Mean, Median, Dan Modus Dalam Data Numerik Tunggal

Mean, Median, dan Modus Dalam Data Numerik Tunggal

Hai Sobat Zenius, buat elo yang duduk di bangku kelas 6 SD, cara mencari mean median modus data tunggal adalah salah satu materi yang akan dipelajari. Udah punya bayangan belum, materi ini belajar tentang apa sih?

Salah satu kegunaan materi ini adalah menghitung nilai rapor. Misalnya, pernah gak elo dan temen elo bingung kenapa nilai sejarah di rapor semester cuma 70, padahal pas ujian tengah semester, nilai dia 90?

Nilai 70 itu muncul setelah menggunakan rumus mean median modus. Ternyata nilai ulangan harian doi banyak yang kurang, makanya rata-rata atau yang bisa disebut dengan mean di rapornya juga jadi berkurang.

Nah, di artikel kali ini gue akan membahas rumus lengkap dengan contoh soal mean median modus data tunggal secara lengkap. Gimana caranya? Yuk, bahas bareng-bareng! 

Pengertian dan Rumus Mean (Nilai Rata-Rata)

Dalam statistika dan matematika, mean berarti rata-rata. Jadi, mean merupakan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang banyak (dua atau lebih). 

Kayak kasus temen gue di atas tadi nih, doi ngitung mean atau rata-rata dari nilai sejarah doi sehingga doi tau kenapa nilai rapornya cuma segitu.

Oke, tapi gimana cara doi ngitungnya?

Untuk menghitung mean, elo bisa pake rumus mean di bawah ini:

Rumus Mean dalam data tunggal (Arsip Zenius)
Rumus Mean dalam data tunggal (Arsip Zenius)

Keterangan:

  • x =rata-rata
  • x1 ,  x2,  x3,  … xn = nilai data
  • n = banyaknya data

Dari rumus di atas, bisa dijelaskan bahwa elo cukup menjumlahkan seluruh nilai dari sekumpulan data yang ada, lalu hasilnya dibagi dengan ada berapa banyak nilai pada data tersebut. 

Masih bingung? Nih gue kasih contoh soal mencari mean ya:

Tabel Contoh Mean (Arsip Zenius)
Tabel Contoh Mean (Arsip Zenius)

Bisa dilihat di situ ada data nilai sejarah mulai dari ulangan harian sampai UTS. Cara menghitung nilai mean atau rata-rata dari data tersebut adalah menjumlahkan semua nilai: 

  • 60 + 55 + 75 + 90 
  • = 280

Lalu, hasilnya dibagi ada berapa nilai pada data tersebut. Karena ada 4 nilai pada tabel tersebut, maka:

  • 280 : 4
  • = 70

Dapet deh nilai mean atau rata-ratanya, yaitu 70! Mudah, kan?

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Pengertian dan Rumus Median (Nilai Tengah)

Dalam matematika, median berarti nilai tengah. Jadi, median merupakan nilai tengah dari sekumpulan data yang sudah diurutkan dari kecil ke besar. 

Ingat ya, sebelum menggunakan rumus median, elo harus mengurutkan data dari yang terkecil ke yang terbesar terlebih dulu. 

Rumus median bisa elo liat di bawah ini:

Rumus Median dalam data tunggal (Arsip Zenius)
Rumus Median dalam data tunggal (Arsip Zenius)

Keterangan:

  • n = banyaknya data

Gue kasih contoh ya, anggap elo punya data tinggi badan dari 7 atlet renang sebagai berikut:

  • 170 cm, 184 cm, 167 cm, 175 cm, 170 cm, 180 cm, 165 cm.

Untuk menentukan median dari data di atas, pertama elo urutin dari yang terkecil sampai terbesar, hasilnya akan seperti ini:

  • 165, 167, 170, 170, 175, 180, 184

Karena jumlah datanya ganjil, berdasarkan rumus, elo tinggal masukin aja datanya

Me = X(n+1) : 2

    = X8 : 2

    = X4

Jadi, median dari data tersebut adalah X4 atau nilai ke-4 dari data yang sudah diurutkan, yaitu 170.

Pengertian dan Rumus Modus (Nilai yang Sering Muncul)

Dalam matematika, modus berarti nilai yang paling sering muncul dari suatu kelompok data. 

Mudah sekali untuk menghitung dan mencari modus dari suatu data tunggal. 

Caranya, elo tinggal mengurutkan nilai data dari terkecil ke terbesar, terus itung aja deh nilai mana yang paling banyak muncul.

