7 Hal yang Perlu Sobat Zenius Tahu Mengenai Perguruan Tinggi Swasta

perguruan tinggi swasta

Saat ini sudah banyak Perguruan Tinggi Swasta yang mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri. Terbukti dengan banyaknya pemnat yang memilih Universitas Swasta sebagai kampus pilihannya. Beberapa di antaranya bahkan ada yang masuk sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Tak heran, kalau peminat PTS pun semakin tinggi dari waktu ke waktu. Sobat Zenius yang merasa ragu untuk masuk ke PTS, ada baiknya mulai menghilangkan rasa tersebut.

Pasalnya, kualitas PTS juga nggak kalah bagus, lho, dibandingkan dengan PTN! Terlebih, saat ini juga sudah banyak universitas swasta terbaik di Indonesia yang bisa jadi pilihan elo saat masuk jenjang perkuliahan nanti.

Nah, Sobat Zenius sebenarnya paham, nggak, pengertian perguruan tinggi swasta? Apa saja, sih, Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia? Tanpa berlama-lama lagi, yuk, kita bahas satu per satu!

Pengertian Perguruan Tinggi Swasta

perguruan tinggi swasta
Credit Image by freepik.com

Sobat Zenius sudah pasti seringkali mendengar Perguruan Tinggi Swasta atau PTS. Akan tetapi, apa, sih, pengertiannya?

Pengertian Perguruan Tinggi Swasta sendiri merupakan perguruan tinggi yang pendirian dan pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat yang membentuk organisasi atau badan penyelenggara. Organisasi tersebut sudah berbadan hukum secara sah.

Sementara itu, perbedaannya dengan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) terletak pada badan yang mendirikannya karena PTN didirikan oleh negara atau pemerintah. PTS (Perguruan Tinggi Swasta) bisa berbentuk politeknik, akademi, institute, sekolah tinggi, maupun universitas.

Untuk tes masuk Perguruan Tinggi Swasta nggak jauh berbeda dengan PTN. Elo juga akan dihadapkan dengan ujian tulis saat hendak mendaftarkan diri ke PTS. Hanya saja, PTS tidak terdaftar langsung di UTBK seperti halnya PTN.

Universitas Swasta seringkali menjadi pilihan terakhir bagi calon mahasiswa yang tidak diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang cenderung lebih ketat persaingannya. Namun, bukan berarti kualitas PTS jelek karena ada juga Perguruan Tinggi Swasta yang berkualitas bagus.

Terlebih, saat ini sudah banyak sekali PTS terbaik di Indonesia yang masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia seperti, Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Bina Nusantara, Universitas Muhammadiyah Malang, dan masih banyak lagi.

Fakta Tentang Perguruan Tinggi Swasta

perguruan tinggi swasta

Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta pun sebenarnya sangat bagus asal bisa memilih kampus dan jurusan yang tepat. Sebab, skill bakal lebih dibutuhkan saat memasuki dunia kerja maupun bisnis. Berikut ini beberapa fakta tentang Perguruan Tinggi Swasta yang perlu Sobat Zenius tahu:

1. Tes Masuk Lebih Mudah

Tes masuk untuk ke Perguruan Tinggi Swasta notabene lebih mudah karena tidak harus mengikuti SNMPTN. Persaingannya pun tidak seketat ketika mendaftar kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Bahkan kamu juga bisa masuk ke beberapa PTS tanpa harus mengikuti tes.

Namun, saat memilih Perguruan Tinggi Swasta sebaiknya tetap memperhatikan kualitas dan akreditasi dari kampus tersebut. Selain itu, cari tahu apakah jurusan dan program studi yang tersedia di kampus tersebut sesuai dengan minat dan keinginan elo.

2. Kurikulum Perkuliahan Cukup Bersaing

Meskipun tidak semua PTS memiliki kualitas dan akreditasi yang lebih baik dari PTN, namun kurikulum perkuliahan yang ada di kampus swasta tak kalah berkualitas. Bahkan, bisa dibilang setara dengan kurikulum di PTN pada umumnya. Ada juga PTS yang sudah mendapatkan akreditasi A.

Akreditasi biasanya diberikan untuk setiap jurusan sehingga dalam satu kampus pun bisa memiliki akreditasi yang berbeda untuk setiap jurusannya. Elo bisa membandingkan antara satu kampus dengan kampus lainnya dengan melihat nilai akreditasi per jurusan.

3. Jadwal Kuliah Lebih Fleksibel

Bagi para karyawan yang ingin mencari sambilan kuliah, maka mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta adalah pilihan terbaik. Karena beberapa kampus ada yang menawarkan kuliah kelas karyawan dengan jadwal belajar yang lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan jadwal kerja karyawan.

Fleksibilitas seperti ini biasanya cukup sulit ditemukan di Perguruan Tinggi Negeri. Sehingga kuliah di Universitas Swasta bisa menjadi opsi bagi kamu yang sibuk dengan banyak kegiatan lainnya di luar sana baik bekerja maupun bisnis.

