Rumus Kubus – Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal

Rumus Kubus - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 9

Halo Sobat Zenius, kali ini aku akan membahas mengenai rumus luas permukaan kubus, volume, contoh soal dan pembahasannya.

Dalam mempelajari bangun ruang, kamu pasti bakal ketemu sama berbagai macam bentuk bangun ruang dan salah satunya kubus. 

Bangun ruang ini tidak hanya ditemui pada matematika, tapi penerapannya banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya dadu, atau tempat tisu, bahkan mungkin ruang belajar atau ruang kamar kalian berbentuk kubus. Sebenarnya seperti apa sih kubus itu?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Kubus didefinisikan sebagai ruang yang terbatas enam bidang segi empat. 

Kamu pasti udah familiar dong dengan kata “ruang”. Tempat kalian belajar di sekolah biasa disebut ruang kelas, di rumah kalian tempat buat nerima tamu biasa kita sebutnya ruang tamu, dan lain-lain.

Nah dalam artikel ini kita bakal bahas mengenai ciri-ciri, rumus luas kubus, volume beserta contoh soalnya loh, yuk kepoin artikel ini sampe abis!

Pengertian Kubus

Sebelum beralih ke pembahasan mengenai rumus kubus, mari bahas sekilas mengenai pengertiannya.

Secara sederhana, kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam sisi yang memiliki bentuk persegi. Bangun ruang ini mempunyai enam sisi berukuran sama, delapan titik sudut, dan dua belas rusuk yang sama panjang.

Rumus kubus
Rubik adalah salah satu benda berbentuk kubus, dapat dihitung dengan rumus kubus (Dok. Pxhere.com)

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa benda yang kamu temukan mempunyai bangun ruang seperti sudut, salah satu contohnya adalah dadu. Benda ini sudah pasti kamu temukan ketika sedang bermain monopoli ataupun ular tangga.

Selain dadu, mungkin kamu juga pernah main rubik yang mempunyai bentuk dasar seperti kubus.

Nah, kubus ini ternyata juga dipelajari di sekolahan, oleh karena itu kamu harus paham rumus kubus beserta ciri-cirinya, ya!

Biar lebih paham materi ini dan mata pelajaran lainnya, yuk download dulu aplikasi Zenius-nya. Kamu bisa akses berbagai fitur belajar gratis lho, seperti ZenCore dan ZenBot. Klik gambar di bawah ini, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Unsur Pembentuk Kubus

Nah, sekarang kamu sudah tahu pengertian dari kubus. Sebelum membahas rumus kubus, mari bahas terlebih dahulu mengenai unsur pembentuknya.

Rumus kubus
Kubus dibentuk oleh sisi, rusuk, titik sudut, dan diagonal (Dok. piqsels.com)

Secara garis besar, unsur pembentuk kubus ada empat, yaitu sisi, rusuk, titik sudut, diagonal.

  • Sisi adalah bidang yang membatasi kubus. Masing-masing sisi terdapat enam buah sisi yang berbentuk persegi
  • Rusuk kubus merupakan garis potong antara dua sisi bidang kubus dan terlihat seperti kerangka menyusun kubus
  • Titik sudut merupakan titik potong antara dua rusuk kubus ABCD.EFGH yang memiliki 8 buah titik sudut yaitu titik A,B,C,D,E,F,G, dan H
  • Dalam kubus, setidaknya ada tiga diagonal, yaitu diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal

Ciri-ciri Kubus

rumus kubus
Bangun Ruang Kubus, Rumus Kubus

Sama halnya dengan kita semua sebagai pribadi manusia yang pastinya punya karakteristik dan sifat masing-masing, begitu juga dengan kubus. Biar lebih mudah dipahami yuk perhatikan gambar di atas sambil memahami ciri-cirinya di bawah berikut ini:

