Stastika deskriptif (Arsip Zenius)

Statistika Deskriptif: Pengertian, Rumus, dan Kegunaannya – Materi Matematika Kelas 12

Hai sobat Zenius, kembali lagi bersama gue, Grace! Kali ini kita akan membahas materi statistika deskriptif, rumus dan contohnya untuk elo yang berada di kelas 12, mulai dari kegunaan serta metodenya. 

Ilmu ini berguna dan penting banget untuk penelitian dan analisis data apapun. Dengan ilmu ini, elo bisa mendapatkan informasi yang berguna dari data dan variabel yang ada. Memangnya informasi seperti apa ya yang didapatkan dengan mengimplementasikan metode statistika deskriptif? Yuk, kita coba cari tahu lebih lanjut!

Definisi Statistika Deskriptif
Statistika Deskriptif (Arsip Zenius)

Apa Itu Statistika Deskriptif?

Sebelum ngebahas pengertian statistika deskriptif, apakah elo tahu apa bedanya statistik dan statistika? Coba kita cari tahu perbedaan artinya supaya kita bisa simpulkan apa itu statistika deskriptif nanti ya.

Elo bisa lihat definisi statistika menurut KBBI. Dari situ kita bisa tahu bahwa statistika mengacu pada salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyajikan, interpretasi data dan mengambil kesimpulan.

Sedangkan statistik adalah catatan angka dan hasil pengolahan data. Hasil pengolahan data bisa berupa rata-rata (mean), nilai tengah (median), modus dan masih banyak lagi. 

Sekarang kita sudah tau apa itu statistik dan statistika. Kemudian deskriptif menurut KBBI adalah bersifat deskripsi atau menggambarkan apa adanya.

Melihat definisi deskriptif di atas, kira-kira apa ya definisi statistika deskriptif? Bisa dibilang, statistika deskriptif adalah ilmu atau metode untuk mengumpulkan, menggolongkan, dan menganalisis data yang berupa angka untuk memberikan informasi atau keterangan yang berguna. 

Singkatnya, statistika deskriptif adalah metode yang berhubungan dengan pengolahan data untuk mendapatkan informasi.

Perbedaan Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial

Statistika Desktiptif VS Statistika Inferensial Zenius
Contoh Video Matematika Zenius Education

Sobat Zenius, mungkin sebelumnya elo pernah dengar statistika deskriptif dan statistika inferensi. Sama-sama merupakan ilmu pengolahan data (statistika), apa ya perbedaan statistika deskriptif dan statistika inferensial?

Kalau statistika deskriptif itu lebih mengarah pada proses pengumpulan, analisis dan penyajian data yang bisa berupa mean, median, standar deviasi, range, dan lain sebagainya. Sedangkan, statistika inferensi itu lebih mengarah pada pengambilan kesimpulan, korelasi, dan dugaan berdasarkan analisis data yang ada.

Nah, untuk mendapatkan data yang nantinya diolah dengan statistika, elo akan bertemu dengan istilah populasi dan sampel. Populasi adalah keseluruhan objek yang diteliti, sedangkan sampel adalah kelompok bagian dari populasi. 

Contohnya seperti ini. Misal semua seluruh mahasiswa di Sekolah XYZ adalah populasi sebuah penelitian. Lalu, sampel dari penelitian tersebut adalah murid kelas 9 di Sekolah XYZ. Begitulah konsep populasi dan sampel. 

Lalu, jika belajar tentang materi statistika deskriptif, kita akan berhadapan dengan berbagai rumus dan contoh penerapannya. Yuk, lanjut.

Apa Kegunaan Statistika Deskriptif?

Metode Statistika Desktiptif
Kegunaan statistika deskriptif (Arsip Zenius)

Lalu apa gunanya mempelajari dan menggunakan statistika deskriptif? Salah satu kegunaan yang paling populer adalah untuk menganalisis dan mengolah data yang dikumpulkan dari sebuah penelitian.

Elo yang lagi duduk di bangku SMA, ada kemungkinan mulai mengenal karya ilmiah dan diminta untuk melakukan penelitian kecil-kecilan. Pada saat elo udah kuliah, elo akan mengadakan penelitian untuk tugas akhir alias skripsi. 

