simbol pi adalah sebagai berikut:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 182
Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 183

Derajat

Simbol matematika derajat paling sering digunakan dalam ukuran sudut dan suhu. Contoh penggunaan simbol derajat adalah sebagai berikut:

Besar sudut siku-siku adalah:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 184

Besar suhu normal di dalam ruangan adalah:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 185

Persen

Simbol matematika persen digunakan untuk menunjukkan presentasi, rasio, atau angka sebagai pecahan dari 100. Contoh dari penggunaan simbol persen adalah sebagai berikut:

5% x 20 = …

5/100 x 20 = 1

Tegak lurus

Simbol matematika tegak lurus digunakan untuk menunjukkan hubungan antara dua garis lurus yang bertemu dan membentuk suatu sudut tegak. Contoh dari penggunaan simbol tegak lurus adalah sebagai berikut:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 186
Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 187

Sejajar

Simbol matematika sejajar digunakan untuk menunjukkan hubungan antar dua garis lurus yang tidak mempunyai titik potong atau titik temu meski kedua garis tersebut diperpanjang. Contoh dari penggunaan simbol sejajar adalah sebagai berikut:

Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 188
Kumpulan Lambang dan Simbol Matematika Lengkap dengan Artinya 189
daftar simbol matematika
Illustrasi belajar matematika (Dok. freepik.com)

Sekian penjelasan tentang kumpulan beberapa lambang dan simbol berhubungan dengan matematika yang dipelajari dari SD, SMP, dan SMA lengkap dengan artinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Pengen lebih jago matematika dan kemampuan logika? Cobain nih, Zencore! Dengan fitur adaptive learning dan CorePractice, kamu bisa upgrade otak biar makin cerdas sekaligus bisa ajak temen-temen buat push-rank! Klik banner di bawah buat cobain.

cek fundamental skill-mu di zencore

***

Baca Juga Artikel Matematika Lainnya

Rumus Matematika

Rumus Segitiga

Rumus Kubus 

Bagikan Artikel Ini!