Kumpulan Rumus Matematika Lengkap dengan Keterangannya

Kumpulan Rumus Matematika Lengkap dengan Keterangannya 9

Artikel ini berisi kumpulan beberapa rumus matematika yang dipelajari dari SD, SMP, dan SMA lengkap dengan keterangannya. 

Halo Sobat Zenius, siapa nih yang masih sering bingung mengerjakan soal menggunakan rumus-rumus Matematika? Nah, buat Sobat Zenius, artikel ini berisi kumpulan rumus Matematika yang dipelajari dari SD, SMP, dan SMA. 

Sebelumnya, gue mau tanya nih, ada nggak di antara elo yang suka nggak betah saat berhadapan dengan Matematika? Padahal ada banyak, lho, manfaat dari belajar Matematika. Misalnya, dengan belajar Matematika elo melatih kemampuan cara berpikir, memecahkan suatu persoalan, dan bernalar dalam menarik suatu kesimpulan.

Selain itu, elo juga dapat mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi melalui pembicaraan lisan, grafik, diagram, dan yang lainnya dalam menyampaikan gagasan elo.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat dari belajar Matematika.

Pasti kalian tahu juga kalau Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu dijadikan standar soal ujian. Oleh karena itu, penting nih buat kita untuk paham dengan materi Matematika.

Supaya tetap bisa belajar Matematika dengan maksimal, berikut ini ada kumpulan rumus Matematika lengkap dengan keterangannya yang akan membantu elo dalam mengerjakan soal-soalnya nanti.

Rumus Matematika Kecepatan

rumus kecepatan
rumus jarak
rumus waktu

Rumus MTK yang satu ini digunakan dalam materi Matematika SD kelas 5. Apabila ingin tahu lebih lanjut soal kecepatan, bisa dibaca dalam prolog materi Zenius tentang rumus kecepatan.

Untuk belajar lebih lanjut tentang rumus kecepatan dan percepatan, klik link berikut: Kecepatan dan Percepatan: Rumus, Perbedaan, Contoh Soal, dan Pembahasan.

Rumus Debit

rumus debit
rumus volume
rumus waktu dalam debit

Rumus Matematika SD yang satu ini biasanya dipelajari saat memasuki kelas 5-6 SD dalam materi Debit dan Volume.

Untuk belajar lebih lanjut tentang rumus debit, klik link berikut: Rumus Debit dan Fungsinya di Kehidupan Sehari-hari.

Rumus Skala

rumus skala
rumus jarak sebenarnya
rumus jarak pada peta

Rumus Matematika tentang Skala biasanya dipelajari saat pelajaran kelas 5 SD. Dalam pelajaran Skala, murid akan belajar banyak hal mulai dari menghitung skala peta, mengukur jarak, dan lain-lain.

Untuk belajar lebih lanjut tentang rumus skala, klik link berikut: Cara Menghitung Skala Peta dan Mencari Jarak Sebenarnya.

Rumus Keliling dan Luas Bangun Datar

rumus matematika, luas dan keliling bangun datar
Rumus luas dan keliling bangun datar yang bisa kamu pahami dengan mengerjakan soal-soal.

Untuk pembahasan rumus luas dan keliling bangun datar lebih lanjut, klik link berikut: Rumus Luas Bangun Datar dan Rumus Keliling Bangun Datar.

Rumus Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang

kumpulan rumus matematika

Rumus Matematika SMP atau SMA yang satu ini bisa elo pelajari dengan melalui video pembelajaran dari Zenius.

Untuk pembahasan rumus luas permukaan dan volume bangun ruang lebih lanjut, klik link berikut: Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Rumus Volume Bangun Ruang.

Rumus Barisan dan Deret Aritmatika

rumus barisan dan deret aritmatika
Rumus sn
Rumus banyaknya suku

Keterangan: 

a = suku pertama

b = beda atau selisih antar suku

n = banyaknya suku

Un = suku ke-n

Sn = jumlah suku pertama sampai suku ke-n

Materi lain soal barisan dan deret bisa elo akses di situs Zenius.

Untuk belajar lebih lanjut tentang rumus barisan dan deret aritmatika, klik link berikut: Pembahasan Lengkap Barisan dan Deret Aritmatika.

Rumus Barisan dan Deret Geometri

Rumus barisan dan deret geometri
rumus sn
rumus jumlah suku pertama

Keterangan: 

a = suku pertama

r = rasio antar suku

n = banyaknya suku

Un = suku ke-n

Sn = jumlah suku pertama sampai suku ke-n

Rumus Matematika SMA yang satu ini bisa elo pelajari dengan mudah melalui video pembelajaran Barisan dan Deret Geometri dari Zenius. Elo bisa langsung lihat di sini.