Rumus mencari modus dalam data tunggal (Arsip Zenius)
Rumus mencari modus dalam data tunggal (Arsip Zenius)

Contoh nih, anggap saja ada data nilai ulangan Matematika kelas 6 SD sebagai berikut:

  • 8, 8, 6, 8, 7, 8, 4, 8, 9, 5, 6, 6, 7, 7, 9, 7, 5, 7, 8

Sama seperti mencari median, dari data di atas, elo urutin dari terkecil ke terbesar, jadi seperti ini:

  • 4, 5, 5, 6, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 9, 9

Nah, setelah diurutin, elo tinggal itung aja deh nilai mana yang paling banyak muncul. 

Pada data di atas, nilai 8 merupakan nilai yang paling banyak, jadi modus dari data di atas adalah 8. Mudah sekali kan?

Contoh Soal Mean, Median, Modus Data Tunggal

Nah, supaya makin jago dan paham cara mencari mean, median dan modus. Gue punya beberapa contoh soal yang bisa elo kerjain nih. 

Kalo masih bingung tenang aja, contoh soal mean median modus data tunggal ini dilengkapi pembahasan kok, langsung cek aja ya!

Contoh Soal Mean

Dari data berikut ini, cobalah tentukan nilai mean (rata-rata) menggunakan rumus mean:

Mean, Median, dan Modus Dalam Data Numerik Tunggal 41

Maka (60 + 55 + 75 + 90 + 75 + 75 + 80 + 60 + 70) : 9 = 71,11

Jadi rata-rata nilai ulangan matematika kelas 6B adalah 71,11

Contoh Soal Median

Sebenernya, tanpa pakai rumus, elo bisa itung median dengan cara yang gampang banget! Setelah diurutin dari kecil sampai besar.

Elo tinggal eliminasi atau coret aja angka-angka mulai dari kanan, lalu kiri, kanan lagi, kiri lagi, sampai menyisakan 1 angka di tengah tapi inget ya kalau jumlah datanya ganjil.

Misalnya, data tinggi badan 7 anggota perenang adalah sebagai berikut: 

  • 165, 167, 170, 170, 175, 180, 184

Terus elo coret deh kiri kanannya sampai sisa 1 angka di tengah, kaya gini:

Mean, Median, dan Modus Dalam Data Numerik Tunggal 42

Nah elo bisa langsung tau deh, median dari data di atas yaitu 170.

Loh, kalau udah dicoret tapi nyisa 2 angka, gimana dong?

Kalau angka di tengah tersisa 2 angka, berarti datanya merupakan data genap. Cara menentukan median data genap yaitu, 2 angka yang tersisa di tengah dijumlahkan, lalu dibagi 2.

Data tinggi badan 8 atlet basket (sudah diurutkan dari terendah ke tertinggi):

  • 180, 185, 185, 187, 192, 195, 195, 198

Lalu, coret kiri kanannya kaya gini:

Mean, Median, dan Modus Dalam Data Numerik Tunggal 43

Nah kan sisa 2 angka, 2 angka tersebut dijumlah

  • 187 + 192
  • = 379

Lalu, hasilnya dibagi 2

  • 379 : 2
  • = 189,5

Jadi, median dari data tersebut adalah 189,5.

Contoh Soal Modus 

Coba perhatikan data kumpulan nilai di bawah ini:

Mean, Median, dan Modus Dalam Data Numerik Tunggal 44

Berapakah modus dari nilai ulangan IPA anak-anak kelas 6B?

Ingat, modus adalah data yang paling sering keluar, tapi sebelumnya elo harus diurutkan datanya dari yang terkecil ke yang terbesar:

  • 55, 55, 60, 60, 60, 60, 60, 60, 70, 75

Maka, data yang paling banyak muncul adalah 60 karena ada 5, sedangkan nilai 55 hanya ada 2, 70 hanya ada 1 dan 75 hanya ada 1. 

Oke, sekian penjelasan gue mengenai rumus serta contoh soal mean median modus data tunggal. Udah pada ngerti kan? Jangan lupa sering latihan juga ya biar gak gampang lupa!

Sekian artikel ukuran pemusatan data pada data kelompok. Udah pada ngerti kan? Jangan lupa sering latihan juga ya!

Mean, Median, dan Modus Dalam Data Numerik Tunggal 45


Baca juga rumus matematika lainnya:

Rumus Kuartil Data Tunggal dan Data Kelompok

Rumus Rata-Rata dan 1 Cara Gampang Menghitungnya

Originally Published: September 7, 2021
Update by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!