Rumus Luas Permukaan Bola

Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya

Artikel ini membahas tentang rumus luas permukaan bola. Pelajari cara menghitung rumus luas permukaan bola disertai dengan contoh soal dan pembahasannya.

Hi temen-temen, kali ini kita bakalan ngebahas tentang rumus luas permukaan bola. Pasti udah pada tau dong bola apaan? Soalnya ada banyak banget permainan seru yang menggunakan bola dengan ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari bola ping pong yang kecil, terus digedein lagi ukurannya jadi bola tenis, sampai ke ukuran gede dan berat seperti bola bowling. 

Tapi kalau kita ngomongin bola, gua pribadi sih langsung kepikiran ke sepak bola. Siapa sih yang ga kenal sepak bola? Gua rasa cukup aman buat mengasumsi pasti temen-temen pernah setidaknya nonton atau nyoba main futsa. Nah selain bahas rumus luas permukaan bola, kita bakalan bahas permainan bola maut kuno nih, jadi dibaca sampai habis ya artikelnya!

Permainan Bola Kuno di Mesoamerika

Permainan sejenis sepak bola terkuno yang kita ketahui saat ini adalah permainan bola Mesoamerika. Kalau kata Mark Cartwright pada artikelnya The Ball Game of Mesoamerica di situs World History, permainan bola ini ditemukan sekitar tahun 2500-100 sebelum masehi, kuno banget ye. Salah satu bangsa Mesoamerika yang memainkan sepak bola kuno ini adalah bangsa Maya (yang viral tahun 2012 dulu), tapi beda banget mainnya sama sepak bola modern. Yuk kita lihat dulu foto peninggalan “gawang” sepak bola kuno bangsa Maya yang masih ada dan dipreservasi di Mexico pada situs bersejarah Chichen Itza!

Rumus Luas Permukaan Bola
Dok: Wikipedia

Seperti yang temen-temen bisa lihat pada gambar di atas, lubang kecil yang menempel pada dinding itu adalah “gawang” dari permainan bola Mesoamerika. Gua bisa bayangin pemain sepak bola modern pasti kewalahan dulu ya kalau main bolanya begini, ya soalnya ga biasa dan ga boleh pakai tangan juga loh! Mungkin aja sih pemain sepak takraw bisa mainin, tapi gua rasa butuh latihan dulu deh…

Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 81
Dok: Wikipedia

Mungkin juga temen-temen udah pernah lihat juga di film kartun Road to El Dorado di mana ada adegan pertandingan bola dengan taruhan nyawa. Adegan itu beneran didasarin kenyataan loh guys. Jadi bangsa-bangsa Mesoamerika (termasuk bangsa Maya) ini punya budaya pengorbanan manusia untuk menyenangkan dewa-dewa sesuai kepercayaan mereka. Jadi setelah pertandingan resmi selesai, nanti entah pemain, kapten atau tawanan dari tim yang kalah akan dikorbankan. Terus tau ga sih kalau salah satu metode pengorbanannya itu melalui pemenggalan… ngeri bener dah, untung yang populer sekarang sepak bola bukan human sacrifice.

Rumus Luas Permukaan Bola

Sekarang untuk memahami cara mencari luas permukaan bola, gua minta temen-temen buat bayangin satu buah jeruk dulu nih. Ceritanya kita belah jeruknya tepat di tengah, terus kita ukur diameternya. Selanjutnya kita bikin 4 lingkaran dari diameter yang kita dapet tadi. Jika kita mengupas kulit jeruk menjadi bagian-bagian kecil dan menempelnya di lingkaran-lingkaran tadi. Hasil akhirnya, 4 lingkaran tadi jadi penuh dan ga ada sisa juga dari kulit jeruknya. Oleh karena itu rumus luas permukaan bola adalah:

L = 4 × π × r²

Buat simbol L itu maksudnya Luas permukaan bola, sementara π (pi) itu adalah 3,14 atau Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 82 dan r adalah jari-jari bola. Kita cukup mencari luas lingkaran (π × r²) yang menggunakan diameter jeruk tadi terus dikali 4 deh! Temen-temen bisa eksperimen dan buktiin sendiri nih kalau lagi nganggur di rumah, tapi ya harus modal jeruk. Hasil perkalian itu adalah luas permukaan bola, atau dalam contoh ini, luas permukaan jeruk. Kalau gitu kita langsung lanjut ke contoh soal dan pembahasannya ya!

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Bila suatu bola memiliki diameter 28 cm dan π =Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 82, maka berapakah luas permukaan bola tersebut?

Pembahasan:

Diketahui: 

d = 28 cm

π = Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 82

Ditanya: L

Jawab:

r = d/2

r = 28/2

r = 14

L = 4 × π × r²

L = 4  × Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 82 × 14²

L = 4  × Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 82 × 14 × 14

L = 2464 cm²

Jadi luas permukaan bola tersebut adalah 2464 cm²

Contoh Soal 2

Jika diketahui bahwa luas permukaan suatu bola adalah 616 cm² dan π = Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 82, maka berapakah diameter dari bola tersebut?

Diketahui:

L = 616 cm²

π = Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 82

Ditanya: d

Jawab:

L = 4 × π × r²

616 = 4 × Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 82 × r²

616× Rumus Luas Permukaan Bola dan Permainan Bola Maut Bangsa Maya 90  = 4 × r²

196 = 4r²

4r² = 49

r² = 49

r = 7

d = 2 × r

d = 2 × 7 = 14

Jadi diameter dari bola tersebut adalah 14 cm.

Contoh Soal 3

Jika suatu bola memiliki jari-jari sebesar 15 cm, maka berapakah luas permukaan bola tersebut bila π = 3,14?

Diketahui:

r = 15 cm

π = 3,14

Ditanya: L

Jawab:

L = 4 × π × r²

L = 4  × 3,14 × 15²

L = 4  × 3,14 × 225

L = 2828.57 cm²

Jadi luas permukaan bola tersebut adalah 2826 cm²

Okee selesai deh latihannya, gimana kalian bisa pahamin ga? Kasih tau gua dong lewat kolom komentar, menurut lu rumus luas permukaan bola ribet atau gampang nih. Sama gua pengen tau juga pendapat temen-temen soal sepak bola maut kuno, apa kita harus hidupin lagi sistem pengorbanan manusia biar taruhannya nyawa ya? Seru sih buat yang nonton, tapi gua bayangin sangat amat tidak seru buat yang main hehehe. Jangan lupa buat dicek juga materi-materi Zenius berikut ini ya, gua tau lu pada pasti masih laper untuk belajar!

Konsep Rumus Luas Permukaan dan Volume dalam Biologi? Apa Pentingnya Sih?

7 Rumus Volume Bangun Ruang

Bangun Ruang Sisi Lengkung 

Bagikan artikel ini: