Rumus Rata-Rata atau Mean – Materi Matematika Kelas 6

Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 97

Heloo Sobat Zenius, balik lagi ke pelajaran matematika tersayang yang umumnya udah pada kenal, yaitu rumus mencari rata-rata, disertai dengan contoh soal lengkap dengan pembahasan & cara menghitungnya.

Kali ini kita bakalan ngebahas rumus rata-rata tersebut yang mungkin kalau kamu masih inget, pernah dipelajarin pas kelas 6 SD dan dipelajarin lebih lanjut saat kelas 8 SMP. Biasanya satu paket tuh di pelajaran statistika, rata-rata (mean) terus median dan lengkap sama modus. Tapi kali ini kita bakalan bahas rumus rata-rata dulu aja karena aku punya cara lain buat ngitungnya.

Kalau temen-temen cuma nyari jawaban singkat cara menghitung rata-rata juga bisa langsung aja dicek ke bagian rumus rata-rata di daftar isi. Tapi aku punya hadiah buat temen-temen yang benci ngitung jumlah nilai yang bejibun numpuk di soal. Tenang aja, aku ada cara cepat buat memecahkan masalah kamu. Ga sabar kan belajar caranya? Dibaca sampai abis ya artikelnya, biar paham!

Rata-Rata

Oke refreshing dikit dulu ya, jadi menurut KBBI, salah satu pengertian rata-rata itu adalah “(angka, jumlah dan sebagainya) diperoleh dari jumlah keseluruhan unsur dibagi banyaknya unsur”. Kalau dalam Bahasa Indonesia yang tidak benar dan tidak baik, rata-rata adalah total nilai yang kamu tambah-tambahin dibagi berapa banyak jumlah angka tersebut.

Rumus Rata-Rata
Contoh penggunaan rumus rata-rata ketika membeli es krim. (Dok: pexels)

Aku kasih contoh langsung aja ya biar pemahamannya masuk ke otak. Jadi ada 3 es krim yang berbeda rasa. Es krim cokelat harganya Rp5.000, es krim vanila Rp4.000, dan es krim strawberry Rp6.000. Rata-rata harga semua es krim itu bisa dicari ketika kita kita jumlahin nilai-nilai harga es krim dan kita bagi hasilnya dengan jumlah banyak es krim itu. Jadinya gini deh:

Rata-Rata Harga Es Krim Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 98

= Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 99

= 5000

Hasilnya rata-rata harga es krim adalah Rp5.000

Rumus Rata-Rata

Dari penjabaran yang aku kasih sebelumnya, aku cukup yakin (semoga) Sobat Zenius bisa paham dari cara menghitung rata-rata. Buat ngebantu temen-temen ngerjain soal yang lebih sulit, aku bakalan sertai rumus mencari rata-rata yang lebih lengkap. 

Dalam matematika, biasanya rata-rata dilambangkan dengan simbol x̄ yang disebut sebagai x bar. Jadi untuk rumus rata-rata bisa temen-temen lihat sebagai berikut:

Rumus rata-rata.
Rumus rata-rata (Arsip Zenius)

Pada rumus tersebut, simbol x dipakai untuk mewakili angka dari data yang kita punya. Jadi buat contoh yang kita bahas sebelumnya, x itu adalah harga dari es krim cokelat, vanila, dan strawberry. Sementara banyaknya data diwakilkan huruf n. 

Cara Gampang Menghitung Rata-Rata

Kekurangan dari rumus rata-rata yang gua jelasin sebelumnya adalah kita butuh ngejumlahin banyak nilai dulu baru bisa kita cari rata-ratanya. Beruntung untuk lu pada Zenius punya trik buat ngatasin hal ini. 

