Universitas Sumatera Utara - USU

5 Rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri di Luar Pulau Jawa

Artikel ini membahas mengenai rekomendasi perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada diluar jawa.

Pada konferensi secara daring (dalam jaringan) yang diselenggarakan oleh LTMPT pada tahun 2020 kemarin, ketua tim LTMPT, Mohammad Asih menyampaikan bahwa daftar perguruan tinggi yang memiliki daftar peminat terbanyak pada SBMPTN 2020 adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan total peminat 62.507, kemudian dibawahnya ada Universitas brawijaya dengan total peminat 61.743, dan kemudian disusul oleh Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan seterusnya. 

Jika kita sadari, 5 besar dari list tersebut semuanya berada di pulau jawa, padahal universitas di luar pulau jawa pun juga nggak kalah keren dan bisa kalian jadikan sebagai PTN tujuan kalian, berikut 5 rekomendasi perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di luar pulau jawa berdasarkan peringkat di Webometric. 

Webometric merupakan sistem perankingan tinggi berskala global atau worldwide ranking yang berasal dari Spanyol yang didirikan oleh Cybermetric Lab, sejak 2004, dimana lembaga ini memperbaharui peringkat universitas sebanyak 2 kali setiap tahun sekali yaitu pada bulan januari dan juli. Webometric menggunakan metode kuantitatif, dimana dirancang dan didesain untuk mengukur aktivitas ilmiah web, yang berarti mereka menerapkan indikator berdasarkan penelitian atau karya ilmiah yang dilakukan oleh sebuah perguruan tinggi yang dianggap menggambarkan tingkat kualitas perguruan tinggi. 

Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan yang saat ini telah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT. Universitas Hasanuddin awalnya merupakan pengembangan dari fakultas ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) pada saat Drs. Mohammad Hatta (Bung Hatta) masih menjadi wakil presiden Indonesia lho!

Selain itu Universitas Hasanudin juga merupakan salah satu perguruan tinggi yang memberikan gelar Honoris Causa (HC) kepada Bung Karno dalam ilmu hukum pada tahun 1963. Gelar Honoris Causa (HC) merupakan gelar yang diberikan bukan melalui pendidikan formal dan biasanya diberikan kepada seseorang yang dianggap berjasa atau berdampak besar bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

Universitas Hasanuddin atau yang biasa disebut UNHAS memiliki 14 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Keperawatan.

Berdasarkan Webometrics, UNHAS merupakan salah satu perguruan tinggi berhasil menduduki peringkat 15 besar yaitu peringkat 14 di Indonesia. 

Jurusan Paling Diminati 

Berikut beberapa jurusan paling diminati pada SBMPTN 2020 di Universitas Hasanuddin (UNHAS) 

JurusanSBMPTN 2020*Ketetatan
Peminat 2019Daya Tampung 2020
Pendidikan Dokter2.1111001:21
Kesehatan Masyarakat1.9201401:13
Farmasi1.521821:18
Teknik Sipil1.412761:18
Teknik Informatika1.300501:26
Pendidikan Dokter Gigi1.244601:20

*)sumber: LTMPT

Informasi lebih lanjut dan detail nya kalian bisa cek website resmi Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Banda Aceh, yang saat ini juga telah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT. Dalam sejarahnya Universitas Syiah Kuala juga merupakan wujud nyata dari tekad dan cita-cita warga dan penduduk Aceh untuk memiliki sebuah lembaga perguruan tinggi negeri demi membangun kembali dunia pendidikan Aceh.

Universitas Syiah Kuala atau biasa disebut dengan USK memiliki 12 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Berdasarkan Webometrics, USK merupakan  perguruan tinggi yang berhasil menduduki peringkat 17 di Indonesia. 

Jurusan Paling Diminati 

Berikut beberapa jurusan paling diminati pada SBMPTN 2020 di Universitas Syiah Kuala (USK) 

JurusanSBMPTN 2020*Ketetatan
Peminat 2019Daya Tampung 2020
Farmasi1.236271:45
Pendidikan Dokter1.116811:13
Ilmu Hukum1.1141801:6
Manajemen 938901:10
Informatika921451:20

*)sumber: Website resmi Universitas Syiah Kuala

Informasi lebih lanjut dan detail nya kalian bisa cek website resmi Universitas Syiah Kuala (USK) dan buat yang penasaran, kalian bisa cek profil Universitas Syiah Kuala di video youtube di bawah ini

Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara - USU
Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Medan, Sumatera Utara yang sejak tahun 2016 sudah berstatus Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH) dan tentunya juga sudah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT. 

