6 Mitos Perkuliahan, Jangan Mau Tertipu!

6 Mitos Perkuliahan, Jangan Mau Tertipu! 57

Mitos perkuliahan seringkali bikin calon mahasiswa baru ketar-ketir. Kamu yang mau kuliah atau bahkan yang sedang berkuliah, jangan sampai kena tipu! Yuk kita cari tahu soal mitos perkuliahan!

6 Mitos Perkuliahan, Jangan Mau Tertipu! 58
Klik untuk menonton Zenius Siap Ngampus: Mitos Perkuliahan di aplikasi Zenius!

Apa status kalian?

View Results

Loading ... Loading ...

6 Mitos Perkuliahan, Hati-hati!

1. Kuliah kalau nggak merantau, gak seru!

6 Mitos Perkuliahan, Jangan Mau Tertipu! 59
Kuliah cuma seru kalau merantau?gak juga ah! (Foto: Lennart Kcotsttiw)

Hah, kata siapa? Memang banyak dari kalian pasti yang cari universitas jauh agar gak lagi tinggal di rumah, ngaku deh! Tapi, apakah kalian harus merantau agar merasakan dunia perkuliahan to the fullest? Kuliah di rumah justru punya banyak keuntungannya, lho. Jika lo tidak merantau, lo nggak harus mengeluarkan uang lebih untuk makan, hiburan, dan uang sewa kost yang makin tahun makin naik terus! Hih, beruntung banget deh kalau lo bisa kuliah tapi nggak merantau.

2. Bolos kelas gampan, gak ngaruh ke nilai juga

6 Mitos Perkuliahan, Jangan Mau Tertipu! 60
Males kelas? Ada konsekuensinya! (Foto: Pavel Danilyuk)

Mmmm… gue bisa bilang ini ada bener ada salahnya sih. Pertama, sebagai anak yang dulu pernah- ehm bahkan sering- bolos kelas, ya, gampang banget tapi tergantung siapa dosennya. Lantas, apakah mempengaruhi nilai? Sangat mempengaruhi. Apalagi kalau lo kelewat kuota bolos (iya, ada kuota bolos saat kuliah jadi gak bisa semabrangan bolos), kalian bisa dapet nilai E atau T alias GAGAL dan harus NGULANG kelas! Duh, niatnya mau lulus cepet malah jadinya terlambat cuma gara-gara males ke kelas deh.

3. Mahasiswa yang gak ikut OSPEK gak bisa lulus

Mitos Perkuliahan
Ospek di tengah pandemi (Foto: SINDONews/Ali Masduki)

Pas maba (mahasiswa baru), Zen dan temen-temen termasuk golongan suka bolos  OSPEK, tapi tetep lulus dengan lancar, tuh. Sebenarnya, OSPEK itu nggak wajib guys, apalagi OSPEK kampus yang pesertanya ribuan mahasiswa. Tapi, nggak ikut OSPEK juga ada konsekuensinya, salah satunya adalah susah dapet temen baru dan telat mendapatkan informasi terkait kampus. Intinya, nggak ikut OSPEK gak akan ngebuat lo susah lulus!

Baca: Ospek Online, Emangnya Perlu?

4. PTN lebih baik dari PTS

6 Mitos Perkuliahan, Jangan Mau Tertipu! 61
PTN lebih baik dari PTS? Yakin? (Foto: qimono)

Mitos perkuliahan yang satu ini sering banget menjadi perdebatan! Pasti ada kebanggaan sendiri kalau kalian melihat website SNMPTN/SBMPTN dan melihat nama kalian di bawah tulisan “SELAMAT!”, namun, apakah PTN selalu lebih unggul dari PTS? Nggak juga, dong! Apalagi kalau kalian lihat akreditasi masing-masing jurusan. Bisa saja jurusan di PTN tersebut masih baru sehingga akreditasinya masih B/C sedangkan jurusan yang sama di PTS sudah terakreditasi A. Jadi, kalau lo mau masuk PTS atau saat ini mahasiswa PTS, be confident!

Baca: Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Perguruan Tinggi Swasta

5. Kuliah sia-sia kalau nggak ikut organisasi

6 Mitos Perkuliahan, Jangan Mau Tertipu! 62
Organisasi menjadi salah satu kegiatan pilihan mahasiswa (foto: fauxels)

Hei, banyak cara untuk mencari pengalaman di luar organisasi, lho. Lo gak harus masuk organisasi untuk mengasah soft skill atau memperluas networking. Kegiatan kuliah sangatlah beragam, lo bisa ikut berbagai event yang membutuhkan volunteer dari mahasiswa, bisa juga lo ikutan magang sambil kuliah! Memang, ikut organisasi punya keuntungan tertentu, tapi kalau gak mau ikut organisasi, ada lagi kok aktivitas seru yang bisa lo lakukan saat kuliah!

6. Zenius cuma untuk SD sampai SMA

Fundamental Skills Biar Cerdas Beneran Zenius Education
Zenius terbuka untuk segala usia!

Ini nih salah satu mitos yang bikin Zen gregetbanget! Faktanya, Zenius bisa dipakai oleh semua orang, tidak terbata usia! Apalagi kalau logap year dan sedang belajar untuk UTBK. Misalkan, saat SMA lo ambil jurusan IPS, saat kuliah, lo ambil Manajemen komunikasi dan kaget ada mata kuliah statistik! Nah loh, niatnya mau menghindari matematika kok malah harus belajar statistik…. Jangan bingung mau belajar dimana, di Zenius semua pelajaran lengkap dan yang pastinya bisa ngebantu perkuliahan lo!

Terutamanya, Zenius punya fitur Zen Learning dengan segudang video pembahasan asik dan mudah dicerna. Zencore buat ngasah fundamentals lo dari logis, matematika, dan bahasa inggris (ppssstt, bisa push rank juga di Zencore).

Zenius Gratis untuk Semua Orang

Cek paket Zenius yang cocok buat lo di sini!

Itu dia sederet mitos perkuliahan yang sering kita temui, apakah lo juga pernah mendengar miskonsepsi tentang perkuliahan? Boleh banget untuk bagikan cerita lo di kolom komentar, ya!

Jangan lupa tonton terus Zenius Siap Ngampus setiap hari sabtu jam 19.00 WIB agar persiapan kuliah kamu makin OKE! Kelas ini gratis, rugi kalo gak ikut!

6 Mitos Perkuliahan, Jangan Mau Tertipu! 63

Baca juga:

Gap Year: Nunda Kuliah Setahun yang Bisa Sangat Berfaedah

Takut Salah Pilih Jurusan? Hindari dengan 6 Tips Ini!

5 Rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri di Luar Pulau Jawa

 

Bagikan Artikel Ini!