  • Memiliki 6 sisi dengan panjang yang sama besar setiap sisinya. Berdasarkan gambar di atas maka yang dimaksud dengan sisi kubus yaitu, ABCD, BFGC, EFGH, AEHD.
  • Setiap sisinya berbentuk persegi. 
  • Memiliki 12 rusuk yang setiap rusuknya sama panjang. Berdasarkan gambar di atas maka yang dimaksud rusuk kubus yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, DH, AE, BF, dan CG.
  • Memiliki total 8 titik sudut. Berdasarkan gambar di atas maka yang dimaksud titik sudut yaitu A, B, C, D, E, F, G, H.
  • Memiliki 12 sisi diagonal sisi yang sama panjang.
  • Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang.

Rumus Luas Permukaan Kubus

Dilansir dari Math World, menurut Eric Wolfgang Weinstein, luas permukaan adalah jumlah permukaan yang memiliki satuan jarak kuadrat, atau secara sederhana dapat digambarkan dengan jumlah luas pada permukaan sebuah objek. 

Menghitung luas permukaan sering diterapkan salah satunya pada saat kita mengecat tembok. Untuk memperkirakan jumlah cat yang perlu kita siapkan, maka kita perlu tau dulu luas permukaan dari tembok yang akan kita cat. 

Oleh karena itu rumus luas permukaan kubus disusun sebagai berikut:

Rumus Kubus - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 41

 Keterangan: L = Luas permukaan (Rumus Kubus - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 42); s = panjang rusuknya (m).

NB: Satuan dari luas permukaan tidak mutlak dalam meter (m), biasanya mengikuti permintaan dari soal, jika soal minta dalam satuan cm, maka dihitung dalam cm.

Sebenarnya rumus luas kubus ini tidak perlu kalian hafal, kalian bisa mengingatnya selama kalian memahami konsep dari kubus.Berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya, dapat disimpulkan terdiri dari 6 persegi yang disusun menjadi sebuah bangun ruang. Oleh karena itu luas permukaannya secara sederhana bisa dikatakan sama dengan 6 x luas persegi.

Di mana luas persegi itu adalah sisi x sisi atau Rumus Kubus - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 43, karena sisi persegi selalu sama panjang. 

contoh perhitungan luas permukaan kubus

Rumus Volume Kubus

Rumus kubus
Cara menghitung volume rumus kubus bakal dijelaskan di bawah (Dok. pulpent.com)

Dalam KBBI, volume diartikan sebagai isi atau besarnya benda ruang. Oleh karena itu rumus volumenya disusun sebagai berikut:

Rumus Kubus - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 44

Keterangan: V= volume (Rumus Kubus - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 45); s= panjang rusuk (m).

Rumus ini juga sebenarnya termasuk rumus yang gampang sih buat diingat atau dihafal. Perlu diingat bahwa hanya bangun ruang yang mempunyai volume, bangun datar tidak mempunyai volume. 

contoh soal volume kubus

Mudah bukan materi volume dan luas permukaan kubus? Kalo kamu ngerti sama konsepnya dari bangun ruang, sebenarnya rumus itu sendiri gak perlu kalian hafal tapi kalian pahami. Karena kalo dihafal kalian bisa lupa, tapi kalo kalian paham konsepnya, meskipun nanti kalian kuliah pun kalian pasti inget.

Tapi kalo kamu mau ganti cara belajarmu biar lebih efektif, cobain nih paket belajar Zenius Aktiva Sekolah Lite. Nanti kamu bakal diajarin langsung sama tutor-tutor berpengalaman, dapet materi belajar, dan bisa ngerjain contoh latihan soal. Cek infonya dengan klik gambar di bawah ini, ya!

rumus kubus

Semoga artikel ini membantu kamu ya, selamat belajar!

Baca Juga Artikel Materi Matematika Lainnya

Kumpulan Rumus Matematika Lengkap

Cara Mudah Menghitung Persen

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran

Originally published: February 8, 2021
Updated by: Arieni Mayesha & Arum Kusuma Dewi

Bagikan Artikel Ini!