Nah, statistika deskriptif ini berguna untuk memberikan informasi dan hubungan variabel dari data yang telah elo kumpulkan dengan susah payah.

Selain itu, contoh statistika deskriptif  tetap bisa terpakai bahkan ketika elo masuk ke dunia kerja sekalipun. Misalnya, elo ingin memulai sebuah startup. Tentu elo harus membuat perkiraan finansial usaha tersebut dari tahun ke tahun, termasuk pengeluaran dan pemasukannya. 

Dengan statistika deskriptif, elo bisa mencoba untuk mengolah data untuk mendapatkan informasi yang elo perlu, misalnya mencari rata-rata pengeluaran dan pemasukan per tahun. 

Tentu saja statistika deskriptif nggak cuma dipakai untuk mencari mean atau rata-rata saja ya. Masih banyak banget hasil dan informasi yang bisa kita dapatkan dari metode ini. Kira-kira apa saja dan bagaimana ya cara mendapatkan informasinya?

Metode Statistika Deskriptif

Dengan menggunakan statistika deskriptif, kita bisa mendapatkan berbagai informasi dari data dan variabel sebagai berikut ini.

  • Pemusatan data pada data tunggal dan data berkelompok (mean, median, dan modus)
  • Ukuran letak data tunggal dan data berkelompok (kuartil dan desil)
  • Ukuran penyebaran data pada data tunggal (jangkauan, jangkauan antar kuartil, simpangan, simpangan rata-rata)
  • Ukuran penyebaran data pada data berkelompok (jangkauan, jangkauan antar kuartil, simpangan kuartil, simpangan baku, dan ragam)

Habis ini kita akan membahas berbagai konsep maupun rumus dari metode di atas secara singkat. Tapi gue saranin elo langsung download aja aplikasi Zenius di gadget masing-masing.

Lewat aplikasi Zenius, elo bakal lebih paham karena ada video penjelasannya yang bikin kebayang cara ngerjainnya. Elo juga bisa tanya langsung ke Zen Tutor di live class yang bisa elo ikuti. Nggak pake lama, langsung klik banner di bawah ini ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Mean, Median, dan Modus

Kalau elo dari tadi bertanya-tanya tentang rumus statistika deskriptif, elo perlu mengerti dulu nih tentang mean, median, dan modus.

  • Mean atau rata-rata adalah perbandingan jumlah seluruh data dan banyaknya data. 
  • Median adalah nilai tengah dari data yang ada. Gue pribadi punya cara sendiri untuk ngapalin apa itu median. Dari tulisannya kan awalnya ada ‘med’, seperti medium. Nah, medium itu biasanya tengah-tengah, di bawah large tapi di atas small. Jadi, gue selalu inget banget median itu artinya nilai tengah.
  • Modus adalah nilai yang frekuensi kemunculannya paling banyak. Dengan kata lain, modus merupakan nilai yang paling sering muncul dibandingkan dengan nilai-nilai lainnya.

Untuk mempelajari konsep dan contoh soal ketiga hal ini, silakan baca: 

Cara Mudah Menghitung Rata-Rata

Rumus Rata-Rata Data Kelompok

Mean, Median, dan Modus dalam Data Numerik Tunggal

Kuartil, Desil, dan Persentil

Perhitungan rumus statistika deskriptif juga berhubungan dengan ukuran letak data tunggal dan data berkelompok yang akan kita bahas selanjutnya. 

Ada tiga hal yang akan dibahas yaitu kuartil, desil, dan persentil. Nah, gue mau coba tebak-tebakan deh sama elo. Ketiga istilah tadi itu mengacu pada ukuran yang digunakan untuk membagi data dengan sama rata. Ada yang membagi menjadi empat, sepuluh, dan seratus bagian. Kira-kira kuartil artinya dibagi menjadi berapa bagian nih?