4. Fasilitas Perkuliahan Lengkap

Banyak kampus-kampus swasta yang menyediakan fasilitas perkuliahan lengkap dan bahkan elbih bagus dibandingkan dengan kampus negeri. Tak jarang ada juga gedung fasilitas tambahan yang keren seperti perpustakaan, kafe, laboratorium praktek, dan lain sebagainya.

Bahkan banyak kampus-kampus swasta elit yang memberikan fasilitas mewah untuk setiap mahasiswanya. Baik dari segi gedung, sarana dan prasarana, dosen berkualitas, dan hal-hal lain yang menunjang kegiatan belajar mengajar.

5. Dosen yang Berkualitas

Dosen-dosen yang mengajar di Perguruan Tinggi Swasta tidak kalah berkualitas dengan pengajar di PTN. Bahkan kebanyakan dari mereka diambil dari praktisi yang terjun langsung di lapangan. Sehingga materi yang diajarkan pun lebih relevan dengan kondisi di dunia kerja atau bisnis.

Bagaimanapun juga mengenyam pendidikan di Universitas Swasta tidak akan menghalangi elo untuk mendapatkan ilmu terbaik dari orang-orang hebat yang ahli di bidangnya. Tak jarang ada juga dosen dari kampus negeri yang ditunjuk untuk menjadi dosen di kampus swasta.

6. Memiliki Jaringan Kerja Sama Bersama Alumni

Sama halnya dengan kampus-kampus negeri, kampus swasta pun juga memiliki jaringan alumni yang tersebar di berbagai daerah. Para alumni yang telah sukses bekerja maupun membangun bisnis salng menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung kualitas pendidikan almamaternya.

Kerja sama yang biasanya dibuat bisa berupa informasi lowongan pekerjaan, beasiswa, dan lain sebagainya. Dengan adanya koneksi dan relasi yang lebih banyak, masa depan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di kampus swasta pun bisa lebih terjamin asal memiliki integritas.

7. Biaya Kuliah yang Jelas dan Terjangkau

Banyak stigma yang selama ini menganggap bahwa kuliah di kampus swasta bakal lebih mahal dibandingkan kuliah di kampus negeri. Padahal tidak selamanya seperti itu karena banyak juga kampus swasta yang biaya kuliahnya lebih terjangkau dan jelas di awal tanpa biaya tambahan di kemudian hari.

Mendapatkan beasiswa di kampus swasta pun bukan hal yang mustahil selama memiliki prestasi yang mumpuni di bidangnya. Bahkan jika kampus tersebut dikelola yayasan, peluang mendapatkan beasiswa bagi yang kurang mampu pun lebih terbuka.

Peringkat Universitas Swasta di Indonesia

perguruan tinggi swasta

Nah, kini Sobat Zenius udah tahu terkait pengertian Perguruan Tinggi Swasta beserta fakta-faktanya.

Setelah itu, elo juga harus tahu, nih, mana kira-kira universitas swasta terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan elo dalam memilih tempat kuliah nantinya.

Peringkat di bawah ini berdasarkan data dari UniRank:

  1. Universitas Bina Nusantara
  2. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  3. Universitas Muhammadiyah Malang
  4. Universitas Islam Indonesia
  5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  6. Universitas Gunadarma
  7. Universitas Telkom
  8. Universitas Mercu Buana Jakarta
  9. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  10. Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Itu dia penjelasan singkat mengenai pengertian Perguruan Tinggi Swasta beserta urutan PTS terbaik di Indonesia. Sobat Zenius nggak perlu ragu lagi akan pilihannya untuk mengenyam pendidikan di PTS saat ini. Sebab, di Indonesia sudah banyak sekali PTS berkualitas.

Di sisi lain, PTS juga sudah nggak kalah dari PTN dari berbagai macam aspek, mulai dari pendidikan, fasilitas, hingga prospek kerja.

Kalau Sobat Zenius punya keinginan untuk masuk ke PTS, sebaiknya mulai persiapkan diri dari sekarang. Di Zenius, ada beragam paket belajar yang bisa elo gunakan untuk belajar menghadapi soal-soal ujian tes masuk Perguruan Tinggi Swasta. 

Di sana, elo bisa mendapatkan contoh soal tes masuk Perguruan Tinggi Swasta dan pembahasannya dari tutor yang sudah ahli di bidangnya.

Ada banyak sekali paket belajar yang bisa elo pakai, seperti paket Zenius Ultima Intensif TPS hingga Aktiva UTBK + UM.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera berlangganan paket belajar dari Zenius!

Baca Juga Artikel Lainnya dari Zenius

Langsung Nikah Setelah Lulus Sekolah, Aman kan?
Mengenal Kesalahan Logika Beban Pembuktian
Ngapain Sih Berpikir Kritis?
Ikan Cupang: Cantik-cantik Kok Suka Berantem?
Buat Apa Ada Suatu Negara? Emang Ada Fungsinya?
Benci Mendengar Rekaman Suara Sendiri, Kok Bisa?
Proses Mumifikasi dalam Tradisi Mesir Kuno

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan Artikel Ini!