Untuk belajar lebih lanjut tentang rumus barisan dan deret geometri, klik link berikut: Pembahasan Lengkap Barisan dan Deret Geometri.

Rumus Peluang

Dalam rumus Matematika peluang, elo akan belajar bagaimana cara menghitung peluang suatu kejadian, peluang dua gabungan kejadian, dan lain-lain.Untuk pembahasan lainnya mengenai peluang, elo bisa lihat langsung di sini.

1. Peluang Suatu Kejadian

rumus peluang suatu kejadian

Keterangan: 

P(A) = peluang dari kejadian A

n(A) = banyak anggota A

n(S) = banyak anggota ruang sampel

2. Peluang Gabungan Dua Kejadian

Jika diketahui A dan B merupakan dua kejadian yang berbeda, sehingga peluang kejadian A∪B dapat dihitung menggunakan rumus:

P(A∪B)=P(A)+P(B)-P(A∩B)

3. Peluang Kejadian Saling Lepas

Dua kejadian dikatakan saling lepas jika kedua kejadian tersebut tidak mungkin terjadi bersama-sama sehingga PA∩B=0, yang dirumuskan sebagai berikut:

P(A∪B)=P(A) X P(B)

4. Peluang Kejadian Saling Bebas

Dua kejadian dikatakan saling bebas jika terjadinya kejadian A tidak mempengaruhi terjadinya kejadian B  begitu juga sebaliknya, yang dirumuskan sebagai berikut:

P(A∩B)=P(A) X P(B)

5. Peluang Kejadian Bersyarat

Peluang terjadinya kejadian A dengan syarat kejadian B telah terjadi dapat dihitung menggunakan rumus:

rumus peluang kejadian bersyarat

Untuk belajar lebih lanjut tentang rumus peluang, klik link berikut: Rumus Peluang dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari.

Oh iya, buat Sobat Zenius yang belum punya aplikasi Zenius, elo bisa download apps-nya dengan klik banner di bawah ini. Pilih yang sesuai dengan device yang elo gunakan ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

***

Sekian penjelasan tentang kumpulan rumus Matematika lengkap yang dipelajari dari SD, SMP, dan SMA lengkap dengan keterangannya. Gimana? Gampang kan menghitung menggunakan rumus luas bangun datar dan rumus matematika yang lainnya?

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan. Masih ada materi rumus-rumus lain yang bisa elo akses di bawah.

Kumpulan Rumus Kalkulus Dasar (Limit, Turunan, dan Integral)

Kumpulan Rumus Statistika Deskriptif

Kumpulan Rumus Trigonometri

Kumpulan Rumus Transformasi Geometri

Kumpulan Rumus Vektor

Kumpulan Persamaan Eksponen

Kumpulan Persamaan Logaritma

Meski Matematika seringkali dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit, tetapi elo bisa, kok, belajar mulai dari rumus-rumusnya. Ibaratkan kehidupan, rumus di atas bisa menjadi pedoman Sobat Zenius saat mengerjakan ujian Matematika.

Pengen makin jago matematika sekaligus fundamental skills lainnya? Elo bisa cobain Zencore, nih! Dengan fitur adaptive learning dan CorePractice, elo bisa upgrade otak biar makin cerdas. Elo juga bisa ajak temen-temen buat push rank, loh. Klik banner di bawah buat cobain!

cerdas beneran bareng zencore

***

Nah, kalo elo mau tau cara mudah belajar matematika dan kumpulan rumus lainnya, elo bisa banget pantengin Youtube Channel Zenius di sini ya:


Khusus buat Sobat Zenius yang ingin meningkatkan nilai rapor, sekaligus nambah pemahaman semua materi pelajaran di sekolah, elo bisa berlangganan Zenius Aktiva Sekolah.

Di sini, elo bakal diberikan akses ke ribuan video belajar premium, dibimbing langsung sama tutor sampai paham materi pelajaran di Live Class, ikutan Try Out buat menguji kemampuan elo jawab soal ujian, sampai latihan soal intensif yang bisa bikin elo makin jago jawab segala jenis soal ujian lho. Yuk, lihat info lengkapnya dengan klik banner di bawah ini, sekarang!

indeks harga

Originally Published: January 07, 2022
Updated by: Maulana Adieb & Rizaldi Abror

Bagikan Artikel Ini!