Semisal kita punya angka 41, 42, 43, 44 dan 45 dan kita butuh mencari rata-rata dari angka-angka tersebut. Kita bisa menebak angka 43 sebagai angka rata-ratanya dilihat dari jaraknya ke angka yang lain, 43 ini berdiri di tengah-tengah semua angka. Lalu kita bisa pastiin benar atau tidaknya melalui cara berikut ini:

Cara Gampang Rumus Rata-Rata

Intinya kita mengubah angka-angka lain menjadi 43 dengan penyesuaiannya. Angka 41 itu sama dengan 43 -2, seperti angka 42 sama seperti 43-1. Melalui eliminasi angka-angka tersebut kita bisa lihat jawabannya benar bahwa 43 adalah rata-rata, tanpa butuh menjumlahkan semua angka tersebut.

Lalu misalnya eliminasi angka tersebut ga abis gimana dong? Gampang aja, tinggal kamu tambah atau kurangin sisa angka yang kamu dapet. Nih aku kasih contoh lagi dengan angka-angka yang mirip, kali ini angkanya adalah 41, 42, 43, 45 dan 45.

Cara Gampang Rumus Rata-Rata

Gimana temen-temen? Gampang kan daripada ngejumlahin semua angkanya? Intinya itu pilih satu angka sebagai titik referensi dan sesuaikan angka lain menjadi angka tersebut. Cara ini lebih hemat kertas coretan juga loh. Kalau gitu kita langsung aja lanjut ke contoh soal dan pembahasannya ya!

Eits, sebelum lanjut, aku mau pastiin kamu udah instal aplikasi Zenius di hape kamu. Caranya tinggal klik gambar di bawah ini trus instal, deh. Kamu bisa belajar lebih asik dan mendalam lewat berbagai materi pelajaran dan latihan soal yang ada di aplikasi Zenius.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Hitunglah rata-rata dari angka-angka berikut: 10, 8, 4, 6, 8, 10, 3.

Pembahasan:

Diketahui:

x1, x2 ,x3 … x7 = 10, 8, 4, 6, 8, 10, 3

n = 7

Ditanya:

Jawab:

x̄= Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 100

x̄= Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 101

X̄ = Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 102

X̄ = 7

Jadi nilai rata-rata dari angka-angka tersebut adalah 7.

Contoh Soal 2

Nilai rata-rata ujian matematika dari 5 orang siswa adalah 5. Jika nilai tersebut digabung dengan 5 siswa baru, maka nilai rata-rata total mereka menjadi 6. Berapakah nilai rata-rata kelima siswa baru tersebut?

Pembahasan:

Diketahui:

Nilai rata-rata 5 Siswa: 5

Nilai rata-rata 10 Siswa: 6

Ditanya: Nilai rata-rata 5 Siswa Baru

Jawab:

1.  Mencari nilai total 5 siswa

5 =Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 103

Nilai total 5 siswa = 5 x 5

Nilai total 5 siswa = 25

2. Mencari nilai total 5 siswa baru

6 = Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 104

6 = Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 105

6 x 10 = 25 + Nilai total 5 siswa baru

Nilai Total 5 Siswa baru = 60 – 25 = 35

3. Mencari nilai rata-rata 5 siswa baru

X̄ = Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 106

X̄ = 7

Jadi nilai rata-rata 5 siswa baru adalah 7

Semoga ngebantu kamu memahami cara mencari rata-rata, ya. Sebenernya tuh bebas temen-temen mau pakai cara yang mana. Yang paling penting itu kamu nyaman dengan cara yang kamu pilih. Tapi aku penasaran nih, menurut kamu lebih gampang yang mana sih? Gimana pun juga, kasih tau aja pendapat kamu lewat kolom komentar ya!

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Di sini kamu nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahamanmu. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 107

Kalau masih ga puas dan pengen lanjut belajar cara menghitung rata-rata, bisa banget dicek materi-materi terkait dengan klik gambar di bawah ini!

Rumus Rata-Rata atau Mean - Materi Matematika Kelas 6 108

Materi Belajar Matematika

Teori Statistika

Ukuran Penyebaran Data pada Data Tunggal

Rata-Rata Hitung, Nilai Tengah dan Modus

Originally Published: August 31, 2021 
Updated by: Arum Kusuma Dewi

Bagikan Artikel Ini!