Dari namanya ‘kuartil’, sebenarnya bisa ditebak bahwa kata tersebut berhubungan dengan seperempat. Dalam bahasa Inggris, seperempat itu disebut sebagai “quarter” dan kuartil itu disebut “quartile”. Jadi ingat-ingat aja, kua seperti qua yang berhubungan dengan seperempat. Jadi, kuartil adalah nilai yang membagi data menjadi 4 bagian secara sama rata.

Tidak jauh berbeda dengan kuartil, konsep desil dan persentil pun juga sama-sama membagi data secara sama rata. Namun, desil membagi data yang ada menjadi 10 bagian. 

Sementara itu, persentil membagi data yang ada menjadi 100 bagian. Untuk penjelasan lebih lanjut serta contoh soal kuartil, desil, dan persentil data tunggal dan berkelompok, silakan baca:

Rumus Desil dan Rumus Persentil

Rumus Kuartil Data Tunggal dan Data Kelompok

Jangkauan, Simpangan, Ragam

Wah sekarang kita sudah sampai ke bagian  penyebaran data tunggal dan data kelompok. Untuk mendapatkan informasi mengenai penyebaran data, terdapat beberapa ukuran yang bisa digunakan sebagai berikut.

Jangkauan

Singkatnya, jangkauan adalah nilai dari selisih nilai maksimum dan nilai minimum. Oleh karena itu, ketika menghitung jangkauan atau range, data harus sudah diurutkan dari terkecil ke terbesar. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel di bawah ini:

Rumus Simpangan Kuartil, Jangkauan, Jangkauan Antar-kuartil, Langkah, dan Pagar

Simpangan

Suatu nilai yang digunakan untuk mengukur seberapa jauh data yang lain menyimpang dari rata-rata. Terdapat berbagai jenis simpangan yaitu simpangan baku, simpangan rata-rata, dan simpangan kuartil. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel di bawah ini:

Rumus Standar Deviasi dan Pembahasan Soal

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal

Ragam

Dalam statistik, ragam adalah nilai perbandingan antara simpangan baku (atau standar deviasi) dengan nilai rata-ratanya, dalam bentuk persen. Ragam berguna untuk melihat jarak persebaran antara bilangan yang ada. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel di bawah ini:

Mengenal Dua Jenis Rumus Ragam

Contoh Soal Ragam Data Tunggal

Contoh Soal Ragam Data Kelompok

Varians

Varians adalah nilai statistik yang sering kali dipakai dalam menentukan kedekatan sebaran data yang ada di dalam sampel dan seberapa dekat titik data individu dengan mean atau rata-rata nilai dari sampel itu sendiri. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel di bawah ini:

Rumus Varians Data Tunggal dan Data Kelompok

Contoh Soal Varians Data Tunggal

Contoh Soal Varians Data Kelompok

Belajar Statistika Deskriptif bersama Zenius

Supaya elo lebih ngerti konsep materi statistika deskriptif, gue saranin elo coba deh nonton video materi, ngerjain latihan soal, sama ikut live class Zenius. Soalnya materi di Zenius itu nggak cuma sekedar ngajarin rumus tapi bener-bener bikin elo ngerti konsep sampai ke akar-akarnya.

Setelah download aplikasi Zenius, elo bisa pilih paket belajar yang elo inginkan untuk bisa akses ke banyak video premium Zenius. Live class juga bakal bikin belajar jadi lebih semangat. Kalau elo mau lebih paham materi pelajaran dan meningkatkan prestasi belajar di sekolah, lelo bisa langganan paket Zenius Aktiva Sekolah. Caranya, langsung aja klik banner di bawah ini.

cta zenius aktiva sekolah basic
Zenius Aktiva Sekolah

Masih mau matengin materi Statistika ini lewat penjelasan dalam bentuk video? Elo tinggal klik aja gambar di bawah ini.

Statistika Deskriptif: Pengertian, Rumus, dan Kegunaannya - Materi Matematika Kelas 12 9
Klik dan langsung belajar!

Bagaimana Sobat Zenius, apakah elo ada pertanyaan seputar topik kita kali ini? Atau mungkin elo punya ide untuk artikel selanjutnya? Kalau elo punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, ciao!

Originally published: October 29, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!