Universitas Sumatera Utara atau yang biasa disebut USU memiliki 15 fakultas, yaitu Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Kehutanan.

Berdasarkan Webometrics, USU merupakan perguruan tinggi yang berhasil menduduki peringkat 19 di Indonesia, dan termasuk dalam 20 besar bersamaan dengan UNHAS, dan USK (UNSYIAH). 

Jurusan Paling Diminati 

Berikut beberapa jurusan paling diminati pada SBMPTN 2020 di Universitas Sumatera Utara (USU) 

JurusanSBMPTN 2020*Ketetatan
Peminat 2019Daya Tampung 2020
Ilmu Hukum1.8222401:7
Ilmu Administrasi Negara1.598631:20
Ilmu Kesehatan Masyarakat1.5611401:11
Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis1.471421:35
Agroteknologi1.3871351:10
Pendidikan Dokter1.205791:15

*)sumber: LTMPT

Informasi lebih lanjut dan detail nya kalian bisa cek website resmi Universitas Sumatera Utara (USU).

Universitas Andalas

Universitas Andalas merupakan perguruan tinggi yang berada di Padang, Sumatera Barat yang saat ini sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, Universitas Andalas juga merupakan universitas pertama yang di bangun lho guys di pulau Sumatera yaitu pada tahun 1956 diresmikan oleh wakil presiden Drs. Mohammad Hatta (Bung Hatta).

Universitas Andalas atau biasa disebut UNAND memiliki 15 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Teknologi Informasi.

Berdasarkan Webometrics, UNAND merupakan perguruan tinggi yang berhasil menduduki peringkat 22 di Indonesia.

Jurusan Paling Diminati

Berikut beberapa jurusan paling diminati pada SBMPTN 2020 di Universitas Andalas (UNAND) 

JurusanSBMPTN 2020*Ketetatan
Peminat 2019Daya Tampung 2020
Ilmu Hukum1.8312401:7
Farmasi1.443601:24
Kedokteran1.2061001:12
Manajemen1.088681:16

*)sumber: LTMPT

Informasi lebih lanjut dan detail nya kalian bisa cek website resmi Universitas Andalas (UNAND)

Universitas Lampung 

Sesuai dengan namanya, Universitas Lampung merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Lampung, tepatnya di Jalan Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro, Bandar Lampung. Universitas Lampung juga saat ini telah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT. 

Selain itu, berdasarkan yang tertulis di website resmi Universitas Lampung visi mereka adalah saat ini adalah untuk menjadi bagian dari sepuluh perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada tahun 2025.

Universitas Lampung atau yang biasa disebut UNILA memiliki 8 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Berdasarkan Webometrics, UNILA merupakan perguruan tinggi yang berada diluar pulau jawa yang berhasil menduduki peringkat 24 di Indonesia. 

Jurusan Paling Diminati

Berikut beberapa jurusan paling diminati pada SBMPTN 2020 di Universitas Lampung (UNILA)

JurusanSBMPTN 2020*Ketetatan
Peminat 2019Daya Tampung 2020
Hukum1.6212601:6
Farmasi1.236321:38
Manajemen1.140601:19
PGSD1.1151201:9
Pendidikan Kedokteran1.101651:17

*)sumber: Website resmi Universitas Lampung

Informasi lebih lanjut dan detail nya kalian bisa cek website resmi Universitas Lampung (UNILA) dan buat kalian yang penasaran kalian bisa liat video profil UNILA dibawah ini

Kurang lebih itulah 5 rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri atau Universitas yang berada atau terletak di luar pulau jawa yang bisa banget kalian pertimbangkan untuk menjadi PTN tujuan kalian dan gak kalah bagus ama PTN yang ada di pulau jawa. Kalo kalian mau lihat peringkat seluruh universitas versi webometrics, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta, kalian bisa cek di webometrics ya, selain menunjukkan peringkat di indonesia, tapi juga menunjukkan peringkat skala global atau worldwide rank universitas-universitas yang ada di indonesia. Semoga artikel ini membantu kalian yang lagi galau memilih PTN yaa, Good Luck!

N.B: Data webometric yang tertera dalam artikel ini diakses pada 29 Januari 2021 yang merupakan penilaian periode Januari 2021.

Baca Juga Artikel Lainnya

Kenalan sama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jurusan Baru Vokasi UI